Komisi II DPR: KPU sudah bekerja sesuai panduan UU

REPORTED BY: Insan Praditya

Komisi II DPR: KPU sudah bekerja sesuai panduan UU Ketua komisi II DPR RI, Zainuddin Amali

Ketua komisi II DPR RI, Zainuddin Amali menyatakan bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih bekerja sesuai dengan panduan Undang-Undang no 7 tahun 2017 tentang pemilu. Hal tersebut menyangkut keputusan KPU yang membatalkan penyampaian visi-misi capres-cawapres yang akan difasilitasi pada debat pilpres.

"Kalau KPU sendiri menurut kami masih bekerja sesuai dengan track dan panduan UU," ujarnya di gedung DPR-MPR RI Jakarta, Selasa (08/01/2019).

"Kami masih tetap percaya pada KPU bahwa mereka masih bekerja sesuai dengan panduan aturan yang ada yaitu UU no 7 tahun 2017 maupun PKPU dan  bawaslu, dari hasil Rapat Dengar Pernah (RDP) yang hasil konsultasi dengan komisi II DPR," tambahnya.

Lebih lanjut, Zainuddin menegaskan bahwa sejauh ini KPU masih bersikap netral dalam menentukan keputusan. Menurutnya, hal tersebut jauh dari tudingan berapa pihak yang menuduh KPU sedang dilegitimasi.

"Kami mengawasi betul jangan sampai mereka melakukan hal di luar, tetapi sejauh ini belum ada," tegasnya.

"Tetapi kalau ada sinyal elemen ada upaya untuk mendegeletimasi mungkin bukan untuk KPU nya tetapi prosesnya itu ya," tambahnya.

Kendati demikian, ia mengatakan tanggal 9 Januari mendatang komisi II DPR akan memanggil KPU, Bawaslu dan kementrian dalam negeri (Kemendagri) untuk mengadakan Rapat Dengar Pendapat terkait pelaksanaan debat capres dan pemilu.

"Sejauh ini kami sedang rapat internal, kita jadwalkan tanggal 9 lusa akan rapat dengan KPU kemudian dengan kemendagri dan bawaslu," tutupnya.

Senada dengan Zainuddin, Wakil ketua komisi II DPR RI, Mardani Ali Sera menambahkan KPU bisa menggunakan kewenangannya melalui Undang-Undang 7 tahun 2017 tentang pemilu dengan menegaskan peraturan yang telah dibuat.

"Sebetulnya jika KPU mau, dengan PKPU nya saja dia sudah selesai, karena dengan undang-undang 7 tahun 2017 yaitu turunan nya yaitu PKPU, PerBawaslu , dan peraturan DKPP ,itu mutlak menjadi kewenangan mereka,mestinya kandidat 01 dan 02 ya nurut saja dengan peraturan yang dibuat," ujarnya di gedung DPR-MPR RI, Jakarta, Selasa (08/01/2019).

Prabowo ungkit impor beras, ini pembelaan kubu Jokowi
BPN: Jateng vs Malaysia hanya majas
Begini keseruan debat Jokowi dan Prabowo soal caleg mantan napi korupsi
Ruhut nilai SBY setengah hati dukung Prabowo
Fadli Zon sebut Jokowi terlalu dominan dalam debat
Kubu Jokowi nilai Prabowo gagal paham isu terorisme
Kubu Prabowo nilai dapat serangan pribadi saat debat
Tak dibahas di debat Pilpres, ini kata kubu Prabowo soal kasus Novel
TKN: Jokowi beri pukulan telak ke Prabowo
KPU akan evaluasi pelaksanaan debat pilpres
Legislator minta pemerintah perhatikan disabilitas rungu
PPP: Jokowi menang 3-1 atas Prabowo di debat pertama
Ini komentar AHY soal penampilan Prabowo-Sandi dalam debat
Kubu Prabowo dan Kubu Jokowi saling kritik penampilan Capres-Cawapres dalam debat
Ma'ruf Amin tak banyak bicara dalam debat, ini kata kubu Jokowi
Fetching news ...