DPR apresiasi pembebasan Siti Aisyah

REPORTED BY: Insan Praditya

DPR apresiasi pembebasan Siti Aisyah Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo

Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo mengapresiasi pemerintah yang berhasil melakukan diplomasi dalam upaya pembebasan Warga Negara Indonesia (WNI) Siti Aisyah terkait kasus pembunuhan Kim Jong Nam.

"Ketua DPR memberikan apresiasi terhadap pemerintah yang berhasil melakukan diplomasi secara maksimal dalam upaya pembebasan Siti Aisyah," kata Bambang saat ditemui wartawan di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu (13/03/2019).

Bambang mengatakan DPR mendorong pemerintah untuk tetap memberikan perlindungan terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) lainnya yang terjerat kasus hukum di luar negeri dengan tetap menghormati hukum yang ada di negara tersebut.

"Serta mendorong Pemerintah untuk tetap memberikan perlindungan hukum terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) lainnya yang terjerat kasus hukum di luar negeri dengan mengupayakan keringanan hukuman ataupun pembebasan dengan tetap menghormati hukum negara tersebut," pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly mengungkapkan alasan pembebasan Siti Aisyah. Menurutnya, pembebasan Siti berdasarkan wewenang Jaksa Agung Malaysia. Ia mengatakan wewenang yang dilakukan jaksa agung merupakan hasil dari surat yang diberikan pemerintah Indonesia.

Yasonna mengatakan alasan dibebaskan Siti, karena apa yang dilakukan Siti adalah untuk kepentingan reality show. Lalu, menurutnya, Siti tak sadar bahwa ia sudah dikelabui oleh pihak Korea Utara dan tak mendapatkan keuntungan dari hal itu.

"Siti telah dikelabui dan tidak menyadari sama sekali bahwa dia diperalat oleh pihak Korea Utara," kata Yasonna beberapa waktu yang lalu.

Krakatau Steel siap kooperatif dengan KPK
Pemburuan liar semakin marak, Walhi desak pemerintah segera selamatkan Orang Utan
GARBI: Jangan golput, pilih saja figur yang berpengalaman
Jokowi-Ma'ruf kampanye terbuka perdana di Banten
Ini isi tuntutan aktivis lingkungan untuk elit politik
Kubu Prabowo beri pembelaan atas pemecatan guru honorer pose dua jari
Es mencair, puluhan jenazah pendaki di Puncak Everest muncul
Dicoret di dua kabupaten, ini respons Partai Berkarya
BPN yakin sosok Sandiaga Uno mampu lampaui elektabilitas petahana
Impor bawang putih dinilai bakal turunkan elektabilitas Jokowi
Dilaporkan ke Bawaslu, Ma'ruf Amin: Itu tidak tepat
Prabowo-Sandi akan kumpulkan ketum partai dan tokoh agama
Tak serahkan dana kampanye, 11 Parpol digugurkan di tingkat daerah
DPR soroti hak politik narapidana dan warga binaan
Fadli Zon: Wiranto super ngawur
Fetching news ...