Mantan Bendahara Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin saat memasuki gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta, Sabtu sekitar 21.30 WIB dijaga ketat puluhan personel bersenjata lengkap.

Nazaruddin saat turun dari mobil Travelo warna silver dengan nomor polisi B 1276 BH dengan menggunakan jaket warna coklat.

Saat diteriaki wartawan dengan nama "Udin", dia hanya tersenyum. Ia didampingi oleh sepupunya M. Nasir dan kuasa hukumnya Alfian Bonjoh.

"Saya sudah sempat bertemu dengan Nazaruddin tapi belum bicara," kata Alfian. Sementara, Nasir saat ditanya hanya diam saja.

Pejabat Polri yang terlihat mengantar Nazaruddin adalah Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Polri, Irjen Pol Sutarman.

Menurut Juru Bicara KPK, Johan Budi, di Jakarta, Sabtu malam, pemeriksaan pertama tidak akan berlangsung lama.

Nazaruddin diserahterimakan secara resmi dari Interpol Kepolisian Republik Indonesia Brigjen Polisi Anas Yusuf ke KPK. "Kan yang memimpin pemulangan ini Interpol".

Rencananya pemeriksaan awal, menurut Johan, hanya sebatas kebutuhan kelengkapan administrasi. Pemeriksaan selanjutnya kemungkinan akan dilakukan pekan depan.(ant/ian)