Jokowi: Pilih pemimpin yang berpengalaman, jangan coba-coba!

REPORTED BY: Siti Dzakiyyah

Jokowi: Pilih pemimpin yang berpengalaman, jangan coba-coba! Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo.

Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) berbagi pengalamannya saat menjadi salah satu kandidat Walikota dalam Pilkada di Solo tahun 2005. Ia mengatakan seorang calon pemimpin harus memiliki pengalaman dalam mengelola wilayah.

Jokowi mengatakan untuk mengelola negara sebesar Indonesia, dibutuhkan pemimpin yang cakap dan memiliki pengalaman. Ia menyarankan supaya masyarakat tidak coba-coba dalam memilih pemimpin.

"Jangan coba-coba dong, hampir satu setengah tahun saya belajar-belajar pagi, siang, malam saya belajar. Itu yang saya katakan perlu adanya pengalaman apalagi untuk negara yang besar," kata Jokowi di Plaza Tenggara, kompleks GBK, Jakarta, Sabtu (12/01/2019).

Jokowi mengatakan berada di institusi kepemerintahan, sangat berbeda dengan dunia bisnis. Ia sangat bersyukur mendapat pengalaman dan pelajaran saat menjadi Wali Kota Solo.

"Karena berbeda sekali kita dalam mengelola institusi bisnis dan mengelola sebuah institusi pemerintahan meskipun dalam lingkup kecil dalam sebuah kota. Tapi pengalaman itu sangat penting sekali bagi saya," ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi juga menceritakan pengalamannya saat menjadi Gubernur DKI Jakarta, saat ia rutin blusukan ke kampung-kampung di Jakarta. Menurutnya, mengelola Ibu kota yang memiliki persoalan yang besar merupakan pengalaman yang berharga.

"Saya masuk ke sebuah kota mengelola provinsi dari kota (Solo) dan mengelola provinsi yang problem besar," katanya.

Selanjutnya, Jokowi mengatakan saat ia menjabat sebagai presiden pengelolaan kepemerintahan itu adalah hal yang biasa baginya. Sebab, Ia sudah memiliki pengalaman dalam lingkup kecil yakni mengelola kota Solo, lalu Provinsi DKI Jakarta.

"Waktu masuk lingkup mengelola negara saya biasa-biasa saja karena saya memiliki pengelolaan kota dan provinsi, saya biasa saja karena sudah punya pengalaman. Itu lah begitu semangat pentingnya pengalaman perlu dalam kepemerintahan," pungkasnya.

Kendalikan hama dan penyakit secara alami dengan Tumpang Sari
Kendalikan hama dan penyakit secara alami dengan Tumpang Sari
TKN sebut Ma'ruf Amin akan pakai ayat Alquran di debat ketiga
 Jelang debat ketiga, Ma'ruf Amin dapat masukan dari asosiasi profesi
Kubu Prabowo tepis tudingan politisasi munajat 212
Demokrat minta Jokowi buka dokumen dengan bos Freeport
Ma'ruf Amin bakal ikut dampingi Jokowi
PWJ desak polisi tangkap anggota FPI penganiaya wartawan
Bela Enembe, pendukung aksi tari adat di KPK
AJI kecam tindakan brutal FPI terhadap wartawan
TKN: Pidato Jokowi bukan untuk tandingi Prabowo
Bansos PKH upaya Jokowi kembangkan ekonomi digital
Anak sarapan bernutrisi  memiliki nilai akademis empat kali lebih tinggi
Jokowi akan gelar pidato di Konvensi Rakyat
Kubu Jokowi: Munajat 212 bagian dari politisasi agama
Fetching news ...