Tanggapan Jokowi atas kebocoran anggaran dinilai blunder oleh kubu Prabowo

REPORTED BY: Insan Praditya

Tanggapan Jokowi atas kebocoran anggaran dinilai blunder oleh kubu Prabowo Presiden RI, Joko WIdodo

Anggota Dewan pakar Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Drajad Wibowo menilai pernyataan Presiden RI Joko Widodo blunder soal  data kebocoran anggaran negara yang disebut Prabowo Subianto sebesar 25% atau Rp500 triliun. Dia menilai Jokowi kekurangan informasi atas tuduhan Prabowo itu.

"Pernyataan Presiden Jokowi tersebut lagi-lagi membuktikan bahwa beliau tidak mendapat masukan yang benar. Akibatnya, beliau terjerumus ke pernyataan blunder yang bertentangan dengan fakta," katanya kepada wartawan, Jakarta, Selasa (12/02/2019). 

Lebih lanjut, Dradjad mengungkit pertemuan KPK dengan Wantimpres pada April 2017. Ia menyatakan ketika itu, Ketua Wantimpres, Sri Adiningsih menyebut ada kebocoran anggaran sebesar 20-40%,

"Faktanya, pada tanggal 3 April 2017, KPK mengadakan pertemuan dengan Wantimpres. Seusai pertemuan, Ketua Wantimpres menyampaikan korupsi kebocoran keuangan bisa mencapai 20-40%. Mungkin konteksnya adalah korupsi di daerah," jelasnya.

"Tapi Komisioner KPK Alexander Marwata sesuai pertemuan itu justru merujuk ke korupsi e-KTP dengan menyebut kebocoran hampir 50 persen," tambahnya.

Dia menilai seharusnya informasi tersebut disampaikan Wantimpres kepada Jokowi. Mengingat tugas Wantimpres adalah memberikan masukan dan pertimbangan kepada presiden. 

"Saya tidak tahu apakah Wantimpres pernah menulis pertimbangan kepada Presiden. Atau apakah mereka pernah meminta Presiden memerintahkan Polri dan Kejagung menindaklanjuti? Yang jelas, Wantimpres bertugas memberi pertimbangan kepada Presiden," jelasnya.

"Jadi jangan salahkan pesaing politik jika banyak elemen masyarakat yang meragukan kredibilitas pak Jokowi. Tim di sekitar beliau gagal memberi masukan yang benar," imbuh Dradjad.

Sebelumnya, Presiden RI Jokowi kembali mempertanyakan tudingan kebocoran anggaran yang disampaikan Prabowo. Dia meminta Prabowo tak asal menuding mengenai bukti adanya kebocoran anggaran sebesar Rp500 triliun itu.

 

TKN sebut Ma'ruf Amin akan pakai ayat Alquran di debat ketiga
 Jelang debat ketiga, Ma'ruf Amin dapat masukan dari asosiasi profesi
Kubu Prabowo tepis tudingan politisasi munajat 212
Demokrat minta Jokowi buka dokumen dengan bos Freeport
Ma'ruf Amin bakal ikut dampingi Jokowi
PWJ desak polisi tangkap anggota FPI penganiaya wartawan
Bela Enembe, pendukung aksi tari adat di KPK
AJI kecam tindakan brutal FPI terhadap wartawan
TKN: Pidato Jokowi bukan untuk tandingi Prabowo
Bansos PKH upaya Jokowi kembangkan ekonomi digital
Anak sarapan bernutrisi  memiliki nilai akademis empat kali lebih tinggi
Jokowi akan gelar pidato di Konvensi Rakyat
Kubu Jokowi: Munajat 212 bagian dari politisasi agama
Fadli Zon: Jokowi berdebat seperti manajer
Kubu Jokowi: Tim debat Ma'ruf Amin sudah disiapkan
Fetching news ...