IMF: Perekonomian Dunia di Zona Bahaya
Penulis :
Penyunting :
843    0

Dokumentasi Rima

PARIS, RIMANEWS-Krisis utang di Eropa yang berlarut-larut telah menempatkan perekonomian dunia terus terdegradasi dan terpuruk di zona berbahaya. Karenanya, IMF mendesak negara-negara di Eropa untuk menghimpun satu suara dalam menuntaskan krisis utang yang telah melebar ke sistem keuangan global.

"Perekonomian berada dalam situasi yang berbahaya," ujar Direktur Pelaksana IMF Christine Madeleine Odette Lagarde kepada media Perancis Journal du Dimanche dalam sebuah wawancara yang dipublikasikan di Paris, sebagaimana dilaporkan Reuters, Minggu (25/12/2011).

Sepekan lalu, Lagarde mengungkapkan akan merevisi perkiraan pertumbuhan ekonomi dunia tahun 2012 yang saat ini ditetapkan 4 persen. Namun, dia belum menyebutkan angka terbarunya.

Menurut Lagarde, krisis utang di Eropa tetap berlanjut meskipun Uni Eripa telah menggelar pertemuan tingkat tinggi pada 9 Desember 2011. Krisis diperkirakan akan berlanjut ke tahun 2012.

"Ini adalah krisis kepercayaan atas utang pemerintah di Eropa dan itu merembet pada sistem keuangan yang menjadi tidak solid," ungkapnya.

Pada 9 Desember, Uni Eropa gagal memperoleh kata sepakat terkait upaya memperdalam kerja sama integrasi ekonomi di Zona Euro. Itu menyebabkan perluasan krisis tidak hanya terjadi di negara terdekat Yunani, tetapi juga negara-negara kuat di Eropa, yakni Jerman dan Perancis.

"Hasil pertemuan itu tidak cukup detail mengatur sektor keuangan dan terlalu rumit terhadap dasar-dasar ekonomi. Jadi, akan sangat bermanfaat jika Eropa satu suara dan mengumumkan kerangka waktu penyelesaian krisis tersebut," tuturnya.[ach/KCM]