Kubu Jokowi nilai Prabowo gagal paham isu terorisme

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Kubu Jokowi nilai Prabowo gagal paham isu terorisme

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily mengatakan Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tak paham mengenai akar munculnya terorisme. Ia mengatakan klaim Prabowo yang mengatakan teroris dikirim dari negara lain adalah salah. 

"Walaupun mengklaim bahwa Prabowo berpengalaman tapi Prabowo salah besar kalau mengatakan teroris dikirim dari negara lain serta menyederhanakan masalah terorisme sebagai persoalan ekonomi," kata Ace saat dihubungi, Jumat (18/01/2019).

Sementara itu, Ace mengatakan Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin tegas dalam menjawab pertanyaan terkait terorisme. Ia mengatakan terorisme harus dicegah melalui kontra terorisme dan pendekatan deradikalisasi melalui kerjasama dengan ormas.

"MUI memfatwakan bahwa terorisme bukan jihad. Terorisme adalah perbuatan kerusakan.Terorisme harus dicegah melalui kontra-terorisme dan pendekatan deradikalisasi tanpa harus melanggar HAM melalui kerjasama juga dengan ormas," ujarnya.

Ace juga mengatakan Ma'ruf Amin berbicara konkret terkait deradikalisasi bagi mereka yang sudah terpapar terorisme. Ia mengatakan pendekatan untuk deradikalisasi yakni jika munculnya terorisme karena faktor ekonomi, maka pendekatannya pada penyediaan lapangan kerja.

"Kalau disebabkan faktor ekonomi, maka pendekatannya adalah pemberian lapangan kerja agar para teroris mendapatkan pekerjaan dan nafkah yg layak.Jika penyebabnya adalah paham agama yang menyimpang, maka negara wajib membawanya ke jalan yang lurus," tuturnya.

Selanjutnya, Ace mengatakan Ma'ruf Amin menguasai masalah tersebut dan tangkas dalam menjawab masalah hukum dan terorisme.

"Ma’ruf Amin menguasai masalah dan juga tangkas menjawab isu hukum dan terorisme. Banyak pihak yang mengunder estimate Ma’ruf Amin dalam debat tapi semalam justru dengan ketenangan dan jawabannya yg sistimatis  Ma’ruf Amin jadi bintang," pungkasnya.

Sebelumnya, dalam debat Pilpres pada pertanyaan bagaimana cara memberantas terorisme. Prabowo mengatakan teroris berasal muncul dari negara lain. Sementara itu, menurutnya munculnya terorisme di dalam negeri karena ketidakadilan.

Prabowo mengatakan terorisme dapat diberantas dengan investasi di instansi-instansi pendidikan dan kesehatan supaya membantu rakyat dalam memperbaiki kualitas hidupnya.

"Untuk itu jika kita memimpin pemerintahan, kita akan benar-benar memberikan investasi besar-besaran di pendidikan, kesehatan, untuk membantu rakyat yang paling bawah, kita akan bantu pesantren, madrasah, guru-guru kita perbaiki kapasitas, kualitas hidupnya." kata Prabowo di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/01/2019).

TKN sebut Ma'ruf Amin akan pakai ayat Alquran di debat ketiga
 Jelang debat ketiga, Ma'ruf Amin dapat masukan dari asosiasi profesi
Kubu Prabowo tepis tudingan politisasi munajat 212
Demokrat minta Jokowi buka dokumen dengan bos Freeport
Ma'ruf Amin bakal ikut dampingi Jokowi
PWJ desak polisi tangkap anggota FPI penganiaya wartawan
Bela Enembe, pendukung aksi tari adat di KPK
AJI kecam tindakan brutal FPI terhadap wartawan
TKN: Pidato Jokowi bukan untuk tandingi Prabowo
Bansos PKH upaya Jokowi kembangkan ekonomi digital
Anak sarapan bernutrisi  memiliki nilai akademis empat kali lebih tinggi
Jokowi akan gelar pidato di Konvensi Rakyat
Kubu Jokowi: Munajat 212 bagian dari politisasi agama
Fadli Zon: Jokowi berdebat seperti manajer
Kubu Jokowi: Tim debat Ma'ruf Amin sudah disiapkan
Fetching news ...