Siapa pelanggar kampanye terbanyak? Ini kata Bawaslu

REPORTED BY: Siti Dzakiyyah

Siapa pelanggar kampanye terbanyak? Ini kata Bawaslu Pelanggaran kampanye.

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Fritz Edward Siregar enggan menyebutkan ke publik terkait klasifikasi paslon capres dan cawapres yang paling banyak melakukan pelanggaran kampanye selama tiga bulan. Sebab, menurutnya Bawaslu hanya memberikan pengawasan saja.

"Kami yang melihatnya adalah pelanggaran apakah alat peraga adalah iklan melihat dari segi dari itunya, bukan dari partai mana dari calon presiden seperti apa, karena fokusnya adalah untuk memberikan pengawasan yang sama, tidak adanya unsur ketidaknetralan yang tidak terjadi dan informasi didapat oleh masyarakat," kata Fritz dalam sebuah diskusi di Menteng, Jakarta, Sabtu (15/12/2018).

Fritz mengatakan klasifikasi pelanggaran kampanye tersebut baiknya dilakukan oleh lembaga lain. Sebab, menurutnya Bawaslu saat ini fokus pada pengawasan, pencegahan dan penindakan pelanggaran kampanye.

"Kami kan sekarang kan lebih fokus kepada pengawasan, pencegahan dan penindakan pelanggaran, apa yang diharapkan adalah sehingga proses sebuah laporan tersebut dapat ditindaklanjuti, jadi tujuannya adalah agar proses tersebut dapat ditindaklanjuti sehingga penegakan hukum Pemilunya itu bisa terlaksana," ujarnya.

Sebelumnya, Fritz juga mengungkapkan Bawaslu menerima hampir 192.129 laporan yang diduga pelanggaran Pemilu. Selain itu, Ia mengatakan pihaknya menerima 176.493 pelanggaran pemasangan alat peraga kampanye di tempat yang dilarang.
"Bawaslu telah menemukan dan menerima hampir 192.129 laporan dan temuan," kata Fritz saat ditemui wartawan di Menteng, Jakarta, Sabtu (15/12/2018).

Adapun laporan rinci lainnya, Fritz mengungkapkan terdapat 49 laporan pelanggaran kampanye di tempat ibadah, 33 pelanggaran kampanye di tempat pendidikan dan 126 pelanggaran di tempat-tempat yang difalisitasi pemerintah

Prabowo ungkit impor beras, ini pembelaan kubu Jokowi
BPN: Jateng vs Malaysia hanya majas
Begini keseruan debat Jokowi dan Prabowo soal caleg mantan napi korupsi
Ruhut nilai SBY setengah hati dukung Prabowo
Fadli Zon sebut Jokowi terlalu dominan dalam debat
Kubu Jokowi nilai Prabowo gagal paham isu terorisme
Kubu Prabowo nilai dapat serangan pribadi saat debat
Tak dibahas di debat Pilpres, ini kata kubu Prabowo soal kasus Novel
TKN: Jokowi beri pukulan telak ke Prabowo
KPU akan evaluasi pelaksanaan debat pilpres
Legislator minta pemerintah perhatikan disabilitas rungu
PPP: Jokowi menang 3-1 atas Prabowo di debat pertama
Ini komentar AHY soal penampilan Prabowo-Sandi dalam debat
Kubu Prabowo dan Kubu Jokowi saling kritik penampilan Capres-Cawapres dalam debat
Ma'ruf Amin tak banyak bicara dalam debat, ini kata kubu Jokowi
Fetching news ...