Ingin caplok Taiwan, komunis Cina siap perang

REPORTED BY: Insan Praditya

Ingin caplok Taiwan, komunis Cina siap perang Presiden Cina, Xi Jinping

Presiden Republik Rakyat Cina (komunis Cina), Xi Jinping, mennyatakan bahwa militer Cina untuk harus siap untuk perang. Hal itu dikatakannya selama pidato resmi pertamanya di tahun baru untuk pasukan militer negara itu, Tentara Pembebasan Rakyat (PLA). Ahli militer Cina berpendapat, pernyataan ini adalah sinyal kuat ancaman Cina yang ingin kembali mencaplok wilayah Taiwan.

"Semua unit militer harus memahami dengan benar tren keamanan dan pembangunan nasional utama, dan memperkuat rasa kesulitan, krisis, dan pertempuran mereka yang tak terduga," kata Xi.

 Presiden Cina itu juga menyetujui komando militer pertama tahun 2019, yang melibatkan latihan dan pengembang yang lebih kompleks.

"Angkatan bersenjata China harus mempersiapkan perjuangan militer yang komprehensif dari titik awal yang baru," kata Jinping.

"Persiapan untuk perang dan pertempuran harus diperdalam untuk memastikan respons yang efisien di saat darurat," imbuhnya, Minggu (13/01/2019).

Setelah naiknya Jinping ke kursi kepresidenan Komisi Militer Pusat (CMC), sebuah organisasi pertahanan nasional Partai Komunis Cina, ia secara konsisten mendesak PLA untuk meningkatkan kesiapan tempur.

PLA Daily, surat kabar resmi militer Cina, mencatat dalam sebuah artikel bahwa tidak ada waktu untuk mengendur dalam persiapan perang, membuat pengamat Beijing untuk memperhatikan nada retorika pemimpin yang lebih keras.

Menurut seorang ahli militer, pernyataan Xi Jinping tersebut merupakan peringatan bagi Taiwan. Cina menganggap Taiwan yang memerintah sendiri sebagai bagian dari wilayahnya dan mengklaim kedaulatan atas pulau itu.

Taiwan sendiri merupakan tempat pemerintahan Republik Nasionalis Cina mengungsi karena kalah dari pemerintahan komunis. Sebelum komunis menguasai Cina, pemerintahan nasionalis ini menguasai seluruh teritorial Cina yang mencakup seluruh daratan dan Taiwan.

"(Mereka) menunjukkan betapa seriusnya Jinping mengambil pelatihan militer Cina dan persiapannya untuk perang, sementara juga melenturkan kekuatannya," tegas ahli tersebut.

Komando militer baru yang ditandatangani oleh Jinping fokus pada peningkatan kesiapan tempur, inspeksi pasukan dan latihan perlawanan, menurut penyiar CCTV negara Cina.

Kendalikan hama dan penyakit secara alami dengan Tumpang Sari
Kendalikan hama dan penyakit secara alami dengan Tumpang Sari
TKN sebut Ma'ruf Amin akan pakai ayat Alquran di debat ketiga
 Jelang debat ketiga, Ma'ruf Amin dapat masukan dari asosiasi profesi
Kubu Prabowo tepis tudingan politisasi munajat 212
Demokrat minta Jokowi buka dokumen dengan bos Freeport
Ma'ruf Amin bakal ikut dampingi Jokowi
PWJ desak polisi tangkap anggota FPI penganiaya wartawan
Bela Enembe, pendukung aksi tari adat di KPK
AJI kecam tindakan brutal FPI terhadap wartawan
TKN: Pidato Jokowi bukan untuk tandingi Prabowo
Bansos PKH upaya Jokowi kembangkan ekonomi digital
Anak sarapan bernutrisi  memiliki nilai akademis empat kali lebih tinggi
Jokowi akan gelar pidato di Konvensi Rakyat
Kubu Jokowi: Munajat 212 bagian dari politisasi agama
Fetching news ...