Para pendiri PAN nilai Amien Rais batasi gerak partai

REPORTED BY: Insan Praditya

Para pendiri PAN nilai Amien Rais batasi gerak partai Salah satu pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Albert Hasibuan

Salah satu pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Albert Hasibuan mengatakan bahwa para pendiri PAN yakni dirinya, Abdillah Toha, Goenawan Mohammad, Toeti Heraty dan Zumrotin menyimpulkan bahwa kehadiran Amien Rais cenderung membatasi manuver PAN.

"Kita amati bahwa langkah Amien Rais cenderung membatasi PAN dengan pikiran pikirannya dan kita sudah menyaksikan bahwa PAN ini juga bergerak selama ini dalam konsepsi batasan yang disebutkan Amien Rais," kata Albert saat ditemui wartawan di kediaman rumahnya, di Jl. Mirah Delima, Jakarta, Rabu (26/12/2018).

Albert mengatakan atas pertimbangan tersebut ia bersama pendiri PAN yang lain meminta Amien Rais mundur dari dunia politik.

"Entah karena itu pertimbangan-pertimbangannya kita minta Amien Rais mundur," ujarnya.

Saat ditanya sudah bertemu dengan Ketua Dewan Kehormatan PAN itu, Albert mengatakan belum ada pertemuan resmi dengan Amien Rais. Namun, Ia mengatakan kemungkinan pendiri PAN yang lain pernah bertemu dengannya.

"Belum, tidak. Jadi mngkin saja yah teman teman ini bertemu sambil lalu tapi secara resmi pertemuan para pendiri PAN ini termasuk Amien Rais ini tidak," tuturnya.

Albert mengatakan mundurnya Amien dari kepengurusan partai serta tidak membatasi PAN dengan pemikirannya. Dengan begitu,  ia yakin PAN akan menembus presidential threshold di Pemilu 2019.

"Tapi para pendiri optimis ya bahwa kalau pak Amien Rais itu tidak membatasi baik pemikirannya maka kemungkinan ada menembus Presidential threshold," jelasnya.

Selanjutnya, Albert berharap surat terbuka dari lima pendiri dan penggagas PAN itu dapat ditanggapi dengan baik oleh Amien Rais.

"Kita harapkan bahwa pernyataan kita ini ditanggapi baik oleh Amien Rais jangan ditanggapi dengan buruk," pungkasnya.

Adapun profil pendiri PAN sebagai berikut :

1. Albert Hasibuan adalah salah satu aktivis reformasi yang bersama Amien Rais tergabung dalam Majelis Amanat Rakyat (Mara). Mara merupakan salah satu organ gerakan reformasi yang turut menumbangkan Presiden Soeharto dari tampuk kepemimpinan selama 32 tahun.

Setelah Soeharto lengser, sejumlah aktivis dari Mara di antaranya Amien Rais, Faisal Basri, dan Albert Hasibuan melanjutkan perjuangan politiknya ke ranah praktis dengan mendirikan PAN.

2. Abdillah Toha misalnya pernah mengkritik Hatta Rajasa yang pada Pilpres 2014 lebih percaya pada survei abal-abal yang menyebut pasangan Prabowo-Hatta menang pemilu. Toha sempat membuat surat terbuka terkait hal tersebut.

3. Goenawan Mohamad resmi mundur dari PAN setelah partai tersebut mendukung Prabowo-Hatta pada Pilpres 2014.

Prabowo ungkit impor beras, ini pembelaan kubu Jokowi
BPN: Jateng vs Malaysia hanya majas
Begini keseruan debat Jokowi dan Prabowo soal caleg mantan napi korupsi
Ruhut nilai SBY setengah hati dukung Prabowo
Fadli Zon sebut Jokowi terlalu dominan dalam debat
Kubu Jokowi nilai Prabowo gagal paham isu terorisme
Kubu Prabowo nilai dapat serangan pribadi saat debat
Tak dibahas di debat Pilpres, ini kata kubu Prabowo soal kasus Novel
TKN: Jokowi beri pukulan telak ke Prabowo
KPU akan evaluasi pelaksanaan debat pilpres
Legislator minta pemerintah perhatikan disabilitas rungu
PPP: Jokowi menang 3-1 atas Prabowo di debat pertama
Ini komentar AHY soal penampilan Prabowo-Sandi dalam debat
Kubu Prabowo dan Kubu Jokowi saling kritik penampilan Capres-Cawapres dalam debat
Ma'ruf Amin tak banyak bicara dalam debat, ini kata kubu Jokowi
Fetching news ...