Kubu Jokowi punya strategi naikkan elektabilitas calonnya

REPORTED BY: Insan Praditya

Kubu Jokowi punya strategi naikkan elektabilitas calonnya Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Johny G Plate

Wakil ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Johny G Plate mengatakan tim koalisinya mempunyai strategi khusus untuk menaikan elektablitas Ma'aruf Amin di pilpres. Menurutnya, koalisinya sedang merancang tahapan kampanye mikro dan makro untuk menaikan elektablitas.

Hal tersebut dikatakannya dalam menanggapi survei Charta Politika yang menilai bahwa Calon Wakil Presiden, Ma'ruf Amin belum secara spesifik dapat meningkatkan elektablitas di pilpres 2019.

"Pasti ada strategi nya kita kan punya strategi berjenjang, tiga bulan sudah kita lakukan dalam penetrasi makro, Kampanye makro. Sekarang kita masuk pentahapan Kampanye mikro Kampanye mikro target nya mikro," ujarnya di Gedung DPR-MPR RI Jakarta, Kamis (17/01/2019).

Johny menegaskan bahwa sampai saat ini elektablitas Jokowi-Maa'ruf masih unggul 20 persen dibandingkan Prabowo-Sandi. Hal tersebut dibuktikan dari beberapa lembaga survei yang menyebut Jokowi lebih unggul dibanding Prabowo.

"Yang pasti bahwa ya sampai pada saat ini kalau berbasis survei ya didalam trend hasil survei terlihat bahwa pak Joko Widodo kyai Ma'ruf bertahan di level 52 sampai 55 persen, sedangkan pak Prabowo dan pak Sandi di level 28 ke 35 persen. atau perbedaan antara kedua pasangan calon ini, sekitar 20 persen pak Jokowi dan Ma'ruf masih unggul," jelasnya 

Dalam keterpautan persentase yang jauh tersebut, ia menilai bahwa selama ini kubu dari Prabowo-Sandi lebih banyak melemparkan retorika dan propaganda yang tidak berbasis data, sehingga hal tersebut yang menyebabkan elekteblitas pasangan tersebut kian menurun.

"ini sebetulnyaa makna lain dari situ bahwa kampanye selama ini tidak mempengaruhi, terlalu banyak khususnya kritik apalagi kritik yang tidak berbasis data, yang akurat itu tidak mempengaruhi voters,karena voters kita ternyata lebih cerdas dari informasi yang diberikan," imbuhnya.

Kendati demikian, Johny mengatakan bahwa kampanye mikro juga dapat berpengaruh terhadap elektablitas kandidat capres-cawapres. Hal tersebut karena sang kandidat akan bertatap muka langsung untuk mendengarkan aspirasi masyarakat.

"Kalau kampanye mikro pasti akan mempengaruhi, karena Kampanye mikro itu adalah dialog langsung dengan masyarakat ya, dengan menjawab semua pertanyaan yang spesifik, pertanyaan terkait kasus," tegasnya.
 
Dia mengatakan bahwa Maa'ruf amin akan melakukan kunjungan kampanye di beberapa wilayah yang berpotensi menaikan elektablitas.

"Kanvas Kampanye kyai Ma'ruf akan lebih banyak mengunjungi wilayah wilayah yang memang didesain untuk porsinya kyai Ma'ruf. itu sudah ada," tutupnya.

Sebelumnya dalam survei terakhir, Charta Politika kembali merilis hasil survei elektabilias pasangan capres-cawapres di pilpres 2019. Hasilnya Jokowi-Maa'ruf unggul sebesar 53,2 persen, sementara Prabowo-Sandi 34,1 persen.

Survei tersebut dilakukan kepada 2.000 responden dari 34 provinsi yang dipilih dengan metode multistage random sampling. Margin of error dari survei +- 2,19%, dengan tingkat kepercayaan 95%.

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengatakan survei tersebut dilakukan dari per 22 Desember sampai 2 Januari. Hasilnya pasangan nomor urut 01 unggul. Namun, sisa 12,8 persen belum menentukan pilihan pada survei tersebut.

"Ini angka riil bisa kita sebut sebagai angka elektabilitas ketika survei dilakukan artinya kalau pemilu dilakukan 22 Desember sampai 2 Januari, yang memilih pasangan nomor 01 elektabilitasnya 53,2%, nomor 02 elektabilitasnya 34,1%, yang menjawab tidak tahu 12,7%," katanya di Kantor Charta Politika di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (16/01/2018).

Kendalikan hama dan penyakit secara alami dengan Tumpang Sari
TKN sebut Ma'ruf Amin akan pakai ayat Alquran di debat ketiga
Mengenal secara intim Kopi Yellow Caturra
 Jelang debat ketiga, Ma'ruf Amin dapat masukan dari asosiasi profesi
Kubu Prabowo tepis tudingan politisasi munajat 212
Demokrat minta Jokowi buka dokumen dengan bos Freeport
Ma'ruf Amin bakal ikut dampingi Jokowi
PWJ desak polisi tangkap anggota FPI penganiaya wartawan
Bela Enembe, pendukung aksi tari adat di KPK
AJI kecam tindakan brutal FPI terhadap wartawan
TKN: Pidato Jokowi bukan untuk tandingi Prabowo
Bansos PKH upaya Jokowi kembangkan ekonomi digital
Anak sarapan bernutrisi  memiliki nilai akademis empat kali lebih tinggi
Jokowi akan gelar pidato di Konvensi Rakyat
Kubu Jokowi: Munajat 212 bagian dari politisasi agama
Fetching news ...