KPU dan Timses Capres sepakati desain surat suara pemilu 2019

REPORTED BY: Insan Praditya

KPU dan Timses Capres sepakati desain surat suara pemilu 2019 Ketua KPU RI, Arief Budiman

Komisi Pemilihan Umum (KPU RI) bersama dua tim sukses Capres - Cawapres dan 16 Partai Politik, telah menyepakati desain surat suara yang akan digunakan pada Pemilu Serentak 17 April 2019. Kesepakatan itu dilaksakanakan dalam acara  "Validasi dan Approval Surat Suara Anggota DPR RI dan Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2019", di Ruang Sidang Utama Lantai 2, KPU RI, Jumat (04/01/2019) siang. 

Ketua KPU RI, Arief Budiman menyampaikan bahwa kesepakatan desain surat suara yang akan digunakan nanti menjadi satu rangkaian dari persiapan pra pemilu 2019. 

"Hari ini, kami melanjutkan lagi satu tahapan pemilu yang memasuki masa validasi dan approval surat suara untuk pemilu DPR RI dan Pilpres," ungkapnya dalam acara tersebut. 

Selanjutnya, dalam kesempatan tersebut, Arief  meminta kepada seluruh perwakilan partai politik dan tim sukses kedua pasangan Capres - Cawapres, untuk menandatangani desain surat suara yang rencananya akan dicetak pada pertengahan bulan Januari ini. 

Untuk surat suara anggota DPR RI,tidak terdapat foto para calon anggota legislatif. Namun, dalam lembaran yang cukup besar itu, KPU membagi ruang kotak-kotak kecil sebanyak 16 buah, yang dimana didalamnya terdapat lambang dan nomor urut partai yang telah ditentukan KPU. 

Selain itu dibawahnya juga terdapat urutan nomor urut dan nama para calon anggota legislatif yang dapat dicoblos oleh masyarakat nantinya. Hal yang sama juga terapat di kertas suara calon anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.  

Sedangkan untuk kertas suara calon anggota DPD RI dan Capres - Cawapres, KPU menambahkan foto para calon. Adapun untuk kertas suara Capres Cawapres, juga terdapat lambang para partai yang mengusungnya. 

Seusai perwakilan Partai Politik dan Tim Sukses menandatangani surat suara tersebut, Arief menjelaskan bahwa momen itu menjadi tahapan akhir dari rangkaian panjang proses pra pemilu 2019. 

"Jadi, proses validasi sudah dilakukan dan hari ini adalah tandatangan approval sebelum nanti minggu depan setelah pemenang lelang telah ditetapkan," katanya

Dalam acara tersebut, Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo - Ma'ruf Amin yang hadir adalah Direktur Program TKN Aria BIma. Sedangkan dari BPN Prabowo Subianto - Sandiaga Uno yaitu Wakil Ketua BPN Priyo Budisantoso. Selain itu, turut hadir perwakilan 15 partai politik peserta pemilu 2019, kecuali perwakilan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) yang tidak hadir. 

Prabowo ungkit impor beras, ini pembelaan kubu Jokowi
BPN: Jateng vs Malaysia hanya majas
Begini keseruan debat Jokowi dan Prabowo soal caleg mantan napi korupsi
Ruhut nilai SBY setengah hati dukung Prabowo
Fadli Zon sebut Jokowi terlalu dominan dalam debat
Kubu Jokowi nilai Prabowo gagal paham isu terorisme
Kubu Prabowo nilai dapat serangan pribadi saat debat
Tak dibahas di debat Pilpres, ini kata kubu Prabowo soal kasus Novel
TKN: Jokowi beri pukulan telak ke Prabowo
KPU akan evaluasi pelaksanaan debat pilpres
Legislator minta pemerintah perhatikan disabilitas rungu
PPP: Jokowi menang 3-1 atas Prabowo di debat pertama
Ini komentar AHY soal penampilan Prabowo-Sandi dalam debat
Kubu Prabowo dan Kubu Jokowi saling kritik penampilan Capres-Cawapres dalam debat
Ma'ruf Amin tak banyak bicara dalam debat, ini kata kubu Jokowi
Fetching news ...