TGB ajak masyarakat jauhi hoaks soal agama

REPORTED BY: Insan Praditya

TGB ajak masyarakat jauhi hoaks soal agama Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Tuan Guru Bajang (TGB)

Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Tuan Guru Bajang (TGB) atau Muhammad Zainul Majdi mengatakan Pemilihan Presiden (Pilpres) merupakan ajang untuk mencari pemimpin yang baik, bukan sebuah perang. Namun, Menurutnya, apabila Pilpres dianggap sebagai pertempuran, maka akan bermunculan hoaks dan fitnah sehingga memecah belah persaudaraan.

"Bukan Perang Badar, ajang demokrasi yang diharapkan kepimpinan yang baik kalau kita memaknakan ukuran ke publik akan baik, ketika memaknakan ini sebagai battle feel dengan bahasa provokatif akan timbul muncul berita hoaks dan fitnah bahkan akan merusak ruang publik dan persaudaraan kita," kata TGB dalam acara diskusi 'Gerakan Menangkal Fitnah dan Hoaks' di Posko Cemara, Kamis (07/02/2019).

Menurut TGB, perhelatan Pilpres yang akan digelar 17 April 2019 tak perlu menyebarkan hoaks secara besar-besaran. Ia mengatakan hal itu hanya akan menguras energi, sehingga tak baik untuk dikonsumsi masyarakat.

"Ini seperti kita menanam benih di tanah yang kemudian akan tumbuh. Kalau kita tanam benih kebohongan maka yang tumbuh kebohongan. Itu tidak baik sebagai bangsa," ujarnya.

TGB juga mengingatkan hoaks seputar agama yang ditujukan kepada salah satu paslon capres dan cawapres bertujuan untuk menghasut umat. 

"Hoaks agama yang sedang dan akan dimainkan dalam pekan ini akan memecah belah masyarakat. Sampaikan dan ingatkan ke sekeliling kita, keluarga, teman, saudara dan tetangga kita supaya itu tidak efektif untuk mengadu domba dan supaya kita kebal hoaks," tuturnya.

Selanjutnya, TGB mengatakan pesta demokrasi yang hanya lima tahun sekali itu merupakan momentum untuk saling merawat dan menjaga jalinan persaudaraan. Menurutnya, salah satu cara merawat persaudaraan itu dengan membuang segala macam hoaks dan fitnah.

"Salah satu caranya kita pastikan bahwa kita sisihkan dan buang jauh-jauh kita buang ke paling samudera yang terdalam segala macam hoaks dan apalagi fitnah," pungkasnya.

Kendalikan hama dan penyakit secara alami dengan Tumpang Sari
TKN sebut Ma'ruf Amin akan pakai ayat Alquran di debat ketiga
Mengenal secara intim Kopi Yellow Caturra
 Jelang debat ketiga, Ma'ruf Amin dapat masukan dari asosiasi profesi
Kubu Prabowo tepis tudingan politisasi munajat 212
Demokrat minta Jokowi buka dokumen dengan bos Freeport
Ma'ruf Amin bakal ikut dampingi Jokowi
PWJ desak polisi tangkap anggota FPI penganiaya wartawan
Bela Enembe, pendukung aksi tari adat di KPK
AJI kecam tindakan brutal FPI terhadap wartawan
TKN: Pidato Jokowi bukan untuk tandingi Prabowo
Bansos PKH upaya Jokowi kembangkan ekonomi digital
Anak sarapan bernutrisi  memiliki nilai akademis empat kali lebih tinggi
Jokowi akan gelar pidato di Konvensi Rakyat
Kubu Jokowi: Munajat 212 bagian dari politisasi agama
Fetching news ...