Makna salam satu jempol Jokowi

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Makna salam satu jempol Jokowi

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto mengapresiasi salam satu jempol yang diperkenalkan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo. Hasto mengatakan jempol tersebut melambangkan hal-hal yang baik dan cerminan kerendahan hati.

"Suatu apresiasi tulus atas kebaikan, yang disampaikan secara spontan dengan hati terbuka. Sebab, jempol hanya dipakai untuk kebaikan, apresiasi atas prestasi dan cermin kerendahan hati. Nilai-nilai inilah yang kami kedepankan dalam kampanye," kata Hasto di Jakarta, Senin (29/10/2018).

Hasto mengatakan salam jempol yang disampaikan Jokowi dengan menggenggam tangan kemudian menempelkan salam jempol. Salam tersebut bermakna sebuah persahabatan kepemimpinan pasangan Jokowi-Ma'ruf.

"Artinya kepemimpinan Pak Jokowi-Ma’ruf membangun persahabatan dengan semua kalangan, bahkan yang mengkritik dengan tajam sekalipun," ujarnya.

Sekretaris jenderal PDIP ini juga mengatakan jempol tersebut juga melambangkan hal-hal baik yang menjadi aturan tidak tertulis dan menjadi paduan kerja untuk rakyat. Ia menegaskan salam satu jempol itu cocok untuk Jokowi-Ma'ruf.

"Simbol ini sangat cocok dengan kepemimpinan Pak Jokowi-Ma’ruf yang dibesarkan oleh pengalaman kehidupan yang begitu kaya; tumbuh berkembang dari kalangan rakyat biasa dan menghargai prestasi, serta kedepankan rekam jejak dan tidak ada jarak dengan rakyatnya," tuturnya.

Selanjutnya, Hasto mengatakan salam satu jempol itu digunakan seluruh tim kampanye untuk membawa hal-hal baik tanpa menebar kebohongan.

"Seluruh gerak paslon dan tim kampanye harus membawa hal-hal baik, tanpa politik kebohongan dan penuh dengan tebaran kebaikan bagi rakyat," pungkasnya.

Sebelumnya, calon presiden nomor urut 1 Joko Widodo atau Jokowi memperkenalkan simbol salam satu jempol untuk kampanye barunya kepada seluruh tim kampanye nasional maupun daerah. 

Jokowi memperkenalkan kepada lebih dari 1.000 tim sukses dalam pengarahan tertutup. Jokowi mengatakan ibu jari adalah simbol keunggulan. Ibu jari juga bermakna kehebatan, tekad, kemauan sekaligus kegigihan.

TKD Jabar: Suara Jokowi-Ma'ruf di Priangan Barat dan Priangan Timur masih lemah
DPR desak Kemenag efisienkan pembuatan kartu nikah
Ma'ruf Amin: Masyarakat salah paham soal orang buta dan budek
Demokrat sepakat dengan Sandiaga soal genderuwo ekonomi di pemerintahan Jokowi
Kubu Prabowo sebut penurunan kemiskinan Jokowi kalah dengan Megawati dan Gusdur
DPR nilai sudah seharusnya standar nilai CPNS tinggi
Dispotdirga sosialisasi jurnalistik dan penggunaan internet TNI AU
Bamsoet: hentikan kenaikan harga beras medium
PT Petamburan minta putusan pengadilan dihormati
Kunjungan DPR ke Selandia Baru bahas isu strategis
Bro Sandi: Di masa depan, air akan lebih berharga dari emas
Sandiaga Uno akan beri cabai mulut politisi yang kasar
DPR sebut kartu nikah lebih efisien dari buku nikah
Fadli Zon nilai Sandiaga langkahi makam tokoh NU tak berdampak bagi bangsa
Rocky Gerung: istilah politik genderuwo Jokowi dangkal dan konyol
Fetching news ...