DPR minta prosedur pencairan dana bantuan gempa Lombok dipermudah

REPORTED BY: Insan Praditya

DPR minta prosedur pencairan dana bantuan gempa Lombok dipermudah Ruang paripurna DPR-MPR RI

Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah meminta pemerintah mempermudah prosedur pencairan dana bantuan penanganan gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ia menekankan hal ini supaya masyarakat tak mengalami kesulitan untuk mendapatkan bantuannya.

"Ini kan kalau ada gempa gini dalam perpektif pembiayaan kita sebut ini adalah dukungan sedekah yang terlalu banyak. Kita bicara prosedur karena orang itu enggak ada prosedurnya, orang susah enggak ada prosedurnya tiba-tiba jatuh miskin, tiba-tiba dia kehilangan rumah, tiba-tiba dia kehilangan segala-galanya udah ada yang meninggal dan sebagainya. Udahlah jangan pakai prosedur, cairkan saja. Itu yang kita inginkan," kata Fahri saat ditemui wartawan di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu (13/03/2019).

Fahri mengatakan berdasarkan alokasi dana bantuan yang pernah dikirim kepada korban, ia juga meminta dana bantuan penanganan yang masih tersisa segera dikirim. Menurutnya, pemerintah tak perlu berpikir terlalu lama untuk mengirimkan dana bantuan tersebut.

"Ya itu pokoknya berdasarkan alokasi yang sudah ada transfer saja dulu lalu kemudian yang Rp1,4 triliun sisa itu transfer aja lagi. Ini kan untuk orang susah kenapa sih kok pikir-pikir," ujarnya.

Fahri mengatakan dana bantuan yang ditargetkan akan rampung sebelum bulan April, belum sepenuhnya menyentuh ke semua korban gempa.

"Karena gini rumah itu kan anggarannya 50 juta untuk menyelesaikan rumah ditransfer 25 juta pun itu belum jadi, karena enggak mungkin orang tinggal di rumah dindingnya enggak ada atap enggak ada," pungkasnya.

Selanjutnya, Fahri mengatakan pengiriman dana bantuan dari pemerintah tak perlu menggunakan satu bank saja, karena akan menyulitkan masyarakat. Ia juga mengatakan pemerintah tak perlu mempersulit korban gempa dengan prosedur tersebut.

"Berhentilah korbankan rakyat dengan prosedur-prosedurkan bencana. Bencana enggak perlu prosedur bencana harus cepat," pungkasnya.

Sebelumnya, DPR menggelar rapat bersama pemerintah terkait evaluasi penanganan gempa Lombok, di NTB. Rapat tersebut dipimpin oleh wakil ketua DPR RI, Fahri Hamzah. 

Dalam rapat tersebut turut hadir Kepala Kepala BNPB Doni Mondardo, perwakilan dari Kementerian Keuangan, Kemenko PMK, Kemenko Perekonomian, dan Kemensos. Selain itu, hadir Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar dan Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid.

Krakatau Steel siap kooperatif dengan KPK
Pemburuan liar semakin marak, Walhi desak pemerintah segera selamatkan Orang Utan
GARBI: Jangan golput, pilih saja figur yang berpengalaman
Jokowi-Ma'ruf kampanye terbuka perdana di Banten
Ini isi tuntutan aktivis lingkungan untuk elit politik
Kubu Prabowo beri pembelaan atas pemecatan guru honorer pose dua jari
Es mencair, puluhan jenazah pendaki di Puncak Everest muncul
Dicoret di dua kabupaten, ini respons Partai Berkarya
BPN yakin sosok Sandiaga Uno mampu lampaui elektabilitas petahana
Impor bawang putih dinilai bakal turunkan elektabilitas Jokowi
Dilaporkan ke Bawaslu, Ma'ruf Amin: Itu tidak tepat
Prabowo-Sandi akan kumpulkan ketum partai dan tokoh agama
Tak serahkan dana kampanye, 11 Parpol digugurkan di tingkat daerah
DPR soroti hak politik narapidana dan warga binaan
Fadli Zon: Wiranto super ngawur
Fetching news ...