News

Kebijakan harga bagasi pesawat bikin galau konsumen, Ini implikasinya

REPORTED BY: Siti Dzakiyyah

Kebijakan harga bagasi pesawat bikin galau konsumen, Ini implikasinya

Penerapan kebijakan bagasi berbayar di beberapa maskapai penerbangan disebut mempunyai implikasi atau berdampak panjang kepada perekonomian lainnya. Pengamat Ekonomi dari Universitas Gajah Mada (UGM), Bhima Yudistria mengatakan salah satu implikasi kebijakan bagasi tersebut seperti sepinya penumpang menggunakan transportasi darat ke Bandara hingga berdampak ke pelaku usaha di lokasi pariwisata.

 

"Kita berfikir dampak pada tekanan masyarakat yaitu UMKM dampak dengan bagasi berbayar yang menjual oleh-oleh UMKM yang berkaitan dengan jasa transportasi darat terutama menuju bandara dari hotel ke bandara itu kan terkena imbasnya," kata Bhima dalam diskusi dengan tema 'Bagasi Berbayar' yang digelar di Kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (09/02/2019).

 

Bhima mengatakan implikasi kedua yang paling terasa terkena dampak dari adanya tiket mahal dan khususnya bagasi berbayar yakni berkurangnya perputaran uang di tempat pariwisata khususnya di UMKM di sekitar tempat pariwisata. 

 

Apalagi, menurutnya jika daerah tersebut bergantung dan mengandalkan pendapatan dari sektor pariwisata, itu menurutnya akan berdampak buruk bagi pelaku usaha.

 

"Dengan sektor pariwisata khususnya juga oleh-oleh itu juga harus dipikirkan ke setiap daerah yang tegantung pada sektor wisata. Jadi ini dampak ekonomi yang akan dirasakan masyarakat," ujarnya.

 

Sementara itu, Bhima juga menyoroti kebiasaan kalangan muda atau milenial yang kerap kali berpergian untuk berlibur dengan cara paket hemat. Menurutnya, dengan adanya bagasi berbayar tentu akan memberatkan para milenial yang akan menghabiskan waktu liburan.

 

"Jadi anak milenial gapapa lah makan seadanya tapi prioritas jalan-jalan dengan tiket yang murah. Dengan adanya bagasi berbayar nantinya tidak bisa membeli oleh-oleh," tutupnya.

Kendalikan hama dan penyakit secara alami dengan Tumpang Sari
Kendalikan hama dan penyakit secara alami dengan Tumpang Sari
TKN sebut Ma'ruf Amin akan pakai ayat Alquran di debat ketiga
 Jelang debat ketiga, Ma'ruf Amin dapat masukan dari asosiasi profesi
Kubu Prabowo tepis tudingan politisasi munajat 212
Demokrat minta Jokowi buka dokumen dengan bos Freeport
Ma'ruf Amin bakal ikut dampingi Jokowi
PWJ desak polisi tangkap anggota FPI penganiaya wartawan
Bela Enembe, pendukung aksi tari adat di KPK
AJI kecam tindakan brutal FPI terhadap wartawan
TKN: Pidato Jokowi bukan untuk tandingi Prabowo
Bansos PKH upaya Jokowi kembangkan ekonomi digital
Anak sarapan bernutrisi  memiliki nilai akademis empat kali lebih tinggi
Jokowi akan gelar pidato di Konvensi Rakyat
Kubu Jokowi: Munajat 212 bagian dari politisasi agama
Fetching news ...