DPR terbuka bagi usul PKS soal perlindungan tokoh dan simbol agama

REPORTED BY: Insan Praditya

DPR terbuka bagi usul PKS soal perlindungan tokoh dan simbol agama Gedung DPR-MPR RI

Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo mengatakan bahwa DPR RI terbuka bagi siapapun yang ingin menginisiasi Rancangan Undang-Undang (RUU) Perlindungan Tokoh Agama dan Simbol Agama.

"DPR dan pemerintah menurut saya terbuka bagi siapapun yang mau menginisiasi UU baru seperti yang disampaikan tadi," kata Bambang saat ditemui wartawan di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (14/01/2019).

Bambang mengatakan usulan RUU itu bergantung pada mekanisme yang ada. Selain itu, menurutnya RUU tersebut harus melalui kajian terlebih dahulu.

"Tapi apakah nanti bisa terpenuhi itu sangat tergantung pada mekanisme yang ada. Kan UU itu bisa dimungkinkan apakah itu nanti menjadi inisiatif DPR atau menjadi inisiatif PKS melalui DPR, nanti kan ada kajian akademisnya," ujarnya.

Selanjutnya, saat ditanya peluang RUU Perlindungan tokoh agama dan simbol agama itu masuk dalam kajian DPR tahun ini, Ia mengatakan peluangnya masih kecil karena masa kerja DPR tersisa delapan bulan.

"Menurut saya peluangnya kecil, karena kita tinggal 8 bulan lah, ga sampai  9 bulan, ya 9 bulan lagi bekerja, tapi dimungkinkan untuk dicantolkan dengan undang-undang yang sedang berjalan saat ini. Bisa masuk dalam KUHP bisa, bisa juga tergantung pada kajian akademisnya dan tergantung kepada panja atau pansus yang sedang berjalan," pungkasnya.

Sebelumnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ingin mengusulkan Rancangan Undang-undang (RUU) Perlindungan Tokoh Agama dan Simbol-simbol Agama. Wakil ketua Tim Pemenangan Pemilu PKS, Al Muzzamil Yusuf mengatakan perlindungan terhadap pendakwah dan simbol-simbol agama sangat penting.

"Jadi saya kira perlindungan terhadap pendakwah agama dan simbol-simbol agama itu penting. Kita belajar dari kasus pembakaran bendera tauhid," kata Al Muzzamil beberapa waktu yang lalu.

Muzzamil menilai RUU tersebut penting untuk melindungi simbol-simbol semua agama di Indonesia dan melindungi para pendakwah.

"Para pendakwah agama membawa misi UUD 1945 yang mengamanatkan pendidikan nasional untuk meningkatkan iman, takwa, dan akhlak mulia. Lewat ini kita bisa saling menghormati antar-agama. Saya kira jelas PKS akan memperjuangkan RUU ini di parlemen," pungkasnya.

TKN sebut Ma'ruf Amin akan pakai ayat Alquran di debat ketiga
 Jelang debat ketiga, Ma'ruf Amin dapat masukan dari asosiasi profesi
Kubu Prabowo tepis tudingan politisasi munajat 212
Demokrat minta Jokowi buka dokumen dengan bos Freeport
Ma'ruf Amin bakal ikut dampingi Jokowi
PWJ desak polisi tangkap anggota FPI penganiaya wartawan
Bela Enembe, pendukung aksi tari adat di KPK
AJI kecam tindakan brutal FPI terhadap wartawan
TKN: Pidato Jokowi bukan untuk tandingi Prabowo
Bansos PKH upaya Jokowi kembangkan ekonomi digital
Anak sarapan bernutrisi  memiliki nilai akademis empat kali lebih tinggi
Jokowi akan gelar pidato di Konvensi Rakyat
Kubu Jokowi: Munajat 212 bagian dari politisasi agama
Fadli Zon: Jokowi berdebat seperti manajer
Kubu Jokowi: Tim debat Ma'ruf Amin sudah disiapkan
Fetching news ...