News

Destinasi Wisata Murah dan Tersembunyi di Daerah Bandung

REPORTED BY: Siti Dzakiyyah

Destinasi Wisata Murah dan Tersembunyi di Daerah Bandung

Berbicara mengenai wisata di daerah Bandung, mungkin sudah tidak asing lagi dengan objek wisata Tangkuban Perahu atau Kawah Putih. Tapi tahukah anda bahwa masih banyak tempat wisata tersembunyi di Kota Kembang ini? Yap, salah satu destinasi wisata tersembunyi tersebut ialah Objek Wisata Bumi Perkemahan Batu Kuda.

Bumi Perkemahan Batu kuda atau yang biasa disebut Batu Kuda ini merupakan salah satu objek wisata yang  sejuk serta rindang di daerah Bandung. Letaknya cukup jauh dari perkotaan membuat objek wisata ini belum banyak dikunjungi lho. Secara geografis Batu Kuda terletak di kaki Gunung Manglayang Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Batu kuda merupakan wisata hutan pinus yang luasnya sekitar 20 hektar serta cocok untuk dipakai berkemah. Pada siang hari di tempat ini kita dapat menikmati nyanyian pepohonan pinus layaknya nyanyian hujan.  Angin yang berhembus juga kencang dan sejuk.

Jika kita melihat ke atas akan tampak beberapa tupai yang melintas dari satu pohon ke pohon yang lainnya. Maka tak asing lagi jika banyak para wisatawan berkunjung kesana untuk berkemah atau hanya sekedar melepas penat setelah lelah bekerja di akhir pekan.

Di tempat wisata ini akan terlihat beberapa tenda-tenda perkemahan yang berdiri tegak serta beberapa kayu bakar siap dijual kepada pengunjung yang berkemah.Jika siang hari kita dapat merasakan sejuknya udara serta nyanyian pepohonan,pada  malam hari juga kita dapat menikmati pemandangan kota Bandung yang berkelap-kelip.

Naik sedikit ke jalur pendakian maka akan tampak Stadion Gelora Bandung Lautan Api serta gedung-gedung pencakar langit di kota Bandung. Tidak hanya itu saja, disana anda juga dapat menikmati indahnya sunrise dari arah Gunung Geulis yang indah.

Para pengunjung yang kehabisan perbekalan dan lapar juga jangan khawatir karena terdapat beberapa warung dengan jenis makanan berbeda di depan pintu masuk objek wisata. Jangan kaget, jika harum khas mie kuah yang biasa disajikan para pemilik warung tentunya akan menggugah selera para pengunjung yang perutnya sudah keroncongan.

Selain warung-warung dengan berbagai jenis makanan dan minuman, wisata batu kuda juga memiliki toilet dan juga kamar mandi terpisah untuk laki-laki dan perempuan. Tentunya sangat nyaman bagi anda yang takut terlihat auratnya.

Wisata ini juga menyediakan mushola yang dikelola oleh warga setempat, namun disarankan untuk membawa mukena atau sarung karena kelengkapan mushola banyak yang belum terpenuhi. 

Batu Kuda juga merupakan salah satu jalur ke puncak Gunung manglayang yang memiliki ketinggian 1818 Mdpl. Maka tak ayal banyak pengunjung yang datang adalah para pendaki yang senang dengan kegiatan mendaki gunung.

Menurut Juru Kunci Gunung Manglayang Pak Undang dalam beberapa waktu yang lalu, nama Batu Kuda diambil dari salah satu batu besar yang berada di tempat tersebut. Bentuknya yang menyerupai kuda inilah yang membuat tempat ini terkenal dengan nama Batu Kuda. Wah,  penasaran yah dengan bentuk batunya?

Hal yang paling unik dari tempat wisata ini yaitu wisata ini bukan hanya sebagai tempat refreshing belaka, tetapi juga banyak dipergunakan untuk latihan karate, pendidikan latihan dasar pecinta alam, latihan dasar kepemimpinan, masa bimbingan ataupun pusat pembelajaran gunung dan hutan.

Hal ini dikarenakan tempat ini merupakan kawasan hutan lindung yang memiliki keanekaragaman hayati di dalamnya.

Wisata Batu Kuda buka setiap hari dengan harga tiket yang murah meriah yaitu Rp. 10.000,- perorang. Dana dari para pengunjung ini nantinya akan digunakan untuk merawat serta mengelola tempat tersebut. Kini Wisata ini dikelola oleh Perhutani Unit III Jawa Barat dengan bantuan warga setempat.

Bagi anda yang berada di luar kota dan tertarik untuk menikmati wisata murah serta indah ini, bisa datang dari arah kota Bandung atau tol Cileunyi. Lalu ke bunderan Cibiru dan masuk dari jalan Manisi sekitar 9 kilo untuk mencapai loket wisata Bumi Perkemahan Batu Kuda Manglayang.

Sangat disarankan untuk bertanya ke warga setempat agar tidak tersesat dan mudah untuk menemukannya. Yuk, kapan lagi nikmati sensasi segarnya udara dan sejuknya alam dengan harga murah meriah?

Mengingat 3 horor perkosaan di Indonesia
Fahri Hamzah: Pilpres lebih banyak perang gimmick, rakyat lapar bos
Agung Laksono nilai dukungan Soetrisno Bachir dongkrak suara Jokowi
Popularitas Habieb Rizieq turun, Golkar: masyarakat ingin kelembutan
TKN: Ustad Abdul Somad tak berpihak pada Prabowo
Demokrat ke Prabowo-Sandi: Apa yang menjadi janji harus ditepati
Demokrat tuding Sekjen Gerindra beri informasi tak utuh ke publik
Isi pembicaraan Jokowi dengan Putin
Sederet dampak buruk jika Anda miskin
PAN nilai Sandiaga Uno lebih tingkatkan elektabilitas dibanding Prabowo
Kubu Jokowi nilai kampanye negatif tak haram
Kubu Prabowo ingin lakukan taubat nasional
DPR RI kutuk serangan Israel atas warga Palestina
Sete Gibernau kembali balap Gran Prix setelah 10 tahun pensiun
JAPRI ajak masyarakat cerdas hindari hoaks
Fetching news ...