Pimpinan DPR imbau musisi tak khawatir RUU permusikan

REPORTED BY: Insan Praditya

Pimpinan DPR imbau musisi tak khawatir RUU permusikan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. Foto: Nugi

Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo mengimbau para musisi dan seniman tak khawatir dengan Rancangan Undang-Undang Permusikan yang saat ini sudah masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR. Bambang mengatakan pembahasan RUU itu akan melibatkan para musisi dan pekerjaan seni lainnya.

"Dan tentu saja nanti dalam pembahasan ke depan akan mengundang stakeholder yang terlibat dalam RUU permusikan termasuk juga pencipta lagu dan pekerja seni lainnya yang terkait dengan permusikan," kata Bambang saat ditemui wartawan di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu (06/02/2019).

Bambang mengatakan ada beberapa pasal dalam RUU Permusikan yang menimbulkan kegalauan bagi para musisi, tentu hal itu akan dibahas bersama. Ia juga mengatakan para musisi yang menolak beberapa pasal dapat menyalurkan dalam daftar isian masalah melalui DPR dan pemerintah untuk dibahas bersama-sama.

"Karena pintu masuknya ada dua, para musisi atau seniman yang menolak ini, yang memiliki pemikiran lain bisa masuk lewat jalur DPR agar masuk dalam daftar isian masalah bisa juga masuk dalam jalur pemerintah yang juga bisa mengisi daftar isian masalah," ujarnya.

Bambang mengatakan tidak tepat RUU Permusikan dikatakan kontroversial. Ia mengimbau para musisi memahami ayat per ayat dari RUU Permusikan dan menyampaikan hal-hal yang perlu diperjuangkan.

"Ini yang justru apa yang tidak tepat atau katakanlah kontroversial apa usulannya kan bisa dibahas. Jadi saya juga imbau kepada para musisi memahami lagi pelajari lebih dalam ayat per ayatnya lalu sampaikan yang menurut mereka baik, ini kita bikin untuk mereka," tuturnya.

Selanjutnya, Bambang mengatakan Panitia Kerja (Panja) RUU Permusikan belum dibentuk. Selain itu, menurutnya inisiasi RUU tersebut tak mungkin Anang Hermansyah selaku anggota komisi X sendiri, tetapi bisa saja dari fraksi partai atau komisi X.

"Apalagi belum terbentuk apa yang mau dikhawatirkan, kan pertanyaannya itu. Jadi ada tahapan-tahapannya, ini kan Anang dari komisi X, ga mungkin Anang sendirian yang mengajukan inisiasi karena bisa dari fraksinya bisa jadi komisinya," pungkasnya.

TKN sebut Ma'ruf Amin akan pakai ayat Alquran di debat ketiga
 Jelang debat ketiga, Ma'ruf Amin dapat masukan dari asosiasi profesi
Kubu Prabowo tepis tudingan politisasi munajat 212
Demokrat minta Jokowi buka dokumen dengan bos Freeport
Ma'ruf Amin bakal ikut dampingi Jokowi
PWJ desak polisi tangkap anggota FPI penganiaya wartawan
Bela Enembe, pendukung aksi tari adat di KPK
AJI kecam tindakan brutal FPI terhadap wartawan
TKN: Pidato Jokowi bukan untuk tandingi Prabowo
Bansos PKH upaya Jokowi kembangkan ekonomi digital
Anak sarapan bernutrisi  memiliki nilai akademis empat kali lebih tinggi
Jokowi akan gelar pidato di Konvensi Rakyat
Kubu Jokowi: Munajat 212 bagian dari politisasi agama
Fadli Zon: Jokowi berdebat seperti manajer
Kubu Jokowi: Tim debat Ma'ruf Amin sudah disiapkan
Fetching news ...