Buku

Destinasi Eksotis Wisata Salju Non-Eropa

1.7K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
21:25
09 FEB 2014
Penulis

Menikmati pemandangan salju merupakan impian bagi banyak orang, terutama yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia. Sayangnya, perjalanan menuju negara-negara Eropa yang terkenal dengan keindahan saljunya yang menawan, membutuhkan biaya tidak sedikit. Namun jangan khawatir, impian tersebut tetap bisa terwujud tanpa merogoh kocek yang dalam. Yoli Hemdi telah membuktikannya. Catatan perjalanannya itu dibagikan melalui buku bertajuk “Rp.3 Juta-an Wisata Slaju: Kashmir, Himalaya, & India”.

Yang pertama harus diubah adalah mind set bahwa wisata salju itu identik dengan Eropa. Destinasi dialihkan ke Kashmir, Himalaya, dan India, yang memiliki keindahan salju lebih alami dan menakjubkan. Di Eropa, konon sudah banyak rekayasa tangan manusia. Selain kecantikan saljunya, di Kashmir, Himalaya, dan India juga terdapat jejak peninggalan budaya yang agung, seperti: istana-istana raja jaman dulu, benteng-benteng, masjid-masjid yang mengagumkan, juga situs-situs bersejarah.

Selama 17 hari, Yoli Hemdi pelesiran berwisata salju hanya dengan Rp.3 juta, bahkan bila Anda lebih cerdik lagi mengakali pengeluaran, bukan mustahil bisa kurang dari 3 juta rupiah. Tempat-tempat menakjubkan yang berhasil dikunjunginya: Danau Dal (danau terindah di dunia, lengkap dengan wisata shikara dan houseboat yang unik), Himalaya (pegunungan tertinggi di dunia), Rohtang Pass (puncak tertinggi Himalaya bagian India dengan pesona salju abadinya), Shimla (salah satu kota tertinggi di dunia), Jembatan Howrah-Kolkata (jembatan paling sibuk di dunia), selain juga naik gondola tertinggi di dunia di Gunung Gulmarg, serta menelusuri istana-istana, taman-taman, masjid, gereja, serta tempat memukau lainnya.

Yoli Hemdi juga memberikan informasi yang detil mengenai nama hotel-hotel lengkap dengan tarifnya, juga info kuliner yang dipertajam dengan info cita rasa makanan dan harganya, info tempat belanja disertai tips belanja cerdas, info lokasi fasilitas internet, info transportasi disertai tips cara memilih bus juga kondisi moda transportasi (bus, kereta api, mobil sewaan). Selain itu, info cuaca, etika budaya masyarakat setempat, pemberian tip, hingga rumus tawar menawar dipaparkan dengan komplet.

Buku setebal 218 halaman ini bisa dibilang panduan yang sangat lengkap karena mengupas seluk beluk perjalanan wisata ke Kashmir, Himalaya, dan India. Diperkuat dengan beberapa foto yang menampikan visualisasi keindahan panorama dan tempat, serta keunikan yang ditemui Yoli di perjalanan.

Tidak ketinggalan disampaikan juga informasi tentang VOA (Visa on Arrival) serta cara mengurusnya, tips dan trik perampingan biaya, cara memesan tiket, juga rincian pengeluaran harian yang detil sampai pembelian mi instan dan susu sachet. Dicantumkan juga beberapa pilihan paket tur lengkap dengan alamat dan biayanya. Pada bagian akhir bab, selalu ditampilkan ringkasan perjalanan pada hari tersebut

Gaya penyampaian buku panduan ini tidak menggunakan bahasa yang kaku. Dengan bahasa yang segar dan ringan, diceritakan juga beberapa pengalaman menarik dalam berinteraksi dengan sesama turis maupun masyarakat setempat. Hal ini bisa menjadi bekal informasi bagi para peminat wisata salju yang ingin melancong ke Kashmir, India, dan Himalaya.

_____________________________

Judul buku      : Rp3 Jutaan Wisata Salju: Kashmir, Himalaya, & India

Penulis             : Yoli Hemdi

Penerbit           : B-first (Lini Bentang Pustaka)

Cetakan           : Pertama, September 2013

Tebal               : x + 218 halaman

ISBN               : 978-602-8864-93-0

Peresensi         : Linda Satibi, Guru, Alumnus Fasa Unpad Bandung

KATA KUNCI : , , , , , , , , , , ,
Terbaru
Buku