Idrus Marham siap disidang

REPORTED BY: Insan Praditya

Idrus Marham siap disidang Tersangka kasus suap PLTU Riau-1, Idrus Marham

Tersangka kasus suap PLTU Riau-1, Idrus Marham menyatakan siap menjalani persidangan. Ia mengatakan berkas penyidikan sudah dilimpahkan ke penuntutan. Dia 

"Iya betul (sudah P21). Jadi hari ini adalah peningkatan untuk tahap kedua," ujarnya di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (28/12/2018).

Mantan Menteri Sosial (Mensos) itu keluar dari gedung KPK sekitar pukul 11.36 WIB. Idrus membawa sejumlah dokumen dan langsung berjalan menuju mobil tahanan yang menunggunya.

Dia mengatakan akan bersikap kooperatif  menghadapi proses hukum yang melibatnya jika kembali ke persidangan. Menurutnya hal tersebut dilakukan sebagai bentuk penghargaan dalam menjalankan proses hukum.

"Sebagai bentuk penghargaan saya kepada proses hukum yang ada saya siap mengikuti proses selanjutnya dan saya sudah mengatakan saya akan seperti biasa, kooperatif mengahadapi proses dan saya siap menghadapi proses persidangan," jelasnya.

Lebih lanjut, Idrus masih membantah terlibat dalam suap PLTU Riau-1. Menurutnya, Penegasan tersebut berdasarkan keterangan terdakwa dalam kasus yang sama di persidangan.

"Pada saat persidangan Pak Kotjo kan sudah jelas. Pak Kotjo selaku terdakwa menyampaikan bahwa Idrus tidak terlihat apa-apa, tidak pernah ikut rapat-rapat, Idrus tidak pernah terima uang," ujarnya. 

Dalam perkara yang berawal dari OTT ini, KPK mulanya menetapkan Eni selaku Wakil Ketua Komisi VII DPR dan pengusaha Johannes B Kotjo sebagai tersangka. Eni diduga menerima suap dari Kotjo sekitar Rp 4,8 miliar.

Kotjo sendiri merupakan pemegang saham Blackgold Natural Resources Ltd, yang merupakan salah satu konsorsium proyek PLTU Riau-1, yang diduga menyuap beberapa pihak agar perusahaannya menang tender dalam proyek PLTU Riau.

Saat proses pengembangan penyidikan perkara, KPK menetapkan Idrus Marham sebagai tersangka. Dia diduga menerima janji yang sama dengan Eni, yakni USD 1,5 juta dari Kotjo bila proyek PLTU Riau-1 jadi dikerjakan perusahaan Kotjo.

TKN sebut Ma'ruf Amin akan pakai ayat Alquran di debat ketiga
 Jelang debat ketiga, Ma'ruf Amin dapat masukan dari asosiasi profesi
Kubu Prabowo tepis tudingan politisasi munajat 212
Demokrat minta Jokowi buka dokumen dengan bos Freeport
Ma'ruf Amin bakal ikut dampingi Jokowi
PWJ desak polisi tangkap anggota FPI penganiaya wartawan
Bela Enembe, pendukung aksi tari adat di KPK
AJI kecam tindakan brutal FPI terhadap wartawan
TKN: Pidato Jokowi bukan untuk tandingi Prabowo
Bansos PKH upaya Jokowi kembangkan ekonomi digital
Anak sarapan bernutrisi  memiliki nilai akademis empat kali lebih tinggi
Jokowi akan gelar pidato di Konvensi Rakyat
Kubu Jokowi: Munajat 212 bagian dari politisasi agama
Fadli Zon: Jokowi berdebat seperti manajer
Kubu Jokowi: Tim debat Ma'ruf Amin sudah disiapkan
Fetching news ...