PKS harap pemerintah tak politisasi pembebasan Abu Bakar Ba'asyir

REPORTED BY: Insan Praditya

PKS harap pemerintah tak politisasi pembebasan Abu Bakar Ba'asyir Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera

Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera mengharapkan pemerintah tidak mempolitisasi pembebasan Abu Bakar Ba'asyir. Pernyataan ini diungkapkan karena pembebasan itu dilakukan di tahun politik, Namun dia tetap mengapresiasi langkah pemerintah itu.

"Saya apresiasi keputusan pemerintah dan saya berharap ini tidak di politisasi," ujarnya di gedung DPR-MPR RI Jakarta, Selasa (22/01/2019).

Lebih lanjut, ia mengatakan Ba'asyir sudah menjalankan masa 2/3 tahanannya, sehingga dia mempunyai peluang untuk bebas bersyarat atas dakwaan kasus terorisme yang dijalankan.

"Kalau saya lihat dari sudut lamanya sudah 2/3 masa tahanan dengan remisi, sehingga pemerintah punya hak untuk memberikan masukan termasuk ketika memang baik dia punya kesempatan bebas bersyarat," jelasnya.

Dia berharap peran pemerintah harus membina narapidana untuk menjadi warga negara yang baik, supaya napi tersebut dapat melupakan kejahatannya di masa lalu.

"Karna seluruh narapidana seluruh kasus apa pun berhak mendapatkan haknya, apalagi prinsip narapidana di rumah pemasyarakatan ini kan sebenarnya dibina untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi," tutupnya.

Berbeda dengan Mardani, Juru bicara Partai Solidaritas Indonesia, Guntur Romli menilai pembebasan Abu Bakar Ba'asyir oleh Presiden RI Jokowi semata-mata untuk menghindari serangan pihak oposisi, jika kondisinya Abu Bakar Ba'asyir meninggal di dalam tahanan.

Dia mengatakan pihak oposisi selalu mencari celah untuk menyerang Jokowi dengan isu SARA, sehingga tidak heran jika hoaks dan fitnah pun selalu gencar dilakukan.

"Kalau sampai hal ini terjadi, ABB meninggal dalam penjara, sementara BTP bebas yang bagi lawan-lawannya tetap dituduh 'penista agama'. Maka akan menjadi amunisi lawan-lawan politik Jokowi untuk menyerang dan menjadi gorengan panas untuk Pilpres 2019," kata Romli dalam keterangan tertulis, Minggu (20/01/2019).

TKN sebut Ma'ruf Amin akan pakai ayat Alquran di debat ketiga
 Jelang debat ketiga, Ma'ruf Amin dapat masukan dari asosiasi profesi
Kubu Prabowo tepis tudingan politisasi munajat 212
Demokrat minta Jokowi buka dokumen dengan bos Freeport
Ma'ruf Amin bakal ikut dampingi Jokowi
PWJ desak polisi tangkap anggota FPI penganiaya wartawan
Bela Enembe, pendukung aksi tari adat di KPK
AJI kecam tindakan brutal FPI terhadap wartawan
TKN: Pidato Jokowi bukan untuk tandingi Prabowo
Bansos PKH upaya Jokowi kembangkan ekonomi digital
Anak sarapan bernutrisi  memiliki nilai akademis empat kali lebih tinggi
Jokowi akan gelar pidato di Konvensi Rakyat
Kubu Jokowi: Munajat 212 bagian dari politisasi agama
Fadli Zon: Jokowi berdebat seperti manajer
Kubu Jokowi: Tim debat Ma'ruf Amin sudah disiapkan
Fetching news ...