PAN sebut yang dukung Jokowi di Sumsel bukan kadernya

REPORTED BY: Insan Praditya

PAN sebut yang dukung Jokowi di Sumsel bukan kadernya Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga mengatakan deklarasi dukungan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Sumatera Selatan untuk paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf tidak dilakukan oleh kader partai. Ia mengatakan PAN melakukan upaya hukum untuk mengusut tuntas persoalan tersebut.

"Untuk Sumsel kita sedang melakukan proses hukum, karena proses deklarasi yang berbeda dengan kebijakan partai itu dilakukan bukan oleh kader partai. Jadi ini sudah clear ya," kata Viva saat ditemui wartawan di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (17/12/2018).

Viva mengatakan PAN sudah melakukan investigasi terkait deklarasi tersebut. Menurutnya, para pendukung yang membawa nama PAN itu sengaja menggunakan jas partai.

"Iya itu bukan kader partai, menggunakan jas Partai Amanat Nasional dan kita sedang melakukan upaya hukum untuk itu," ujarnya.

Viva mengatakan DPW PAN di Sumatera Selatan keberatan atas kejadian tersebut. Untuk itu, menurutnya DPW PAN melakukan upaya hukum.

"Pengurus DPW Sumsel juga keberatan dengan hal itu dan di bidang hukum dan HAM melakukan upaya hukum untuk mengusut persoalan itu," jelasnya.

Selanjutnya, Viva mengatakan percuma jika ada pihak yang ingin memecah belah PAN. Sebab, menurutnya PAN tidak akan terpengaruh dan akan tetap solid dan kompak.

"Kalau ada upaya-upaya untuk memecah belah di internal Partai Amanat Nasional percuma saja, karena hal itu tidak akan mempengaruhi terhadap soliditas dan kekompakan dari Partai Amanat Nasional," pungkasnya.

Sebelumnya, sejumlah orang yang mengatasnamakan kader DPW PAN Sumatera Selatan mendeklarasikan dukungan untuk paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf di Palembang beberapa waktu yang lalu.

Salah satu yang mengaku kader PAN Sholahudin, mengatakan deklarasi tersebut  tidak berkaitan dengan DPW PAN di daerah lain. Namun, Ia berharap pengurus PAN di daerah lain dapat melakukan hal yang sama.

"Kami disanksi tidak masalah. Harus berani, tidak bisa harus diam. Kader punya hak suara. Pembangunan di masa Presiden Jokowi sudah terlihat loh, tol Palindra contohnya sudah bisa dilalui. Kami harap ada perubahan di kubu PAN," kata Sholahudin beberapa waktu yang lalu.

Prabowo ungkit impor beras, ini pembelaan kubu Jokowi
BPN: Jateng vs Malaysia hanya majas
Begini keseruan debat Jokowi dan Prabowo soal caleg mantan napi korupsi
Ruhut nilai SBY setengah hati dukung Prabowo
Fadli Zon sebut Jokowi terlalu dominan dalam debat
Kubu Jokowi nilai Prabowo gagal paham isu terorisme
Kubu Prabowo nilai dapat serangan pribadi saat debat
Tak dibahas di debat Pilpres, ini kata kubu Prabowo soal kasus Novel
TKN: Jokowi beri pukulan telak ke Prabowo
KPU akan evaluasi pelaksanaan debat pilpres
Legislator minta pemerintah perhatikan disabilitas rungu
PPP: Jokowi menang 3-1 atas Prabowo di debat pertama
Ini komentar AHY soal penampilan Prabowo-Sandi dalam debat
Kubu Prabowo dan Kubu Jokowi saling kritik penampilan Capres-Cawapres dalam debat
Ma'ruf Amin tak banyak bicara dalam debat, ini kata kubu Jokowi
Fetching news ...