Penyampaian visi-misi paslon ke masyarakat bagian dari kewajiban KPU

REPORTED BY: Insan Praditya

Penyampaian visi-misi paslon ke masyarakat bagian dari kewajiban KPU Anggota KPU, Evi Novida Ginting

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menegaskan bahwa penyampaian visi-misi Paslon agar diketahui masyarakat juga merupakan bagian dari kewajiban KPU. Oleh karena itu, Tim Sukses wajib menyampaikan visi-misi pasangan calon peserta Pilpres 2019 yang akan digelar pada 9 Januari 2018 atau delapan hari sebelum debat perdana capres.

"Perlu memahami bahwa kewajiban paslon adalah Debat Paslon. Penyampaian visi-misi bagian dari kewajiban KPU mensosialisasi visi-misi paslon, sehingga bisa dengan tim kampanye," ujar anggota KPU, Evi Novida Ginting, melalui pesan singkat, Rabu (02/01/2019).

Lebih lanjut, Evi mengatakan bahwa penyampaian visi-misi tersebut bertujuan untuk memberikan pengenalan awal kepada masyarakat mengenai visi-misi sebelum digelarnya debat.

"Hal ini ditujukan untuk memberikan pengenalan awal kepada masyarakat terhadap visi-misi paslon sebelum mengikuti debat. Agar ketika mengikuti acara debat masyarakat sudah mempunyai pengetahuan terhadap visi-misi, sebagai informasi awal. Dan hal ini sudah dibahas bersama tim kampanye paslon," jelasnya.

Sebelumnya, Juru bicara divisi hukum BPN Prabowo-Sandiaga, Habiburokhman menyatakan idealnya pasangan calon memaparkan langsung visi dan misi capres-cawapres. Hal ini dikritiknya karena KPU akan menggagas penyampaian visi dan misi pasangan calon dalam Pilpres 2019 beberapa hari sebelum dilakukannya debat perdana.

"Kami mendukung kedua paslon untuk menyampaikan visi dan misi secara langsung tanpa diwakili timses atau stuntman pada 9 Januari mendatang di KPU. Yang paling paham soal visi dan misi adalah paslon, dan paslon juga yang akan melaksanakannya," ujar Habiburokhman dalam keterangan tertulis, Selasa (01/01/2019).

Berbeda dengan BPN Prabowo-Sandi, Tim Kampanye Nasional Jokowi-Maa'ruf menyatakan menyatakan bahwa penyampaian visi-misi capres-cawapres cukup disampaikan perwakilan timses.

"Cukup oleh tim saja dan kita saja. Itu boleh, kok, digelar debat, baik oleh KPU maupun masyarakat yang punya konsen (pemilu), tidak ada masalah," kata Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding saat dihubungi wartawan.

Prabowo ungkit impor beras, ini pembelaan kubu Jokowi
BPN: Jateng vs Malaysia hanya majas
Begini keseruan debat Jokowi dan Prabowo soal caleg mantan napi korupsi
Ruhut nilai SBY setengah hati dukung Prabowo
Fadli Zon sebut Jokowi terlalu dominan dalam debat
Kubu Jokowi nilai Prabowo gagal paham isu terorisme
Kubu Prabowo nilai dapat serangan pribadi saat debat
Tak dibahas di debat Pilpres, ini kata kubu Prabowo soal kasus Novel
TKN: Jokowi beri pukulan telak ke Prabowo
KPU akan evaluasi pelaksanaan debat pilpres
Legislator minta pemerintah perhatikan disabilitas rungu
PPP: Jokowi menang 3-1 atas Prabowo di debat pertama
Ini komentar AHY soal penampilan Prabowo-Sandi dalam debat
Kubu Prabowo dan Kubu Jokowi saling kritik penampilan Capres-Cawapres dalam debat
Ma'ruf Amin tak banyak bicara dalam debat, ini kata kubu Jokowi
Fetching news ...