Kubu Prabowo laporkan dana sumbangan, duit dari Sandiaga paling besar

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Kubu Prabowo laporkan dana sumbangan, duit dari Sandiaga paling besar

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno melaporkan sumbangan dana kampanye sebesar Rp54 miliar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat, Rabu (02/01/2019).

"Jumlah total dari BPN Prabowo-Sandi saat ini di angka Rp54 miliar," ujar Bendahara Umum BPN Thomas Djiwandono kepada wartawan.

Lebih lanjut, Thomas mengatakan telah menggelar penggalangan dana kampanye dan menadapatkan uang tunai sebesar Rp3,5 miliar. Namun, Rp3,5 miliar itu belum masuk di rekening BPN Prabowo-Sandi.

"Untuk perseorangan dari segi nominal nggak terlalu banyak, kalau yang BPN yang terima sendiri itu sekitar Rp 150-an juta, tetapi jangan lupa ada dana penggalangan," jelasnya.

"Dana penggalangan itu saat ini, per kemarin itu Rp3,5 miliar, tapi itu tidak termasuk di dalam rekening BPN, itu masih kelompok itu tidak dilaporkan hari ini," sambungnya.

Sebelumnya, Calon wakil presiden, Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan saham dan aset yang telah dijual untuk pendanaan kampanye sudah dilaporkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia sebagai bentuk transpransi.

"kalo saya sudah jelas berasal dari penjualan saham dan aset," katanya di Jalan Kertanegara IV, Jakarta selatan, Senin (31/12/2018).

"Semua saham yang di lepas sudah dilaporkan dengan OJK dan bursa efek Indonesia, dan sudah dilaporkan dengan transparansi, agar proses pendanaan kampanye itu jelas asalnya dari mana," tambahnya.

Tiga partai Koalisi Adil Makmur yaitu PAN, PKS, dan Demokrat belum menyumbang dana kampanye sepeser pun ke tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Padahal, koalisi tengah kesulitan keuangan.

Merujuk pada data BPN, dalam rentang waktu empat bulan, dana kampanye Prabowo-Sandiaga baru terkumpul sebesar Rp54 miliar, sebagaimana yang dilaporkan tersebut.

Sumbangan terbesar berasal dari kocek Sandiaga Uno sebesar Rp39,5 miliar, lalu Prabowo Subianto Rp13 miliar, dan partai Gerindra Rp1,38 miliar.

Kendalikan hama dan penyakit secara alami dengan Tumpang Sari
Kendalikan hama dan penyakit secara alami dengan Tumpang Sari
TKN sebut Ma'ruf Amin akan pakai ayat Alquran di debat ketiga
 Jelang debat ketiga, Ma'ruf Amin dapat masukan dari asosiasi profesi
Kubu Prabowo tepis tudingan politisasi munajat 212
Demokrat minta Jokowi buka dokumen dengan bos Freeport
Ma'ruf Amin bakal ikut dampingi Jokowi
PWJ desak polisi tangkap anggota FPI penganiaya wartawan
Bela Enembe, pendukung aksi tari adat di KPK
AJI kecam tindakan brutal FPI terhadap wartawan
TKN: Pidato Jokowi bukan untuk tandingi Prabowo
Bansos PKH upaya Jokowi kembangkan ekonomi digital
Anak sarapan bernutrisi  memiliki nilai akademis empat kali lebih tinggi
Jokowi akan gelar pidato di Konvensi Rakyat
Kubu Jokowi: Munajat 212 bagian dari politisasi agama
Fetching news ...