PAN minta caleg yang melanggar serahkan diri ke polisi

REPORTED BY: Insan Praditya

PAN minta caleg yang melanggar serahkan diri ke polisi Wakil Ketua Partai Amanat Nasional (PAN), Bara Hasibuan. Foto: Nugi

Wakil Ketua Partai Amanat Nasional (PAN), Bara Hasibuan meminta Calon Legislatif PAN Mandala Shoji menyerahkan diri ke polisi setelah divonis dalam kasus pelanggaran pidana Pemilu di Pengadilan Jakarta Pusat.

"Kami tidak tahu dia dimana. Saya minta dia menghormati proses hukum dan menyerahkan diri ke pihak otoritas untuk menjalankan proses hukum ini," kata Bara saat ditemui wartawan di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu (05/02/2019).

Bara mengatakan PAN menghormati proses hukum yang menjerat calegnya. Ia juga tak mempermasalahkan apabila KPU DKI Jakarta mencoret nama Mandala Shoji dari Daftar Calon Tetap (DCT).

"Saya pikir kami menghormati itu, karena dia sudah dinyatakan bersalah oleh pengadilan. Kami menghormati proses hukum. Kalau memang KPU mau mencoret, ya kami akan terima keputusan itu," ujarnya.

Selanjutnya, Bara menilai apa yang dilakukan Mandala Shoji mencoreng nama baik PAN. Ia mengatakan sudah menginstruksikan seluruh caleg supaya tidak berkampanye dengan melanggar aturan-aturan Pemilu.

"Ya jelas dong. Ini kan ada akibatnya terhadap partai. Kami tentu saja memberikan instruksi kepada seluruh caleg agar tidak berkampanye dengan melakukan hal-hal yang melanggar hukum termasuk misal membagi-bagikan sesuatu yang bisa dikategorikan penyuapan," pungkasnya.

Sebelumnya, Calon Legislatif, Mandala Shoji akan dieksekusi atas dasar vonis dalam kasus pelanggaran pidana pemilu di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Namun, saat akan dieksekusi Mandala menghilang.

Rencana eksekusi berdasarkan putusan PN Jakarta Pusat yang memvonis bersalah caleg DPR dari PAN Mandala Shoji dan caleg DPRD DKI Jakarta dari PAN Lucky Andriyani karena bagi-bagi kupon umroh saat berkampanye. 

Kendalikan hama dan penyakit secara alami dengan Tumpang Sari
Kendalikan hama dan penyakit secara alami dengan Tumpang Sari
TKN sebut Ma'ruf Amin akan pakai ayat Alquran di debat ketiga
 Jelang debat ketiga, Ma'ruf Amin dapat masukan dari asosiasi profesi
Kubu Prabowo tepis tudingan politisasi munajat 212
Demokrat minta Jokowi buka dokumen dengan bos Freeport
Ma'ruf Amin bakal ikut dampingi Jokowi
PWJ desak polisi tangkap anggota FPI penganiaya wartawan
Bela Enembe, pendukung aksi tari adat di KPK
AJI kecam tindakan brutal FPI terhadap wartawan
TKN: Pidato Jokowi bukan untuk tandingi Prabowo
Bansos PKH upaya Jokowi kembangkan ekonomi digital
Anak sarapan bernutrisi  memiliki nilai akademis empat kali lebih tinggi
Jokowi akan gelar pidato di Konvensi Rakyat
Kubu Jokowi: Munajat 212 bagian dari politisasi agama
Fetching news ...