News

Tim DPR temukan pasokan listrik Bali kritis

REPORTED BY: Insan Praditya

Tim DPR temukan pasokan listrik Bali kritis Ilustrasi sumber listrik

Peninjaun Tim Kunjungan Reses Komisi VII DPR RI ke Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Celukan Bawang mendapatkan temuan bahwa pasokan untuk memenuhi kebutuhan listrik di Provinsi Bali terbilang kritis. Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Tamsil Linrung mengatakan, Bali merupakan potret negara Indonesia. Sehingga jika terjadi masalah kekurangan energi listrik, maka efeknya berpotensi terhadap wajah Indonesia di tingkat internasional.

“Tingkat pertumbuhan energi cukup tinggi, tapi kapasitas tidak bertambah. Memang ada interkoneksi Jawa-Bali. Kalau ada interkoneksi, pembangkit dari mana saja bisa dialirkan. Atau kalau memang perlu, membangun pembangkit di Pulau Bali. Itu yang ingin kami pastikan soal kelistrikan di Bali,” kata Tamsil usai memimpin Tim Kunker Komisi VII DPR RI meninjau PLTU Celukan Bawang, Buleleng, Bali.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menambahkan, untuk memenuhi kebutuhan listrik untuk seluruh wilayah Bali, Komisi VII DPR RI bersama PLN masih mempertimbangkan jalan terbaik antara membangun pembangkit listrik baru di Bali atau melalui Jawa-Bali Crossing. Jika hendak dibangun pembangkit listrik yang baru, Tamsil mengingatkan untuk menggunakan energi baru terbarukan.

“Pembangkit listrik yang dibangun harus menggunakan energi baru terbarukan agar tidak mencemari lingkungan, juga dalam pembangunannya tidak melanggar budaya dan adat yang ada di Bali. Semua harus dipertimbangkan, baik dari segi harga, budaya, dan kultur, agar tidak merugikan masyarakat Bali,” pesan legislator dapil Sulawesi Selatan itu.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Regional Bisnis PLN Jawa Bagian Timur, Bali dan Nusa Tenggara Joko Raharjo Abu Manan mengatakan, saat ini Bali memiliki pasokan listrik sebesar 1.100 Mega Watt, sementara pemakaiannnya sudah diangka 900 Mega Watt. “Memang ada sisa, tapi kalau keluar satu (pemeliharaan) berkurang 130 Mega Watt, maka menjadi mepet cadangannya," jelas Joko.

Kelangkaan gas Elpiji karena praktek pengoplosan
Fadli Zon nilai menteri ikut kampanye munculkan konflik kepentingan
IHSG anjlok mengikuti pelemahan saham global
Fadli Zon: Jokowi halusinasi
Kemunculan bendera Golkar di kampanye Prabowo adalah masalah pidana
Rizal Ramli sebut Prabowo-Sandi mampu tingkatkan daya beli masyarakat
TKN klaim hubungan luar negeri sebagai keunggulan pemerintahan Jokowi
Jangan lakukan ini sebelum bercinta dengan pasangan
Fahri Hamzah curiga tarif MRT akan mahal
Jerman nilai Rusia dibutuhkan dalam penyelesaian konflik Suriah
Fahri: Curhatan Jokowi persempit dukungan masyarakat
Mahathir Mohamad: Israel seperti perampok
IHSG akan terkoreksi wajar hari ini
Krakatau Steel siap kooperatif dengan KPK
Pemburuan liar semakin marak, Walhi desak pemerintah segera selamatkan Orang Utan
Fetching news ...