Legislator minta pemerintah perhatikan disabilitas rungu

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Legislator minta pemerintah perhatikan disabilitas rungu

Anggota Komisi VIII DPR RI, Bambang Budi Santoso meminta pemerintah melakukan langkah-langkah strategis untuk memberikan perhatian lebih kepada penyandang disabilitas, khususnya disabilitas rungu yang belum mendapatkan akses Alat Bantu Dengar (ABD).

“Data yang masuk ke kami hinga saat ini masih ada sekitar 90 persen penyandang disabilitas rungu yang belum mendapatkan akses Alat Bantu Dengar (ABD). Total penyandang disabilitas rungu sendiri sebanyak 6.952.797 orang sesuai Survei Penduduk Antra Sensus (SUPAS) tahun 2015,” kata Bambang di Jakarta, Jumat (19/10/2018). 

Bambang menjelaskan, bantuan untuk kelompok disabilitas rungu yang tidak mampu bisa dilakukan baik lewat anggaran yang bersumber dari APBN ataupun kemitraan lainnya baik dari dalam maupun luar negeri.

“Pemerintah harus berpikir untuk melakukan percepatan guna menjangkau seluruh penyandang disabilitas rungu di Indonesia,” katanya.

Dikatakan Bambang, anggaran dalam APBN membutuhkan dukungan dari APBD propinsi maupun APBD Kabupaten/Kota serta berbagai kemitraan dengan elemen non-pemerintah supaya produktivitas kelompok tersebut tidak terhambat.

"Ini yang harus kita maksimalkan agar penyediaan akses ADB kepada mereka dapat diperluas. Pemerintah perlu mencari strategi mewujudkan hal tersebut,” tambah dia. 

Menurut Bambang, ADB hanya salah satu akses yang harus diupayakan bagi para penyandang disabilitas. Hak lain yang juga harus dijamin oleh negara, kata dia, adalah hak hidup, pekerjaan, pendidikan, politik, hingga akses fasilitas. 

 

TKN sebut Ma'ruf Amin akan pakai ayat Alquran di debat ketiga
 Jelang debat ketiga, Ma'ruf Amin dapat masukan dari asosiasi profesi
Kubu Prabowo tepis tudingan politisasi munajat 212
Demokrat minta Jokowi buka dokumen dengan bos Freeport
Ma'ruf Amin bakal ikut dampingi Jokowi
PWJ desak polisi tangkap anggota FPI penganiaya wartawan
Bela Enembe, pendukung aksi tari adat di KPK
AJI kecam tindakan brutal FPI terhadap wartawan
TKN: Pidato Jokowi bukan untuk tandingi Prabowo
Bansos PKH upaya Jokowi kembangkan ekonomi digital
Anak sarapan bernutrisi  memiliki nilai akademis empat kali lebih tinggi
Jokowi akan gelar pidato di Konvensi Rakyat
Kubu Jokowi: Munajat 212 bagian dari politisasi agama
Fadli Zon: Jokowi berdebat seperti manajer
Kubu Jokowi: Tim debat Ma'ruf Amin sudah disiapkan
Fetching news ...