News

TKN minta Polri cari dalang hoaks surat suara tercoblos

REPORTED BY: Insan Praditya

TKN minta Polri cari dalang hoaks surat suara tercoblos Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily meminta pihak kepolisian untuk mencari aktor intelektual dibalik pembuatan kabar hoaks terkait tujuh kontainer berisi surat suara tercoblos. Sebab, menurutnya kabar hoaks itu berhasil membuat kegaduhan dan berpotensi mengurangi kepercayaan masyarakat terhadap KPU.

"Kami meminta kepolisian untuk dapat mencari aktor intelektual dibalik pembuatan dan penyebaran narasi hoax tersebut dikarenakan hal tersebut tidak hanya membuat gaduh melainkan berpotensi mendegradasi kepercayaan masyarakat baik kepada KPU maupun pemerintah dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2019," kata Ace saat dihubungi wartawan, Rabu (09/01/2019).

Ace mengatakan Tim kampanye Jokowi-Ma'ruf mengapresiasi kinerja kepolisian dalam mengungkap penyebar hoaks tujuh kontainer surat suara tercoblos tersebut. Ia mengatakan hoaks adalah tindakan kriminal, karena dapat memecah belah bangsa.

"Kami mengapresiasi kinerja kepolisian dalam mengungkap pelaku penyebaran hoax tujuh kontainer surat suara," ujarnya.

Ace mengatakan Tim kampanye Jokowi-Ma'ruf mengapresiasi kinerja kepolisian dalam mengungkap penyebar hoaks tujuh kontainer surat suara tercoblos tersebut. Ia mengatakan hoaks adalah tindakan kriminal, karena dapat memecah belah bangsa.

"Kami mengapresiasi kinerja kepolisian dalam mengungkap pelaku penyebaran hoax tujuh kontainer surat suara," ujarnya.

Ace mengatakan kubu oposisi sering kali termakan oleh kabar hoaks. Ia mengatakan hal itu semakin menjelaskan kubu oposisi selalu memainkan hoaks sebagai strategi politik.

"Sudah kesekian kalinya, para pendukung sebelah terungkap diduga sebagai pelaku hoaks 7 kontainer surat suara uang tercoblos. Semakin nyata dan terang benderang bahwa para pendukung sebelah selalu memainkan hoaks sebagai strategi politik mereka," tuturnya.

Selanjutnya, Ace menilai kubu oposisi seperti kehilangan ide untuk mengalahkan pasangan Jokowi-Ma'ruf, kecuali dengan mengandalkan kabar-kabar bohong atau hoaks. Dan saat ini, menurutnya, kabar hoaks itu ditujukan untuk penyelenggara Pemilu yakni KPU.

"Mereka sudah kehilangan akal sehat untuk mengalahkan Jokowi-Kyai Ma’ruf kecuali dengan jalan hoaks dan kebohongan yang terus menerus. Dan kebohongan kali ini dilakukan secara sistematis terhadap penyelenggara Pemilu atau KPU," pungkasnya.

Sebelumnya, Kepolisian berhasil menangkap seorang pelaku pembuat rekaman hoaks terkait tujuh kontainer yang berisikan surat suara tercoblos di Tanjung Priok, Jakarta.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo menyatakan pelaku berinisial B itu ditangkap di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (08/01/2019).

"Tersangka atas nama B ditangkap di Bekasi saat ini sedang dalam proses pemeriksaan di Bareskrim Polri," kata Dedi beberapa waktu yang lalu.

Dedi mengatakan saat ini pelaku masih dalam pemeriksaan di Direktorat Siber Bareskrim Polri. Untuk penjelasan detail terkait motif pelaku pembuat rekaman itu, Ia belum bisa memberikan keterangan.

Prabowo ungkit impor beras, ini pembelaan kubu Jokowi
BPN: Jateng vs Malaysia hanya majas
Begini keseruan debat Jokowi dan Prabowo soal caleg mantan napi korupsi
Ruhut nilai SBY setengah hati dukung Prabowo
Fadli Zon sebut Jokowi terlalu dominan dalam debat
Kubu Jokowi nilai Prabowo gagal paham isu terorisme
Kubu Prabowo nilai dapat serangan pribadi saat debat
Tak dibahas di debat Pilpres, ini kata kubu Prabowo soal kasus Novel
TKN: Jokowi beri pukulan telak ke Prabowo
KPU akan evaluasi pelaksanaan debat pilpres
Legislator minta pemerintah perhatikan disabilitas rungu
PPP: Jokowi menang 3-1 atas Prabowo di debat pertama
Ini komentar AHY soal penampilan Prabowo-Sandi dalam debat
Kubu Prabowo dan Kubu Jokowi saling kritik penampilan Capres-Cawapres dalam debat
Ma'ruf Amin tak banyak bicara dalam debat, ini kata kubu Jokowi
Fetching news ...