Advert

Ribuan Trilyun Dikeruk Freeport McMoran dengan Kejahatan Multidimensionalnya yang Dibiarkan Jakarta! (3)

2.2K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
15:36
01 FEB 2014
Penulis

RIMANEWS-PT Freeport McMoran Indonesia telah melakukan kejahatan multidimensional. Kejahatan lingkungan , kejahatan kemanusiaan, kejahatan ekonomi, kejahatan hukum dan kejahatan politik dilakukan serentak oleh perusahaan pertambangan yang termasuk dalam kategori industri hitam ini.

Dalam berbagai kesempatan WALHI dan JATAM telah berulangkali meniup peluit peringatan agar Pemerintah Indonesia segera melakukan langkah kongkrit untuk menghentikan kejahatan serba aspek itu demi menegakkan kedaulatan ekonomi, hukum dan politik Indonesia. Namun hasilnya sebegitu jauh sungguh mengecewakan.

 Bahkan kesan yang kita peroleh adalah protes dan jeritan anak-anak bangsa di Papua dan di tempat lain seperti Jakarta dianggap oleh Pemerintah yang berkuasa saat ini sebagai gangguan dan ribut-ribut belaka tanpa makna. Kesan cukup kuat menunjukkan Pemerintah melindungi berbagai kejahatan Freeport itu sambil seolah mengatakan: “Jangan khawatir Freeport, terus saja silahkan menguras SDA kami di Papua, kami akan tetap melindungi Anda”. Di rumah rakyat Indonesia siang ini, kita mencoba meniup peluit (whistle-blowing) sekeras-kerasnya dengan harapan para anggota DPR RI dan Pemerintah Susilo mendengar peringatan dan “teriakan” kita bahwa telah terjadi penjajahan ekonomi dan politik oleh Freeport terhadap Indonesia.

Penjajahan yang begitu telak dan kasat mata itu seharusnya segera dihentikan. Namun ada kemungkinan, sekeras-kerasnya peluit dibunyikan, jika yang kita hadapi adalah orang-orang pekak dan tuli, maka si peniup peluit bisa-bisa lelah sendiri.

 Kasus Freeport bukanlah satu-satunya. Ada berlusin-lusin kontrak karya pertambangan lainnya antara Indonesia dengan berbagai korporasi asing yang tidak masuk akal sehat. Mengapa? Karena hampir semua kontrak karya pertambangan itu merupakan pengulangan praktek penjajahan. Korporasi asing mendapat keuntungan yang terlalu besar, sementara pihak Indonesia hanya mendapat royalti ala kadarnya dan memikul beban dan destruksi lingkungan yang mustahil dapat dipulihkan.

Mungkinkah kita mengembalikan sebuah gunung kecil yang sudah lenyap dihajar Freeport dan berubah jadi “danau” buruk dan melelehkan salju di puncak Gunung Jaya Wijaya yang merupakan salah satu keajaiban alam? Keajaiban alam itu kini tinggal kenangan. Keserakahan Freeport adalah tipikal korporasi internasional yang bergerak di bidang pertambangan. Exxon mobil adalah penjarah SDA negara-negara berkembang yang tidak kalah serakah.

 Kita mengetahui, Pemerintah Susilo telah memberikan operatorship minyak Blok Cepu sepenuhnya kepada Exxon. Juga Exxon diberi hak untuk mengeksploitasi minyak kita sampai tahun 2036. Di salah satu gedung di kompleks MPR/DPR RI ini Persatuan Ahli Geologi Indonesia pernah memprotes keras keputusan Pemerintah itu karena mereka merasa terhina, dianggap tidak mampu mengeksploitasi SDA milik kita sendiri. Sayang, protes itu dianggap angin lalu. Tidak kalah gila adalah bagaimana Indonesia mendapat 0% takkala Exxon menguras gas alam kita di Natuna.

Pertambangan gas alam yang dikerjakan Exxon di wilayah Natuna itu sangat ganjil. Produksi gas alam itu dibawa ke wilayah Singapura lewat pipa bawah laut, dijualkan oleh agen-agen Exxon di negara Singa itu, tanpa sedikitpun kita pernah tahu, berapa volume gas alam kita yang dijarah dan berapa nilai kerugian kita untuk masa puluhan tahun. Menurut Paul Krugman, Exxon adalah musuh planet bumi. Dimana-mana Exxon menghancurkan lingkungan hidup demi maksimalisasi profit yang dikejar. Exxon menjadi musuh planet bumi karena telah menyogok para ilmuwan yang meragukan adanya global warming. Implikasinya adalah bahwa Exxon dengan jaringan pertambangannya yang terbesar di muka bumi tidak punya andil dalam global warming.

Krugman menunjukkan bahwa bukan hanya Exxon sebagai korporasi yang serakah, tetapi juga para direksinya. Lee Raymond, mantan CEO Exxon, selama bekerja 13 tahun mendapat gaji $ 686 juta atau sekitar 6 trilyun dan 174 milyar rupiah. Lumayan bukan? Kembali ke Freeport. Freeport melanjutkan penjajahan dan penghinaannya pada Indonesia ketika Freeport meng-akuisisi Phelps Dodge Corp., perusahaan pertambangan emas saingannya senilai $ 25,9 milyar. Bayangkan, hampir 26 milyar dolar. Dari jumlah pembayaran yang senilai sekitar 234 trilyun rupiah itu, yang 70% dibayar tunai dan sisanya diselesaikan lewat pinjaman Bank.

Saya diberitahu seorang lobbyist Partai Demokrat Amerika, sesungguhnya tindakan Freeport itu keliru karena cadangan SDA kita di perut bumi Papua dijadiakan kolateral atau jaminan kredit bank. Harusnya, kata dia, Indonesia merasa terhina karena tidak dilibatkan sama sekali dalam akuisisi Phelps Dodge tersebut. Saya katakan bagaimana Indonesia merasa terhina , wong faham saja tidak. Tetapi saya yakin Presiden Susilo (mantan menteri pertambangan RI) dan Menteri Purnomo tentu faham dan sangat faham dengan apa yang terjadi.

Sikap Indonesia terhadap korporasi asing agaknya memang berbeda dibandingkan dengan negara-negara lain. Saya yakin negara-negara petro-dollar di Timur Tengah menjadi kaya karena pemerintah di Kawasan itu tidak bodoh-bodoh amat. Bahwa korporasi minyak dan pertambangan dari Amerika, Inggris, Belanda, Prancis dll diundang untuk melakukan kegiatan pertambangan itu sudah pasti. Akan tetapi dalam production-sharing dan profit-sharing, negara-negara Timur Tengah itu cukup cerdas dan berani meminta bagian yang lebih masuk akal, dibanding Indonesia. Indonesia nampak selalu tunduk, merunduk, bahkan tiarap berhadapan dengan korporasi asing yang dalam 24 jam sehari – semalam ideologi mereka adalah maksimalisasi keuntungan dengan segala cara.

Pemerintah Susilo tidak boleh lupa bila keserakahan dan keganasan berbagai korporasi asing seperti Freeport tersebut dibiarkan, apalagi dilindungi, hakekatnya Pemerintah Susilo sudah melakukan kejahatan terhadap rakyatnya sendiri. Dengan kata lain, Pemerintah telah melakukan State-Corporate Crime, yakni kejahatan korporasi yang dibiarkan atau bahkan difasilitasi oleh negara. Kebijakan ekonomi dan kebijakan pertambangan Pemerintah Susilo nampaknya belum berubah dari kebijakan-kebijakan sebelum reformasi.

Malah dalam kasus Blok Cepu, kebijakan yang diambil hanyalah meneruskan kebiasaan buruk masa lalu, yakni mensubordinasikan kepentingan bangsa sendiri dibawah kepentingan korporasi asing. Tentu pernyataan saya ini akan dibantah, tetapi fakta selalu berbicara tentang dirinya sendiri. Bayangkan, kontrak karya II antara Indonesia dengan Freeport baru berakhir pada 2041. Di tahun itu angkatan saya, Jusuf Kalla, Susilo B. Yudhoyono, dan seanteronya sudah berpindah ke alam baka. Bisakah kita tenang di alam baka jika generasi cucu kita merasa kecewa berat karena kita biarkan terus kekuatan korporatokrasi menguras ludes SDA kita di daratan, lautan dan perut bumi Indonesia?

Sehingga kita mewariskan kemelaratan, kekecewaan dan kehancuran ekologi pada cucu dan cicit kita? Saya tetap yakin bangsa Indonesia bisa jadi bangsa besar di masa datang. Tetapi proyeksi Indonesia menjadi salah satu dari 5 raksasa ekonomi dunia di th 2030 dengan dasar keadaan kita sekarang yang makin terpuruk, kiranya masih jauh panggang dari api. Disamping itu tentu dapat meninabobokkan bangsa yang sedang resah dan gelisah menghadapi kehidupan yang tetap saja sulit.

Kemerosotan dalambanyak hal adalah prestasi Pemerintahan Susilo. Kiranya peringatan seorang ekonom terkenal, Ravi Brata, bagus untuk dicamkan oleh Pemerintah Susilo dan para Anggota DPR kita yang mudah lupa diri.

Professor Brata mengatakan: “Setiap jenis korupsi adalah buruk, tetapi korupsi kebijakan ekonomi mungkin adalah yang paling bejat. Kejahatan seperti itu terjadi bilamana para anggota DPR bukan saja memperkaya diri sendiri, tetapi juga menolak perbaikan hidup bagi masyarakat yang tertindas, yakni bagi mereka yang memiliki kekuatan tawar yang kecil dan merupakan bagian terlemah dalam masyarakat” (Any kind of corruption is bad; but the corruption of economic policy is perhaps the worst. Such malfeasance occurs when lawmakers not only enrich themselves but also deny just rewards to the downtrodden, that is, to those who have little bargaining power and are the weakest sections of society) Kalau saya boleh menambahkan, DPR RI kita sekarang ini telah, sedang dan akan meloloskan bersama pembuatan berbagai Undang-Undang di bidang kehutanan, pelayaran, penanaman modal asing, pengolahan air, energi dan listrik, yang sebenarnya, sekali lagi, semuanya lebih menguntungkan pihak asing daripada rakyat sendiri. Luar biasa.

Kemarin kita dikagetkan dengan kemungkinan lolosnya RUU Penanaman Modal yang kental kepentingan asing. Memang sulit membuktikan bahwa ada tekanan – rayuan – sogokan dari korporasi asing pada sementara anggota DPR kita. Namun dengan adanya penolakan terhadap usulan penanganan dugaan kejahatan korporasi dari DPR RI itu tidak berlebihan bila dikatakan bahwa Eksekutif dan Legislatif kita hakikatnya telah menjadikan Indonesia for Sale. Bayangkan, para pemodal asing dibolehkan memiliki hak guna usaha sampai 70, 80, dan 95 tahun. Indonesia seperti negara yang kesurupan atau kesetanan. Tanah, sebagai aset termahal, dapat diserahkan ke kapitalis asing sampai mendekati satu abad.

Demikian juga hutan-hutan kita juga sedang dipindah tangankan ke pemodal asing untuk kurun waktu 75 tahun sampai satu abad. Indonesia for Sale!!. Kita perlu belajar dari negara-negara lain seperti Venezuela dan Bolivia. Kedua negara ini berhasil keluar dari cengkeraman korporatokrasi internasional. Mereka berhasil melakukan negosiaisi ulang atas seluruh perjanjian pertambangan dengan pihak asing yang semula merugikan bangsa sendiri. Rakyat Venezuela mulai menikmati hasil SDA nya secara lebih besar sejak sekitar 4 tahun lalu, sedangkan rakyat Bolivia merasakan hal yang sama sejak akhir tahun 2006.

 Ternyata keduanya berhasil melakukan negosiasi seluruh kontrak pertambangan dengan korporasi asing. Tidak betul bahwa renegosiasi kontrak pertambangan adalah tabu. Malaysia dan Iran, bahkan negara-negara penghasil minyak, gas dan mineral di Timur Tengah pada umumnya tidak menjadi bangsa pecundang. Setahu saya, sulit dicari sebuah bangsa yang lupa diri dan lupa harga, martabat dan kehormatan diri seperti halnya bangsa Indonesia. Yang kita alami sesungguhnya adalah sebuah malapetaka kebodohan, rasa rendah diri yang berlebihan (inferiority complex) dan sekaligus rasa tidak percaya diri.

Namun masih ada secercah harapan, asalkan beberapa hal di bawah ini dapat dipenuhi. Pertama, pimpinan nasional atau pemerintah hendaknya berjiwa pemberani, memiliki moral courage untuk membela kepentingan bangsa sendiri berhadapan dengan kepentingan korporasi internasional. Indonesia harus berdiri sejajar dan sama tinggi dengan negara manapun juga. Indonesia adalah negara merdeka berdaulat penuh.

 Kini makin terbukti, negara-negara yang menjauhi A.S. dan berusaha menegakkan kemandirian justru semakin berhasil dan mengalami kemajuan cepat. Anehnya, Indonesia dibawah Presiden Susilo semakin merapatkan diri dengan Paman Sam. Kedua, diperlukan kekompakan antara Eksekutif dan Legislatif untuk memukul balik setiap usaha hegemoni korporasi asing dalam menguasai Indonesia. Yang terlihat sekarang kedua lembaga demokrasi kita justru semakin mendekat dan mengunggulkan kepentingan korporasi asing daripada kepentingan bangsa sendiri. Ketiga, komponen-komponen bangsa seperti TNI, Polri, kaum intelektual, media massa, tokoh-tokoh muda dan tokoh-tokoh informal seharusnya memadukan kekuatan untuk mempertahankan kedaulatan kita dalam arti luas dari penerobosan kepentingan korporasi asing.

Sayang sampai sekarang belum terlihat penggalangan visi dan penyamaan posisi dalam menghadapi invasi politik, ekonomi dan budaya sebagai akibat proses globalisasi yang tidak terelakkan. Yang terlihat adalah baik DPR maupun Pemerintah berlomba membuka pintu rekolonisasi ekonomi Indonesia. Dengan stock kepemimpinan nasional yang sedang berkuasa sekarang ini dan dengan gaya dan semangat kerja seperti sekarang, jawaban atas pertanyaan Beranikah Indonesia Menghentikan “Penjajahan” Freeport? barangkali sudah jelas. Jawaban itu adalah tidak berani. Sama sekali tidak berani. Namun, saya harap saya keliru.

 Wallahu a’lam. Catatan: Harian The New York Times edisi 27 Desember 2005 pernah memuat laporan panjang, 3 halaman penuh tentang kegiatan Freeport dengan Judul “Below a Mountain of Wealth, a River of Waste”. Disitu digambarkan betapa sementara perwira tinggi TNI dan Polri telah masuk dalam daftar penerima honorarium khusus. Juga untuk beaya pengadaan infrastruktur militer telah dikeluarkan dana sebanyak 35 juta dollar. Termasuk 70 Land Rover dan Land Cruiser yang diperbaharui setiap tahun. Seorang tokoh CIA dan dua mantan perwira militer AS juga digunakan. Melihat jaringan intelligence, polisi dan militer antara AS dan Indonesia di Freeport, agaknya tidak mudah untuk mengatakan NO pada Freeport.

Direktur Indonesian Resources Studies (IRESS), Marwan Batubara menyatakan, keuntungan yang didapat PT. Freeport Indonesia dari hasil tambangnya di Papua mencapai Rp 4.000 triliun. Hal ini dihitung dari hasil laporan cadangan mineral PT. Freeport Indonesia di tahun 2010.

“Cadangan mineral PT. Freeport Indonesia berdasarkan laporan tahunannya di tahun 2010, cadangan emas sebesar 55 juta ons, tembaga 56,6 pounds dan perak 180,8 juta ons di tambang Grasberg. Maka dengan harga mineral terutama emas yang terus naik, cadangan ini berpotensi menghasilkan USD 500 milyar atau sekitar Rp. 4000 triliun,” jelasnya.

Sebab itu, dirinya menilai perbuatan dengan memsukan unsur pembayaran pajak PPH untuk membesar-besarkan penerimaan Negara adalah tindakan yang tidak fair alias tidak adil.

Padahal menurutnya, pembayaran pajak memang sudah menjadi kewajiban perusahaan tambang sebagai biaya operasional perusahaan sebelum memperhitungkan keuntungan.

“Disebutkan setelah beroperasi lebih empat dasawarsa, total kontribusi PT. Freeport Indonesia hingga Juni 2011 sebesar 12,8 miliar. Jumlah tersebut terdiri atas royalti USD 1,3 miliar, deviden USD 1,2 miliar, PPh badan USD 7,9 miliar, PPH karyawan dan pajak lainnya USD 2,4 miliar. Tentu saja ini tidak relevan,” tegasnya di Jakarta.

Atas dasar hal itulah, dirinya mendesak PT. Freeport Indonesia harus mau renegosiasi dan mematuhi seluruh UU Nomor 4 Tahun 2009, tanpa kecuali. Jika PT. Freeport Indonesia tidak mau menjalankannya, maka perusahaan tambang asal Amerika tersebut dapat dikatakan telah melakukan pembangkangan atas undang-undang dan dapat ditindak lanjuti dengan pemutusan kontrak karya.

Selain itu dirinya juga mendesak agar pemerintah Indonesia juga mencabut PP No. 20 Tahun 1994 tentang kepemilikan saham dalam perusahaan yang didirikan dalam rangka Penanaman Modal Asing (PMA). Begitu juga dengan surat keputusan Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) Nomor 415/A.6/1997 yang antara lain berisi ketentuan membebaskan PT. Freeport Indonesia dari kewajiban divestasi.

Terlebih lagi penerbitan surat tersebut ditandatangani oleh Kepala BKPM yang jabatannya lebih rendah daripada Presiden, mengingat bahwa kontrak karya PT. Freeport Indonesia yang menandatangani adalah Presiden, sehingga tidak ada alasan BKPM untuk mengeluarkan surat yang bertentangan dengan kontrak karya yang ditandatangani Presiden.

Dimana dengan mencabut PP tersebut, lanjutnya, PT. Freeport Indonesia tidak dapat berkelit soal kewajibannya untuk melakukan divestasi saham seperti yang berlaku pada PT Newmont Nusa Tenggara (PT NNT).

“Maka itu, kedepan pemerintah pusat dan derah harus membentuk konsorsium untuk memiliki saham PT. Freeport Indonesia dan menjadi pengendali mulai saat ini hingga 10 tahun yang akan datang,” pungkasnya.

(Subandi, pengamat politik, berbagai sumber)

Terbaru
Mantan Kekasih Dihukum Mati, Anggita Sari Beri Pesan Ini

Rimanews - Freddy Budiman, mantan kekasih Anggita Sari, telah dieksekusi menghadapi regu tembak karena menjadi salah satu 14 terpidana mati dalam Eksekusi Mati Jilid III. Selain mengunggah pose seksi, Anggita juga memberi pesan menghadapi kondisi sang gembong narkoba itu.

Dalam Instagramnya, artis yang juga model majalah pria dewasa itu mengunggah tulisan, "Becomes memory". Wanita yang kera[p tampil seksi itu tampaknya sangat berduka atas kondisi sang mantan kekasih yang dihukum mati.

"Never look down on anyone, only can judge & only God sits that high. RIP," tulis Anggita yang tampak turut berduka jika Freddy dihukum mati. 

Namun, wanita yang digosipkan menjalin hubungan dengan Vicky Prasetyo itupun sempat mengucapkan terima kasihnya untuk Freddy. Dia tetap menilai pria kelahiran Surabaya itu seperti kakak dan sahabat baginya. 

"Terima kasih, telah menjadi sosok kakak, sahabat, pemberi pelajaran hidup. Untuk tidak mudah menyerah di tiap kegagalan, untuk kuat menjalani hidup, untuk lebih mendekatkan diri selalu beribadah kepada Tuhan sebagaimana pun buruknya kita. Bertahun-tahun berjuta cacian terlontar kepada kami padahal hubungan kami hubungan yg sangat baik, sangat jauh berbeda seperti yg diberitakan public. Tenanglah dan tetap tersenyum di dunia baru mu. Sebagaimana tenang & senyum mu di dunia lamamu," ungkapnya.

Anggita juga meminta maaf karena enggan berbicara soal kematian Freddy. "Maaf kepada seluruh media atas penolakan komentar ketika mencoba menghubungi saya. Karena ada yang lebih berhak untuk berkomentar," tandasnya. 

Freddy Budiman, mantan kekasih Anggita Sari, telah dieksekusi menghadapi regu tembak karena ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T10:48:39+0700
http://rimanews.com/gayahidup/selebritas/read/20160729/295265/Mantan-Kekasih-Dihukum-Mati-Anggita-Sari-Beri-Pesan-Ini
Turki Pecat 88 Pegawai Kemlu Terkait Gulen

Rimanews - Turki memecat 88 pegawai kementerian luar negeri karena diduga memiliki hubungan dengan Fethullah Gulen, yang dituding menjadi dalang kudeta.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengumumkan pemecatan mereka melalui siaran televisi Kamis (28/07/2016).

Ini merupakan bagian dari gelombang pembersihan terhadap orang-orang yang dicurigai sebagai pendukung Gulen, ulama yang bermukim di Amerika Serikat.

Gulen dituding sebagai otak yang mengorganisasikan percobaan kudeta militer pada 15 Juli lalu.

Ia membantah terlibat dalam upaya kudeta, yang membuat 246 orang tewas, termasuk para pelaku kudeta.

Pihak berwenang Turki telah memberhentikan, menangguhkan atau melakukan penyelidikan terhadap puluhan ribu orang di berbagai lembaga negara, termasuk kementerian, angkatan bersenjata, kepolisian, media dan institusi pendidikan.

Turki memecat 88 pegawai kementerian luar negeri karena diduga memiliki hubungan dengan Fethullah ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T10:39:44+0700
http://rimanews.com/internasional/eropa/read/20160729/295263/Turki-Pecat-88-Pegawai-Kemlu-Terkait-Gulen
Samsung Gear S2 Akan Segera Pensiun

Rimanews - Samsung Gear S2 telah berusia hampir satu tahun, sehingga banyak pertanyaan kapan penggantinya akan segera diumumkan. Kini kabar terbaru menyebutkan bahwa Samsung tampaknya akan secara resmi mempresentasikan Gear S3 pada gelaran pameran elektronik IFA di Berlin awal September.

Dikutip dari GSM Arena, Jumat (29/07/2016) arloji pintar tersebut dilaporkan akan menjaga bentuk bulat dari pendahulunya. Tidak hanya itu, smartwatch tersebut juga akan menampilkan bezel putar seperti Gear S2.

Bezel tersebut dapat digunakan untuk navigasi menu yang meningkatkan penggunakan sejak mengandalkan layar touchscreen kecil.

Untuk saat ini, belum ada rincian lain mengenai Gear S3. Namun, baru-baru ini Samsung dikabarkan akan meresmikan Galaxy Tab S3 pada 1 September. Sehingga, diperkirakan Gear S3 akan meluncur pada tanggal yang sama.

Samsung Gear S2 telah berusia hampir satu tahun, sehingga banyak pertanyaan kapan penggantinya akan ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T10:38:52+0700
http://rimanews.com/teknologi/gadget/read/20160729/295262/Samsung-Gear-S2-Akan-Segera-Pensiun
Angkasa Pura Siapkan Insentif Pajak Warga Kulonprogo

Rimanews -  Project Manager Kantor Proyek Pembangunan Bandara Baru PT Angkasa Pura I, Sujiastono mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan insentif pajak bagi warga yang menyerahkan lahannya untuk kepentingan umum atau pembangunan infrastruktur, seperti bandara. 

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo tengah menyiapkan pembangunan Bandara Kulon Progo di Kulon Progo, Yogyakarta yang digadang-gadang menggantikan Bandara Adi Sucipto yang sudah melebihi kapasitas. 

Ia mengatakan bahwa perhitungan insentif sekarang tengah berada di Sekretaris Negara dan dalam waktu dekat akan disetujui Presiden Joko Widodo. 

"Berdasarkan informasi, kepastian insentif pajak sudah ada di Sekretariat Negara dan dalam waktu dekat akan ditandatangani presiden," katanya. 

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta mengklaim bahwa hanya 40 kepala keluarga (KK) saja yang menolak rencana pembangunan Bandara Kulon Progo, Kulon Progo, Yogyakarta. 

"Mereka sudah memahami dan mengerti kalau menolak harus ditindaklanjuti dengan melakukan gugatan ke pengadilan. Artinya, mereka setuju dan bersedia dibayar ganti rugi lahan di pengadilan," kata Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo pada Kamis (29/07/2016). 

Ia juga mengklaim tidak ada tindakan anarkis untuk para warga yang menolak, bahkan beberapa warga yang menolak telah berbalik arah dan meminta petugas mengukur lahan mereka. 

"Mereka terkejut dengan nilai ganti rugi lahan yang di luar ekspektasi. Pada tahapan ini, ada (warga) masyarakat mendapat ganti rugi sebesar Rp6 miliar, bahkan Rp120 miliar," kata dia.

Terkait relokasi bagi warga terdampak bandara, Hasto mengatakan Sri Paduka Pakualam X memberikan lahan relokasi gratis di kawasan Girigondo seluas 15 hektare. Namun, bukan menjadi hak milik, melainkan magersari atau hak guna.

 

 Project Manager Kantor Proyek Pembangunan Bandara Baru PT Angkasa Pura I, Sujiastono ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T10:38:43+0700
http://rimanews.com/ekonomi/bisnis/read/20160729/295261/Angkasa-Pura-Siapkan-Insentif-Pajak-Warga-Kulonprogo
Gerindra Ucapkan Duka Atas Ditinggalkannya Teman Ahok

Rimanews - Tidak ada yang lepas dari pengamatan Partai Gerindra tentang fenomena langkah calon petahana Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk maju di Pilgub DKI 2017 mendatang.

Termasuk kejutan tentang Ahok yang memutuskan untuk maju Pilkada lewat partai politik (Parpol). Mengenai fenomena tersebut partai besutan Prabowo Subianto itu mengaku tak terkejut.

"Saya tidak kaget, sejak Januari 2016 saya sudah tantang Ahok deklarasi independen, tapi dia tidak berani kan. Karena itu saya prihatin dan berduka atas ditinggalnya 'Teman Ahok'," ujar Ketua Penjaringan Cagub Partai Gerindra, Syarif saat dihubungi, Jumat (29/07/2016).

Sekertaris Komisi Pemerintahan DPRD DKI Jakarta itu pun mensinyalir bahwa ada kejanggalan pada klaim dukungan 1 juta lebih KTP. Hingga pada akhirnya melatarbelakangi keputusan Ahok maju lewat jalur partai. 

"Yang 1 juta KTP itu saya gak percaya ada, paling di bawah 300 KTP yang bakal terverifikasi. Nah selanjutnya buat apa KTP itu, tanyakan langsung ke Teman Ahok," terang Syarif.

Seperti diketahui, setelah bergulat begitu lama dengan pengumpulan 1 juta KTP dan kebimbangan dengan dukungan tiga partai politik, semalam Ahok memutuskan untuk memilih maju Pilkada lewat kendaraan dukungan tiga Parpol tersebut.

"Jadi, sudah lah kita gunakan Parpol saja (untuk Pilkada)," kata Ahok di markas relawannya, Rabu malam.

Relawan pendukungnya 'Teman Ahok' pun hanya bisa pasrah dengan keputusan Ahok. Soal pengumpulan KTP dikatakan Singgih Widiyastomo, salah satu pendiri Teman Ahok akan mengawal berjalannya pemungutan suara di TPS saat Pilkada berlangsung Februari 2017 mendatang.

Tidak ada yang lepas dari pengamatan Partai Gerindra tentang fenomena langkah calon petahana ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T10:28:44+0700
http://rimanews.com/nasional/politik/read/20160729/295259/Gerindra-Ucapkan-Duka-Atas-Ditinggalkannya-Teman-Ahok
Upeti Freddy Budiman ke Pejabat BNN Capai Rp 450 Miliar

Rimanews – Jumlah uang setoran terpidana mati Freddy Budiman kepada oknum pejabat di Badan Narkotika Nasional mencapai Rp 450 miliar. Hal ini diketahui dari kesaksian Haris Azhar, Koordinator KontraS, saat melakukan wawancara dengan Freddy Budiman di Lapas Nusakambangan pada 2014, setahun setelah dia ditangkap.

“Saya sudah memberi uang 450 miliar ke BNN,” tulis Harris menirukan pengakuan Freddy.

Tak hanya setor ke pejabat BNN, Freddy juga mengaku telah menyetor Rp90 miliar ke oknum di Mabes Polri. Yang juga mengejutkan adalah Fredy pernah menggunakan kendaraan dinas TNI untuk membawa narkoba.

“Bahkan saya menggunakan fasilitas mobil TNI bintang 2, di mana si jenderal duduk di samping saya ketika saya menyetir mobil tersebut dari Medan sampai Jakarta dengan kondisi di bagian belakang penuh barang narkoba. Perjalanan saya aman tanpa gangguan apa pun,” terang Freddy.

Pengakuan Freddy alias Akiong yang baru diungkap Haris ini mendapat tanggapan serius dari Ketua Komisi III DPR RI, Bambang Soesatyo. Bambang menyatakan Panja Penegakan Hukum Komisi III DPR RI akan mendalami pengakuan tersebut.

"Panja Penegakan Hukum Komisi III DPR RI akan mendalami pengakuan Freddy Budiman tersebut sebagaimana yang ditulis oleh Haris," kata Bambang saat dihubungi, Jakarta, Jumat (29/07/2016).

– Jumlah uang setoran terpidana mati Freddy Budiman kepada oknum pejabat di Badan Narkotika ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T10:22:03+0700
http://rimanews.com/nasional/hukum/read/20160729/295255/Upeti-Freddy-Budiman-ke-Pejabat-BNN-Capai-Rp-450-Miliar
Kurang Dari 24 Jam, Pengedar Sabu 31 Paket Diamankan Polres Indramayu

Rimanews - Seorang pengedar narkoba di Indramayu berhasil diamankan jajaran Polres Indramayu dalam waktu kurang dari 24 jam. Penangkapan itu  berdasarkan hasil keterangan Lukito Handoyo, yang ditangkap sebelumnya karena kedapatan membawa paket sabu sebanyak satu paket.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus, menjelaskan, penangkapan terhadap Lukito ini lalu ditindaklanjuti oleh Tim Satresnarkoba Polres Indramayu untuk mengarah ke bandar yang memasok ke saudara Lukito ini.

"Keberhasilan pengungkapan saat saudara Lukito tertangkap hari Rabu tanggal 27 Juli malam pukul 21.00 di desa sleman, blok gempol, kecamatan sliyeg, kabupaten Indramayu. Petugas langsung mengembangkan hingga akhirnya bisa mengembangkan ke pengedar yang memiliki paket sabu siap edar cukup banyak," jelas Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus, Jumat (29/07/2016) di mapolda Jabar.

Yusri menambahkan, dari pengedar yang memiliki paket sabu siap edar tersebut, didapat atas nama CITO alisa KUWOK bin RASWIN yang merupakan tetangga korban.

"Dari pengedar yang memiliki 31 paket sabu, diakui tersangka dengan mengedarkan per paketnya Rp300.000," jelas Yusri.

Polisi saat ini tengah mengembangkan, melalui penyelidikan lewat dua tersangka yang kini sudah diamankan di Mapolres Indramayu.

"Kita terus lakukan pengembangan terhadap penangkapan yang dilakukan kurang dari 24 jam ini. Pelaku yang memilik hampir 4 gram narkoba jenis sabu ini," pungkasnya.

Seorang pengedar narkoba di Indramayu berhasil diamankan jajaran Polres Indramayu dalam waktu ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T10:23:03+0700
http://rimanews.com/nasional/kriminal/read/20160729/295257/Kurang-Dari-24-Jam-Pengedar-Sabu-31-Paket-Diamankan-Polres-Indramayu
Ahok Akui Tak Mudah Dapatkan Restu Megawati

Rimanews - Kepercayaan diri calon petahana Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama untuk mendapatkan dukungan dari PDI Perjuangan dalam Pemilihan Gubernur mendatang masih jauh panggang dari api. 

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menegaskan partainya tidak bisa begitu saja memberikan tiket untuk Ahok. 

"Ya saya ngomong (Megawati), saya sampaikan, Bu saya sudah putuskan sama 'Teman Ahok dan tiga Partai untuk pakai Parpol. Terus dia bilang, kita (PDIP) ada mekanisme," ujar Ahok di Balai Kota, Jumat (27/07/2016).

Megawati menyampaikan hal itu, saat satu bersama Ahok dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menuju acara Rapimnas Golkar, kemarin malam.

Mekanisme yang dimaksud Mega antara lain, tiga partai pendukung Ahok yakni NasDem, Hanura, dan Golkar harus melakukan penjajakan terlebih dahulu dengan PDIP untuk menemukan titik temu untung dan rugi memberi dukungan kepada Ahok.

"Kita serahkan pada Parpol untuk ngomong, jadi akan ketemu Parpol sama Parpol. (Selebihnya) saya enggak tahu, karena masing-masing (punya kursi) cukup, sebenarnya tiga Parpol kan cukup," terang Ahok.

Kepercayaan diri calon petahana Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama untuk mendapatkan ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T10:22:42+0700
http://rimanews.com/nasional/politik/read/20160729/295256/Ahok-Akui-Tak-Mudah-Dapatkan-Restu-Megawati
HRW Pastikan Rezim Suriah dan Rusia Gunakan Bom Klaster

Rimanews - Pemerintah Suriah dan Rusia menggunakan bom klaster dalam melancarkan serangan udara di berbagai wilayah Suriah.

Kelompok pegiat hak asasi manusia Human Rights Watch (HRW) mengungkapkan hal itu pada Kamis (28/07/2016).

Bom klaster dilarang oleh lebih dari 100 negara karena dikhawatirkan bisa membunuh banyak orang tanpa pandang bulu.

HRW mendokumentasikan sedikitnya 47 serangan bom klaster terjadi di wilayah gerilyawan dalam dua bulan terakhir. Puluhan warga sipil tewas dan terluka akibat serangan tersebut.

Bom klaster, atau bom tandan, merupakan wadah penampungan yang meledak di udara dan menyebarkan bom-bom kecil.

"Sejak Rusia dan Suriah memperbarui operasi udara gabungan, kami melihat penggunaan bom klaster secara terus-menerus," kata Deputi Direktur Kegawatdaruratan HRW, Ole Solvang.

"Pemerintah Rusia harus segera memastikan, baik pasukannya maupun Suriah, tidak menggunakan senjata perusak massal tersebut," ujarnya.

Rusia menyangkal penggunaan bom klaster di Suriah, kata HRW, tapi bukti kuat menunjukkan Rusia telah menimbun persenjataan seperti itu. Rusia belum memberikan respon atas laporan terbaru ini.

Bom klaster digunakan dalam serangan 11 Juli di Provinsi Idlib, wilayah barat laut Suriah, menewaskan sedikitnya 10 orang, kata HRW.

Dan, menurut HRW, foto yang diambil dari lokasi serangan menunjukkan satu unit bom sedang dijatuhkan oleh pesawat SU-34, jet yang kata HRW hanya digunakan oleh Rusia.

Sejumlah foto terkait dampak dari serangan lain muncul sepekan kemudian, di dekat lintas batas Al Tanf di wilayah selatan Suriah, memperlihatkan ada bekas bom tandan tersebut, termasuk beberapa bom yang gagal meledak atau subamunisi, demikian pernyataan HRW.

Gerilyawan Suriah dan Amerika Serikat menyatakan serangan tersebut dilakukan oleh jet-jet Rusia.

Rusia tidak menandatangani perjanjian Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 2008 yang melarang penggunaan bom klaster, yang bersifat merusak secara massal serta mengancam warga sipil. Bom-bom kecil yang gagal meledak pun masih menjadi ancaman dalam tempo lama.

Sejak pertengahan 2012, pasukan pemerintah Suriah menggunakan bom klaster tersebut, baik dijatuhkan dari udara maupun diluncurkan dari darat, kata HRW dalam laporan tersebut.

Pemerintah Suriah dan Rusia menggunakan bom klaster dalam melancarkan serangan udara di berbagai ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T10:21:57+0700
http://rimanews.com/internasional/timurtengah/read/20160729/295254/HRW-Pastikan-Rezim-Suriah-dan-Rusia-Gunakan-Bom-Klaster
Harga Minyak Dunia Belum Beranjak dari Penurunan

Rimanews - Harga minyak dunia yang terpantau pada Jumat (29/07/2016) pagi waktu setempat masih berada di posisi terendah selama tiga bulan terakhir ini. 

Patokan AS, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman September, turun 78 sen mencapai 41,14 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange, atau turun untuk hari keenam berturut-turut.

Sementera itu di London, minyak mentah North Sea Brent untuk pengiriman September turun 77 sen menjadi menetap di 42,70 dolar AS di Intercontinental Exchange. 

Kedua harga komoditas tersebut berada di tingkat terendah yang tidak terlihat sejak April.

Badan Informasi Energi AS (EIA) melaporkan minggu ini bahwa persediaan minyak mentah berada 13,4 persen di atas tingkat mereka setahun lalu, sementara stok bensin 11,8 persen lebih tinggi.

Harga minyak dunia yang terpantau pada Jumat (29/07/2016) pagi waktu setempat masih berada di ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T10:17:41+0700
http://rimanews.com/ekonomi/bisnis/read/20160729/295253/Harga-Minyak-Dunia-Belum-Beranjak-dari-Penurunan-
Hukuman Mati Bukan Solusi Hentikan Masalah Narkoba

Rimanews - Meskipun muncul penolakan dari para aktivis hak asasi manusia, PBB, termasuk oleh mantan presiden BJ agar hukuman mati ditiadakan, tetap saja hal itu tak mampu mengubah pendirian pemerintah untuk mengeksekusi mati para terpidana.

Direktur LBH Jakarta Alghiffari Aqsa mengatakan, pihaknya sangat menyayangkan tetap dilaksanakannya eksekusi dan mendesak pemerintah untuk menghentikan praktek hukuman mati tersebut.

"Pidana mati bukan solusi untuk mengatasi masalah peredaran narkoba ataupun kejahatan yang lain," ujar Alghif, Jumat (29/07/2016).

Menurut dia, hukuman mati terbukti tidak efektif mengurangi kejahatan dan justru melanggar hak hidup sebagai non derogable right yang semestinya tidak dapat dicabut oleh siapapun termasuk negara. Data Badan Narkotika Nasional (BNN) menunjukkan fakta bahwa jumlah pengguna narkotika pada 2008 mencapai 3,3 juta jiwa, angka tersebut bertambah pada 2015 menjadi 5,1 Juta jiwa, padahal mulai 2004 sampai dengan 2015 tidak kurang 21 terpidana yang berkaitan dengan narkotika dieksekusi oleh pemerintah.

Senada juga dilontarkan Arif Maulana, Kepala bidang Fair Trial LBH Jakarta mengatakan pemerintah semestinya menyadari jika kejahatan tidak akan berhenti hanya dengan hukuman mati. Masalah ketimpangan sosial, kemiskinan, ketidakadilan, dan korupsi semestinya menjadi prioritas penanganan.

"Terlebih putusan pengadilan meskipun kini telah in kracht rentan keliru karena  kondisi unfair trial dalam situasi peradilan di Indonesia seperti tidak adanya akses bantuan hukum, pembuktian yang masih berbasis berkas perkara, korupsi peradilan, minimnya pengawasan Jaksa sebagai pengendali perkara (dominus litis), self incrimination, sampai dengan rekayasa perkara dan kriminalisasi yang makin menyulitkan bagi tersangka atau terdakwa untuk memperoleh keadilan," terang dia.

Ia melanjutkan dengan dijalankannya pidana mati oleh pemerintah Indonesia akan mengancam perlindungan warga Negara Indonesia (WNI) diluar negeri yang terancam dieksekusi mati. Tercatat hampir 300 orang WNI yang berada diluar negeri yang terancam hukuman mati.

"Dengan terus menjalankan hukuman mati, Indonesia akan kehilangan posisi tawar untuk menyelamatkan WNI yang terancam hukuman mati diluar negeri," tandasnya.

Perkembangan dunia terkini menunjukkan bahwa sudah 101 negara yang menghapuskan hukuman mati dan 22 Negara telah berhenti melaksanakan hukuman mati. Dengan terus melaksanakan hukuman mati, Indonesia akan semakin berada dalam posisi yang dirugikan dalam pergaulan dunia Internasional.

Meskipun muncul penolakan dari para aktivis hak asasi manusia, PBB, termasuk oleh mantan presiden ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T10:15:59+0700
http://rimanews.com/nasional/hukum/read/20160729/295251/Hukuman-Mati-Bukan-Solusi-Hentikan-Masalah-Narkoba
Riedl Seleksi 47 Pemain untuk Hadapi Piala AFF

Rimanews - Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl secara resmi mengumumkan 47 nama pemain yang akan menjalani seleksi Timnas Garuda senior yang akan berlaga pada Piala AFF 2016 Myanmar dan Filipina, 19 November hingga 17 Desember.

Berdasarkan data dari PSSI yang diterima media di Jakarta, Jumat (29/07/2016) seleksi dan pemusatan latihan rencananya akan digelar di Karawaci Tangerang atau di National Youth Training Center (NYTC) Bojongsari, Depok, Jawa Barat.

Pemusatan latihan dilakukan pada 8-11 Agustus (gelombang 1) dan 15-18 Agustus (gelombang 2).

"Kami panggil 47 pemain di TC Agustus ini. Status mereka adalah pemain yang masih diseleksi. Mereka dibagi menjadi dua gelombang saat TC nanti," kata Alfred Riedl seperti dikutip laman resmi PSSI.

Menurut dia, 47 pemain yang dipanggil dipilih berdasarkan pantauan yang dilakukan sejak terpilih menukangi timnas. Namun, dalam perjalanan waktu jika ada pemain yang layak masuk timnas akan dilakukan pemanggilan lanjutan.

Sementara itu, Sekjen PSSI, Azwan Karim mengatakan PSSI memastikan bahwa ujicoba internasional pertama Timnas Indonesia senior akan melawan Malaysia tanggal 6 September mendatang di Surabaya atau Sidoarjo.

"Bila kita satu grup di AFF Cup nanti, bisa jadi kita akan ganti lawan. Mungkin lawannya dari negara-negara yang di ASEAN juga. Selain ujicoba di dalam negeri, Timnas juga direncanakan melakoni laga ujicoba di luar negeri," kata Azwan.

Berikut 47 Nama Pemain Seleksi Timnas Senior:

1. Kurnia Meiga Hermansyah, Kiper, Arema, Gelombang 1

2. Shahar Ginanjar, Kiper, Mitra Kukar, Gelombang 1

3. Dian Agus Prasetyo, Kiper, Pusamania Borneo FC, Gelombang 1

4. Teja Paku Alam, Kiper, Sriwijaya FC, Gelombang 2

5. Andritany Ardhiyasa, Kiper, Persija, Gelombang 2

6. I Made Wirawan, Kiper, Persib, Gelombang 2

7. Syaiful Indra Cahya, Belakang, Arema, Gelombang 1

8. Johan Ahmad Alfarizi, Belakang, Arema, Gelombang 1

9. Ryuji Utomo Prabowo, Belakang, Arema, Gelombang 1

10. Hansamu Yama Pranata, Belakang, Barito Putera, Gelombang 1

11. Syahrizal Syahbuddin, Belakang, Mitra Kukar, Gelombang 1

12. Dominggus Fakdawer, Belakang, Persipura, Gelombang 1

13. Manahati Lestusen, Belakang, PS TNI, Gelombang 1

14. Ricky Fajrin Saputra, Belakang, Bali United, Gelombang 2

15. Rudolf Yanto Basna, Belakang, Persib, Gelombang 2

16. Andik Rendika Rama, Belakang, Persija, Gelombang 2

17. Muhammad Abduh Lestaluhu, Belakang, PS TNI, Gelombang 2

18. Achmad Jufriyanto, Belakang, Persib, Gelombang 2

19. Fachrudin Wahyudi Aryanto, Belakang, Sriwijaya FC, Gelombang 2

20. I Putu Gede Juni Antara, Belakang, Surabaya United, Gelombang 2

21. Hendro Siswanto, Tengah, Arema, Gelombang 1

22. Adam Alis Setyanto, Tengah, Barito Putera, Gelombang 1

23. Rizki Rizaldi Pora, Tengah, Barito Putera, Gelombang 1

24. Bayu Gatra Sanggiawan, Tengah, Madura United, Gelombang 1

25. Bayu Pradana Andriatmo, Tengah, Mitra Kukar, Gelombang 1

26. Septian David Maulana, Tengah, Mitra Kukar, Gelombang 1

27. Yohanes Ferinando Pahabol, Tengah, Persipura, Gelombang 1

28. Evan Dimas Darmono, Tengah, Bhayangkara Surabaya United, Gelombang 1

29. Muhammad Hargianto, Tengah, Bhayangkara Surabaya United, Gelombang 1

30. Zulfiandi, Tengah, Bhayangkara Surabaya United, Gelombang 1

31. Fadhil Sausu, Tengah, Bali United, Gelombang 2

32. Kim Jeffey Gonzales Kurniawan, Tengah, Persib, Gelombang 2

33. Rahmad Hidayat, Tengah, Persib, Gelombang 2

34. Zulham Malik Zamrun, Tengah, Persib, Gelombang 2

35. Ambrizal Umanailo, Tengah, Persija, Gelombang 2

36. Novri Setiawan, Tengah, Persija, Gelombang 2

37. Syahroni, Tengah, Persija, Gelombang 2

38. Andik Vermansyah, Tengah, Selangor, Gelombang 2

39. Irsyad Maulana, Tengah, Semen Padang, Gelombang 2

40. Vendry Ronaldo Mofu, Tengah, Semen Padang, Gelombang 2

41. Ichsan Kurniawan, Tengah, Sriwjaya FC, Gelombang 2

42. Boaz Theofillius Erwin Salossa, Depan, Persipura, Gelombang 1

43. Lerby Eliandry Pong, Depan, Pusamania Borneo FC, Gelombang 1

44. Irfan Haarys Bachdim, Depan, Consadole Saporo, Gelombang 1

45. Dendy Sulistyawan, Depan, Persela, Gelombang 2

46. Muchlis Hadi Ning Syaifulloh, Depan, PSM, Gelombang 2

47. Samsul Arif Munip, Depan, Persib, Gelombang 2.

Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl secara resmi mengumumkan 47 nama pemain yang akan menjalani ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T10:14:14+0700
http://rimanews.com/olahraga/sepakbola/read/20160729/295250/Riedl-Seleksi-47-Pemain-untuk-Hadapi-Piala-AFF
Menpar Arief Yahya: Mari Jo ke Manado!

Rimanews –  Mari Jo ke Manado! Kalimat itu semakin popular saja, ketika Gubernur Olly Dondokambey semakin kuat meyakini hanya dengan pariwisata provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bisa bersaing. Bahkan bisa menjadi Bali keduanya Indonesia di belahan Utara. Dia secara terang-terangan menempatkan sektor ini sebagai prioritas nomor wahid dalam membangun daerahnya.

Menpar Arief Yahya pun menambah rasa percaya diri mereka dengan kunker dan meng-influence Pentahelix ke Bumi Kawanua, 28-29 Juli 2016. Pentahelix itu adalah segi lima stakeholder yang paling menentukan suksesnya ekosistem Pariwisata. "Ke-5 unsur itu adalah Academician (A), Business (B), Community (C), Government (G), Media (M).  Lima unsur ini harus sepakat, satu suara, bersama-sama membangun atmosfer pariwisata yang kondusif," jelas Arief Yahya yang tahun 2013 lalu dinobatkan sebagai Marketeer of The Year oleh MarkPlus itu.

Dalam kunker itu, antara lain akan menjadi keynote speaker dalam Kongres ke-4 AFEBI, di Universitas Sam Ratulangi Manado, lalu berdiskusi dengan awak media di Manado Post Group di Graha Pena, Manado, menutup Festival Pesona Bunaken 2016 dan membuka Festival Kuliner 2016. Tentu juga berdiskusi lebih intens dengan Gubernur Olly Dondokambey yang dinilai Arief Yahya punya komitmen yang tinggi mengembangkan pariwisata. "CEO Commitment atau keseriusan seorang pimpinan daerah itu menjadi kunci utama suksesnya program," kata Arief Yahya.

Ketika Gubernur dan Walikota – Bupatinya sudah commited, tidak ada jalan yang tidak bisa ditembus. Tidak ada jalan buntu. Begitu pun sebaliknya, sehebat dan sesempurna apapun sebuah konsep, tanpa disupport oleh CEO-nya, itu hanya akan mengawang-awang di langit. "Saya melihat Pak Gubernur punya potensi besar untuk serius memajukan Pariwisata di Sulut," kata pria asal Banyuwangi ini.

Modalnya sudah cukup kuat. Punya atraksi kelas dunia, terutama Bunaken dengan Wisata Bahari sub Underwater Zone itu. Bunaken sudah dikenal dimana-mana dengan atraksi bawah laut, terumbu karang dan biota laut. Tinggal kebersihan, manajemen sampah, fasilitas toilet, resto dan café yang juga harus berkelas dunia. "Sekali lagi, kalau Pak Gubernurnya mau, pasti dengan mudah bisa mengatasinya, ungkap Menpar yang Mantan Dirut PT Telkom Indonesia itu.

Soal Akses, Menpar Arief Yahya sudah punya rencana besar dengan bos Lion Group Rusdy Kirana untuk menerbangi lebih banyak dan intensif menuju regular flight dari secondary city di Tiongkok. Bulan Juli 2016 ini Lion sudah terbang dari 6 Kota di China ke Manado, seperti Macau, Shenzen, Chongqing, Wuhan, Shanghai, dan Changsa. Sriwijaya ke Guangzhou dan Citilink ke Hongkong. Bahkan sampai tanggal 26 Juli lalu, sudah ada 49 penerbangan Tiongkok-Manado, oleh tiga maskapai, yakni Lion Air (36 flights), Sriwijaya Air (6 flights), dan Citilink (7 flights).

Bandara Sam Ratulangi juga akan dilihat oleh Menpar Arief Yahya, jika proyeksinya tinggi, maka dia akan berkoordinasi dengan Kemenhub untuk percepatan perluasan terminal dan perpanjangan landasan. "Kita bisa hitung, berapa proyeksi kunjungan wisman, lalu berapa banyak orang yang akan masuk Manado, sehingga ketemu harus dibesarkan dengan size berapa," kata dia yang masih ada 16 penerbangan lagi dari ketiga maskapai nasional itu.

Menurut Vincensus Jemadu, Asdep Pengembangan Pemasaran Asia Pasifik, hingga 24 Juli 2016 lalu yang datang dari Tiongkok ada 4.352 orang, yang bertolak dari Manado 3.223 orang, total 7.575 orang. Sedang yang datang dari Singapore 1.751 orang, yang kembali ke Singapore ada 1.406 orang, total 3.157 orang. "Angka itu terus berkembang dan bertumbuh," ungkap Vincensus.

Saat ini, wisman Tiongkok itu masih stay di Manado dan kota-kota di sekitarnya seperti Tomohon, Danau Tondano, dan beberapa pantai di sana. Jika jumlah flights sudah banyak, mengangkut jumlah wisman asal Tiongkok lebih besar, maka destinasi Beyond Manado bakal hidup. Interkoneksi dari Manado bisa disambung ke Morotai, Ternate, Sangihe, Ambon, Sorong, Gorontalo dan lainnya bakal menemukan pasarnya. "Kota Manado menjadi Hub buat pulau-pulau di sekitarnya, dalam penerbangan pendek. Wisata bahari di sana pasti akan berkembang pesat," tambah Arief Yahya.

Keyakinan pria lulusan ITB Bandung, Surrey University Inggris, dan Program Doktor Unpad Bandung itu masuk akal. China adalah Negara besar, berpenduduk terbesar di dunia, dengan jumlah outbound tourist terbesar di dunia juga 120 juta orang yang bepergian ke luar negerinya tahun 2015 lalu. Mereka tidak punya pantai, karena sebagian besar negaranya daratan, dan beriklim sub tropic, yang ada 4 musim dalam setahun. "Mereka suka akan wisata bahari, dan Manado dan sekitarnya punya bahari berkelas dunia,"jelas Arief Yahya. (adv)

–  Mari Jo ke Manado! Kalimat itu semakin popular saja, ketika Gubernur Olly Dondokambey ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T09:28:09+0700
http://rimanews.com/gayahidup/travel/read/20160729/295240/Menpar-Arief-Yahya-Mari-Jo-ke-Manado-
Dianggap Tak Realistis, Bappenas Pertimbangkan Revisi RPJMN

Rimanews - Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) membuka kemungkinan merevisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2014-2019.

Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan revisi tersebut diperlukan karena sudah tak realistis, namun Ia menegaskan akan berkonsultasi terlebih dahulu dengan Presiden Joko Widodo.

"Tentu kita akan koordinasi dulu dengan Bapak Presiden. Kalau memang perlu direvisi RPJMN-nya, sampai seberapa jauh," ujar Bambang di Jakarta, Kamis (28/07/2016) malam. 

Ia mencontohkan target pertumbuhan ekonomi untuk tumbuh antara 6 hingga 8 persen, namun kenyataanya saat ini pertumbuhan masih susah payah mencapai level 5 persen. 

"Itu yang kita ingin buat (revisi), agar RPJMN ini jadi lebih realistis dan lebih bisa dicapai oleh pemerintahan saat ini," ujar Bambang.

Menurutnya, evaluasi terhadap perencanaan yang dibuat pemerintah sendiri memang sebuah keniscayaan, untuk menilai apakah capaian pemerintah sudah sesuai dengan target yang dicanangkan.

"Rencana itu kan selalu awal di depan, begitu sudah berjalan kita harus review apakah yang dilakukan selama ini sudah sesuai sasaran atau belum, atau mungkin perencanannya waktu itu kurang menggambarkan kondisi yang sebenarnya," kata Bambang.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) membuka kemungkinan merevisi Rencana Pembangunan ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T10:11:46+0700
http://rimanews.com/ekonomi/bisnis/read/20160729/295249/Dianggap-Tak-Realistis-Bappenas-Pertimbangkan-Revisi-RPJMN-
Ku Tunggu Janji Mu Wiranto

Rimanews - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto berjanji akan melanjutkan program yang sudah dirancang menteri sebelumnya  terkait penyelesaian kasus pelanggaran hak asasi manusia (HAM) masa lalu.

Hal itu dikatakan Wiranto seusai melakukan serah terima jabatan dengan menteri sebelumnya, Luhut Binsar Pandjaitan, yang dirotasi menjadi Menko Kemaritiman.

Direktur Imparsial Al Araf akan menunggu janji Wiranto yang akan menjalankan tugasnya dengan baik sebagai Menkopolhukam, khususnya penyelesaian pelanggaran ham masa lalu.

"Ya itu akan diuji nanti, Wiranto yang diduga mempunyai persoalan dan pelanggaran HAM di masa lampau dan sekarang menjadi Menkopolhukam apakah dia bisa nantinya menjalankan tugasnya dengan baik," ungkap Al Araf, Jumat (29/07/2016).

Al Araf mengatakan, harusnya perombakan kabinet (reshuffle) oleh Presiden Jokowi lebih memperhatikan calon-calon Menteri yang akan diangkat menjadi Menteri dan terbebas dari persoalan-pelanggaran HAM dan persoalan di masa lampau. Khususnya Wiranto yang menjadi Menko polhukam. Disisi lain juga secara etik kenegaraan dan etik politik sangat tidak tepat jika keputusan Presiden memilih Wiranto walaupun putusan di persidangan terkait kasus pelanggaran HAM dimasa lampau belum mencapai final.

"Presiden bisa memilih calon-calon Menteri yang tidak terlibat persoalan-persoalan yang menjadi sorotan publik seperti mengangkat Wiranto dan Sri Mulyani sebagai Menteri," tandasnya.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto berjanji akan melanjutkan program ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T10:09:32+0700
http://rimanews.com/nasional/hukum/read/20160729/295248/Ku-Tunggu-Janji-Mu-Wiranto
29 Juli 2016 | 10:13
Ku Tunggu Janji Mu Wiranto
Tika Bravani Larang Media Liput Pernikahannya

Rimanews - Pernikahan Tika Bravani dan Dimas Aditya digelar tertutup karena hanya mengundang orang-orang dekat saja. Karena itu, Tika dan Dimas dipastikan melarang media meliput langsung prosesi pernikahan. 

"Hanya 200 undangan saja. Keluarga dan orang-orang terdekat saja," kata Sanca Khatulistiwa, manajer Tika dan Dimas, saat dihubungi.

Beralasan agar akad nikah terasa khidmat, media dilarang meliput prosesi sakral tersebut. "Kalau ada media paling preskon nya aja malam jam 10," imbuhnya.

Tika dan Dimas diam-diam telah mempersiapkan pernikahan di salah satu restoran di kawasan Jakarta Selatan. Rencananya pernikahan akan dilakukan pada 7 Agustus.

Pernikahan Tika Bravani dan Dimas Aditya digelar tertutup karena hanya mengundang orang-orang dekat ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T06:42:43+0700
http://rimanews.com/gayahidup/selebritas/read/20160729/295213/Tika-Bravani-Larang-Media-Liput-Pernikahannya
Ratna Nilai Ahok Tidak Punya Malu

Rimanews – Aktivis kemanusiaan Ratna Sarumpaet menyebut Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tak tahu malu menyusul keputusannya untuk maju melalui jalur partai politik pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017.

“Karena Ahok @basuki_btp seorang pembohong/penipu yang sama-sekali tidak punya MALU,” cuit Ratna di akun Twitter miliknya yang dipantau (29/07/2016).

Ahok sebelumnya berencana akan maju melalui jalur perseorangan dengan dukungan "Teman Ahok". Namun, bujukan Partai Nasdem, Hanura, dan belakangan Golkar membuatnya kepincut.

"Ini sejarah dalam pilkada, baru kali ini partai politik buat surat dukungan cepat sekali. Kalau saya enggak dapat surat dukungan resmi dari parpol, Teman Ahok kurang yakin," kata Ahok di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Rabu (27/7/2016).

Jumlah kursi ketiga partai politik tersebut di DPRD DKI telah memenuhi persyaratan untuk mengusung Ahok pada Pilkada DKI Jakarta 2017. Pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta melalui jalur parpol akan mulai dibuka pada September 2016.

– Aktivis kemanusiaan Ratna Sarumpaet menyebut Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tak tahu malu ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T09:45:57+0700
http://rimanews.com/nasional/politik/read/20160729/295243/Ratna-Nilai-Ahok-Tidak-Punya-Malu
29 Juli 2016 | 09:59
Ratna Nilai Ahok Tidak Punya Malu
Barcelona Hitung Pengungsi Tewas di Mediterania Secara Real Time

Rimanews - Pemerintah kota Barcelona, Spanyol, memperkenalkan alat penghitung digital untuk mengetahui jumlah pengungsi yang tewas di Laut Mediterania secara real time.

"Kami meresmikan (alat ini) untuk meng-update jumlah korban tenggelam di Mediterania," kata Walikota Ada Colau, Kamis (28/07/2016).

Benda berbentuk persegi panjang dengan pengitung digital di atasnya itu dilengkapi kalimat bertuliskan: "Ini bukan cuma angka, tapi manusia."

Alat tersebut akan diletakkan di salah satu pantai paling terkenal di Barcelona.

Saat diresmikan, sudah terdapat angka 3.034 di dalamnya. Itu adalah jumlah korban jiwa di Laut Mediterania sepanjang 2016, menurut data Organisasi Migrasi Internasional (IOM).

"Kita di sini untuk melihat Mediterania dan melihat angka ini, 3.034 orang tenggelam karena tidak tersedia jalur yang aman bagi mereka," ujar Colau.

Jumlah korban jiwa di Mediterania sepanjang tahun ini lebih tinggi dari periode yang sama pada 2015, kata IOM pekan ini.

Warga negara Suriah lagi-lagi menjadi korban terbanyak, diikuti Afghanistan kemudian Irak.

Pemerintah kota Barcelona, Spanyol, memperkenalkan alat penghitung digital untuk mengetahui jumlah ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T09:54:23+0700
http://rimanews.com/internasional/eropa/read/20160729/295245/Barcelona-Hitung-Pengungsi-Tewas-di-Mediterania-Secara-Real-Time
Harga Terpuruk, Petani Rotan Ancam Hentikan Produksi

Rimanews - Petani rotan Kalimantan mengancam akan menyetop produksi bila pemerintah pusat maupun daerah tidak segera mencarikan solusi terhadap rendahnya harga rotan lokal dan kecilnya serapan rotan untuk industri dalam negeri.

Sekretaris Jendral Perhimpunan Petani Pedagang dan Industri Rotan Kalimantan (PEPPIRKA) Irwan Riadi di Banjarmasin, Jumat (29/07/2016), mengatakan bahwa saat ini kondisi petani rotan benar-benar sangat memprihatinkan. Selain harga rotan yang anjlok, serapan rotan untuk industri dalam negeri kini juga hanya 15 persen.

"Sementara potensi rotan Kalimantan cukup besar, sebanyak 6.400 ton rotan basah per bulan. Bila produksi tersebut tidak diserap, ke mana petani akan menjual?" katanya.

Menyikapi hal tersebut, kata Irwan, kini beberapa petani mulai menyetop produksi dan tidak akan menjual rotan-rotan yang ada ke luar Kalimantan sampai ada perhatian serius dari pemerintah pusat maupun daerah terkait dengan perubahan Permendag Nomor 35 Tahun 2011.

"Kami telah melakukan koordinasi dengan Perkumpulan Petani, Pedagang, dan Industri Rotan Kalimantan (Peppirka) Tengah dan Selatan terkait dengan upaya menyetop produksi dan pengiriman rotan ke luar daerah tersebut," katanya.

Menurut Irwan, sebelumnya petani dan pengusaha rotan Kalimantan, telah menyampaikan beberapa kali tuntutan kepada pemerintah pusat dan daerah. Namun, hingga kini belum mendapatkan tanggapan yang berarti.

Petani dan pengusaha rotan berharap pemerintah memberikan kelonggaran terhadap penerapan Permendag dengan memperbolehkan sebagian rotan yang tidak dimanfaatkan untuk industri dalam negeri bisa diekspor ke berbagai negara yang memerlukan.

Tuntutan tersebut, kata dia, bukan hanya untuk menyelamatkan petani budi daya rotan, melainkan juga menyelamatkan industri hulu hingga hilir Kalimantan, yang berarti juga membantu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah ini.

Menurut Irwan, pihaknya telah mengirim surat ke Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan terkait dengan berbagai persoalan yang dialami petani dan industri rotan Kalimantan sebagai dampak dari diberlakukannya Permendag tersebut.

Namun, hingga kini surat tersebut belum mendapatkan tanggapan serius dari kedua lembaga negara tersebut.

"Saya juga sangat berharap gubernur, DPRD, dan seluruh pihak terkait lainnya, bisa membantu mencarikan solusi terbaik dari berbagai persoalan terkait dengan rotan ini," katanya.

Sebelumnya, petani pembudidaya dan industri rotan skala rakyat di Kalimantan kian terpuruk akibat larangan ekspor rotan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 35 Tahun 2011 tentang Ekspor Rotan dan Produk Rotan.

Padahal, usaha budi daya rotan Kalimantan sempat mengalami masa keemasannya pada tahun 2006 s.d. 2010. Akan tetapi, begitu ada larangan ekspor rotan asalan, petani mulai kesulitan menjual hasil budi daya rotan.

Sementara itu, industri dalam negeri seperti mebel tidak mampu menyerap pasokan budi daya rotan Kalimantan yang relatif sangat besar.

Rotan Kalimantan punya ciri khas unik ketimbang rotan asal Sumatera, Sulawesi, dan NTB. Selain berdiameter 8 s.d. 11 sentimeter, rotan Kalimantan terdiri beberapa jenis, yakni jenis kubu besar yang selama ini diekspor ke beberapa negara, seperti India, Tiongkok, Eropa Barat, Eropa Timur, dan Amerika. Kalaupuan ada industri dalam negeri yang memerlukan jenis tersebut, kebutuhannya relatif sangat kecil.

Petani asal Kalimantan Tengah Ahmad mengungkapkan bahwa saat ini harga rotan hanya sekitar Rp1.500,00 per kilogram. Dari harga jual tersebut, dibagi dua dengan buruh sehingga petani hanya mendapatkan Rp750,00/kg.

"Bila dirata-rata pendapatan petani saat ini, kurang dari Rp50 ribu, sedangkan kebutuhan hidup 1 hari tidak kurang dari Rp100 ribu per hari," katanya.

Petani rotan Kalimantan mengancam akan menyetop produksi bila pemerintah pusat maupun daerah tidak ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T09:25:56+0700
http://rimanews.com/ekonomi/bisnis/read/20160729/295239/Harga-Terpuruk-Petani-Rotan-Ancam-Hentikan-Produksi
Yuk Nge-Jazz Atas Awan di Dieng Culture Festival 2016

Rimanews – Menteri Pariwisata Arief Yahya mendorong atraksi di daeah Joglosemar –Jogja Solo Semarang- dan sekitarnya untuk terus membuat terobosan yang bisa menarik wisman dan wisnus. Salah satunya lewat acara Jazz di Atas Awan dalam rangkaian Dieng Culture Festival 2016 di kompleks Candi Arjuna, Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah, 5-7 Agustus 2016.

"Tentu festival ini pasti akan sangat menarik. Ada sensasi alam atau nature, ada culture dengan candi-candi peninggalan purbakala, ada music atau show. Lengkap, jadi silakan berwisata ke Dieng yang berada di ketinggian di atas 2000 meter itu," ungkap Menpar Arief Yahya.

"Kali ini juga akan dibuat lebih berkesan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Kita semua bisa menyaksikan penampilan musik dari Kyai Kanjeng beserta Cak Nun. Acara berakhir pada sore agar Anda juga dapat menikmati matahari terbenam di Bukit Skuter yang dapat ditempuh hanya 15 menit dari Desa Dieng Kulon. Pokoknya rentetan yang sangat indah," ujar Kepala Dinas Pariwisata Jawa Tengah, Prasetyo Ariwibowo  

Prasetyo yang mendampingi Harry Untoro, Staf Ahli Menpar Bidang Kebudayaan di Gedung Sapta Pesona itu juga mengatakan, usai menyaksikan penampilan musik para wisatawan yang akan hadir diajak bersiap menyaksikan pertunjukan Jazz atas awan yang digelar di panggung utama, timur Kompleks Candi Arjuna. Pertunjukan musik di tengah suhu 19-20 derajat celcius itu akan menampilkan sejumlah musisi jazz dari pelosok Tanah Air.

"Dan keesokan harinya, 6 Agustus Anda bisa menikmati matahari terbit di berbagai puncak Dataran Tinggi Dieng. Misalnya Puncak Sikunir, Prau, Pakuwaja atau Pangonan. Disarankan untuk memulai pendakian pukul 02.00-04.00 agar tidak terjebak macet pada saat mendaki. Sangat penuh sensasi," katanya berpromosi.

Bukan itu saja, masih kata Prasetyo, di hari yang sama setelah melihat matahari terbit, para wisatawan diajak mengikuti acara "Jalan Kaki Kelilingi Kampung" di Dataran Tinggi Dieng, diakhiri penerbangan ribuan balon gas dan minum purwaceng bersama. "Kami sudah berkoordinasi dengan panitia, rencananya mereka akan menyediakan doorprize untuk peserta jalan kaki keliling kampung. Titik start dan finish adalah Kompleks Gedung Soeharto-Withlam, Dieng," katanya.

Panitia juga akan mempersiapkan ragam pertunjukan seni yang tersebar di berbagai lokasi, baik di panggung utama maupun panggung khusus budaya. Lokasinya tersebar di Telaga Warna, Kawah Sikidang, maupun lokasi wisata alam lainnya. "Malam harinya digelar pertunjukan musik akustik, stand up comedy dan penerbangan sekira 5.000 lampion, serta kembang api. Diperkirakan ada 15 ribu letusan kembang api akan menghiasi langit Dieng setelah penerbangan lampion usai, acara akan dibuat semenarik mungkin oleh panitia," ujarnya.

Prasetyo memaparkan, acara puncak rangkaian ruwat rambut gimbal diselenggarakan pada 7 Agustus 2016. Khusus acara kirab budaya, panitia membuka kesempatan bagi pengunjung yang berminat terlibat ikut kirab budaya sebanyak 80 orang. "Silakan daftar ke panitia mumpung belum terlambat," katanya.

Setelah kirab budaya keliling Dieng, masih kata Prasetyo, rangkaian ritual potong rambut selanjutnya adalah Dharmasala. Sejumlah anak berambut gembel akan dicukur rambutnya oleh sejumlah tokoh yang ditunjuk oleh panitia penyelenggara. Ritual ini dipimpin oleh pemimpin spiritual suku Dieng, Mbah Naryono.

Sementara itu, di kompleks candi Arjuna akan ada upacara pemotongan rambut, dipanggung budaya ada pagelaran wayang kulit khusus ritual, dan berbagai pertunjukan seni tradisi di panggung atau lokasi lain yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. "Informasi selanjutnya mengenai Dieng Culture Festival 2016, silahkan kunjungi website www.dieng.id. Itu bisa diakses sekarang juga," katanya. (adv)

– Menteri Pariwisata Arief Yahya mendorong atraksi di daeah Joglosemar –Jogja Solo ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T09:04:38+0700
http://rimanews.com/gayahidup/travel/read/20160729/295232/Yuk-Nge-Jazz-Atas-Awan-di-Dieng-Culture-Festival-2016
Habiburokhman Sebut Teman Ahok Berlagak Lupa

Rimanews – Ketua Bidang Advokasi DPP Partai Gerindra Habiburokhman menilai relawan politk Teman Ahok sudah lupa dengan janji untuk mengawal Basuki Tjahaja Purnama maju Pilkada DKI 2017 lewat jalur independen.

“Sekarang setelah Ahok tinggalkan jalur independen mereka berlagak lupa dengan pernyataan mereka sendiri,” Habiburokhman via akun Twitter miliknya yang dipantau Jumat (29/07/2016).

Menurut pria yang bersumpaha akan terjun dari Monas jik Teman Ahok sanggup kumpulkan satu juta KTP ini,  Teman Ahok pernah mengibaratkan pencalonan lewat independen sebagai naik bus dan pencalonan lewat parpol diibaratkan naik mobil mewah.

“Waktu itu dengan bangganya mereka bilang lebih baik naik bus karena kalau naik mobil mewah mereka tidak bisa ikut,” katanya.

Habiburokhman berpendapat bahwa seharusnya pilihan jalur pencalonan adalah pilihan yang ideologis. Pilih independen atau partai politik sah-sah saja, tetapi harus konsisten.

“Pesan yang bisa ditangkap dari sikap Ahok adalah dalam politik yang terpenting adalah kekuasaan bisa diraih, tidak peduli lewat jalan apa,” katanya.

Sebelumnya, Juru Bicara Teman Ahok, Amalia Ayuningtyas, Rabu (27/07/2016), menyatakan Teman Ahok akan tetap setia mendukung Gubernur Ahok meskipun akan diusung partai politik (Parpol). Dengan kata lain, Teman Ahok tidak merasa kecewa dengan pilhan Ahok yang memilih maju melalui jalur parpol dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017.

– Ketua Bidang Advokasi DPP Partai Gerindra Habiburokhman menilai relawan politk Teman Ahok ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T09:17:52+0700
http://rimanews.com/nasional/politik/read/20160729/295236/Habiburokhman-Sebut-Teman-Ahok-Berlagak-Lupa
Ini 5 Tanda Kulit Bersinar

Rimanews - Kulit yang bersinar meruapakan salah satu tanda kulit yang sehat. Menurut, Gloria Novelita, dokter dan dermatolog, ada 5 tanda kulit bersinar. 

  1. Permukaannya halus, jika tidak halus maka sinar tidak akan terefleksi dengan baik.
  2. Warna kulit yang merata, tidak ada spot di wajah.
  3. Kelembaban baik, tidak kering atau pun berminyak
  4. Memiliki struktur yang kuat, saat dipegang kulit wajah terasa kenyal atau bouncing.
  5. Bebas dari masalah kulit, seperti jerawat dan komedo.

Namun, banyak hal yang bisa membuat kulit tak lagi bersinar alisa kusam. secara umum yang menyebabkan kondisi kulit buruk adalah radikal bebas yang menyebabkan terjadinya gangguan pada fungsi sel sehingga recovery kulit akan terhambat.

Hal ini, menurutnya, kerap melanda remaja. Pasalnya, remaja banyak melakukan aktivitas yang membuat kulit jadi stres. Paparan polusi dan sinar UV merupakan stressor (penyebab stres) yang membuat cahaya kulit pun jadi meredup.

"Sebetulnya kulit remaja tidak banyak mengalami masalah, karena secara alami setiap 20-28 hari pasti kulit recover sendiri. Tapi, sekarang ini banyak stressors kulit yang membuat recovery melambat," jelasnya dalam peluncuran Garnier PureActive Matcha Foam, di Jakarta, Selasa (26/7/2016).

 

Kulit yang bersinar meruapakan salah satu tanda kulit yang sehat. Menurut, Gloria Novelita, dokter ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-27T06:39:15+0700
http://rimanews.com/gayahidup/kesehatan/read/20160729/294696/Ini-5-Tanda-Kulit-Bersinar
29 Juli 2016 | 09:32
Ini 5 Tanda Kulit Bersinar
Jabhat Nusra Putuskan Hubungan dengan Al-Qaeda

Rimanews - Kelompok gerilyawan Suriah Jabhat al-Nusra memutuskan hubungan dengan Al-Qaeda dan berganti nama menjadi Jabhat Fath al-Sham.

Dalam rekaman video yang disiarkan Al Jazeera, Kamis (28/07/2016), pemimpin Al-Nusra Abu Mohammed al-Jolani mengatakan, keputusan ini diambil "untuk menghormati keinginan masyarakat Suriah yang tak ingin terus dibom, khususnya oleh Rusia dan Amerika, dengan dalih mengincar Jabhat al-Nusra."

"Kami mengumumkan penghentian seluruh operasi di bawah nama Jabhat al-Nusra dan pembentukan kelompok baru bernama 'Jabhat Fath al-Sham', seraya menegaskan organisasi baru ini tidak memiliki hubungan dengan entitas eksternal," kata Al-Jolani.

Farah al-Atassi, juru bicara Komite Negosiasi Tingkat Tinggi (HNC) Suriah, berharap langkah Al-Nusra ini membuat Rusia tidak memiliki alasan lagi untuk membombardir Suriah.

"Kami lega," katanya kepada Al Jazeera dari Washington DC, beberapa menit setelah pengumuman Al-Jolani.

"Ini adalah sesuatu yang positif bagi Free Syrian Army (FSA), yang memerangi ISIS dan Al-Nusra enam bulan terakhir, karena Rusia terus membombardir posisi FSA dan warga sipil dengan dalih mengincar Al-Nusra."

Kelompok gerilyawan Suriah Jabhat al-Nusra memutuskan hubungan dengan Al-Qaeda dan berganti nama ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T09:25:37+0700
http://rimanews.com/internasional/timurtengah/read/20160729/295238/Jabhat-Nusra-Putuskan-Hubungan-dengan-Al-Qaeda
Kemenpar Jadikan Singapore sebagai Hub Pasar MICE

Rimanews – Menteri Pariwisata Arief Yahya melihat Singapura bukan hanya sebagai hub transportasi udara internasional dan pintu gerbang pariwisata. Tetapi juga menjadi hub pasar MICE – Meetings, Incentives, Conferences, Exhibitions yang sangat potensial. Ada puluhan ribu perusahaan asing, baik dari Eropa, Amerika, Asia dan Australia yang memiliki representative office di sana.

"Kami sudah tetapkan Singapura sebagai hub untuk Pariwisata. Semua penerbangan dunia mampir ke sana. Setahun ada 15,5 juta wisman di sana. Ada 1,5 ekspatriat yang stay di sana. Sedangkan jarak Singapura-Batam dan Bintan itu tidak lebih dari satu jam perjalanan kapal ferry. Lalu ditambah dengan Bebas Visa Kunjungan (BVK) yang terus dipromosikan di Singapura," kata Menpar Arief Yahya.

Selain itu juga banyak asosiasi, organisasi, korporasi besar yang memilih Singapore sebagai kantor, meskipun manufacture dan produksinya berada di negara lain. Itulah adalah pintu masuk untuk pasar MICE. "Jadi sudah sangat tepat Kementerian Pariwisata tampil di Singapore SMF dan AMITE. Wisatawan MICE di Singapura itu frekuensinya besar, jumlahnya juga besar, dan berpeluang dikembangkan di Indonesia juga," tambah Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura,  Ngurah Swajaya ketika ditemui di Kantor Kedutaan Besar RI di Singapura, Rabu.

Menurut dia, spending untuk MICE itu cukup besar. Dia menilai menggabungkan MICE dengan pariwisata itu bisa langsung menyatu. Biasanya selepas acara atau sebelum acara, ada sesi city tour atau culinary tour, mengunjungi satu tempat paling menarik di kota tempat MICE dilangsungkan. "Inilah yang bisa menggerakkan ekonomi publik, karena semua roda ekonomi terkait dengan MICE dan tour-nya bisa hidup dan berkembang," kata Swajaya dengan semangat menjadi .

Kemenpar saat ini sedang melakoni dua even sekaligus di Negri Singa itu. Perhelatan tersebut adalah Singapore MICE Forum (SMF) & Asia Meeting & Incentive Travel Exchange (AMITE) 2016 di Sands Expo & Convention Center, Singapura, 27-29 Juli 2016. Dia menambahkan, bukan rahasia lagi bahwa wisatawan mancangera (Wisman) dari Singapura naik signifikan di Tri Wulan terakhir ke Indonesia. "Singapura itu surganya pelaku MICE, kami sangat mendukung dengan apa yang dilakukan Kemenpar," ujar pria asal Bali itu.

Lebih lanjut Swajaya mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan industri di Indonesia, untuk memperkuat MICE dan mengkombinasikan dengan wisata-wisata destinasi unggulan yang ada di tanah air. "Di Singapura ini puluhan ribu company yang berkantor di negara ini, sebagai contohnya saja dengan data, perusahaan yang terdaftar asal Belanda saja jumlahnya lebih dari 1000, perusahaan yang terdaftar asal Jerman lebih dari 1500 perusahaan di Singapura. Apalagi negara-negara lain, ini amat sangat berpotensi,"ujarnya.

Kata Swajaya, perusahaan-perusahaan itu pastinya punya reguler meeting, ada global meetings, ada incentives, ada conferences, dan ada exhibitions dan semuanya akan dikelola oleh perusahaannya mereka sendiri untuk datang ke Indonesia tentunya dengan jumlah besar karena memang mayoritas perusahaan besar.

Hal senada diungkapkan oleh Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Pasar Asia Tenggara Kemenpar, Rizki Handayani. Lulusan ITB Bandung itu menilai bahwa potensi wisatawan MICE asal Singapura sangat besar untuk menambah kedatangan Wisman ke Indonesia. "Karena wisatawan MICE mereka umumnya datang dibiayai oleh perusahaan, tentu saja mereka membawa uang berlebih ke tanah air kita. Jelas saja, sisanya mereka akan membelanjakan uangnya ke masyarakat kita, bahkan tidak sedikit juga yang datang membawa keluarga, mereka akan ambil paket wisata sambil meetings," ujar Rizki.     

SMF & AMITE 2016 merupakan kegiatan business to business meeting sekaligus MICE Forum yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh SACEOS. Kementerian di bawah komando Arief Yahya itu menawarkan benefit bagi mereka yang hendak meeting di Indonesia. Kemenpar menjadi sponsor dan memiliki kesempatan promosi dalam kegiatan tersebut dengan benefit yang banyak didapat oleh Wonderful Indonesia.

Salah satunya mendapatkan Branding Exposure pada seluruh material promosi SMF&AMITE 2016, Appointment set untuk 8 Sellers Indonesia serta Passes untuk 8 delegasi Kemenpar pada forum tersebut. Kemenpar juga mensponsori pelaksanaan closing reception untuk 100 pax dan famtrip ke Jakarta dan Bali untuk 40 buyers. Kemenpar juga memboyong 8 industri Pariwisata untuk memperkenalkan semua yang tanah air miliki. Ke-8 industri yang diboyong Kemenpar adalah Indonesia National Convention Bureau -Jakarta, Montigo Resorts Nongsa – Batam, Bintan Lagoon – Bintan, The Laguna Bali & The St. Regis Bali Resort – Bali, Bhara Tours – Jawa Barat, BAM Tours – Bali, Pacific World – Bali, dan Panorama Destination – Jakarta.

Promosi Indonesia itu diarahkan untuk fasilitasi penguatan B to B. Misalnya, di booth pameran dibantu, lalu welcome dinner atau berbagai aktivitas promosi. Selain itu juga ada pertemuan sellers Indonesia dengan buyers berkualitas untuk menarik banyak wisatawan ke Indonesia.

Dalam acara nanti akan ada berbagai aktifitas diantaranya adalah Business Meeting, Pelayanan Informasi Pariwisata, Singapore MICE Forum, penampilan seni pada jamuan makan malam untuk buyers & closing reception, serta Business Appointment Sellers dan Buyers. " Tanah air kita sangat kaya, dan tanah air kita punya banyak pilihan,"ujarnya. (adv)

– Menteri Pariwisata Arief Yahya melihat Singapura bukan hanya sebagai hub transportasi udara ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T08:52:24+0700
http://rimanews.com/gayahidup/travel/read/20160729/295228/Kemenpar-Jadikan-Singapore-sebagai-Hub-Pasar-MICE
Tutup Defisit, UI Sarankan Kenaikan Cukai Rokok

Rimanews - Pemerintah perlu menetapkan harga dan cukai rokok tinggi untuk menghindari defisit anggaran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), demikian Kepala Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Manusia Universitas Indonesia, Hasbullah Thabrany, kemarin.

Berbicara di acara  Indonesian Health Economics Association ke-3 di Yogyakarta, Hasbullah menjelaskan, kenaikan harga dan cukai rokok hingga 300 persen jadi opsi menyelamatkan JKN dari defisit.

Mobilisasi cukai rokok dalam pandangannya menjadi salah satu cara pas mendapatkan sumber dana hingga mencapai Rp70 triliun dalam setahun.

Indonesia merupakan negara dengan jumlah perokok paling tinggi di dunia dengan jumlah perokok laki-laki dewasa 67 persen. Jumlah perokok dewasa mengalami peningkatan tajam dari 27 persen di 1995 menjadi 36,3 persen di 2013.

Tingginya konsumsi rokok berkorelasi dengan rendahnya harga dan cukai rokok. Sedangkan beban tembakau berkaitan dengan peningkatan jenis penyakit, lanjutnya.

Beban ini yang, menurut Hasbullah, akan berkontribusi pada peningkatan klaim JKN, sementara Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengalami defisit dan pada saat bersamaan kualitas pelayanan kesehatannya masih rendah.

Menurut dia, berdasarkan hasil survei dari 1.000 orang yang dilakukan pada Desember 2015 hingga Januari 2016 untuk mengetahui pendapat masyarakat tentang kenaikkan harga maupun konsumsi rokok diketahui 41,3 persen responden mengkonsumsi rokok satu hingga dua bungkus per hari dengan biaya belanjanya mencapai Rp450.000 hingga Rp600.000 per bulan.

Dari survei juga dapat diketahui bahwa 80,3 persen atau 976 responden mendukung kenaikan harga dan cukai rokok untuk membiayai JKN.

Dan berdasarkan hasil survei yang sama, ia mengatakan dapat diketahui bahwa 46 persen perokok mengaku akan berhenti merokok jika harganya lebih dari Rp50.000 per bungkus, atau naik sekitar 300 persen dari harga yang beredar di masyarakat saat ini.

"Butuh terobosan Presiden untuk memobilisasi cukai rokok guna menutup defisit dan sekaligus memperbaiki kualitas JKN. Presiden berjanji dalam Nawacita untuk menaikkan cukai rokok 200 persen," ujar dia.

Pemerintah perlu menetapkan harga dan cukai rokok tinggi untuk menghindari defisit anggaran ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T08:55:44+0700
http://rimanews.com/gayahidup/kesehatan/read/20160729/295229/Tutup-Defisit-UI-Sarankan-Kenaikan-Cukai-Rokok-
Zaskia Sungkar Hamil Sebut Irwansyah Calon Ayah?

Rimanews - Shireen Sungkar baru melahirkan anak keduanya, Cut Hawa Medina Alfatih. Dan, kini sang kakak, Zaskia Sungkar, yang belum dikaruniai keturunan tiba-tiba menyebut Irwansyah calon ayah. Sudah hamil?

Zaskia dan Irwansyah memang belum dikaruniai momongan, meski dikabarkan telah mengadopsi seorang anak laki-laki. Namun, posting-an Zaskia baru-baru ini sukses membuat netizen penasaran. 

Dalam posting-annya ini, Zaskia menyebut Irwansyah sebagai calon ayah. Komentar Zaskia disebutkan ketika mengunggah video Irwansyah menggendong putri Shireen, Hawa. 

"Calon bapak yg keibuan amin #emesss," tulis Zaskia di akun Instagramnya.

Komentarnya ini pun langsung menuai respon dari netizen. Banyak netizen menanyakan apakah Zaskia memang tengah hamil saat ini. Netizen ramai menanyakan hal itu pada Zaskia di Instagram dan mendoakan agar hal itu benar-benar terjadi. 

"Aamiin, @zaskiasungkar15 lg hamil ya sekarang???" ungkap salah seorang netizen.

"Calon bapak,,berarti kia lg hamil donk," papar yang lain.  

Shireen Sungkar baru melahirkan anak keduanya, Cut Hawa Medina Alfatih. Dan, kini sang kakak, ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T06:51:55+0700
http://rimanews.com/gayahidup/selebritas/read/20160729/295214/Zaskia-Sungkar-Hamil-Sebut-Irwansyah-Calon-Ayah-
Komisi III Akan Dalami Pengakuan Freddy Budiman Suap Sejumlah Pejabat

Rimanews - Ketua Komisi III DPR RI, Bambang Soesatyo menyatakan, Panja Penegakan Hukum Komisi III DPR RI akan mendalami pengakuan terpidana mati kasus narkoba, Freddy Budiman.

Freddy Budiman mengaku kepada Haris Azhar, Koordinator Kontras bahwa penegak hukum di negara ini, khususnya BNN terkesan melakukan "permainan".

"Panja Penegakan Hukum Komisi III DPR RI akan mendalami pengakuan Freddy Budiman tersebut sebagaimana yang ditulis oleh Haris," kata Bambang saat dihubungi, Jakarta, Jumat (29/07/2016).

Ia menambahkan, selain mendalami pengakuan Freddy itu, Panja Penegakan Hukum Komisi III ‎juga akan mendalami keberadaan pengacara dan kepala LP Nusakambangan, Sitinjak sebagaimana yang ditulis Haris.

"Karena merekalah sumber informasi yang membenarkan pengakuan Freddy, termasuk kita akan tanyakan ke Mahkamah Agung soal pledoi Freddy," ujar politisi Partai Golkar itu.

Ia juga meminta kepada Kepala BNN, Budi Waseso untuk memperhatikan secara serius pengakuan Freddy Budiman.

"Ini skandal besar bila memang benar. Tapi kami tak bisa meminta konfirmasi kepada Freddy karena telah dieksekusi: apakah hanya karangan semata dari Haris atau tidak. Ini harus menjadi perhatian serius bagi kepala BNN," kata Bambang,

Haris menulis di akun Facebooknya tentang pengakuan Freddy kepadanya. Freddy antara lain bercerita, tentang kebobrokan penegak hukum dalam menjalankan tugas‎. Freddy mengaku menyuap sejumlah pejabat tinggi negara ini, khususnya BNN hingga puluhan miliar demi melancarkan bisnisnya mengedarkan narkoba di Indonesia.

Ketua Komisi III DPR RI, Bambang Soesatyo menyatakan, Panja Penegakan Hukum Komisi III DPR RI akan ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T08:48:23+0700
http://rimanews.com/nasional/hukum/read/20160729/295227/Komisi-III-Akan-Dalami-Pengakuan-Freddy-Budiman-Suap-Sejumlah-Pejabat
Menpar Timor Leste Bakal Ramaikan Wonderful Indonesia di Dili

Rimanews – Diam-diam Menteri Pariwisata Timor Leste, Mr. Fransisco Kalbuadi Lay kagum dengan pergerakan branding Wonderful Indonesia di pentas dunia. Termasuk konsep Crossborder Festival yang bakal digelar 30 Juli 2016 mendatang di pelataran Dili Convention Center, Timor Leste. "Saya apresiasi strategi pemasaran Menteri Pariwisata RI Arief Yahya," kata Mr. Fransisco Kalbuadi Lay, Menpar Timor Leste yang ditirukan Vincensus Jemadu, Asdep Pengembangan Pemasaran Asia Pasific.

"Kami sangat ingin bertemu dengan Pak Menpar Arief untuk berbagi ilmu marketing. Kami sudah mengenal beliau ketika masih menjabat sebagai Dirut PT Telkom Indonesia, yang juga melebarkan sayap sampai ke Timor Leste. Telkom juga mendunia, di tangannya. Kini brand pariwisata Wonderful Indonesia juga semakin mengglobal dan ditemukan di mana-mana di muka bumi," lagi-lagi ungkap Mr Fransisco yang pernah menjadi GM Hyatt Bali itu.

Bahkan, dalam rangka peringatan Hari Pariwisata Dunia, sekitar bulan September-Oktober 2016 nanti, Menpar Timor Leste ini akan mengundang khusus Menpar Arief Yahya untuk menjadi keynote speaker bersama Taleb Rifai, Sekjen UN-WTO United Nation World Tourism Organization, lembaga PBB yang bergerak di bidang turisme ke Dili. "Kami ingin belajar banyak dari dua tokoh tersebut," jelasnya.

Bukan hanya itu, Menpar Timor Leste itu berencana mengirimkan anak-anak mudanya sebanyak mungkin untuk belajar pariwisata di STP Bamdung mulai tahun ini. Mereka tengah merancang kerjasama khusus Pariwisata, yang diformat dalam bentuk bentuk MOU oleh kedua Menpar. Kebetulan Kemenpar memiliki beberapa sekolah tinggi Pariwisata, yakni di kota Bandung, Nusa Dua Bali, Medan, Makassar, Palembang dan Lombok.

Di Crossborder Festival Dili, 30 Juli nanti, Mr Fransisco juga akan menyumbangkan suara emasnya, satu dua lagu di stage. "Diperkirakan audience-nya mencapai 15.000 orang dari berbagai Negara. Termasuk Australia dan China yang berada di Dili," tambah Vincensus.

Sebelumnya, Kemenpar juga sudah menggelar festival serupa di Atambua, NTT. Daerah yang berdekatan dengan wilayah Timor Leste. Menpar yang asli Banyuwangi ini memang selama menjabat menjadi Dirut PT Telkom sudah 3 kali berkunjung ke Timor Leste, dan memberikan pelatihan kepada SDM di sana. Karena itu, dia cukup paham dengan orang Timor.

"Untuk mencapai target kunjungan 20 juta wisatawan banyak strategi yang harus dilakukan salah satunya adalah mengembangkan wisata perbatasan. Salah satunya kami akan menggoda Timor Leste dengan kegiatan Crossborder Festival. Toh mereka masuk ke Indonesia juga bebas visa kunjungan (BVK)," tambah Deputi Pengembangan Pemasaran Mancanegara Kemenpar, I Gde Pitana.

Bagaimana dengan akses Dili ke Indonesia? Salah satu maskapai penerbangan berbiaya murah (LCC) Citilink sudah terbang Dili-Denpasar per 1 September 2015. Direktur Niaga PT Citilink Indonesia, Hans Nugroho, menyebut industri penerbangan turut mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kunjungan wisman ke Indonesia dan Bali khususnya.

"Layanan penerbangan harian berjadwal dengan rute Denpasar-Dili PP bekerjasama dengan Air Timor. Kami melihat potensi kedatangan wisatawan asal Timor Leste ke Bali sangat tinggi," sebutnya di Denpasar beberapa waktu lalu. Pihaknya menyadari selama dua tahun terakhir kedatangan wisman ke Bali semakin mengalami peningkatan.

Sementara itu President Director Air Timor, Abessy Bento, menjelaskan antusiasme pasar Dili terhadap penerbangan langsung ke Denpasar cukup besar. Dia mengajukan penggantian pesawat dari Boeing 737-500 dengan kapasitas 96 penumpang menjadi Airbus A320-200 kapasitas 180 orang penumpang. "Dengan begitu kami mampu mengangkut jumlah penumpang yang lebih banyak," ujar Bento. (adv)

– Diam-diam Menteri Pariwisata Timor Leste, Mr. Fransisco Kalbuadi Lay kagum dengan ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T08:42:56+0700
http://rimanews.com/gayahidup/travel/read/20160729/295226/Menpar-Timor-Leste-Bakal-Ramaikan-Wonderful-Indonesia-di-Dili
Satu Kata Untuk Morotai: Asyik!

Rimanews - Bila orang sedang bergoyang saat musik dangdut melantun, pasti selalu bilang “asyik..!” (sambil merem kemudian jempolnya pun digoyang). Sepertinya irama dan musik dangdut itu merasuk ke dalam jiwa dan raga mereka sehingga keluarlah kata “asyik..!”.

Nah, seperti itulah kira-kira saya menggambarkan Morotai.  Se-asyik apa sih sebenarnya Morotai itu?

Asyik..bisa melangkah bak model di panggung catwalknya Pulau Galo-galo

Jangan terburu-buru membayangkan panggung catwalk ala rumah-rumah mode terkenal dalam pertunjukan fashionweeknya. Dermaga di Pulau Galo-galo berubah menjadi panggung catwalk saat itu. Akbar anak morotai itu pun beraksi di atas dermaga bak foto model. Berjalan ke tepi dermaga di teriknya matahari Morotai dan kembali lagi setelah berada di ujung dermaga. Seakan laut biru menjadi penontonnya dan pasir putih pun menjadi jurinya. Sempat ia berkata “sa (saya) pake jacket di pundak kah, seperti orang-orang di Jakarta itu?”.

Asyik.. bisa berenang, berjemur dan bermain bola sambil menikmati musik dansa Amerika Latin di Pulau Dodola kecil

Pantai dodola sering dijadikan wisatawan asing layaknya planet sendiri. Foto merupakan dokumentasi pribadi penulis

Bila orang sedang bergoyang saat musik dangdut melantun, pasti selalu bilang “asyik..!” ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T08:00:08+0700
http://rimanews.com/gayahidup/travel/read/20160729/295219/Satu-Kata-Untuk-Morotai-Asyik-
29 Juli 2016 | 08:35
Satu Kata Untuk Morotai: Asyik!
Tulus Rilis Album "Monokrom" Awal Agustus

Rimanews - Tulus akan segera merilis album ketiganya, yang diberi judul Monokrom pada 3 Agustus. 

Album Monokrom berisi 10 lagu, enam di antaranya merupakan kolaborasi dengan The City Prague Philharmonic Orchestra. Monokrom diproduksi perusahaan label rekaman independen TulusCompany yang meluncurkan album Tulus sejak debut pada 2011.

Spotify dalam siaran pers, Kamis (28/7/2016), menyatakan album Monokrom akan tersedia laman streaming musiknya. Selain itu, lagu-lagu Tulus juga akan mendominasi playlist "Waktunya Spotify" selama 48 jam, pada 3-4 Agustus. 

 

Tulus akan segera merilis album ketiganya, yang diberi judul Monokrom pada 3 ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T06:25:01+0700
http://rimanews.com/gayahidup/musik/read/20160729/295209/Tulus-Rilis-Album-Monokrom-Awal-Agustus
Ahok Ikut Partai, Habiburokhman: Akhirnya Saya yang Menang

Rimanews – Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Habiburokhman mengaku menang dalam polemik soal pengumpulan KTP oleh relawan Teman Ahok sebagai syarat Basuki Tjahaja Purnama dalam Pilkada DKI Jakarta pada Juni 2017.

“Akhirnya saya yang menang dalam mind game soal KTP itu. Sejak awal saya memang yakin KTP tersebut hanya isapan jempol dan sepertinya Ahok pun berhasil saya yakinkan lewat rangkaian tweet tersebut dengan memilih Parpol,” ungkap Habiburokhman via akun Twitter yang dipantau Jumat (29/07/2016).

Ketua Bidang Advokasi DPP Gerindra itu menyebut jika perubahan sikap Ahok tersebut hanya akan menambah buruk citra politisi.

“Inkonsistensi Ahok ini dapat menambah buruk citra politisi. Seharusnya dalam berpolitik tidak mencla-mencle, bulan Maret sudah putuskan independen dengan Heru, bulan Juni umumkan sudah terkumpul satu juta KTP, bulan Juli malah umumkan maju lewat jalur Parpol,” tegasnya.

Ahok sebelumnya memilih maju melalui jalur partai politik pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017. Hal itu disampaikan Basuki atau Ahok pada acara halalbihalal bersama relawan "Teman Ahok" di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Rabu (27/7/2016) petang.

"Saya sudah bilang, kami harus menghargai parpol yang sudah mendukung. Ya sudah, kami pakai parpol sajalah, terima kasih," kata Ahok sambil tersenyum. (Baca: Ahok Pilih Jalur Parpol pada Pilkada DKI Jakarta 2017).

Menanggapi hal ini, Gerindra melalui Wakil Ketua Umum Fadli Zon mengaku tak mau ambil pusing dengan keputusan Ahok tersebut. Dia pun menyebut jika Gerindra sedang menyiapkan lawan untuk Ahok.

"(Masih) menunggu proses di Partai Gerindra, masih dalam proses. Masih cukup banyak waktu (tentukan calon)," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/7/2016).

– Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Habiburokhman mengaku menang dalam ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T08:10:52+0700
http://rimanews.com/nasional/politik/read/20160729/295224/Ahok-Ikut-Partai-Habiburokhman-Akhirnya-Saya-yang-Menang
Istri Shahrukh Khan Dandani Apartemen Ranbir Kapoor

Rimanews – Nama istri Shahrukh Khan, Gauri Khan mendunia sebagai desainer interior. Ia kini dikabarkan tengah dekat dengan aktor muda Ranbir Kapoor, bahkan sempat terlihat bersama tanpa Shahrukh.

Rupanya Gauri dipercaya Ranbir untuk mendandani apartemen baru miliknya di Mumbai, India. Ranbir berharap pekerjaan Gauri bisa selesai hingga September mendatang.

Selama menunggu apartemen barunya selesai, Ranbir tinggal sementara di apartemen yang ia sewa tak jauh dari rumah mantan kekasihnya, Katrina Kaif.

“Gauri berbagi pengalamannya soal dekorasi kepada Ranbir. Mereka melakukan diskusi panjang bahkan berbelanja keperluan dari berbagai dunia,” ungkap seorang sumber.

Ranbir berharap apartemennya bisa menunjukkan nuansa seni dan sejarah, namun tetap modern sesuai dengan kesan muda pemiliknya.(pinkvilla)

– Nama istri Shahrukh Khan, Gauri Khan mendunia sebagai desainer interior. Ia kini dikabarkan ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-28T12:12:55+0700
http://rimanews.com/gayahidup/selebritas/read/20160729/295060/Istri-Shahrukh-Khan-Dandani-Apartemen-Ranbir-Kapoor
Mantan Kekasih Dieksekusi Mati, Anggita Sari Pose Cantik

Rimanews - Freddy Budiman, mantan kekasih Anggita Sari, telah dieksekusi menghadapi regu tembak lantaran menjadi salah satu 14 terpidana mati dalam Eksekusi Mati Jilid III. 

Saat gembong narkoba itu akan dieksekusi, Anggita justru tetap tampil cantik dan seksi. Dalam akun Instagramnya, Anggita tampak menuliskan kata-kata mutiara di keterangan fotonya. 

"My life is constantly under contraction. There's always something to improve," tulis Anggita di caption foto yang diunggahnya. 

Sekadar diketahui, sebelum dieksekusi mati, Freddy mengaku siap menghadapi hukuman tersebut. Namun, Freddy sebelumnya sempat menyampaikan pesan terakhirnya untuk dimakamkan di tanah kelahirannya, Surabaya.

Freddy telah menjalani proses hukum sejak ia ditangkap pada 28 April 2011 oleh Polda Metro Jaya. Kala itu ia kedapatan menyelundupkan 1,4 juta pil ekstasi dari Tiongkok. 

Berselang lima bulan kemudian, Freddy menghuni Rumah Tahanan Cipinang, Jakarta, hingga proses hukumnya rampung di meja hijau. Ia dijatuhi hukuman mati oleh Pengadilan Negeri Jakarta Barat atas dakwaan menjadi otak penyelundupan. 

Selama November 2012 hingga Juli 2013, ia mendekam di Lapas Khusus Narkotika Cipinang. Selama berada di sel, Freddy ketahuan masih menjalankan bisnis narkotiknya. Bisnis itu dilakukan dari dalam penjara Cipinang. 

Freddy Budiman, mantan kekasih Anggita Sari, telah dieksekusi menghadapi regu tembak ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-28T22:37:28+0700
http://rimanews.com/gayahidup/selebritas/read/20160729/295185/-Mantan-Kekasih-Dieksekusi-Mati-Anggita-Sari-Pose-Cantik
Prajurit TNI Tangkap WNA Papua Nugini Tenteng 3 Kg Ganja

Rimanews - Satuan keamanan laut (satkamla) Lantamal X Jayapura,Papua Kamis malam (28/7) sekitar pukul 19.30 WIT berhasil menangkap empat warga Papua Nugini (PNG) yang membawa tiga kilogram ganja.

Komandan Satkamla Lantamal X Jayapura Mayor Laut (P) Alpirut Musa Samba di Jayapura, Jumat (29/07/2016) pagi mengatakan, penangkapan itu terjadi saat anggota TNI AL melakukan operasi di sekitar perairan Jayapura.

Penangkapan itu berawal saat berpatroli rutin yang dilaksanakan satkamla, anggota "sea rider" mendengar suara speed boad disekitar Muara Tami, Kota Jayapura yang berbatasan dengan perairan PNG.

"Saat didekati, mereka sempat berupaya membuang salah satu karung yang diduga berisi ganja namun berhasil digagalkan," kata Mayor Laut (P) Musa Samba.

Menurut Mayor Musa Samba, keempat wn PNG yang menggunakan dua perahu motor itu selain membawa ganja sebanyak tiga kilogram juga membawa pinang.

Keempat wn PNG yang ditangkap itu masing masing MT (21),KK (32), OK (32) dan JA (34) hingga kini masih diamankan di satkamla Perasko, Jayapura, untuk dimintai keterangannya sebelum diserahkan ke BNN Papua untuk diproses lebih lanjut, kata Mayor Laut (P) Musa Samba.

Satuan keamanan laut (satkamla) Lantamal X Jayapura,Papua Kamis malam (28/7) sekitar pukul 19.30 ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T07:36:03+0700
http://rimanews.com/nasional/kriminal/read/20160729/295217/Prajurit-TNI-Tangkap-WNA-Papua-Nugini-Tenteng-3-Kg-Ganja
Potensi Ekonomi Situbondo Belum Tergali Maksimal

Rimanews - Unit Koordinasi dan Komunikasi Kebijakan Bank Indonesia (BI) Jember mengemukakan potensi-potensi ekonomi di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, selama ini belum tergali maksimal dan tidak terpublikasi dengan baik.

"Bank Indonesia (BI) Jember memiliki lima wilayah kerja, yakni Kabupaten Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo dan Lumajang. Pada tahun ini BI memilih Situbondo melaksanakan program tahunan BI, yaitu pameran pengembangan ekonomi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di kabupaten ini," ujar Kepala Unit Koordinasi dan Komunikasi Kebijakan Bank Indonesia (BI) Jember Gede Agus Dwijaya Kusuma di Situbondo, Jumat (29/07/2016).

Ia mengatakan banyak potensi-potensi ekonomi di Situbondo yang selama ini belum tergali maksimal dan juga tidak terpublikasi dengan baik. Oleh karena itu pada 31 Agustus hingga 4 September Pemkab Situbondo bekerja sama dengan BI Jember akan menggelar pameran UMKM.

Tujuan akan dilaksanakannya pameran UMKM, kata dia, tidak lain untuk menggali atau mengangkat potensi ekonomi yang ada di Situbondo dan juga pengembangan ekonomi.

"UMKM dan IKM di Situbondo kan banyak, nantinya akan diundang semuanya untuk mengikuti pameran yang akan diselenggarakan di Alun-alun Situbondo. Dan pameran yang menjadi program tahunan BI untuk pengembangan ekonomi ini juga kerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) dan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Situbondo," katanya.

Agus menjelaskan bahwa pameran UMKM tersebut merupakan titik awal untuk mendorong Pemerintah Kabupaten Situbondo dalam menggelar pameran-pameran berikutnya. Sehingga potensi ekonomi masyarakat Situbondo bisa terfasilitasi dengan baik.

"Pameran UMKM ini hanya mengawali, oleh karenanya kalau bisa dibuat semasif mungkin pola lanjutannya yang kita dorong, sehingga tidak berhenti di pameran saja, tetapi menjadi kepedulian pemerintah daerah dan beberapa pihak lainnya," katanya.

Ia menambahkan dalam pameran yang akan dilaksanakan pada Agustus 2016 oleh BI Jember, juga mengundang pola-pola sinergi se-Eks Karesidenan Besuki, yaitu Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo, dan Lumajang. Sekaligus mengundang Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), dan Perbankan pada masing-masing kabupaten.

Unit Koordinasi dan Komunikasi Kebijakan Bank Indonesia (BI) Jember mengemukakan potensi-potensi ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T07:30:18+0700
http://rimanews.com/ekonomi/bisnis/read/20160729/295215/Potensi-Ekonomi-Situbondo-Belum-Tergali-Maksimal
Jessica Iskandar Keceplosan Sebut Gosip Liburan Ayu & Raffi Settingan?

Rimanews - Pihak Ayu Ting Ting maupun Raffi Ahmad telah membantah kabar liburan ke Amsterdam, Belanda, yang masih hangat diperbincangkan. Namun, kini Jessica Iskandar keceplosan menyebut gosip Ayu dan Raffi berlibur ke Negeri Kincir Angin itu hanya setting-an. 

Dalam tayangan Pesbukers Kamis 28 Juli 2016, Ayu dan Jessica Iskandar sempat melontarkan celetukan soal setting-an. Saat itu, Sandra Dewi yang diundang menjadi bintang tamu tiba-tiba mengeluarkan komentar menyindir. 

"Gue kan enggak pernah setting-an," ungkap Sandra Dewi ketika ia membahas rencana pernikahannya dengan Ayu dan Jessica Iskandar.

Secara spontan Jessica pun membalas komentar Sandra Dewi. "Eh dia ngomongin elu tuh," papar Jedar pada Ayu. 

Mendengar celetukan Jedar ini, Ayu langsung membantahnya. "Enak aja gue kan enggak pernah gitu, lu tuh," jawab Ayu balas menuduh Jedar. 

"Tapi kan gue enggak pernah ketahuan, hahaha," jawab Jedar sembari tertawa.

Celetukan tersebut menimbulkan pertanyaan apakah gosip liburan Ayu dan Raffi merupakan setting-an. Namun,  Ayu dan Jedar tak menjelaskan lebih lanjut soal celetukan mereka tersebut. 

Pihak Ayu Ting Ting maupun Raffi Ahmad telah membantah kabar liburan ke Amsterdam, ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-28T22:51:02+0700
http://rimanews.com/gayahidup/selebritas/read/20160729/295186/Jessica-Iskandar-Keceplosan-Sebut-Gosip-Liburan-Ayu-Raffi-Settingan-
Ariana Grande Resmi Menjomblo

Rimanews – Pelantun “Focus”, Ariana Grande resmi menjomblo setelah memutuskan hubungan asmara dengan Ricky Alvarez setelah 1 tahun bersama.

Ricky merupakan penari latar Ariana, dan keduanya kerap mesra serta berciuman di atas panggung. Sejak jadian, Ariana selalu mengatakan kalau ia sangat tergila-gila pada Ricky.

Ricky juga yang membuat Ariana bertingkah centil, dan sempat menjilat topping donat di sebuah gerai donat bersama.

Ironis, sumber terpercaya mengatakan kalau Ricky telah berselingkuh di belakang Ariana. Keduanya kini memutuskan untuk tetap berteman.

“Ariana tidak lagi bersedih, ia kini fokus pada pekerjaannya. Ariana tetap bahagia meski menjomblo, ia jadi bisa fokus pada karir bermusiknya,” sahut sumber tersebut.

– Pelantun “Focus”, Ariana Grande resmi menjomblo setelah memutuskan hubungan ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-28T12:04:14+0700
http://rimanews.com/gayahidup/selebritas/read/20160729/295057/Ariana-Grande-Resmi-Menjomblo
29 Juli 2016 | 07:00
Ariana Grande Resmi Menjomblo
Ayu Ting Ting Dijodohkan dengan Sahrul Gunawan

Rimanews - Sahrul Gunawan telah resmi bercerai dan menyandang status duda Indriani Hadi. Baru saja bercerai, Sahrul kini dijodohkan dengan Ayu Ting Ting. 

Itu terjadi setelah Sahrul menjadi bintang tamu di sebuah acara televisi yang juga dihadiri Ayu Ting Ting. Ayah tiga anak itupun memanfaatkan momen itu dengan berfoto bersama Ayu dan Sahrul, serta mantan tunangan Zaskia Gotik, Vicky Prasetyo. 

Foto tersebut langsung menuai beragam komentar netizen, banyak pula yang menjodohkan Ayu dan Sahrul lantaran keduanya dianggap cocok. Ada juga netizen lainnya yang tidak setuju. 

"Cocok jg aak arul sm teteh ayu tingting," ungkap pemilik akun @gunadi1662. 

"Aduh, jngan mau d jodoin ya Aa @sahrulgunawan76 sama yg sblah.a tu, ntar image aa jatuh 180derajat," imbuh yang lain, @kubangunmyla. 

Sahrul Gunawan telah resmi bercerai dan menyandang status duda Indriani Hadi. Baru saja ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-28T22:19:14+0700
http://rimanews.com/gayahidup/selebritas/read/20160729/295182/Ayu-Ting-Ting-Dijodohkan-dengan-Sahrul-Gunawan
Julia Stiles Lebih Berbahaya di "Bourne 5"

Rimanews - Aktris Julia Stiles memiliki kesan tersendiri sepanjang keterlibatannya dalam film-film Bourne. Dia mengatakan karakter-karakter perempuan dalam berbagai film yang dibintangi Matt Damon itu tak diidentikan dengan sisi seksualitas mereka, tetapi kemampuan menjalankan tugas. 

Jason Bourne adalah film kelima berkutat Jason Bourne (Matt Damon) seorang agen CIA.

"Karakter-karakter  wanita di film Bourne tidak didefinisikan atau menonjolkan sisi seksualitas mereka. Mereka hanya digambarkan memiliki pekerjaan yang harus dilakukan," tutur Stiles, seperti dilansir abc.net. 

Bagi dia, kembali terlibat dalam film kelima Bourne membuka kenangan lamanya saat bermain di film-film Jason Bourne sebelumnya. 
 
"Saya dibanjiri kenangan dari semua film sebelumnya. Saya terus mengingat pengalaman yang terjadi," kata dia. 

Dalam Jason Bourne, Stiles kembali memerankan tokoh Nicky Parsons, rekan Bourne di CIA. Parsons harus mencoba meretas sistem siber CIA, demi mendapatkan informasi soal jati diri Bourne. Tak disangka, ia justru menemukan sesuatu yang mengejutkannya.  

"Luar biasa rasanya kembali memerankan Nicky. Sangat jarang bisa memainkan karakter yang telah matang seiring aktornya, dan Nicky telah benar-benar matang dan tumbuh. Dia lebih mengalami kekecewaan, lebih memberontak dan lebih berbahaya. Dia tak sekedar menjalankan tugasnya lagi," kata Stiles.

Aktris Julia Stiles memiliki kesan tersendiri sepanjang keterlibatannya dalam film-film Bourne. Dia ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-28T11:53:03+0700
http://rimanews.com/gayahidup/film/read/20160729/295052/Julia-Stiles-Lebih-Berbahaya-di-Bourne-5-
Ambulans Pembawa Jenazah Terpidana Mati Tinggalkan Nusakambangan

Rimanews - Sebanyak empat ambulans yang membawa jenazah terpidana mati meninggalkan Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (29/7/2016) dinihari pascapelaksanaan eksekusi hukuman mati.

Dari pantauan di Dermaga Wijayapura, Cilacap, empat mobil ambulans pembawa peti yang berisi jenazah para terpidana mati tampak meninggalkan tempat penyeberangan khusus lembaga pemasyarakatan Pulau Nusakambangan itu pada pukul 04.30 WIB.

Setiap ambulans yang meninggalkan Dermaga Wijayapura dikawal satu mobil pengawalan dari Unit Patroli Jalan Raya Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Jawa Tengah.

Secara berurutan, ambulans pertama yang keluar meninggalkan dermaga terlihat kosong disusul ambulans pembawa jenazah Gajetan Acena Seck Osmane dengan tujuan Rumah Sakit St.Carolus, Jakarta Pusat.

Selanjutnya, ambulans pembawa jenazah Humprey Ejike dengan tujuan Krematorium Eka Pralaya, Desa Kaliori, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Disusul ambulans pembawa jenazah Freddy Budiman yang akan menuju makam Bharatu Sedayu, Surabaya, Jawa Timur, dan ambulans pembawa jenazah Michael Titus Igweh menuju Rumah Sakit PGI Cikini, Jakarta Pusat.

Terpidana mati Merri Utami yang batal dieksekusi dikabarkan dibawa kembali ke Lembaga Pemasyarakatan Wanita, Tangerang, Banten, namun mobil yang membawa perempuan itu tidak diketahui secara pasti kapan akan keluar dari Pulau Nusakambangan.

Eksekusi hukuman mati "Jilid III" telah dilaksanakan di Lapangan Tembak Tunggal Panaluan, Pulau Nusakambangan, pada hari Jumat (29/7), pukul 00.46 WIB, terhadap empat terpidana kasus narkoba.

Empat terpidana mati yang dieksekusi terdiri atas Freddy Budiman (warga negara Indonesia), Michael Titus Igweh (Nigeria), Humprey Ejike (Nigeria), dan Gajetan Acena Seck Osmane (Senegal).

Jenazah Freddy Budiman rencananya akan dimakamkan di Surabaya yang merupakan kampung halamannya, jenazah Michael Titus Igweh dan Gajetan Acena Seck Osmane akan dipulangkan ke negara asal mereka setelah disemayamkan di Jakarta, dan Humprey Ejike dikremasi di Krematorium Eka Pralaya, Banyumas.

Sebanyak empat ambulans yang membawa jenazah terpidana mati meninggalkan Pulau Nusakambangan, ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T05:12:54+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160729/295207/Ambulans-Pembawa-Jenazah-Terpidana-Mati-Tinggalkan-Nusakambangan
Dua Kali Ajukan PK, Titus Igweh Akhirnya Dieksekusi Mati

Rimanews - Perjuangan terpidana mati narkoba asal Nigeria, Michael Titus Igweh, kandas setelah dua kali permohonan Peninjauan Kembali (PK)nya ditolak oleh Mahkamah Agung (MA) hingga akhirnya dieksekusi di LP Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah pada Jumat (29/7) dinihari.

Kepastian dieksekusinya Igweh itu disampaikan oleh Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (JAM Pidum) Noor Rochmad yang tengah berada di Nusakambangan, Cilacap.

Igweh dieksekusi mati bersama tiga terpidana mati lainnya, Freddy Budiman (WNI), Seck Osmani (Senegal) dan Humprey Eijeke (Nigeria).

"Sudah dieksekusi pukul 00.45 WIB, 4 orang masing-masing, Freddy, Humprey alias Doctor, Seck Osmane dan Michael Titus," kata JAM Pidum.

Michael Titus dijerat hukuman mati terkait kepemilikan heroin seberat 5,8 kilogram. Pada 2011, dirinya pernah mengajukan PK namun ditolak.

Tidak putus asa, ia yang dipenjara di LP Nusakambangan kembali mengajukan PK pada Januari 2016 yang persidangannya digelar di PN Tangerang, Banten, namun kembali ditolak.

Alasan pengajuan PK kedua itu, terkait dengan vonis hukuman mati hanya berdasarkan keterangan dua saksi yang sudah meninggal, Marlena dan Izuchkwu Okolaja.

Ia juga mengklaim selama pemeriksaan saat ditangkap oleh kepolisian, mendapatkan intimidasi untuk mengakui kepemilikan barang haram itu.

Keluarga Michael Titus Igweh salah satu terpidana mati yang masuk dalam daftar eksekusi Jilid III menyatakan keberatan kepada pemerintah atas rencana eksekusi pada Jumat (29/7) dini hari.

"Saya sebagai pihak keluarga merasa keberatan terhadap eksekusi yang dilakukan Pemerintah Indonesia, Bapak Jokowi, tanpa pemberitahuan kepada keluarga dan lawyer kami. Saat ini kami mengajukan Peninjauan Kembali dan lagi berjalan," kata Nila yang merupakan kakak ipar Michael Titus, di Dermaga Wijaya Pura Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (28/7).

Kaka ipar Michael menyebutkan bahwa saat ini istri Michael Titus dalam perjalanan dari Afrika.

Perjuangan terpidana mati narkoba asal Nigeria, Michael Titus Igweh, kandas setelah dua kali ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T04:41:21+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160729/295205/Dua-Kali-Ajukan-PK-Titus-Igweh-Akhirnya-Dieksekusi-Mati
Terpidana Mati Asal Pakistan Batal Dieksekusi

Rimanews - Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Noor Rochmad membenarkan terpidana mati kasus narkoba asal Pakistan, Zulfiqar Ali, batal dieksekusi mati jilid III di LP Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, setelah melalui kajian komprehensif.

"Melalui kajian yang komprehensif (alasan tidak dieksekusinya Zulfiqar Ali, red.)," katanya melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Jumat (29/7/2017) dinihari.

Ia menyebutkan untuk sementara ini, empat terpidana mati dahulu yang dieksekusi, yakni Freddy Budiman (WNI), Seck Osmani (Senegal), Humprey Eijeke (Nigeria), dan Michael Titus (Nigeria).

Kendati demikian, ia tidak menyebutkan secara detail alasan kajian komprehensif tersebut.

Duta Besar Pakistan untuk Indonesia, Muhammad Aqil Nadeem, mengatakan pihaknya tetap meminta Pemerintah Indonesia untuk menunda eksekusi hukuman mati salah satu warga negaranya dan menyelidiki kembali kasus itu.

"Kami telah mengajukan surat permohonan kepada Presiden RI mengenai penundaan hukuman mati atas nama warga negara Pakistan, Zulfiqar Ali, dan sampai kini belum menerima balasannya," kata Dubes Nadeem kepada wartawan seusai seminar "Kashmir Black Day" di Jakarta, Rabu (27/7).

Kedutaan Pakistan telah menerima surat pemberitahuan dari Pemerintah Indonesia terkait dengan eksekusi hukuman mati Zulfiqar Ali yang dikabarkan akan dieksekusi Jumat dan telah menghubungi semua pejabat terkait di Indonesia untuk menekankan bahwa hukuman terhadap dia tidak adil.

Menurut dia, Pemerintah Indonesia terutama pihak terkait perlu mengkaji ulang karena saksi kunci kasus itu telah mencabut keterangan di dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

Zulfiqar Ali (52), dituduh memiliki 350 gram heroin dan telah ditangkap sejak 2005. Saksi kunci kasus itu, yaitu Gurdiph Sigh, telah mencabut laporannya dalam BAP dan menyebut bahwa heroin itu bukan milik Zulfiqar.

Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Noor Rochmad membenarkan terpidana mati kasus narkoba asal ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T04:52:11+0700
http://rimanews.com/nasional/hukum/read/20160729/295206/Terpidana-Mati-Asal-Pakistan-Batal-Dieksekusi
Donasi "Ice Bucket Challenge" Capai Lebih dari Rp1,5 Triliun

Rimanews - Salah satu momen budaya pop paling viral, kampanye yang mendorong jutaan orang untuk menyiram seember air es di atas kepalanya telah berhasil mengumpulkan uang yang  cukup untuk membantu sebuah riset terobosan penting, Asosiasi ALS.

Hasil kampanye itu diumumkan pada Senin (25/7), penggalangan dana massal tersebut berhasil menggerakan 17 juta orang mengunggah video secara online dan memaksa sejumlah pesohor mulai dari Bill Gates hingga Steph Curry berbasah-basahan untuk meningkatkan kesadaran terhadap penyakit ALS, atau yang juga disebut penyakit Lou Gehrig. 

Penyakit tersebut menyebabkan sel syaraf pada otak dan tulang belakang memburuk secara bertahap. Dalam dua hingga lima tahun sejak didiagnosa, para pasien ALS akan kehilangan kemampuan bernafas, yang mana bisa menyebabkan kematian.

Hanya dalam delapan minggu, kampanye itu berhasil mengumpulkan lebih dari 115 juta dolar AS atau setara Rp1,5 Triliun yang didonasikan ke Asosiasi ALS, 67 persennya digunakan untuk memajukan riset pengobatan dan kesembuhan penyakit tersebut, demikian situs CNN.

Satu juta dolar disalurkan ke Proyek MinE, sebuah proyek di University of Massachusetts Medical School yang mampu mengidentifikasi gen yang menyebabkan penyakit degeneratif itu.

Gen penyebab ALS diketahui sebagai NEK1, dengan diketahuinya gen penyebab penyakit tersebut maka ditemukan pula sasaran potensial lain untuk perkembangan terapi, dan membawa ilmuwan selangkah lebih dekat pada pengobatan penyakit syaraf.

"Analisa canggih soal gen yang membuahkan hasil atas penemuan ini hanya mungkin terjadi jika ada sampel ALS dalam jumlah yang sangat besar," kata Dr Lucie Bruijin, Kepala Ilmuwan di Asosiasi ALS.

"ALS Ice Bucket Challenge memungkinkan Asosiasi ALS berinvestasi di proyek MinE guna membangun gudang penyimpanan biologis dari sampel biologis ALS yang didisain sehingga memungkinkan riset semacam ini dan untuk menghasilkan hasil yang seperti ini."

Salah satu momen budaya pop paling viral, kampanye yang mendorong jutaan orang untuk menyiram ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-28T11:50:15+0700
http://rimanews.com/gayahidup/kesehatan/read/20160729/295049/Donasi-Ice-Bucket-Challenge-Capai-Lebih-dari-Rp1-5-Triliun
Anies Baswedan Akan Cari Pekerjaan Lain

Rimanews - Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengaku akan mencari pekerjaan baru lagi setelah tak menjabat sebagai menteri lagi.

"Saya baru mendapat kabar akan diganti kemarin, tepatnya pukul setengah delapan malam," ujar Anies Baswedan usai perpisahan dengan pegawai Kemdikbud di Jakarta, Rabu (27/7).

Anies dipanggil ke Istana oleh Presiden Joko Widodo sepulangnya dari acara jumpa, bhakti dan gembira (Jumbara) Nasional VIII Palang Merah Remaja (PMR) di Bukit Perkemahan Balocci Tonasa I, Kabupaten Pangkep, Sulsel.

Tanda-tanda pencopotan Anies juga terlihat di kantor Kemdikbud pada Selasa (26/7) malam, karena tak biasanya patwal dan mobil dinas Mendikbud masih berada di kawasan Senayan tersebut. Dari informasi yang beredar, usai diberitahu mengenai pencopotan dirinya, Anies langsung mengemas barang-barang miliknya pada Selasa malam.

Paginya, Anies langsung menggelar rapat pimpinan dengan para pejabat di lingkungan Kemdikbud. Ia juga menyampaikan salam perpisahan dengan sahabat dekatnya.

Saat perpisahan dengan pegawai Kemdikbud, Anies tak bisa menahan rasa harunya. Anies ditemani oleh ibunya, istrinya Fery Farhati Ganis dan keempat anaknya. 

Anies mengucapkan terimakasih kepada presiden yang telah memberinya kesempatan untuk mengabdi selama 20 bulan di kementerian itu. Anies mengatakan tugas sebagai Mendikbud merupakan amanah konstitusi dan amanah dari Tuhan.

"Saat itu, saya disumpah menjalankan amanat konstitusional dan selama 20 bulan itu pula menjadi 20 bulan yang mengesankan. Ikatan yang terjalin dengan para staf bukan sekadar ikatan profesi tetapi ikatan kekeluargaan."

Anies bahkan menyebut anaknya merasa sangat kehilangan karena tidak berinteraksi lagi dengan para staf kementerian yang telah menjadi keluarga. Ia mengaku akan tetap berpartisipasi di bidang pendidikan, meski tak lagi di pemerintahan.

"Kami berharap silaturahim tetap berjalan terus, tidak tertutup. Lokasi kerja bisa pindah-pindah tapi silaturahmi jalan terus. Saya sempat ditanya oleh anak saya, kalau tidak jadi menteri lagi akan kerja apa, saya bilang akan cari pekerjaan baru lagi," tukas Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengaku akan mencari pekerjaan ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-28T11:43:24+0700
http://rimanews.com/budaya/pendidikan/read/20160729/295046/Anies-Baswedan-Akan-Cari-Pekerjaan-Lain
Jejak Freddy Budiman dari Gembong Narkoba Hingga Tampil Alim

Rimanews - Gembong narkoba, Freddy Budiman akhirnya dieksekusi mati regu penembak di LP Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (29/7/2016) dinihari WIB. Freddy Budiman merupakan terpidana mati pertama yang dieksekusi selain 13 terpidana mati lainnya setelah permohonan Peninjauan Kembali (PK) ditolak oleh Mahkamah Agung.

Tingkah polah Freddy Budiman menjadi pusat perhatian saat Vanny Rossyane adalah seorang model majalah pria dewasa, blak-blakan menceritakan Freddy mendapatkan ruangan mewah di LP Cipinang yang berujung pada pencopotan Kalapas Cipinang, Kalapas Thurman Hutapea.

Pria kelahiran Surabaya 19 Juli 1976 ini yang menjadi bandar narkoba kelas internasional itu divonis mati oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat karena mengimpor 1.412.476 butir ekstasi dari China pada Mei 2012.

Dia pernah ditangkap tahun 2009, karena memiliki 500 gram sabu-sabu. Saat itu, divonis 3 tahun dan 4 bulan.

Feddy kembali berurusan dengan aparat pada 2011. Saat itu, dia kedapatan memiliki ratusan gram sabu dan bahan pembuat ekstasi, dan menjadi terpidana 18 tahun karena kasus narkoba di Sumatera dan menjalani masa tahanannya di Lapas Cipinang.

Modus yang dilakukannya dengan memasukan ke dalam akuarium di truk kontrainer.

Terus berulah dan berurusan dengan aparat, pria yang berubah menjadi alim itu dipindahkan ke LP Gunungsindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Di lapas itulah penampilan Freddy Budiman mulai berubah. Janggut pria ini terlihat tumbuh lebat, lebih rajin beribadah dan sering mengaji sebagaimana kesaksian Kalapas Gunungsindur, Gumilar Budimulya.

Freddy Budiman akhirnya dipindahkan ke LP Nusakambangan, Cilacap, Jateng hingga akhirnya dieksekusi mati.

Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (JAM Pidum), Noor Rochmad di Cilacap, menyatakan salah satu narapidana yang dieksekusi adalah Freddy Budiman.

Sebelumnya, pengacara terpidana mati Freddy Budiman, Untung Sunaryo mengatakan kliennya menyampaikan permintaan untuk dimakamkan di Surabaya.

"Freddy mengucapkan permintaan maaf diantaranya kepada Kepala Kejaksaan Agung Pak Prasetyo, Kapolri Pak Tito dan Kepala BNN Pak Budi Waseso," kata Untung di dermaga Wijaya Pura, Cilacap, Rabu.

Dia telah bertemu kliennya tersebut dan kondisinya dalam keadaan sehat dan tobat nasuha. "Saya menemani keluarga Freddy yang menjeguk mamanya, kakaknya dan anaknya Freddy. Dia sudah betul-betul siap dan menyerahkan bulat-bulat kepada Allah SWT," kata Untung.

Gembong narkoba, Freddy Budiman akhirnya dieksekusi mati regu penembak di LP Nusakambangan, ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T04:22:24+0700
http://rimanews.com/nasional/hukum/read/20160729/295204/Jejak-Freddy-Budiman-dari-Gembong-Narkoba-Hingga-Tampil-Alim
Rumah Megan Fox Dibeli Meghan Trainor

Rimanews – Pelantun “All About That Bass”, Meghan Trainor membeli rumah di Toluca Lake, Amerika Serikat bekas bintang “Transformers”, Megan Fox dan suami, Brian Austin Green.

Harga yang ia bayarkan untuk rumah modern bertingkat satu tersebut tak main-main, bahkan mencapai angka USD4,9 Juta atau setara Rp65 Miliar.

Megan dan Brian menjual rumah dengan empat kamar tidur dan enam kamar mandi seluas 622,45 meter persegi tersebut pada Desember 2015 lalu dengan harga USD2,6 Juta atau setara Rp35 Miliar. Rumah tersebut akhirnya dibeli oleh penyanyi Bing Crosby, dan akhirnya jatuh ke tangan Meghan.

Selain kolam renang dan spa, halaman luas menyajikan berbagai tanaman seperti pohon ek dan zaitun yang memanjakan mata.

– Pelantun “All About That Bass”, Meghan Trainor membeli rumah di Toluca Lake, ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-28T11:39:01+0700
http://rimanews.com/gayahidup/selebritas/read/20160729/295043/Rumah-Megan-Fox-Dibeli-Meghan-Trainor
Akhir Perjalanan Bandar Narkoba Humprey Ejike

Rimanews - Humprey Ejike, warga negara Nigeria yang baru dieksekusi mati di LP Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah pada Jumat (29/7) pukul 00.45 WIB, merupakan bandar narkoba yang tidak pernah kapok.

Meski sudah berada di balik jeruji besi, masih mampu mengendalikan peredaran narkoba hingga ditangkap oleh Badan Narkotika Nasional (BNN).

Awal perjalanan kejahatannya, saat ditangkap di Depok, Jawa Barat pada 2003 karena kedapatan memiliki 1,7 kilogram heroin. Dirinya tidak seorang diri, bersama rekannya yang dikenal dengan nama Doktor atau Koko.

Penangkapan terhadap Ejike itu di salah satu restoran di Depok, tidak tanggung-tanggung nilai heroin yang dimilikinya itu, mencapai Rp8 miliar.

Namun ia tidak kapok juga, meski sudah ditahan, melakukan kembali aksi mengedarkan barang haram dan ditangkap oleh BNN pada November 2012.

Dari portal hukumanmati.web.id, berdasarkan dakwaan Jaksa Penuntut Umum, bahwa terdakwa Humprey Ejike alias Doctor dengan tanpa hak dan melawan hukum mengimpor, mengekspor, menawarkan untuk dijual mengeluarkan, menjual, menyerahkan, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, atau menukar narkotika Golongan I, berupa narkotika jenis heroin.

Terdapat informasi dari masyarakat bahwa Restoran Recon sering menjadi tempat transaksi narkotika, khususnya heroin, dan ditemukan lima kaos kaki yang masing-masing berisi heroin dengan berat bruto keseluruhannya 1,7 kilogram. Terdakwa menyimpan heroin tersebut di dalam kasur "spring bad" di kamar tidurnya dengan maksud untuk dijual.

Terdakwa didakwa dengan bentuk dakwaan subsidair, dakwaan primair melanggar Pasal 82 ayat (1) sub.a Undang-Undang RepubIik Indonesia No. 22 Tahun 1997 tentang Narkotika, dakwaan subsidair melanggar Pasal 78 ayat (1) sub. b Undang-Undang RepubIik Indonesia No. 22 Tahun 1997 tentang Narkotika.

Terdakwa dituntut dengan Pasal 82 ayat (1) a UU No. 22 Tahun 1997 tantang Narkotika sebagaimana telah diuraikan dalam dakwaan primair dan menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana mati.

Putusan Pengadilan Negeri No. 2152/Pid.B/2003/PN.Jkt.Pst, divonis hukuman mati, Putusan Pengadilan Tinggi No. 76/Pid/2004/PT.DKI: tetap dihukum mati. Putusan Mahkamah Agung No. 1715 K/Pid/2004: menolak permohonan kasasi dari pemohon kasasi/terdakwa, selanjutnya putusan Peninjauan Kembali No. 18 PK/Pid/2007: ditolak kembali.

 

Humprey Ejike, warga negara Nigeria yang baru dieksekusi mati di LP Nusakambangan, Cilacap, Jawa ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T03:42:28+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160729/295203/Akhir-Perjalanan-Bandar-Narkoba-Humprey-Ejike
Asyik, Ada Hutan Pikachu di Jepang

Rimanews – Kabar gembira bagi trainer yang masih belum juga menemukan karakter Pikachu. Anda akan mudah menemukan Pikachu dan karakter langka lainnya di taman yang dinamai “Hutan Pikachu” di Jepang.

Kalau biasanya Pikachu menjadi karakter yang sulit ditemukan, seorang trainer bernama P.K. Sanjun yang mengunjungi Taman Nasional Shinjuku Gyown di Shinjuku Ward, Tokyo mengaku menemukan tiga Pikachu sekaligus di taman tersebut.

Bukan hanya tiga Pikachu, P.K. Sanjun juga mengaku menemukan 15 karakter Pikachu lainnya dalam waktu 30 menit berjalan-jalan di taman.

Karakter itu diantaranya Doduo, Psyduck, Cubone, Horsea, Gastly, Krabby, Goldeen, Staryu, Weedle, Nidoran, Spearow, Caterpie, Pinsir dan Magikarp.

Dengan tiket masuk hanya 200 Yen atau setara Rp25 Ribu, rasanya sangat sepadan menghabiskan waktu berjalan-jalan mengumpulkan karakter Pokemon yang selama ini Anda incar.(RocketNews24)

– Kabar gembira bagi trainer yang masih belum juga menemukan karakter Pikachu. Anda akan ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-28T11:27:14+0700
http://rimanews.com/gayahidup/feminin/read/20160729/295040/Asyik-Ada-Hutan-Pikachu-di-Jepang
29 Juli 2016 | 03:00
Asyik, Ada Hutan Pikachu di Jepang
Hanya Empat Terpidana Mati yang Dieksekusi

Rimanews - Sebanyak empat orang dieksekusi di Lapangan Tembak Tunggal Panaluan, Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jumat sekitar pukul 01.46 WIB. Empat orang yang menjalani eksekusi tersebut, adalah Freddy Budiman (WNI), Seck Osmani (Senegal), Humprey Eijeke (Nigeria), dan Michael Titus (Nigeria).

Sebelumnya dikabarkan bahwa eksekusi hukuman mati terhadap sejumlah terpidana mati telah dilaksanakan di lokasi tersebut.

Berdasarkan informasi di Nusakambangan, eksekusi telah dilaksanakan pada pukul 00.45 WIB setelah sempat tertunda karena tenda roboh akibat hujan lebat disertai angin kencang.

"Tadi pukul 00.45 WIB," katanya tanpa menyebutkan jumlah terpidana mati yang dieksekusi.

Jaksa Agung H.M. Prasetyo menyebutkan ada 14 terpidana mati kasus narkoba yang akan menjalani eksekusi "Jilid III".

Informasi yang dihimpun menyebutkan bahwa 14 terpidana mati kasus narkoba yang masuk dalam daftar eksekusi "Jilid III" terdiri dari Freddy Budiman (warga negara Indonesia), Merri Utami (Indonesia), Zulfiqar Ali (Pakistan), Gurdip Singh (India), Onkonkwo Nonso Kingsley (Nigeria), Obina Nwajagu (Nigeria), Michael Titus Igweh (Nigeria), Ozias Sibanda (Zimbabwe), Federik Luttar (Zimbabwe), Humprey Ejike (Nih, Eugene Ape (Nigeria), Gajetan Acena Seck Osmane (Nigeria), Pujo Lestari (Indonesia), dan Agus Hadi (Indonesia).

Sebanyak empat orang dieksekusi di Lapangan Tembak Tunggal Panaluan, Pulau Nusakambangan, Cilacap, ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T02:46:48+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160729/295202/Hanya-Empat-Terpidana-Mati-yang-Dieksekusi
Joey Alexander Rilis Video Klip Via Twitter

Rimanews - Pianis muda 13 tahun asal Indonesia yang merupakan musisi Jazz termuda di ajang penghargaan Grammys 2016, Joey Alexander, merilis video klip eksklusif di Twitter.

"Ini pertama kalinya dia memamerkan aransemen penuh lagu tersebut dan video ini bisa ditonton langsung melalui akun Twitter @_joeyalexander," tulis Twitter Indonesia, dalam siaran pers pada Selasa (26/7) lalu.

Dalam video eksklusif yang berdurasi tujuh menit tersebut, Joey membawakan “City Lights” dalam sebuah sesi di studio yang direkam secara live.

Video bertajuk City Lights tersebut diambil dari album keduanya “Countdown” yang akan rilis di bulan September 2016.

Album perdananya “My Favorite Things” membawa Joey Alexander sejajar dengan musisi Jazz dunia lainnya.

Tidak hanya masuk dalam nominasi Grammys, dia juga bermain di berbagai ajang musik Jazz ternama dunia, serta mendapat pengakuan dunia Jazz internasional atas bakat yang dia miliki.

Pianis muda 13 tahun asal Indonesia yang merupakan musisi Jazz termuda di ajang penghargaan Grammys ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-28T11:15:19+0700
http://rimanews.com/gayahidup/musik/read/20160729/295036/Joey-Alexander-Rilis-Video-Klip-Via-Twitter
Habibie Imbau Presiden Jokowi Tinjau Hukuman Mati

Rimanews - Mantan Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie mengimbau Presiden Jokowi untuk meninjau kembali pelaksanaan hukuman mati. Imbauan tersebut disampaikannya melalui surat yang beredar jelang pelaksanaan eksekusi mati tahap III dan ditujukan kepada Jokowi.

“Saya menghimbau kepada Bapak Presiden untuk meninjau keputusan eksekusi tersebut,” tulis Habibie melalui suratnya yang diterima Rimanews di Jakarta, Kamis (28/7/2016).

Dalam surat yang ditujukan kepada Jokowi tersebut, Habibi mengatakan bahwa dari laporan advokat dan lembaga swadaya masyarakat menyatakan salah seorang terpidana yakni Zulfikar Ali tidak bersalah. Karena itu dia menghimbau Presiden untuk meninjau kembali keputusan eksekusi mati tersebut.

"Pada kesempatan ini saya pula ingin menyarankan kepada Bapak Presiden untuk mempertimbangkan kembali penetapan kebijakan moratorium kebijakan hukuman mati," tulis Habibi.

Hal tersebut, kata Habibie, dikarenakan lebih dari 140 negara sudah menetapkan atau menghapus kebijakan hukuman mati.

Seperti diketahui, sebanyak 14 terpidana yang akan menjalani eksekusi tersebut adalah narapidana kasus narkoba, diantaranya adalah Freddy Budiman, Merry Utami dan Zulfiqar Ali.

Rimanews - Mantan Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie mengimbau Presiden Jokowi untuk meninjau ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T02:24:43+0700
http://rimanews.com/nasional/hukum/read/20160729/295201/Habibie-Imbau-Presiden-Jokowi-Tinjau-Hukuman-Mati
Eksekusi 14 Terpidana Mati Perlu Dihormati

Rimanews - Kepala BNN, Komjen Pol Budi Waseso (Buwas) mengatakan eksekusi mati terhadap 14 narapidana kasus narkoba yang dilaksanakan di lapangan Limus Buntu, Nusakambangan, Cilacap, Jumat (29/7/2016) dini hari, perlu dihormati. Pernyataan Buwas tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Hubungan Masyarakat BNN, Kombes Pol Slamet Pribadi.

"Oleh karena itu, Kepala BNN, Komjen Pol Budi Waseso menyampaikan, setelah melalui proses yang panjang dalam penegakan hukum di Indonesia, maka eksekusi hukuman mati perlu dihormati oleh semua pihak," kata, Kombes Pol Slamet Pribadi melalui siaran pers, Jumat (29/7/2016) dini hari.

Dia mengatakan Indonesia adalah salah satu dari beberapa negara yang hukum positifnya masih menerapkan hukuman mati kepada pelaku kejahatan luar biasa yang berdampak pada pembangunan dan kesejahteraan sosial dan menjadi pusat perhatian dan keprihatinan nasional, salah satunya bagi pelaku tindak pidana narkoba.

"Narkoba tidak dapat dianggap persoalan sepele. Dari tahun ke tahun, korban akibat penyalahgunaan narkoba terus bertambah. Fatalnya, narkoba merenggut jutaan nyawa generasi muda yang disiapkan untuk meneruskan perjuangan bangsa. Jika pemerintah tak segera ambil sikap, maka kerusakan moral dan kematian generasi penerus bangsa tak dapat dielakkan lagi," kata Slamet.

Menyikapi hal ini, Presiden Joko Widodo dengan tegas menyatakan perang terhadap narkoba dalam rapat terbatas tentang penanggulangan permasalahan narkotika, pada 24 Februari 2016. Salah satu dari enam instruksi presiden kepada jajaran terkait khususnya aparat penegak hukum adalah agar memberikan hukuman yang lebih keras dan tegas lagi kepada pelaku kejahatan narkoba, katanya.

Instruksi ini diberikan presiden karena melihat perhari ada antara 30 sampai 40 orang meninggal dunia akibat narkoba. Meski ditentang beberapa pemimpin dunia, Presiden Joko Widodo tak gentar memerintahkan aparat penegak hukum untuk komitmen dalam memberantas narkoba hingga ke akar-akarnya.

Tepat pada puncak acara peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2016, di Kota Tua, Jakarta Barat, Minggu (26/6) lalu, presiden dengan tegas kembali memerintahkan kepada BNN dan Polri untuk mengejar, menangkap, dan menghajar bandar-bandar narkoba.

Mahkamah Konstitusi sebagai lembaga negara yang melakukan kekuasaan kehakiman dalam penyelenggaraan pengadilan guna menegakkan hukum dan keadilan.

Mahkamah Konstitusi pada Putusan Nomor 2-3/PUU-V/2007, tanggal 30 Oktober 2007, hukuman mati sebagai bentuk pembatasan hak azasi manusia telah dibenarkan secara konstitusional.

"Hukum sebagai alat perubahan sosial sangat dituntut untuk mampu memberikan peran dalam menciptakan efek jera," kata Slamet.

Melihat dampak buruk kejahatan Narkoba bagi generasi muda dan bangsa ini, maka hukuman tegas, keras, dan tidak pandang bulu, seperti hukuman mati, layak dijatuhkan kepada terpidana narkoba, terutama produsen, bandar, dan pengedar narkoba, katanya.

Kepala BNN, Komjen Pol Budi Waseso (Buwas) mengatakan eksekusi mati terhadap 14 narapidana kasus ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T01:58:19+0700
http://rimanews.com/nasional/hukum/read/20160729/295199/Eksekusi-14-Terpidana-Mati-Perlu-Dihormati
Eksekusi Mati Tahap III Sudah Dilaksanakan

Rimanews - Eksekusi hukuman mati terhadap sejumlah terpidana mati dikabarkan telah dilaksanakan di Lapangan Tembak Tunggal Panaluan, Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat dini hari.

Berdasarkan informasi di Nusakambangan menyebutkan eksekusi telah dilaksanakan pada pukul 00.45 WIB setelah sempat tertunda karena tenda roboh akibat hujan lebat disertai angin kencang.

"Tadi pukul 00.45 WIB," katanya tanpa menyebutkan jumlah terpidana mati yang dieksekusi.

Akan tetapi hingga pukul 01.10 WIB, belum ada informasi resmi apakah eksekusi hukuman mati itu telah dilaksanakan atau belum dan apakah eksekusi tersebut dilaksanakan terhadap seluruh terpidana yang masuk dalam daftar eksekusi "Jilid III" ataukah terjadi pengurangan seperti saat eksekusi "Jilid II".

Sebelumnya, Jaksa Agung H.M. Prasetyo menyebutkan ada 14 terpidana mati kasus narkoba yang akan menjalani eksekusi "Jilid III".

Berdasarkan informasi yang dihimpun, 14 terpidana mati kasus narkoba yang masuk dalam daftar eksekusi "Jilid III" terdiri atas Freddy Budiman (warga negara Indonesia), Merri Utami (Indonesia), Zulfiqar Ali (Pakistan), Gurdip Singh (India), Onkonkwo Nonso Kingsley (Nigeria), Obina Nwajagu (Nigeria), Michael Titus Igweh (Nigeria), Ozias Sibanda (Zimbabwe), Federik Luttar (Zimbabwe), Humprey Ejike (Nih, Eugene Ape (Nigeria), Gajetan Acena Seck Osmane (Nigeria), Pujo Lestari (Indonesia), dan Agus Hadi (Indonesia).

Eksekusi hukuman mati terhadap sejumlah terpidana mati dikabarkan telah dilaksanakan di Lapangan ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T01:32:25+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160729/295198/Eksekusi-Mati-Tahap-III-Sudah-Dilaksanakan
Ahok Tambah CCTV Awasi Plat Ganjil-genap

Rimanews - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menambah jumlah kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV) untuk mempermudah pengawasan penerapan kebijakan kendaraan berplat nomor ganjil dan genap.

"Untuk membantu tugas kepolisian dalam melakukan pengawasan ganjil genap, kami akan memperbanyak jumlah CCTV. Jadi, pengawasannya lebih mudah," kata Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (28/7/2016).

Selama masa uji coba, menurut dia, sanksi yang diberikan kepada pengendara mobil yang plat nomornya tidak sesuai dengan tanggal ganjil atau genap hanya berupa teguran saja.

"Tapi setelah masa uji coba selesai, pelanggar akan dikenakan sanksi tilang dan denda. Sanksi yang paling berat akan diberikan kepada pengendara yang memalsukan nomor plat, yaitu sanksi pidana," ujar Basuki.

Masa uji coba sistem ganjil genap dimulai dari 27 Juli hingga 26 Agustus 2016. Setelah uji coba selesai, kebijakan ganjil genap tersebut baru akan diberlakukan secara efektif mulai 30 Agustus 2016.

Waktu pemberlakuan kebijakan itu, yakni setiap Senin sampai Jumat pukul 07.00 hingga 10.00 WIB dan 16.00 hingga 20.00 WIB. Ganjil genap tidak berlaku pada hari Sabtu dan Minggu serta hari libur nasional.

Kendaraan dengan nomor plat ganjil beroperasi pada tanggal ganjil, sedangkan kendaraan dengan nomor plat genap beroperasi pada tanggal genap. Adapun penentuan ganjil genap adalah pada angka terakhir nomor polisi kendaraan dan angka nol dianggap genap.

Ruas jalan yang diberlakukan kebijakan ganjil genap adalah ruas jalan yang sebelumnya diterapkan kebijakan 3-in-1, yaitu Jalan Merdeka Barat-Jalan MH Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Sisingamangaraja dan sebagian Jalan Gatot Subroto (simpang Kuningan hingga Gerbang pemuda).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menambah jumlah kamera pengawas atau closed circuit ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T01:11:23+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160729/295197/Ahok-Tambah-CCTV-Awasi-Plat-Ganjil-genap
Karakter Pokemon Inspirasi Ortu Menamai Anak

Rimanews – Demam game Pokemon Go yang mendunia mulai menginspirasi orangtua baru, untuk menamai anak mereka dengan nama karakter Pokemon yang unik.

Dari data Baby Center, ditemukan peningkatan penggunaan nama karakter Pokemon sebagai nama bayi. Menariknya, 50 persen pembaca laman tersebut adalah trainer Pokemon Go.
“Orangtua baru senang menjadikan budaya pop sebagai inspirasi nama bayi, dan belum ada yang sepopuler Pokemon Go,” sahut Baby Center Global Editor, Linda Murray.

Nama karakter Pokemon yang populer sebagai nama bayi adalah Eevee, karakter imut mirip kelinci. Total sudah 1.377 bayi yang terdaftar dengan nama Eevee.

Lalu Onyx, karakter Pokemon mirip ular dari batu yang menjadi nama untuk 2.184 bayi.

Nama karakter Pokemon lainnya adalah Starmie, Ivysaur, Roselia dan Ash.

– Demam game Pokemon Go yang mendunia mulai menginspirasi orangtua baru, untuk menamai anak ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-28T11:00:55+0700
http://rimanews.com/gayahidup/feminin/read/20160729/295031/Karakter-Pokemon-Inspirasi-Ortu-Menamai-Anak
Advert
Jejak Freddy Budiman dari Gembong Narkoba Hingga Tampil Alim

Rimanews - Gembong narkoba, Freddy Budiman akhirnya dieksekusi mati regu penembak di LP Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (29/7/2016) dinihari WIB. Freddy Budiman merupakan terpidana mati pertama yang dieksekusi selain 13 terpidana mati lainnya setelah permohonan Peninjauan Kembali (PK) ditolak oleh Mahkamah Agung.

Tingkah polah Freddy Budiman menjadi pusat perhatian saat Vanny Rossyane adalah seorang model majalah pria dewasa, blak-blakan menceritakan Freddy mendapatkan ruangan mewah di LP Cipinang yang berujung pada pencopotan Kalapas Cipinang, Kalapas Thurman Hutapea.

Pria kelahiran Surabaya 19 Juli 1976 ini yang menjadi bandar narkoba kelas internasional itu divonis mati oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat karena mengimpor 1.412.476 butir ekstasi dari China pada Mei 2012.

Dia pernah ditangkap tahun 2009, karena memiliki 500 gram sabu-sabu. Saat itu, divonis 3 tahun dan 4 bulan.

Feddy kembali berurusan dengan aparat pada 2011. Saat itu, dia kedapatan memiliki ratusan gram sabu dan bahan pembuat ekstasi, dan menjadi terpidana 18 tahun karena kasus narkoba di Sumatera dan menjalani masa tahanannya di Lapas Cipinang.

Modus yang dilakukannya dengan memasukan ke dalam akuarium di truk kontrainer.

Terus berulah dan berurusan dengan aparat, pria yang berubah menjadi alim itu dipindahkan ke LP Gunungsindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Di lapas itulah penampilan Freddy Budiman mulai berubah. Janggut pria ini terlihat tumbuh lebat, lebih rajin beribadah dan sering mengaji sebagaimana kesaksian Kalapas Gunungsindur, Gumilar Budimulya.

Freddy Budiman akhirnya dipindahkan ke LP Nusakambangan, Cilacap, Jateng hingga akhirnya dieksekusi mati.

Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (JAM Pidum), Noor Rochmad di Cilacap, menyatakan salah satu narapidana yang dieksekusi adalah Freddy Budiman.

Sebelumnya, pengacara terpidana mati Freddy Budiman, Untung Sunaryo mengatakan kliennya menyampaikan permintaan untuk dimakamkan di Surabaya.

"Freddy mengucapkan permintaan maaf diantaranya kepada Kepala Kejaksaan Agung Pak Prasetyo, Kapolri Pak Tito dan Kepala BNN Pak Budi Waseso," kata Untung di dermaga Wijaya Pura, Cilacap, Rabu.

Dia telah bertemu kliennya tersebut dan kondisinya dalam keadaan sehat dan tobat nasuha. "Saya menemani keluarga Freddy yang menjeguk mamanya, kakaknya dan anaknya Freddy. Dia sudah betul-betul siap dan menyerahkan bulat-bulat kepada Allah SWT," kata Untung.

Gembong narkoba, Freddy Budiman akhirnya dieksekusi mati regu penembak di LP Nusakambangan, ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T04:22:24+0700
http://rimanews.com/nasional/hukum/read/20160729/295204/Jejak-Freddy-Budiman-dari-Gembong-Narkoba-Hingga-Tampil-Alim
Komisi III Akan Dalami Pengakuan Freddy Budiman Suap Sejumlah Pejabat

Rimanews - Ketua Komisi III DPR RI, Bambang Soesatyo menyatakan, Panja Penegakan Hukum Komisi III DPR RI akan mendalami pengakuan terpidana mati kasus narkoba, Freddy Budiman.

Freddy Budiman mengaku kepada Haris Azhar, Koordinator Kontras bahwa penegak hukum di negara ini, khususnya BNN terkesan melakukan "permainan".

"Panja Penegakan Hukum Komisi III DPR RI akan mendalami pengakuan Freddy Budiman tersebut sebagaimana yang ditulis oleh Haris," kata Bambang saat dihubungi, Jakarta, Jumat (29/07/2016).

Ia menambahkan, selain mendalami pengakuan Freddy itu, Panja Penegakan Hukum Komisi III ‎juga akan mendalami keberadaan pengacara dan kepala LP Nusakambangan, Sitinjak sebagaimana yang ditulis Haris.

"Karena merekalah sumber informasi yang membenarkan pengakuan Freddy, termasuk kita akan tanyakan ke Mahkamah Agung soal pledoi Freddy," ujar politisi Partai Golkar itu.

Ia juga meminta kepada Kepala BNN, Budi Waseso untuk memperhatikan secara serius pengakuan Freddy Budiman.

"Ini skandal besar bila memang benar. Tapi kami tak bisa meminta konfirmasi kepada Freddy karena telah dieksekusi: apakah hanya karangan semata dari Haris atau tidak. Ini harus menjadi perhatian serius bagi kepala BNN," kata Bambang,

Haris menulis di akun Facebooknya tentang pengakuan Freddy kepadanya. Freddy antara lain bercerita, tentang kebobrokan penegak hukum dalam menjalankan tugas‎. Freddy mengaku menyuap sejumlah pejabat tinggi negara ini, khususnya BNN hingga puluhan miliar demi melancarkan bisnisnya mengedarkan narkoba di Indonesia.

Ketua Komisi III DPR RI, Bambang Soesatyo menyatakan, Panja Penegakan Hukum Komisi III DPR RI akan ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T08:48:23+0700
http://rimanews.com/nasional/hukum/read/20160729/295227/Komisi-III-Akan-Dalami-Pengakuan-Freddy-Budiman-Suap-Sejumlah-Pejabat
Terpidana Mati Asal Pakistan Batal Dieksekusi

Rimanews - Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Noor Rochmad membenarkan terpidana mati kasus narkoba asal Pakistan, Zulfiqar Ali, batal dieksekusi mati jilid III di LP Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, setelah melalui kajian komprehensif.

"Melalui kajian yang komprehensif (alasan tidak dieksekusinya Zulfiqar Ali, red.)," katanya melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Jumat (29/7/2017) dinihari.

Ia menyebutkan untuk sementara ini, empat terpidana mati dahulu yang dieksekusi, yakni Freddy Budiman (WNI), Seck Osmani (Senegal), Humprey Eijeke (Nigeria), dan Michael Titus (Nigeria).

Kendati demikian, ia tidak menyebutkan secara detail alasan kajian komprehensif tersebut.

Duta Besar Pakistan untuk Indonesia, Muhammad Aqil Nadeem, mengatakan pihaknya tetap meminta Pemerintah Indonesia untuk menunda eksekusi hukuman mati salah satu warga negaranya dan menyelidiki kembali kasus itu.

"Kami telah mengajukan surat permohonan kepada Presiden RI mengenai penundaan hukuman mati atas nama warga negara Pakistan, Zulfiqar Ali, dan sampai kini belum menerima balasannya," kata Dubes Nadeem kepada wartawan seusai seminar "Kashmir Black Day" di Jakarta, Rabu (27/7).

Kedutaan Pakistan telah menerima surat pemberitahuan dari Pemerintah Indonesia terkait dengan eksekusi hukuman mati Zulfiqar Ali yang dikabarkan akan dieksekusi Jumat dan telah menghubungi semua pejabat terkait di Indonesia untuk menekankan bahwa hukuman terhadap dia tidak adil.

Menurut dia, Pemerintah Indonesia terutama pihak terkait perlu mengkaji ulang karena saksi kunci kasus itu telah mencabut keterangan di dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

Zulfiqar Ali (52), dituduh memiliki 350 gram heroin dan telah ditangkap sejak 2005. Saksi kunci kasus itu, yaitu Gurdiph Sigh, telah mencabut laporannya dalam BAP dan menyebut bahwa heroin itu bukan milik Zulfiqar.

Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Noor Rochmad membenarkan terpidana mati kasus narkoba asal ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T04:52:11+0700
http://rimanews.com/nasional/hukum/read/20160729/295206/Terpidana-Mati-Asal-Pakistan-Batal-Dieksekusi
Telah Launching Rimanews Android Apps
http://play.google.com/store/apps/details?id=adt.satuempat.rimanews&hl=en
hl=en
800
800
rimanews.com
600
60
2015-11-12T13:53:22+0700
http://rimanews.com/redirect?id_adv=48
Hanya Empat Terpidana Mati yang Dieksekusi

Rimanews - Sebanyak empat orang dieksekusi di Lapangan Tembak Tunggal Panaluan, Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jumat sekitar pukul 01.46 WIB. Empat orang yang menjalani eksekusi tersebut, adalah Freddy Budiman (WNI), Seck Osmani (Senegal), Humprey Eijeke (Nigeria), dan Michael Titus (Nigeria).

Sebelumnya dikabarkan bahwa eksekusi hukuman mati terhadap sejumlah terpidana mati telah dilaksanakan di lokasi tersebut.

Berdasarkan informasi di Nusakambangan, eksekusi telah dilaksanakan pada pukul 00.45 WIB setelah sempat tertunda karena tenda roboh akibat hujan lebat disertai angin kencang.

"Tadi pukul 00.45 WIB," katanya tanpa menyebutkan jumlah terpidana mati yang dieksekusi.

Jaksa Agung H.M. Prasetyo menyebutkan ada 14 terpidana mati kasus narkoba yang akan menjalani eksekusi "Jilid III".

Informasi yang dihimpun menyebutkan bahwa 14 terpidana mati kasus narkoba yang masuk dalam daftar eksekusi "Jilid III" terdiri dari Freddy Budiman (warga negara Indonesia), Merri Utami (Indonesia), Zulfiqar Ali (Pakistan), Gurdip Singh (India), Onkonkwo Nonso Kingsley (Nigeria), Obina Nwajagu (Nigeria), Michael Titus Igweh (Nigeria), Ozias Sibanda (Zimbabwe), Federik Luttar (Zimbabwe), Humprey Ejike (Nih, Eugene Ape (Nigeria), Gajetan Acena Seck Osmane (Nigeria), Pujo Lestari (Indonesia), dan Agus Hadi (Indonesia).

Sebanyak empat orang dieksekusi di Lapangan Tembak Tunggal Panaluan, Pulau Nusakambangan, Cilacap, ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T02:46:48+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160729/295202/Hanya-Empat-Terpidana-Mati-yang-Dieksekusi
Habibie Imbau Presiden Jokowi Tinjau Hukuman Mati

Rimanews - Mantan Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie mengimbau Presiden Jokowi untuk meninjau kembali pelaksanaan hukuman mati. Imbauan tersebut disampaikannya melalui surat yang beredar jelang pelaksanaan eksekusi mati tahap III dan ditujukan kepada Jokowi.

“Saya menghimbau kepada Bapak Presiden untuk meninjau keputusan eksekusi tersebut,” tulis Habibie melalui suratnya yang diterima Rimanews di Jakarta, Kamis (28/7/2016).

Dalam surat yang ditujukan kepada Jokowi tersebut, Habibi mengatakan bahwa dari laporan advokat dan lembaga swadaya masyarakat menyatakan salah seorang terpidana yakni Zulfikar Ali tidak bersalah. Karena itu dia menghimbau Presiden untuk meninjau kembali keputusan eksekusi mati tersebut.

"Pada kesempatan ini saya pula ingin menyarankan kepada Bapak Presiden untuk mempertimbangkan kembali penetapan kebijakan moratorium kebijakan hukuman mati," tulis Habibi.

Hal tersebut, kata Habibie, dikarenakan lebih dari 140 negara sudah menetapkan atau menghapus kebijakan hukuman mati.

Seperti diketahui, sebanyak 14 terpidana yang akan menjalani eksekusi tersebut adalah narapidana kasus narkoba, diantaranya adalah Freddy Budiman, Merry Utami dan Zulfiqar Ali.

Rimanews - Mantan Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie mengimbau Presiden Jokowi untuk meninjau ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T02:24:43+0700
http://rimanews.com/nasional/hukum/read/20160729/295201/Habibie-Imbau-Presiden-Jokowi-Tinjau-Hukuman-Mati
Ahok Ikut Partai, Habiburokhman: Akhirnya Saya yang Menang

Rimanews – Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Habiburokhman mengaku menang dalam polemik soal pengumpulan KTP oleh relawan Teman Ahok sebagai syarat Basuki Tjahaja Purnama dalam Pilkada DKI Jakarta pada Juni 2017.

“Akhirnya saya yang menang dalam mind game soal KTP itu. Sejak awal saya memang yakin KTP tersebut hanya isapan jempol dan sepertinya Ahok pun berhasil saya yakinkan lewat rangkaian tweet tersebut dengan memilih Parpol,” ungkap Habiburokhman via akun Twitter yang dipantau Jumat (29/07/2016).

Ketua Bidang Advokasi DPP Gerindra itu menyebut jika perubahan sikap Ahok tersebut hanya akan menambah buruk citra politisi.

“Inkonsistensi Ahok ini dapat menambah buruk citra politisi. Seharusnya dalam berpolitik tidak mencla-mencle, bulan Maret sudah putuskan independen dengan Heru, bulan Juni umumkan sudah terkumpul satu juta KTP, bulan Juli malah umumkan maju lewat jalur Parpol,” tegasnya.

Ahok sebelumnya memilih maju melalui jalur partai politik pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017. Hal itu disampaikan Basuki atau Ahok pada acara halalbihalal bersama relawan "Teman Ahok" di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Rabu (27/7/2016) petang.

"Saya sudah bilang, kami harus menghargai parpol yang sudah mendukung. Ya sudah, kami pakai parpol sajalah, terima kasih," kata Ahok sambil tersenyum. (Baca: Ahok Pilih Jalur Parpol pada Pilkada DKI Jakarta 2017).

Menanggapi hal ini, Gerindra melalui Wakil Ketua Umum Fadli Zon mengaku tak mau ambil pusing dengan keputusan Ahok tersebut. Dia pun menyebut jika Gerindra sedang menyiapkan lawan untuk Ahok.

"(Masih) menunggu proses di Partai Gerindra, masih dalam proses. Masih cukup banyak waktu (tentukan calon)," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/7/2016).

– Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Habiburokhman mengaku menang dalam ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T08:10:52+0700
http://rimanews.com/nasional/politik/read/20160729/295224/Ahok-Ikut-Partai-Habiburokhman-Akhirnya-Saya-yang-Menang
Upeti Freddy Budiman ke Pejabat BNN Capai Rp 450 Miliar

Rimanews – Jumlah uang setoran terpidana mati Freddy Budiman kepada oknum pejabat di Badan Narkotika Nasional mencapai Rp 450 miliar. Hal ini diketahui dari kesaksian Haris Azhar, Koordinator KontraS, saat melakukan wawancara dengan Freddy Budiman di Lapas Nusakambangan pada 2014, setahun setelah dia ditangkap.

“Saya sudah memberi uang 450 miliar ke BNN,” tulis Harris menirukan pengakuan Freddy.

Tak hanya setor ke pejabat BNN, Freddy juga mengaku telah menyetor Rp90 miliar ke oknum di Mabes Polri. Yang juga mengejutkan adalah Fredy pernah menggunakan kendaraan dinas TNI untuk membawa narkoba.

“Bahkan saya menggunakan fasilitas mobil TNI bintang 2, di mana si jenderal duduk di samping saya ketika saya menyetir mobil tersebut dari Medan sampai Jakarta dengan kondisi di bagian belakang penuh barang narkoba. Perjalanan saya aman tanpa gangguan apa pun,” terang Freddy.

Pengakuan Freddy alias Akiong yang baru diungkap Haris ini mendapat tanggapan serius dari Ketua Komisi III DPR RI, Bambang Soesatyo. Bambang menyatakan Panja Penegakan Hukum Komisi III DPR RI akan mendalami pengakuan tersebut.

"Panja Penegakan Hukum Komisi III DPR RI akan mendalami pengakuan Freddy Budiman tersebut sebagaimana yang ditulis oleh Haris," kata Bambang saat dihubungi, Jakarta, Jumat (29/07/2016).

– Jumlah uang setoran terpidana mati Freddy Budiman kepada oknum pejabat di Badan Narkotika ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T10:22:03+0700
http://rimanews.com/nasional/hukum/read/20160729/295255/Upeti-Freddy-Budiman-ke-Pejabat-BNN-Capai-Rp-450-Miliar
Ahok Cerdik Melihat Realita Politik

Rimanews - Yenny Wahid, Putri kedua mantan Presiden Abdurrahman Wahid, menilai keputusan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama untuk maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017 melalui jalur partai, menunjukkan bahwa pria yang karib disapa Ahok itu cerdik melihat realita politik.

"Saya rasa dia melihat realita politik, karena memang belum pernah teruji ada jaring-jaring independen yang berhasil di DKI," kata dia di sela-sela acara peringatan sewindu wafatnya ekonom Sjahrir di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (28/7/2016).

Menurut Yenny, tidak menjadi masalah apakah Ahok maju secara independen dengan dukungan kelompok relawan Teman Ahok atau melalui jalur parpol, selama ia bisa membuktikan independensi politiknya.

Saat akhirnya memutuskan maju dalam Pilkada DKI 2017 melalui parpol, Ahok harus membuktikan kepada relawan pendukungnya bahwa dirinya tidak akan disetir oleh siapapun atau menjadi petugas partai, melainkan tetap membuat kebijakan bagi kepentingan masyarakat Ibu Kota.

"Kalau melihat rekam jejaknya kan tidak ada yang bisa nyetir dia (Ahok). Malaikat saja sudah angkat tangan (saya rasa)," tutur Yenny.

Direktur the Wahid Institute itu juga menggarisbawahi pentingnya Ahok menjaga harapan barisan relawan Teman Ahok yang telah berhasil menyatukan dukungan lewat pengumpulan lebih dari satu juta KTP sebagai persyaratan maju Pilkada DKI melalui jalur independen.

Saat mengumumkan keputusannya maju dalam Pilkada DKI 2017 melalui jalur parpol, Gubernur Basuki mengaku pilihan tersebut sengaja diambil setelah melihat banyaknya dukungan yang diberikan oleh sejumlah parpol terkait pencalonannya sebagai Gubernur DKI Jakarta untuk periode selanjutnya.

Tiga parpol yang telah menyatakan akan mengusung mantan Bupati Belitung Timur itu yakni partai Golkar, Hanura, dan Nasdem.

"Seperti yang sudah saya bilang, saya harus menghargai parpol yang sudah memberikan dukungan. Jadi, ya sudah, saya pakai parpol sajalah. Terima kasih," kata Basuki di Jakarta, Rabu (27/7) malam.

Dia menuturkan relawan Teman Ahok dan parpol saling menghargai satu sama lain. Hal itu dibuktikan melalui surat dukungan yang dibuat oleh parpol yang menyatakan akan mendukung Ahok sepenuhnya dalam Pilkada DKI Jakarta 2017, baik melalui jalur parpol ataupun jalur independen.

"Waktu itu kan Teman Ahok butuh bukti surat dukungan dari parpol. Disitu saya melihat dukungan dari parpol cepat sekali. Saya melihat parpol benar-benar menghargai Teman Ahok, dan Teman Ahok juga menghargai parpol," tutur Ahok.

Lebih lanjut, dia pun mengungkapkan keputusannya itu tidak akan menyakiti para relawan Teman Ahok karena telah dibicarakan terlebih dahulu sebelum keputusan itu diambil.

Yenny Wahid, Putri kedua mantan Presiden Abdurrahman Wahid, menilai keputusan Gubernur DKI Basuki ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T00:51:00+0700
http://rimanews.com/nasional/politik/read/20160729/295196/Ahok-Cerdik-Melihat-Realita-Politik
Berita Terkait
Girls' Generation Rilis Lagu Baru Saat Ulang Tahun Ke-9

Rimanews – Girls’ Generation (SNSD) bakal merilis lagu baru saat merayakan ulang tahunnya yang ke-9. Girl group yang beranggotakan 8 orang itu merayakan ulang tahunnya setiap tanggal 5 Agustus.

Lagu anyar yang bertajul That Summer (0805) itu didedikasikan bagi para Sone, sebutan bagi penggemar Girls’ Generation. Bagi para personelnya, keberadaan Sone sangat penting karena merekalah yang terus ada dan mendukung Girls’ Generation selama bertahun-tahun.

Istimewanya, lirik That Summer (0805) ditulis sendiri oleh salah satu personel Girls’ Generation. Siapa, ya? Ini bocorannya, penulisnya adalah personel Girls’ Generation yang paling jangkung.

Ya, Sooyoung yang menulis langsung lagu anyar Girls’ Generation untuk ulang tahun ke-9 mereka. Selain sibuk beraktivitas di dunia musik, kekasih Jung Kyung Ho ini tengah berlakon dalam serial televisi Squad 38 bareng Seo In Guk yang mulai tayang 18 Juni silam.

– Girls’ Generation (SNSD) bakal merilis lagu baru saat merayakan ulang tahunnya yang ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-26T10:14:06+0700
http://rimanews.com/gayahidup/musik/read/20160726/294487/Girls-Generation-Rilis-Lagu-Baru-Saat-Ulang-Tahun-Ke-9
Kante Akan Kenakan Kostum Nomor 7 di Chelsea

Rimanews - N'Golo Kante bakal mengenakan kostum bernomor punggung 7 manakala membela Chelsea sejak musim kompetisi 2016/17, setelah hengkang dari Leicester.

Chelsea memberi mahar sebanyak 32 juta pound untuk memboyong Kante dari Leiecester, sebagaimana dikutip dari laman ESPN.

Kante kini sedang menjalani masa liburan setelah membela Prancis di laga Piala Eropa 2016. Ia akan segera bergabung dengan skuad The Blues dalam tur ke Amerika Serikat.

Kante mengikuti jejak gelandang asal Brasil Ramirez yang juga mengenakan kostum bernomor punggung 7, setelah mantan pemain Benfica itu bergabung dengan Jiangsu Suning pada Januari.

Perubahan lain terjadi pada Pedro. Pemain sayap asal Spanyol ini kini mengenakan kostum bernomor 11 setelah memakai nomor 17.

Striker asal Belgia Michy Batshuayi akan mengenakan kostum bernomor 23. OIla Aina yang baru saja direkrut akan memakai nomor 34.

Pada Rabu malam, pasukan asuhan pelatih Antonio Conte ini akan meladeni laga persahabatan melawan Liverpool. 
 

N'Golo Kante bakal mengenakan kostum bernomor punggung 7 manakala membela Chelsea sejak musim ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-26T17:25:59+0700
http://rimanews.com/olahraga/sepakbola/read/20160726/294623/Kante-Akan-Kenakan-Kostum-Nomor-7-di-Chelsea
Tangkap Pokemon Langka Kantongi Rp65 Juta, Minat?

Rimanews – Demam game Pokemon Go kini bisa membuat Anda jadi jutawan. Sebab jerih payah pemain yang berhasil menangkap Pokemon langka, akan diganjar dengan uang tunai USD5.000 atau setara dengan Rp65 Juta.

Adalah acara televisi Ripley’s Believe It or Not yang siap mengganjar pemain yang berhasil menangkap Pokemon Langka. Prestasi itu tentu saja sulit dilakukan, ditambah lagi semakin banyaknya pemain Pokemon Go di luar sana.

Daftar Pokemon Langka

Untuk bisa memenangkan uang tersebut, para pemain diminta berkeliling di lokasi yang ditentukan Ripley’s.

Jika beberapa pemain berhasil menangkap Pokemon langka, maka orang pertamalah yang akan membawa pulang hadiah tersebut.(Nextshark)

– Demam game Pokemon Go kini bisa membuat Anda jadi jutawan. Sebab jerih payah pemain yang ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-21T11:04:31+0700
http://rimanews.com/gayahidup/feminin/read/20160721/293521/Tangkap-Pokemon-Langka-Kantongi-Rp65-Juta-Minat-
Kante Resmi Gabung The Blues

Rimanews - Chelsea akhirnya resmi memenangi perburuan gelandang berkualitas yang jadi bintang Leicester City musim lalu, N'Golo Kante.

Usai sukses melalui tes medis, Kante pun kini resmi menjadi milik The Blues dengan kontrak selama lima musim.

"Penambahan pemain baru kedua dalam skuat Antonio Conte untuk musim mendatang telah selesai. N'Golo Kante kini resmi jadi pemain Chelsea," rilis laman resmi Chelsea.

"Kante didatangkan dari klub Liga Primer Inggris, Leicester City, di mana musim lalu dirinya tampil luar biasa hingga mengantarkan The Foxes jadi kampiun," tutupnya.

Sayangnya tak dijelaskan berapa biaya transfer pemain berusia 25 tahun itu. Namun dipercaya nilainya mencapai £20 juta.

Kante pun diyakini akan mendapat bayaran sebesar £100 ribu per pekannya.

"Kante didatangkan dari klub Liga Primer Inggris, Leicester City, di mana musim lalu dirinya tampil luar biasa hingga mengantarkan The Foxes jadi kampiun," tutupnya.

Sayangnya tak dijelaskan berapa biaya transfer pemain berusia 25 tahun itu. Namun dipercaya nilainya mencapai £20 juta.

Kante pun diyakini akan mendapat bayaran sebesar £100 ribu per pekannya.

Chelsea akhirnya resmi memenangi perburuan gelandang berkualitas yang jadi bintang Leicester City ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-16T22:08:25+0700
http://rimanews.com/olahraga/sepakbola/read/20160717/292676/Kante-Resmi-Gabung-The-Blues
17 Juli 2016 | 02:05
Kante Resmi Gabung The Blues
Foto Video
Golkar Deklarasikan Dukungan untuk Jokowi Pada Pemilu 2019

Rimanews - Presiden Joko Widodo (kiri) menerima plakat Deklarasi Partai Golkar dari Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto (kedua kiri) disaksikan jajaran pengurus pusat lainnya pada Penutupan Rapimnas I Partai Golkar Tahun 2016 di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (28/7/2016).

Partai Golkar mendeklarasikan dukungan dan pencalonan Joko Widodo sebagai calon presiden pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019.

Presiden Joko Widodo (kiri) menerima plakat Deklarasi Partai Golkar dari Ketua Umum Partai Golkar ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T09:53:50+0700
http://rimanews.com/komunitas/fotovideo/read/20160729/10056/Golkar-Deklarasikan-Dukungan-untuk-Jokowi-Pada-Pemilu-2019
Jenazah Freddy Budiman Tinggalkan Nusakambangan

Rimanews - Mobil ambulans yang membawa jenazah terpidana mati, meninggalkan dermaga penyeberangan Wijayapura, Cilacap, Jateng, Jumat (29/7/2016).

Kejaksaan Agung telah melakukan eksekusi mati terhadap 4 terpidana mati kasus narkoba pada Jumat (29/7/2016) pukul 00.45 WIB.

Mobil ambulans yang membawa jenazah terpidana mati, meninggalkan dermaga penyeberangan Wijayapura, ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T10:25:31+0700
http://rimanews.com/komunitas/fotovideo/read/20160729/10057/Jenazah-Freddy-Budiman-Tinggalkan-Nusakambangan
Kapal Tenaga Surya ITS Akan Berlaga di Jepang

Rimanews - Tim Batharasurya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mempersiapkan kapal tenaga surya di Gedung Teknik Perkapalan ITS Surabaya, Jawa Timur, Kamis (28/7/2016).

Tim Batharasurya solar boat akan berlaga pada "Yanagawa Boat Festival 2016" di Yanagawa, Fukuoka, Jepang, 6-7 Agustus 2016 dan akan menampilkan dua kapal Triton dan Batharakala dalam kategori "Speed" dan "Slalom".

Tim Batharasurya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mempersiapkan kapal tenaga ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T09:35:13+0700
http://rimanews.com/komunitas/fotovideo/read/20160729/10054/Kapal-Tenaga-Surya-ITS-Akan-Berlaga-di-Jepang
Aksi Tolak Hukuman Mati di Depan Istana

Rimanews - Aktivis yang tergabung dalam Lembaga Bantuan Hukum Masyarakat menyalakan lilin pada aksi Menolak Hukuman Mati jilid 3 di depan Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (28/7/2016).

Dalam aksinya mereka menolak eksekusi mati terhadap 14 terpidana mati kasus narkoba dan meminta pemerintah untuk menghapus hukuman mati.

Aktivis yang tergabung dalam Lembaga Bantuan Hukum Masyarakat menyalakan lilin pada aksi Menolak ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T09:39:57+0700
http://rimanews.com/komunitas/fotovideo/read/20160729/10055/Aksi-Tolak-Hukuman-Mati-di-Depan-Istana
Mengenal Bumi Lewat Museum Geologi Bandung

Rimanews - Pengunjung mengamati kerangka fosil hewan yang berada di Museum Geologi Bandung, Jawa Barat, Kamis (28/7/2016).

Museum yang menyimpan berbagai benda kepurbakalaan dan materi geologi seperti fosil, batuan dan mineral tersebut menjadi objek wisata edukasi tentang dinamika bumi, fenomena geologi dan jejak -jejak kehidupan.

Pengunjung mengamati kerangka fosil hewan yang berada di Museum Geologi Bandung, Jawa Barat, Kamis ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-29T09:27:55+0700
http://rimanews.com/komunitas/fotovideo/read/20160729/10053/Mengenal-Bumi-Lewat-Museum-Geologi-Bandung
Semarak Festival Pariwisata Kemitraan di Museum Airlangga

Rimanews - Wisatawan mancanegara peserta Festival Pariwisata Kemitraan mengamati arca di museum Airlangga, Kota Kediri, Jawa Timur, Kamis (28/7/2016).

Festival yang diikuti oleh wisatawan dari sepuluh negara tersebut didukung oleh sejumlah biro wisata, perhotelan, dan pemerintah daerah setempat guna mempromosikan destinasi wisata budaya ke dunia internasional.

Wisatawan mancanegara peserta Festival Pariwisata Kemitraan mengamati arca di museum Airlangga, ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-28T17:33:22+0700
http://rimanews.com/komunitas/fotovideo/read/20160728/10048/Semarak-Festival-Pariwisata-Kemitraan-di-Museum-Airlangga
Aksi Kamisan Hari Ini Kritisi Pelantikan Wiranto Sebagai Menkopolhukam

Rimanews - Aktivis Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan menggelar aksi Kamisan di depan Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (28/7/2016).

Dalam aksi ke-452 itu mereka mengkritisi pelantikan Wiranto sebagai Menko Polhukam karena yang bersangkutan dianggap bertanggung jawab atas sejumlah kasus pelanggaran HAM di Indonesia.

Aktivis Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan menggelar aksi Kamisan di depan Istana Merdeka, ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-28T19:00:49+0700
http://rimanews.com/komunitas/fotovideo/read/20160728/10052/Aksi-Kamisan-Hari-Ini-Kritisi-Pelantikan-Wiranto-Sebagai-Menkopolhukam
Jelang Eksekusi Mati, Pengamanan Nusakambangan Ditingkatkan

Rimanews - Personel TNI AL melakukan patroli di sekitar perairan Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jateng, Kamis (28/7/2016).

Menjelang pelaksanaan eksekusi mati tahap ke III, petugas gabungan dari TNI AL dan Polri melakukan pengamanan di sekitar wilayah perairan nusakambangan.

Personel TNI AL melakukan patroli di sekitar perairan Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jateng, Kamis ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-28T17:48:08+0700
http://rimanews.com/komunitas/fotovideo/read/20160728/10050/Jelang-Eksekusi-Mati-Pengamanan-Nusakambangan-Ditingkatkan
Dengarkan Kesaksian Pegawai Oliver, Sidang "Kopi Maut" Kembali Digelar

Rimanews - Terdakwa kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin, Jessica Kumala Wongso menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jakarta, Kamis (28/7/2016).

Sidang tersebut beragendakan mendengar kesaksian pegawai Kafe Olivier antara lain Manajer Reservasi atau Resepsionis Resmiyati.

Terdakwa kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin, Jessica Kumala Wongso menjalani sidang lanjutan di ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-28T18:56:47+0700
http://rimanews.com/komunitas/fotovideo/read/20160728/10051/Dengarkan-Kesaksian-Pegawai-Oliver-Sidang-Kopi-Maut-Kembali-Digelar