Sepakbola

Stadion Gajayana jadi markas sementara Persiba Balikpapan

1.3K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
14:45
17 FEB 2017
Stadion Gajayana
Editor
Andika Pratama
Sumber
Antara

Rimanews - Belum rampungnya Stadion Batakan yang diperkirakan selesai pada Juni mendatang membuat Persiba Balikpapan untuk sementara bermarkas di Stadion Gajayana, Malang, Jawa Timur, selama putaran pertama Liga 1 musim 2017.

"Persiba sudah melakukan survei ke beberapa stadion dan memutuskan akan bermarkas di Malang, tentu itu ada pertimbangannya," ujar Asisten II Sekretariat Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Sri Soetantinah di Balikpapan, yang mendapat laporan dari manajemen Persiba, Jumat (17/2/2017).

Mengenai kompensasi atau bantuan dana dari PT Pertamina, menurut ia, saat ini manajemen Persiba sedang menyiapkan proposal pengajuan bantuan untuk biaya akomodasi selama di Malang.

"Pertamina sudah tahu, tetapi harus dilakukan secara formal untuk bantuan itu, sekarang lagi dipersiapkan proposalnya sama sekretaris umum Persiba," ujarnya.

Pemerintah Kota Balikpapan tidak ikut campur dalam urusan bantuan dari Pertamina itu, karena sifatnya hanya memfasilitasi. Pemkot juga tidak bisa memberikan bantuan dari APBD kepada tim berjuluk Beruang Madu tersebut, karena terbentur peraturan.

"Kalau bantuan itu hanya untuk olahraga nonprofesional berupa dana pembinaan melalui KONI, kalau untuk tim profesional seperti Persiba jelas tidak bisa," jelas Sri Soetantinah.

Beberapa waktu sebelumnya, Pemkot Balikpapan telah menerima surat dari PT Pertamina terkait rencana pembongkaran Stadion Parikesit yang selama ini menjadi kandang Persiba.

Dalam surat itu disebutkan pembongkaran Stadion Parikesit dijadwalkan pada Maret 2017 dan lahannya digunakan untuk perluasan kilang minyak.

Manajemen Persiba Balikpapan sebelumnya juga menjajaki Stadion Penajam di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim, sebagai markas sementara pada kompetisi 2017, namun standar kelayakan stadion menjadi kendala.

Stadion Batakan di Kota Balikpapan yang kini sedang dalam tahap penyelesaian akhir, dibangun menggunakan skema anggaran proyek tahun jamak dengan nilai mencapai Rp1,2 triliun, dan kontraktor pelaksananya PT Waskita Karya.

Nantinya, markas baru Persiba Balikpapan itu akan menjadi stadion termegah di Kaltim, karena sebelumnya sudah ada Stadion Utama Palaran di Kota Samarinda yang dibangun untuk keperluan PON 2008.

Terbaru
17 Juni 2017 | 23:34
Sriwijaya FC pecat Oswaldo Lessa
8 Juni 2017 | 11:46
Ayah Yanto Basna wafat
5 Juni 2017 | 20:05
Mimpi treble Juventus
Sepakbola