Nasional

Jelang Pemilu, Konstelasi Politik di Aceh Panas Membara

2.2K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
23:53
03 MAR 2014
Penulis

RIMANEWS - Jelang pemilu 2014, kondisi politik di Provinsi Aceh sedikit terganggu setelah satu calon anggota legislatif tewas dibedil di Aceh Selatan, pada Minggu malam, 2 Maret 2014. Caleg Dewan Perwakilan Rakyat Aceh Selatan dari Partai Nasional Aceh bernama Faisal ini diberondong 46 tembakan saat melintasi sebuah kawasan sepi di pegunungan.

Menurut keluarga korban, hari Minggu itu, korban kedatangan tamu yang tak dikenal keluarga. Dan, sesaat sebelum kejadian, ada telepon gelap yang meminta almarhum untuk segera kembali ke Sawang, basis Faisal.

Faisal yang mengendarai Honda Freed pun kembali ke Sawang, melintasi pegunungan yang sepi. Dan di suatu lokasi, mobil yang dikendarainya diberondong dengan senjata yang menurut Ketua Umum PNA, Tengku Muksalmina, M16 kaliber 5,56 milimeter.

Kepala Kepolisian Resor Aceh Selatan Ajun Komisaris Besar Sigit Jatmiko, Senin 3 Maret 2014, menyatakan Faisal terkena tembakan di perut, punggung, dan dada. Ia meninggal dan dibawa ke Rumah Sakit Umum Yulidin Away, Aceh Selatan.

PNA menyatakan, pembunuhan Faisal dilakukan dengan sangat terencana dan sistematis. PNA sendiri menyatakan, Faisal merupakan pemuda berusia 35 tahun yang pendiam dan sangat sopan. Dia juga bukan bekas kombatan Gerakan Aceh Merdeka sehingga dipastikan tidak memiliki musuh.

"Almarhum dikenal sangat dekat dengan masyarakat dan mempunyai basis dan dukungan yang kuat di Kecamatan Sawang," kata Tengku Muksalmina.

"Tindakan pembunuhan almarhum merupakan bukti kepanikan yang melanda kelompok yang memusuhi PNA. Penghilangan nyawa almarhum tentu dimaksudkan untuk meneror caleg dan kader PNA, karena kelompok yang memusuhi PNA merasa tidak nyaman serta terancam dengan dukungan masyarakat kepada PNA yang semakin kuat dan masif di Kawasan Pantai Barat Selatan," katanya.

Serentetan kekerasan

Laporan terakhir Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS) Aceh, menyebutkan, terdapat 31 kasus kekerasan sejak Juni 2013 hingga Februari 2014. Pada 2013, terdapat 19 kasus, di antaranya satu kasus teror, 12 kasus perusakan atribut, tiga pembakaran mobil, dua penembakan, dan satu penggranatan.

Sementara itu, ada 12 kasus pada 2014, di antaranya enam kasus penganiayaan, empat kasus pembakaran mobil, dan dua kasus penembakan.  Sudah tiga nyawa melayang jelang pemilu di Aceh.

“Fungsi intelijen kepolisian tidak bekerja secara optimal dalam mencegah kekerasan menjelang pemilu,” kata Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan Aceh, Destika Gilang Lestari, Senin 3 Maret 2014.

Peristiwa lainnya, pada 26 April 2013, mobil Harlina (38), kader Partai Nasional Aceh (PNA), dibakar saat parkir di halaman rumahnya di Aceh Utara. Sehari sebelumnya, Zuhra (31) kader dari Kabupaten Aceh Besar, juga dari partai yang sama, mendapat ancaman akan dibunuh jika mencalonkan diri pada pemilu 2014.

Pelaku adalah orang yang dikenal baik dan Zuhra langsung melaporkannya kepada polisi. Belakangan, seorang kader perempuan partai itu, juga mengaku pernah menerima intimidasi, bahwa rumahnya dilempari batu oleh orang tidak dikenal.

Kemudian, pada 14 Juli 2013, seorang kader Partai Aceh (PA) Fadil Muhammad (33) yang juga wakil ketua Komisi A DPRK Aceh Timur dari Fraksi Partai Aceh, mengaku mobilnya ditembak orang tak dikenal. Saat kejadian, mobil korban diparkir di depan Kantor PA di Desa Peulalu, Kecamatan Simpang Ulim, Aceh Timur, pada Minggu 14 Juli 2013, pukul 03.00 dini hari.

Tidak hanya itu, kader partai PA lain mendapat teror di Desa Biara Timu, Kecamatan Tanoh Jabo, Kecamatan Aceh Utara. Rumah Akmal Daud (31) dilempari bom molotov pada 13 September 2014. Akibatnya, meteran listrik dan pintu rumah Akmal ikut terbakar.

Kemudian, awal Januari, M.Yuaini (48), ketua Partai Nasional Aceh (PNA) Kuta Makmur, dipukul hingga tewas oleh dua pelaku di Aceh Utara.

Selanjutnya, sebelum penembakan Faisal, pada 16 Februari 2014, terjadi penembakan posko Partai Nasdem di Kecamatan Matangkuli, Kabupaten Aceh Utara. Dua orang pria bersenjata menyerang posko tersebut pada pukul 04.00 WIB menggunakan senjata M16.

Tiga hari lalu, 1 Maret 2014, Taufik alias Banggala (32 tahun), seorang personel Satuan Tugas Partai Aceh di Bireuen, dikeroyok sejumlah orang menggunakan senjata tajam di Desa Geundot, Jangka, Bireuen. Akibatnya, korban mengalami luka dan memar di badan.

Serentetan kekerasan itu memunculkan keprihatinan banyak pihak. Deklarasi Pemilu Damai yang digelar Polda Aceh dan dihadiri sejumlah ketua partai politik di Aceh pada 11 Februari 2014 dipandang tak efektif mencegah darah tumpah di Aceh.

PNA minta Presiden turun tangan

Atas serangkaian peristiwa kekerasan ini, PNA meminta pemerintah segera mengusut. "Ini adalah teror yang merongrong negara dan kenyamanan masyarakat. Kami meminta agar Presiden Republik Indonesia, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) dan Kapolri untuk turun-tangan menangani kekerasan demi kekerasan yang terjadi kalau ingin perdamaian di Aceh tetap terjaga," kata Ketua Umum PNA, Tengku Muksalmina.

Sementara itu, kepada seluruh pengurus dan kader, PNA mengingatkan untuk tetap mengedepankan hukum dalam segala tindakan. Namun, jangan lengah dalam membela diri dan masyarakat. Kader dan pengurus PNA harus membantu tugas-tugas polisi dalam menangkap pelaku kekerasan di Aceh.

Kepala Kepolisian Daerah Aceh, Brigadir Jenderal Polisi Husein Hamidi, menyatakan, Polda Aceh telah mengirimkan tim khusus ke Aceh Selatan untuk mengusut kematian Faisal. Sejak semalam, tim telah bekerja untuk memburu para pelaku.

“Semalam, seluruh polres menggelar razia untuk memburu pelaku,” katanya di sela menghadiri rapat koordinasi pimpinan daerah menjelang pemilu di gedung serbaguna kantor gubernur Aceh, Senin siang.

Husein mengaku Polda Aceh telah jauh-jauh hari memperkirakan bahwa jelang pelaksanaan pemilu di Aceh akan terjadi aksi kekerasan dan pembunuhan semacam ini. “Kami sudah mempersiapkan dan sudah memperkirakan kerawanan-kerawanan yang terjadi dari setiap tahapan pemilu, tapi ini tetap saja terjadi,” ujarnya.

Kapolda membantah ada tebang pilih dalam penanganan kasus di Aceh. Menurut dia, semua kasus kekerasan dan pembunuhan akan diusut tuntas. 

“Kemarin kami sudah menangani salah satu kasus yang terjadi di Bireuen. Semua tindak pidana, siapa pun pelakunya, kami akan tindak tegas semuanya,” katanya.

Tim dari Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia juga turun untuk menangani kasus tersebut. "Polisi masih melakukan pengembangan. Mabes Polri telah mengirim tim untuk membantu penyelidikan," kata Kapolri Jenderal Sutarman di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Menurut Sutarman, polisi akan lebih disiagakan mengantisipasi situasi lebih buruk. Sebab, saat ini penembakan mulai marak lagi di wilayah Provinsi Aceh. "Ada lima kejadian, terakhir pada Minggu kemarin. Yang meninggal ditembak satu orang, yang lain tidak," ujarnya.

Mantan ajudan Presiden Abdurrahman Wahid ini mengatakan, untuk sementara polisi melihat motif politik di balik semua aksi kekerasan di Aceh beberapa pekan terakhir ini. Kondisi ini membuatnya menyiapkan pasukan tambahan untuk mengamankan pemilu di Provinsi Serambi Makkah ini.

"Kami tambah pasukan sebanyak 10 Satuan Setingkat Kompi (SSK) ke Aceh. Kekuatan ini langsung kami kirim dari Mabes untuk membantu Polda Aceh," ungkapnya.

Sutarman berharap dengan penambahan jumlah pasukan di Aceh, potensi teror semakin mengecil. Menurunnya potensi teror sebagai indikasi pemilu akan berjalan baik di Aceh tahun ini.[ian/viva]

Terbaru
Istri Santoso Dirawat di RS Bhayangkara Palu

Rimanews - Istri siri Santoso bernama Jumiatun alias Umi Delima yang ditangkap aparat Satgas Tinombala di sekitar Desa Tambarana, Kabupaten Poso, Sabtu pagi, telah dievakuasi ke RSU Bhayangkara Palu untuk kepentingan perawatan.

Pemantauan lapangan,Sabtu (23/07/2016), satu unit mobil avanza yang membawa Jumiatun dengan dikawal sejumlah polisi wanita serta beberapa mobil berisi pasukan bersenjata tiba di RSU Bhayangkara Palu sekitar pukul 19.00 WITA.

Jumiatun yang tampak kondisi fisiknya lemah langsung dibawa ke ruangan unit gawat darurat untuk pemeriksaan kesehatan oleh dokter dan perawat jaga.

Setelah beberapa menit, Jumiatun yang menggunakan cadar hitam itu kemudian dibawa ke ruang perawatan menggunakan kursi roda.

Tidak ada keterangan resmi kepolisian mengenai penanganan kesehatan DPO kasus terorisme jaringan Santoso tersebut, namun diperkirakan Jumiatun akan menjalani perawatan untuk pemulihan kesehatan fisik dan psikis sebelum menjalani penyidikan.

Kondisi fisik Jumiatun tampak sangat lemah karena dikhabarkan sudah beberapa hari tidak makan.

Jumiatun (22 tahun) ditangkap pasukan Satgas Operasi Tinombala yang sedang menyisir hutan sekitar Sungai Tambarana, Kecamatan Poso Pesisir Utara pada Sabtu pagi sekitar pukul 08.30 WITA.

Istri siri Santoso bernama Jumiatun alias Umi Delima yang ditangkap aparat Satgas Tinombala di ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T22:00:24+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160723/294024/Istri-Santoso-Dirawat-di-RS-Bhayangkara-Palu
Kunjungi Makam Gusdur, Setnov: Kursi PKB Tak Boleh Diambil

Rimanews - Pada HUT PKB ke-18, ada statement dari Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto yang menyebutkan bahwa kursi PKB tidak boleh diambil.

Setnov bercerita pada saat memberikan testimoni pada HUT PKB ke-18 di kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta, Sabtu (23/07/2016)

 "Saat berkunjung ke makam Gus Dur di Jombang, Jawa Timur. Saya langsung sujud di makam Gus Dur. Karena isunya (Golkar)  mengambil Menteri Desa, langsung  keluar petunjuk, engga boleh!," kata  Novanto sambil berkelakar  yang kemudian disambut riuh tepuk tangan para kader PKB

Selain Novanto, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristianto juga ikut memberikan testimoni. Dalam ucapan testimoninya, Hasto juga berkelakar soal isu reshuffle. Candaan ditujukan langsung untuk Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

"Nanya reshuffle jadi atau tidak jangan ke PDIP. Tapi ke Cak Imin," kata Hasto.

Sementara, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyatakan belajar banyak pada PKB khususnya Cak Imin soal berpolitik.

"Cak Imin Menterinya banyak, kalau kata orang Medan itu, ngeri kali!," kata Zulkifli.

Pada HUT PKB ke-18, ada statement dari Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto yang menyebutkan ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T22:47:39+0700
http://rimanews.com/nasional/politik/read/20160723/294029/Kunjungi-Makam-Gusdur-Setnov-Kursi-PKB-Tak-Boleh-Diambil
Hari Anak Nasional Momentum Majukan Perlindungan Anak

Rimanews - Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia, Susanto, berharap peringatan Hari Anak Nasional menjadi momentum untuk memajukan perlindungan anak.

"Peringatan Hari Anak Nasional 2016 ini perlu menjadi momentum pemajuan perlindungan anak, terutama dari unsur pendidikan," kata Susanto di Jakarta, Sabtu (23/07/2016).

Dia mengatakan, dunia pendidikan harus memastikan proses pendidikan berlangsung dengan nyaman, menyenangkan dan membelajarkan untuk semua anak. Adanya anak yang lemah dan cerdas secara akademik, bukan berarti dimaknai sebagai takdir, tapi karena proses pendidikan yang belum "membelajarkan" semua anak sesuai dengan karakteristik dan gaya belajar masing-masing.

Beragam kasus kekerasan atas nama pendidikan, kata dia, sejauh ini masih sering terjadi. Meski sejumlah lembaga pendidikan sudah mulai melakukan perbaikan, adanya sejumlah kasus kekerasan di satuan pendidikan merupakan fakta yang tak dapat ditutup-tutupi.

"Apapun justifikasinya kekerasan berdampak pada penumpulan dan pelemahan kualitas anak Indonesia sebagai performa SDM masa depan. Kondisi ini jika dibiarkan, akan melemahkan bangsa dan negara," katanya.

Dalam pendidikan kedisiplinan, kata dia, mengembangkan model pendisiplinan positif dalam pendidikan. Tumbuhkan kesadaran untuk disiplin, bukan disiplin karena takut mendapat hukuman.

Dia juga berharap agar anak dipastikan tidak menjadi pelaku dan korban pelonco di satuan pendidikan. Sejumlah penelitian melaporkan, anak menjadi korban "bullying" memiliki korelasi signifikan terhadap lemahnya prestasi belajar.

Dari segi literatur pendidikan, kata Susanto, sebaiknya tidak ada buku yang berkonten kekerasan, sadisme, pornografi dan radikalisme karena konten tersebut berpotensi ditiru oleh anak dan melemahkan kualitas pendidikan.

"Pastikan juga anak mendapatkan literasi memanfaatkan internet secara sehat. Beragam kasus anak menjadi pelaku kekerasan bahkan kekerasan seksual, tampaknya sebagian dipengaruhi oleh lemahnya literasi internet pada anak," kata dia.

Dia mengatakan anak juga harus terhindarkan dari rokok dan zat adiktif. Karena sangat membahayakan bagi kesehatan anak.

Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia, Susanto, berharap peringatan Hari Anak Nasional ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T21:36:28+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160723/294020/Hari-Anak-Nasional-Momentum-Majukan-Perlindungan-Anak
Setya Novanto: Kita Bersyukur Jika Diberikan Satu Kursi di Kabinet

Rimanews - Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto mengaku bersyukur bila Presiden Jokowi memberikan satu atau lebih kursi kabinet.

Hal itu disampaikan Novanto pada HUT PKB ke-18 di DPP PKB‎, Jakarta, Sabtu (23/07/2016).

"Kalau itu kita bersyukur betul, dan itu salah satu penghormatan dan apresiasi bagi partai kami," kata Novanto.

Namun kata Novanto, Partai Golkar tidak pernah menyodorkan kader kepada Presiden Jokowi.

"‎Ya kita tentunya bersyukur dan terima kasih apabila, memang diberikan kesempatan kalau masuk kabinet. Tapi semuanya itu kita serahkan ke presiden. Karena Partai Golkar jelas sampai hari ini tak pernah menyodotkan nama, tak pernah memberikan nama, atau diminta," kata Novanto.

‎Yang pasti, sambungnya, Partai Golkar mendukung pemerintah tanpa persyaratan apa-apa.

"Karena reshuffle hak prerogatif presiden. Kita percaya presiden telah mengevaluasi menterinya," kata dia.

Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto mengaku bersyukur bila Presiden Jokowi memberikan satu atau ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T21:53:20+0700
http://rimanews.com/nasional/politik/read/20160723/294023/Setya-Novanto-Kita-Bersyukur-Jika-Diberikan-Satu-Kursi-di-Kabinet
Ketua DPR Hadiri HUT PKB

Rimanews - Sejumlah petinggi partai menghadiri HUT Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ke-18. Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPR RI, Ade Komaruddin.

Adapun petinggi partai yang hadir adalah Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto bersama Sekretaris Jenderalnya, Idrus Marham. Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani.

Sementara itu, PDIP diwakili oleh Sekjen Hasto Kristiyanto. Juga terlihat Ketua Fraksi Partai Demokrat Edhi Baskoro Yudhoyono dan Sekjen PD, Hinca Panjaitan. Sedangkan dari Partai Amanat Nasional, diwakili oleh Sekjen PAN, Edi Soeparno. Dari PPP, terlihat Sekjen PPP, Arsul Sani.

HUT Ke-18 PKB ini juga dihadiri oleh sejumlah menteri Kabinet Kerja seperti Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar, Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dhakiri, Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi dan Menteri Hukum dan HAM, Yasona Laoly.

Acara yang digelar di DPP PKB Jalan Raden Saleh dihadiri juga oleh anggota DPR RI dari PKB.

Sejumlah petinggi partai menghadiri HUT Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ke-18. Acara tersebut juga ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T21:28:29+0700
http://rimanews.com/nasional/politik/read/20160723/294018/Ketua-DPR-Hadiri-HUT-PKB
23 Juli 2016 | 21:32
Ketua DPR Hadiri HUT PKB
Muahaimin Iskandar: Sudah Benar Golkar dan PAN Dukung Pemerintah

Rimanews - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar, mengucapkan selamat kepada Partai Golkar dan PAN yang telah bergabung ke pemerintah.

"Sudah benar Partai Golkar mendukung pemerintah, sudah benar PAN mendukung pemerintah‎," kata Muhaimin Iskandar saat menyampaikan pidato politik pada HUT PKB ke-18 di Gedung DPP PKB, Sabtu (23/07/2016).

Dengan kerjasama dengan parpol, maka kesejahteraan rakyat akan bisa dipenuhi.

"Penting dilakukan komunikasi politik. Dengan kata lain, perlu‎ Ukuwah Parpoliah," kata Muhaimin,

Ia juga bersyukur karena PKB terus berkembang selama 18 tahun. Padahal, sambungnya, PKB tidak memiliki Televisi, radio atau media online seperti partai lain.

"Sekarang persaingan poltik kuat, kritis‎. Kita tak punya apa-apa, tidak punya telebisi, mMedi, media online. Tapi karena loyalitas dan keikhlasan kita bisa tumbuh dan berkembang," ujar anggota Komisi I DPR RI itu.

‎Ia mengingatkan kepada seluruh kader dan pengurus PKB untuk mengingat sejarah lahirnya PKB.

‎"Saya ingatkan kader yang duduk di jabatan publik bahwa PKB besar bukan tiba-tiba tapi karena dukungan kiai, pesantresn, NU yang karena keikhlasan, kecintaan, tanpa pamrih dari mereka, PKB bisa seperti ini." kata Muhaimin

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar, mengucapkan selamat kepada Partai ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T21:15:45+0700
http://rimanews.com/nasional/politik/read/20160723/294017/Muahaimin-Iskandar-Sudah-Benar-Golkar-dan-PAN-Dukung-Pemerintah
40 Persen Kecelakaan Lalu Lintas di Trenggalek Libatkan Pelajar

Rimanews - Satuan Lalu Lintas Polres Trenggalek, Jawa Timur, mencatat kasus kecelakaan di daerah tersebut selama kurun 2015-2016, 40 persen lebih melibatkan kalangan pelajar atau anak di bawah umur yang belum memiliki surat izin mengemudi atau SIM.

"Kami tadi sudah sampaikan fakta ini ke kalangan guru dan kepala sekolah untuk menjadi acuan dan penekanan aturan di sekolah," kata Kasat Lantas Polres Trenggalek AKP Heru Sujiyo BS di Trenggalek, Sabtu (23/07/2016).

Heru tidak detail menyebut jumlah pelajar atau remaja/anak bawah umur yang terlibat kecelakaan lalu lintas karena mengendarai motor tanpa izin.

Ia lebih banyak mengungkap data kuantitatif kasus selama kurun 2015 yang tercatat mencapai 573 kasus dengan 67 korban meninggal.

Sementara pada kurun Januari hingga akhir Juni 2016, kata dia, frekuensi kecelakaan menurun menjadi sekitar 170 kasus dengan 19 korban meninggal.

"Meski turun, fakta yang tidak boleh diabaikan mayoritas korban dan kasus kecelakaan itu ternyata melibatkan kalangan pelajar," ujarnya.

Menurut Kasat Lantas, tingginya fenomena kecelakaan lalu lintas dengan korban anak di bawah umur disebabkan kurangnya pengawasan orang tua serta longgarnya peraturan sekolah terkait izin membawa/mengendarai sepeda motor ke sekolah.

Di Munjungan dan Kecamatan Dongko, misalnya, Heru mengakui ada ratusan siswa SD dan SMP yang telah berkeliaran mengendari sepeda motor di jalan raya, bahkan untuk kepentingan bersekolah setiap hari.

"Itu sebabnya tadi kami sosialisasikan hal ini ke kalangan kepala sekolah dan guru agar risiko kecelakaan lalu lintas bisa dikurangi seinimal mungkin," ujarnya.

Salah satu penekanan dalam sosialisasi tersebut, kata Heru, adalah pentingnya keselamatan berkendara atau "safety riding", seperti mengenakan helem standar (SNI), spion, lampu seins, menyalakan lampu utama saat berkendara, serta kelengkapan keselamatan bermotor lain.

"Kalau sudah menggunakan helem dan sarana pengaman, mematuhi standar keselamatan berkendara, diharapkan kalaupun terjadi risiko kecelakaan tidak sampai fatal," kata Heru.

Satuan Lalu Lintas Polres Trenggalek, Jawa Timur, mencatat kasus kecelakaan di daerah tersebut ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T20:08:02+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160723/294016/40-Persen-Kecelakaan-Lalu-Lintas-di-Trenggalek-Libatkan-Pelajar
Mabes Polri: TNI Dibutuhkan untuk Membantu Polisi Tangani Terorisme

Rimanews - Keberadaan TNI dalam menanggulangi kasus terorisme sangat membantu Polri. Salah satunya dalam Operasi Tinombala di Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng) yang beberapa waktu lalu dapat menewaskan pimpinan Mujahidin Indonesia Timur (MIT), Santoso alias Abu Wardah.

"Pak Kapolri Jenderal Tito Karnavian tidak menolak TNI melakukan penindakan kasus terorisme. Karena diatur undang-undang (UU Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI)," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Boy Rafli Amar kepada Rimanews, Sabtu (23/07/2016).

Boy melanjutkan, menurut Kapolri yang harus dipahami bahwa penindakan terorisme sebaiknya melalui koridor penegakan hukum. Oleh karena itu, segala tindakan menghadapi kejahatan terorisme harus dilakukan melalui prosedur hukum. "Rangkaian tindakan melalui proses penyelidikan, penyidikan yang meliputi kegiatan alat bukti seperti olah TKP, penangkapan tersangka, penggeledahan dan penyitaan barang bukti sampai siapkan berkas untuk sidang pengadilan," pungkas Boy.

Nah, dalam kondisi keterbatasan polisi, maka sinergitas antara Polri dan TNI, kata mantan Kapolda Banten itu, sangat dibutuhkan. "TNI memiliki kemampuan khusus yang sangat dibutuhkan Polri untuk mengatasi pelaku teror yang disebut extraordinary crime," ucap Boy.

Boy mengatakan, tindakan hukum yang dlakukan akan mudah dipertanggungjawabkan jika terjadi tuduhan pelanggaran HAM. Selain itu, upaya preventif dalam kegiatan bina teritorial TNI juga sangat efektif menangkal potensi ancaman teror seperti penyebarluasan paham radikal dan upaya deteksi dini intelijen. 

"TNI sangat memberikan kontribusi yang besar dalam upaya pengungkapan mendeteksi potensi ancaman teror dan mengungkapan kasus terorisme," pungkas Boy.

Ditambahkan Boy, bahwa proses penegakkan seperti itu secara universal hanya dilakukan oleh pihak kepolisian. "Penegakan hukum TNI membantu kepolisian seperti Operasi Tinombala dan operasi teritorial," tandasnya.

Sebelumnya, terkait penambahan wewenang TNI dalam‎ revisi Undang-Undang Terorisme, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, selama ini Polri bertindak secara proposional. Namun, lain halnya yang Tito pahami mengenai doktrin TNI. Menurutnya, jangan sampai terjadi penyalahgunaan wewenang.

"Kalau doktrin dari teman-teman TNI umumnya yang saya pahami "kill or to be killed". Padahal polisi sudah ada. Belum lagi pertanggungjawaban hukumnya jika nanti penyelidikan salah ke depan. Nanti bisa terjadi abuse of power," kata Tito di Mabes Polri, Jumat kemarin.

Rimanews - Keberadaan TNI dalam menanggulangi kasus terorisme sangat membantu Polri. Salah satunya ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T19:11:04+0700
http://rimanews.com/nasional/hukum/read/20160723/294012/Mabes-Polri-TNI-Dibutuhkan-untuk-Membantu-Polisi-Tangani-Terorisme
Senpi Rakitan Ditemukan di Samping Fly Over Kodim Kemayoran

Rimanews - Senjata api rakitan jenis revolver berikut amunisinya sebanyak lima butir ditemukan warga yang berprofesi sebagai petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), Purwadi (42), di samping Fly Over Kodim Jl. HBR Motik, Kelurahan Gunung Sahari Selatan, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (23/07/2016).

Menurut Purwadi, yang merupakan petugas PPSU Kelurahan Gunung Sahari Selatan, sekira pukul 10.00 WIB, dirinya sedang membersihkan taman di sekitar lokasi, tiba-tiba menemukan sarung helm warna hitam tergeletak di taman.

Saat dicek ternyata didalamnya berisi 1 pucuk senpi rakitan jenis revolver berikut 5 butir peluru.
"Selanjutnya atas penemuan itu saya laporkan kepada pihak Kelurahan guna disampaikan kepada pihak Kepolisian," kata Purwadi.

Setelah dilakukan pengecekan barang bukti oleh tim Wassendak Dit intelkam Polda Metro Jaya, diketahui barang bukti yang ditemukan 1 pucuk senpi jenis Revolver warna Silver/almunium tanpa nomor dan merk senpi, laras licin tanpa arur dan silender kasar (mudah lepas) dapat masuk peluru kal 9 mm dipastikan senjata tersebut merupakan senpi rakitan.

Berikutnya, 5 butir peluru kal 9 mm buatan pindat (4 butir aktif dan 1 butir cat) dapat masuk kedalam silinder senjata rakitan yang diketemukan. Selanjutnya BB diamankan ke Polsek kemayoran guna penyidikan lebih lanjut.

Senjata api rakitan jenis revolver berikut amunisinya sebanyak lima butir ditemukan warga yang ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T18:47:18+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160723/294010/Senpi-Rakitan-Ditemukan-di-Samping-Fly-Over-Kodim-Kemayoran
Dishub Jakarta Batal Larang Bajaj Melintas di Depan Istana

Rimanews - Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta batal menggulirkan kebijakan larangan bajaj melintasi Istana Negara. Keputusan tersebut diambil setelah Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mempertanyakan dengan tegas apa alasan anak buahnya tersebut mewacanakan hal tersebut.

"Kami putuskan tetap boleh melintas. Namun, tidak boleh melanggar aturan lalu lintas, seperti ngetem karena akan mengganggu kelancaran lalu lintas," kata Kadishubtrans Andri saat dihubungi, Sabtu (23/07/2016).

Meski demikian, Andri menegaskan bajaj tetap tidak boleh serampangan ngetem di ruas jalan protokol yang menjadi kawasan ring 1. Jika melanggar, Dishubtrans dijamin Andri akan memberikan sanksi pencabutan izin operasi.

"Memang aturannya seperti itu. Boleh melintas, tapi jangan sampai ngetem. Kalau kedapatan, ya kami tindak," ucap Andri.

Dishubtrans sebelumnya berencana hendak melarang bajaj melintas di Jalan Medan Merdeka Utara. Alasannya, moda angkutan itu tidak tepat melintas di depan Istana karena sering dilaporkan ngetem sembarangan.

Namun, Ahok kurang setuju dengan adanya rencana itu. Menurut dia, larangan itu seharusnya tidak perlu ada. 

Ahok mengatakan, seharusnya bajaj hanya dilarang ngetem di sekitar kawasan Istana, bukan dilarang untuk melintas di sana.

"Kalau enggak boleh ngetem ya memang enggak boleh dong. Kalau melintas, boleh," ujar pria yang biasa disapa Ahok ini, Kamis.

Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta batal menggulirkan kebijakan larangan ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T18:27:14+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160723/294009/Dishub-Jakarta-Batal-Larang-Bajaj-Melintas-di-Depan-Istana
Kasus Kekerasan Anak di Tulungagung Meningkat

Rimanews - Kepolisian Resor Tulungagung, Jawa Timur, mengingatkan potensi peningkatan kasus kekerasan anak yang mengacu perbandingan data pada 2015 dan 2016.

"Ada tren peningkatan karena kasus periode Januari-Juli 2016 ini sepertiga lebih banyak dibandung tahun lalu," kata Kasat Reskrim Polres Tulungagung AKP Andria D Purnama di Tulungagung, Sabtu (23/07/2016).

Pada 2015, kata Andria, dalam kurun Januari hingga Juli tercatat ada sebanyak 16 kasus, sementara tahun ini dengan periode yang sama jumlah kasus kekerasan anak sudah mencapai 23 kasus.

Andria memperkirakan kasus serupa masih akan terus terjadi seiring berjalannya waktu hingga penghujung 2016.

"Ada banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya globalisasi informasi dan kemajuan teknologi yang berdampak langsung terhadap tumbuh-kembang anak," ujarnya.

Menurut Kasat Reskrim, arus informasi yang masuk ke anak harus disaring oleh orang tua, keluarga, maupun guru saat di sekolah.

Sebab kata dia, jika anak-anak salah pemanfaatan dalam pergaulan sangat mungkin bakal terjerumus ke hal yang negatif.

"Teknologi semakin canggih, jika tidak bisa mengontrolnya maka anak akan terpengaruh ke hal negatif," katanya.

Selain itu, kata Andria, kondisi ekonomi dan suasana dalam keluarga yang kurang harmonis juga dapat memicu anak frustasi.

Salah satu yang menjadi atensi Andria adalah fenomena anak yang ditinggal orang tuanya pergi ke luar negeri sebagai TKI, sehingga anak harus tinggal dengan kakek atau neneknya ternyata kurang perhatian dan pengawasan.

"Rata-rata yang melatarbelakangi kekerasan anak Tulungagung itu karena rumah tangga keluarganya hancur (broken home), sehingga tidak bisa memberikan perhatian dan opengawasan," ujarnya.

Andria merinci 23 kasus kekerasan anak yang ditangani Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Polres Tulungagung selain menyangkut kekerasan seksual juga ada kasus penganiayaan, pencurian, penistaan dan lainnya.

Untuk menimalisisr kasus kekerasan anak tersebut, kata Andria, dibutuhkan kerjasama semua pihak, terutama keluarga.

"Namun, juga harus di dukung peran masyarakat di sekitar anak-anak yang mengalami 'broken home'. Karena kurang adanya pengawasan,anak yang mudah terpengaruh, mulai dari lingkungan, pergaulan dan lainnya," katanya.

Kepolisian Resor Tulungagung, Jawa Timur, mengingatkan potensi peningkatan kasus kekerasan anak ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T17:24:59+0700
http://rimanews.com/nasional/kriminal/read/20160723/294007/Kasus-Kekerasan-Anak-di-Tulungagung-Meningkat
Pemuda 25 Tahun Nekat Lompat ke Sungai Usai Disuapi Ibunya

Rimanews - Seorang pemuda bernama Arsandi (25) nekat lompat ke sungai dekat Bendungan Pamarayan dan akhirnya tenggelam karena diduga tak bisa berenang.

"Korban tenggelam pukul 09.00 WIB dekat Bendungan Pamarayan, diterima info pukul 09.50 WIB," kata Hotman Siregar, Kabid Penanggulangan Bencana dan Bantuan Teknis BPBD Kabupaten Serang, Sabtu (23/07/2016).

Lokasi kejadian yang berada di Kampung Panyabrangan, Desa Panyabrangan, Kecamatan Pamarayan, Kabupaten Serang, Banten, itu pun akhirnya menggemparkan warga sekitar.

Petugas BPBD Kabupaten Serang pun mengaku saat ini tengah melakukan pencarian disekitar aliran sungai. Karena keterbatasan peralatan yang dimiliki, petugas hanya menyisir lokasi kejadian.

"Sampai dengan saat ini belum diketemukan. Yang dibutuhkan saat ini seperangkat perahu karet atau sejenisnya," tegasnya.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, peristiwa terjadi saat Arsandi yang di duga mengalami gangguan jiwa tengah diberi makan oleh orang tuanya yang memang dekat dengan sungai.

Namun, usai diberi makan, Arsandi tiba-tiba menyeburkan diri ke dalam sungai hingga tenggelam karena tak bisa berenang.

Seorang pemuda bernama Arsandi (25) nekat lompat ke sungai dekat Bendungan Pamarayan dan akhirnya ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T16:46:52+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160723/294005/Pemuda-25-Tahun-Nekat-Lompat-ke-Sungai-Usai-Disuapi-Ibunya
Calhaj Kota Malang Didominasi Wanita

Rimanews - Calon haji (Calhaj) asal Kota Malang, Jawa Timur, yang akan berangkat ke Tanah Suci pada 2016 didominasi kaum perempuan, yakni sebanyak 511 orang dari jumlah keseluruhan 870 calhaj.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Malang Imron di Malang, Sabtu (23/07/2016), mengatakan, dari 870 calhaj yang berangkat pada 1437 Hijriah, 511 di antaranya adalah perempuan dan selebihnya laki-laki.

"Untuk calhaj tertua laki-laki berusia 86 tahun atas nama Kholil bin Samin, warga Jalan Kerto Asri Kota Malang," katanya di sela pembukaan manasik dan perjalanan haji 2016 di Gedung Samanta Krida Universitas Brawijaya (UB) Malang.

Sedangkan calhaj tetua perempuan, lanjutnya, berusia 88 tahun atas nama Suwarti, warga Jalan Ir Rais Kota Malang. Untuk calhaj termuda laki-laki berusia 22 tahun atas nama Tampan Kurniawan, warga Jalan Ir Rais, dan calhaj termuda perempuan berusia 19 tahun atas nama Lailatul Izah, warga Sanan, Blimbing, Kota Malang.

Imron menjelaskan dari 870 calhaj yang akan berangkat ke Tanah Suci tersebut, secara rinci adalah calhaj yang melakukan pelunasan tahap pertama sebanyak 718 orang, pelunasan tahap kedua sebanyak 40 orang dan petugas haji sebanyak 8 orang. Selain itu, juga ditambah dengan calhaj mutasi masuk ke Kota Malang sebanyak 190 orang, sedangkan yang mutasi ke luar Kota Malang sebanyak 86 orang.

Ia mengatakan calhaj Kota Malang terbagi menjadi dua kelompok terbang (kloter), yakni kloter 55 dan 56 yang akan diberangkatkan pada 30 dan 31 Agustus 2016. Selama di Mekkah, calhaj Kota Malang bakal menginap di maktab Aziziah (sekitar 4 kilometer dari Masjidil Haram).

Petugas yang akan mendampingi ratusan calhaj selama di Tanah Suci tersebut, masing-amsing kloter akan ditempatkan satu orang petugas (TPHD), satu orang dokter yang dibantu dua orang tenaga medis.

Rangkaian dan tahapan yang saat ini diikuti para calhaj adalah mulai dilakukan manasik haji. Manasik digelar mulai 23 hingga 29 Juli 2016 untuk tingkat kecamatan (KUA) dan manasik tingkat kota akan digelar pada 30 Juli 2016 yang dipusatkan di GOR Ken Arok Kota Malang.

"Setelah rangkain manasik nanti, calhaj tinggal mempersiapkan mental, fisik dan kesehatan secara keseluruhan, sebab semua teknis keadmimistrasian, seperti paspor dan visa Insya Allah tidak ada masalah. Insya Allah sebelum keberangkatan visa calhaj sudah tuntas seluruhnya," urainya.

Calon haji (Calhaj) asal Kota Malang, Jawa Timur, yang akan berangkat ke Tanah Suci pada 2016 ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T16:08:43+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160723/294002/Calhaj-Kota-Malang-Didominasi-Wanita
Baru Dua Tahun Dibangun, Lippo Mall Kupang Terbakar

Rimanews - Lipo Mall yang terdapat di bilangan Kelapa Lima, Kota Kupang, mengalami kebakaran pada Sabtu (23/07/2016) sekitar pukul 12.30 WITA sehingga membuat para pengunjung panik.

Kebakaran terjadi di lantai dua sisi kiri gedung itu. Belum diketahui penyebab kebakaran gedung yang baru dibangun dua tahun lalu itu.

Kebakaran tersebut menimbulkan kepanikan dan orang-orang berhamburan keluar hingga sekitar kantor Biro Antara Kupang, di Jalan Veteran Kelapa Lima Kupang yang terletak tidak jauh dari gedung itu.

Hingga kini, mobil pemadam sedang berupaya memadamkan api yang tampak terus menjalar ke area sekitar gedung sekolah yang sedang dibangun.

Lipo Mall yang terdapat di bilangan Kelapa Lima, Kota Kupang, mengalami kebakaran pada Sabtu ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T15:24:44+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160723/294001/Baru-Dua-Tahun-Dibangun-Lippo-Mall-Kupang-Terbakar
Polisi Buru Pelaku Perampokan Uang Tunai Senilai Rp6 Miliar

Rimanews - Petugas Polres Metro Jakarta Pusat memburu pelaku perampokan uang tunai senilai Rp6 miliar di Jalan Cideng Timur Gambir.

"Pelaku diduga dua orang," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Awi Setiyono di Jakarta, Sabtu.

Awi menuturkan kejadian berawal saat pegawai perusahaan penukaran mata uang Norman Ali (35) menumpang taksi dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju kantornya pada Jumat malam.

Korban menyimpan dua koper berisi 1,7 juta ringgit (sekitar Rp5,6 miliar) dan 200.00 yuan (mencapai Rp400 juta) di bagasi taksi.

Ketika di lokasi kejadian, sopir taksi Mamun turun dari mobil untuk membuka bagasi namun mendadak datang dua orang pelaku yang menumpang sepeda motor jenis matik dari arah belakang.

Salah satu pelaku langsung menodongkan senjata api ke arah pengemudi taksi, sedangkan seorang pelaku lainya mengambil koper yang berisi uang tunai tersebut.

Para pelaku melarikan diri dengan berputar di lampu merah Cideng Timur menuju Tanah Sereal Jakarta Barat.

Awi menyebutkan ciri pelaku yang membawa senjata api dengan tinggi badan mencapai 160 sentimeter, kekar dan mengenakan helm, sedangkan pelaku yang mengemudikan motor berbadan kurus.

Petugas Polres Metro Jakarta Pusat memburu pelaku perampokan uang tunai senilai Rp6 miliar di Jalan ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T15:10:28+0700
http://rimanews.com/nasional/kriminal/read/20160723/293999/Polisi-Buru-Pelaku-Perampokan-Uang-Tunai-Senilai-Rp6-Miliar
Ahok Ngotot Jakarta Belum Banjir

Rimanews - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bersikeras menyatakan bahwa Jakarta belum dilanda banjir akibat intensitas hujan yang terus meningkat beberapa hari terakhir. Dia mengatakan, tenggelamnya beberapa kawasan dan jalan di Jakarta hanya sebagai genangan. Itu pun berpindah-pindah.

"Sekarang kami coba perhatikan memang Jakarta masih tergenang, tapi gak lama dan pindah-pindah," ujar Ahok di Balai Kota Jakarta, Sabtu (23/07/2016).

"Kamu liat aja tuh tiap kali hujan tergenangnya pindah-pindah tuh, karena ada yang tersumbat (salurannya)," katanya lagi.

Padahal diketahui, akibat tanggul Kali Pesanggrahan jebol, sebanyak tiga Rukun Tetangga (RT) di wilayah Rukun Warga (RW) 05 Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, terendam banjir setinggi 100 sampai 120 sentimeter sejak Jumat, kemarin.

Ahok berdalih sejatinya hingga saat ini Pemprov DKI terus berupaya menuntaskan masalah banjir di Ibu Kota. Dia pun mengakui bahwa tidak semua tanggul yang ada di Jakarta dalam kondisi baik.

"Makanya kita terus bekerja keras, kan belum semua digali, terus belum semua dinormalisasi," ungkapnya.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bersikeras menyatakan bahwa Jakarta belum ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T15:14:42+0700
http://rimanews.com/nasional/politik/read/20160723/294000/Ahok-Ngotot-Jakarta-Belum-Banjir
23 Juli 2016 | 15:18
Ahok Ngotot Jakarta Belum Banjir
Gunung Bromo Semburkan Asap Setinggi 400 Meter ke Arah Malang

Rimanews - Kepala Sub Bidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api Wilayah Barat Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendra Gunawan mengatakan, asap Gunung Bromo setinggi 400 meter mengarah ke barat daya-barat laut atau Kabupaten Malang.

"Arah asap dan abu vulkanis Gunung Bromo tergantung dari arah dan kecepatan angin pada saat itu, sehingga kadang-kadang berubah sesuai dengan arah angin yang membawa asap tersebut," katanya saat dihubungi dari Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (23/07/2016).

Secara visual, aktivitas gunung yang memiliki ketinggian 2.329 meter dari permukaan laut (mdpl) itu pada 23 Juli 2016 terpantau cuaca cerah hingga mendung, angin tenang, suhu udara 9-21 derajat Celsius, dan Gunung Bromo terlihat jelas.

Asap yang keluar dari kawah teramati putih tipis hingga tebal, tekanan lemah hingga sedang, tinggi asap berkisar 50-400 meter dari puncak kawah ke arah barat daya-barat laut.

"Secara seismik tercatat tremor vulkanik menerus (embusan asap) dengan amplitudo dominan 1 milimeter dan satu kali gempa tektonik jauh dengan amplitudo maksimum 11 milimeter dengan lama gempa 59 detik," tuturnya.

Hendra mengatakan aktivitas vulkanik Gunung Bromo masih belum stabil dan statusnya masih pada level II atau waspada, sehingga rekomendasinya warga dan wisatawan tidak diperbolehkan beraktivitas dalam kawasan radius 1 kilometer dari kawah aktif gunung yang berada di Kabupaten Probolinggo itu.

"Saya imbau warga tetap tenang dan mematuhi rekomendasi PVMBG untuk tidak beraktivitas dalam radius 1 kilometer dari kawah aktif karena jarak tersebut adalah jarak aman untuk masyarakat," katanya.

Erupsi Gunung Bromo sempat beberapa kali mengganggu penerbangan di Bandara Abdul Rahman Saleh Malang karena embusan asap Bromo mengarah ke arah barat-barat daya (Kabupaten Malang). 

Kepala Sub Bidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api Wilayah Barat Pusat Vulkanologi dan ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T14:06:26+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160723/293996/Gunung-Bromo-Semburkan-Asap-Setinggi-400-Meter-ke-Arah-Malang
Ahok Yakin Masih Banyak Makam Fiktif di Jakarta

Rimanews - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mayakini bahwa masih ada banyak makam fiktif yang dibuat oleh oknum Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI untuk meraup keuntungan pribadi. 

Padahal sebelumnya, Gubernur menyatakan saat pertama kali turun ke lapangan bahwa anak buahnya di Dinas Pemakaman tersebut mendapatkan 80 makam fiktif di satu Tempat Pemakaman Umum (TPU).

"Pasti masih ada lagi lah, banyak. Makanya gendeng aja," ujar Ahok di Balai Kota Jakarta, Sabtu (23/07/2016).

Hingga saat ini, Ahok memastikan bahwa perintah untuk terus menilisik tentang adanya pemakaman fiktif di TPU lain terus dilakukan. Dia pun mengakui memang masih ada PNS DKI nakal di unit kerja tersebut.

"Makam-makam yang disepan itu dikasih nisan. Kalau ada yang mau bayar 10 juta baru digali. Tiap orang datang kalau gak bayar dikasih yang ujung. Kalau yang mau bayar di depan. Nah sekarang kan kita sudah ganti nih, sudah dipecat-pecatin semua, ganti," terang Ahok.

Persoalan ini sejatinya sudah menjadi PR lama Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI di masa kepemimpinan Ratna Diah Kurniati. Ketika itu pun Ahok sempat geram begitu mendapatkan laporan soal adanya modus makam fiktif sebagai objek untuk melakukan pemerasan terhadap warga, hingga pada akhirnya Ahok mengancam akan memecat Ratna.

Tak lama berselang, Gubernur pun benar-benar memecat Ratna dari jabatannya dan menggantikannya dengan Djafar Muchlisin.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mayakini bahwa masih ada banyak makam ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T14:16:26+0700
http://rimanews.com/nasional/politik/read/20160723/293998/Ahok-Yakin-Masih-Banyak-Makam-Fiktif-di-Jakarta
Pemerintah Masih Kaji Eksekutor Perppu Kebiri

Rimanews - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menyatakan, pemerintah masih mengkaji aturan pelaksana Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

"Peraturan pemerintah sebagai turunan masih dalam kajian. Yang pasti dengan Perppu, pelaku kejahatan seksual terhadap anak bisa mendapatkan pemberatan hukuman," kata Puan di sela-sela Peringatan Hari Anak Nasional 2016 di Taman Sangkareang, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (23/07/2016).

Puan mengatakan, pemberian pemberatan hukuman itu melalui proses penegakan hukum sejak penyelidikan oleh kepolisian hingga penjatuhan vonis hukuman oleh pengadilan. Pengadilan pula yang memutuskan apakah pelaku kejahatan seksual terhadap anak dijatuhi pemberatan hukuman atau tidak.

"Pemberatan hukuman dijalani setelah pelaku menjalani hukuman pokok. Maksimal dua tahun dan dalam pendampingan," tuturnya.

Terkait dengan penolakan kalangan dokter untuk melaksanakan hukuman kebiri dengan alasan bertentangan dengan Kode Etik Kedokteran, Puan menyatakan hal itu sedang didalami oleh Kementerian Kesehatan.

"Kemenkes sedang mendalami siapa yang menjadi eksekutor tanpa ada aturan atau mekanisme yang dilanggar. Pemberatan hukuman itu harus dilakukan karena kejahatan terhadap anak-anak saat ini sudah di luar batas kewajaran," katanya.

Pemerintah telah menerbitkan Perppu Nomor 1 Tahun 2016 yang dikenal sebagai Perppu "Kebiri". Perppu tersebut mengatur pemberatan hukuman bagi pelaku kejahatan seksual.

Wacana pemberatan hukuman bagi pelaku kejahatan seksual terhadap anak, yang seringkali disebut sebagai predator, antara lain kebiri kimiawi, pemasangan alat pendeteksi elektronik, hukuman penjara seumur hidup hingga hukuman mati.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menyatakan, pemerintah ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T13:59:36+0700
http://rimanews.com/nasional/hukum/read/20160723/293995/Pemerintah-Masih-Kaji-Eksekutor-Perppu-Kebiri
Turis Kanada Tewas Mengapung di Pantai Double Six Bali

Rimanews - Tim SAR Denpasar mengevakuasi jenazah Andre Deziel (65), wisatawan Kanada yang ditemukan mengapung di Pantai Double Six, Seminyak, Bali. 

Sebelumnya, Andre dilaporkan terseret arus Pantai Legian, Kabupaten Badung, Bali, pada Jumat (22/7).

"Korban sudah dibawa ke RS Sanglah untuk kepentingan medis," kata Humas SAR Denpasar Amtarama di Denpasar, Sabtu (23/07/2016).

Sekitar 15 orang tim SAR Denpasar mencari pria kelahiran Kanada, 14 Mei 1951 itu dengan menggunakan perahu karet dan jet ski menyisir perairan Selatan Bali.

Sejumlah personel lain juga terlibat mencari korban yang memiliki paspor dengan nomor GA-293008, di antaranya Balawista Badung, petugas kepolisian, Satgas pantai dan instansi terkait lainnya.

Korban saat itu bersama teman wanitanya berenang di sekitar Pantai Legian sekitar pukul 17.00 Wita.

Ia kemudian hilang terseret arus pantai dan tidak muncul hingga malam.

Korban akhirnya ditemukan sudah tidak bernyawa sekitar 20 meter dari bibir Pantai Double Six, Seminyak, sekitar pukul 06.00 oleh seorang warga.

Korban kemudian dievakuasi menggunakan ambulans Balawista Badung ke Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Denpasar.

Tim SAR Denpasar mengevakuasi jenazah Andre Deziel (65), wisatawan Kanada yang ditemukan mengapung ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T13:29:04+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160723/293992/-Turis-Kanada-Tewas-Mengapung-di-Pantai-Double-Six-Bali
Dua Pria Ngamuk di Diskotek Mangga Besar

Rimanews - Kepolisian Sektor Metro Taman Sari Resor Metro Jakarta Barat mengamankan dua pria perusak interior tempat hiburan malam Diskotek Crown, Mangga Besar.

Kapolsek Metro Taman Sari Polres Metro Jakarta Barat AKBP Nasriadi mengatakan, kedua pria tersebut bernama JP (41) dan HS(27).

Kejadian berawal ketika kedua pelaku bersama sejumlah temannya datang ke klub malam sambil marah-marah. Kemudian, pihak keamanan yang geram langsung mengeluarkan mereka dengan alasan mengganggu kenyamanan para pengunjung.

Tidak terima diusir, justru kedua pria itu malah mengamuk dan merusak sejumlah interior di halaman klub dengan menggunakan parang. Akibatnya, kaca pos parkir pintu keluar rusak parah.

Sementara pintu masuk gedung hancur akibat pukulan kedua pelaku. Sontak suasana klub langsung mencekam ketika para pelaku melakukan pengerusakan.

Tak lama kedua pelaku langsung kabur dengan menggunakan Toyota Harier hitam dengan bernomor B 1261 OF menuju ke arah diskotek Miles.

Setelah mendapatkan informasi polisi langsung bergerak cepat mengejar pelaku.

"Kedua pelaku langsung kami tangkap dan diamankan," ujar Nasriadi.

Saat proses pengamanan kedua pelaku mengamuk dan berteriak histeris. Mereka bahkan mengancam untuk memanggil teman-temannya yang juga berasal dari Indonesia Timur tersebut.

Kepolisian Sektor Metro Taman Sari Resor Metro Jakarta Barat mengamankan dua pria perusak interior ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T13:05:46+0700
http://rimanews.com/nasional/kriminal/read/20160723/293990/-Dua-Pria-Ngamuk-di-Diskotek-Mangga-Besar
Krisis Air Bersih Ancam kupang

Rimanews - Krisis air bersih mulai mengancam Kota Kupang. Kemarau panjang menyebabkan debit air untuk pemenuhan kebutuhan warga hanya 400 liter per detik saja.

"Hujan yang tidak bisa mengguyur cukup di musim tahun ini telah memantik suhu panas tinggi dan terjadi penguapan yang cukup. Debit air baku kita pun turun," kata Direktur Perusahaan Daerah Air Minum Kota Kupang Noldy Mumu di Kupang, Sabtu (23/07/2016).

Menurut dia, sejak awal 2016 hujan tidak lagi turun. Ketersediaan air baku di sejumlah sumber air baku milik PDAM Kota Kupang menipis.

"Kita tidak bisa melawan alam yang berubah begitu drastis dengan kemarau yang lebih panjang di tahun ini," kata dia.

Sejumlah sumber air baku permukaan milik PDAM Kota Kupang yang selama ini dimanfaatkan seperti 'Kali Dendeng' dan beberapa sumber air baku bawah tanah berupa sumur bor lainnya, telah mengalami defisit.

Dalam kondisi normal di kala debit berada pada posisinya, kata dia, air baku milik PDAM akan beralir sangat baik dengan komposisi 1.200 liter per detik. Namun kondisi itu berubah drastis saat ini.

Saat ini hasil pantauan petugas rata-rata di semua titik sumber air baku PDAM Kota Kupang, baik permukaan maupun sumur bor, berada pada komposisi alir 400 liter per detik saja. 

"Telah terjadi devisit sebanyak 800 liter/detik," kata Noldy.

Karena kondisi itulah, PDAM Kota Kupang lalu mengambil langkah antisipasi jangka pendek dengan melakukan penyambungan dan pemanfaatan air baku dari Bendungan Tilong di wilayah Kabupaten kupang, yang saat ini dikelola oleh Badan Layanan Umum Daerah (BLUD)-SPAM Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Namun demikian, kualitas sumber air baku ini juga sangat bermasalah karena tidak terlampau jernih.

Krisis air bersih mulai mengancam Kota Kupang. Kemarau panjang menyebabkan debit air untuk ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T12:50:54+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160723/293989/-Krisis-Air-Bersih-Ancam-kupang
23 Juli 2016 | 12:53
Krisis Air Bersih Ancam kupang
Wanita yang Menyerahkan Diri Ternyata Istri Santoso

Rimanews - Seorang wanita pengikut kelompok bersenjata pimpinan Santoso menyerahkan diri ke anggota Satgas Tinombala. Wanita itu diketahui bernama Delima, salah satu istri Santoso.

Namun, Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Boy Rafli Amar mengungkapkan, Delima ditangkap, bukan menyerahkan diri. "Benar, ditangkap pagi tadi pukul 09.30 WITAdi Tambarana, Poso," ucap jenderal bintang dua itu, Sabtu (23/7/2016).

Boy menjelaskan, Delima merupakan istri kedua yang ikut serta dalam pelarian Santoso di Hutan Poso. 

Selama ini, Delima setia mendampingi Santoso hidup nomaden di hutan, berlindung dari kejaran polisi.

"Delima ini yang kabur saat baku tembak Senin lalu. Dia kabur bersama Basri dan seorang perempuan yang diduga sebagai istri Basri," tambah mantan Kapolda Banten itu.

Seorang wanita pengikut kelompok bersenjata pimpinan Santoso menyerahkan diri ke anggota Satgas ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T12:27:09+0700
http://rimanews.com/nasional/keamanan/read/20160723/293988/Wanita-yang-Menyerahkan-Diri-Ternyata-Istri-Santoso-
Anggota TNI Tewas Loncat dari Lantai 8 Mall Pasar Baru Bandung

Rimanews - Seorang anggota TNI tewas, setelah loncat dari lantai 8 Mall Pasar Baru, Bandung sekitar pukul 08.30 WIB. Belum diketahui motif anggota TNI AD dari Kodam III Siliwangi itu melompat. Jenazah  kini dibawa ke kamar jenazah Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung.

Kepala Penerangan Kodam III/Siliwangi, Letkol Desy Aryanto membenarkan anggotanya tewas lompat dari lantai 8 mall. "Benar yang bersangkutan anggota TNI AD dari kesatuan RINDAM III Siliwangi, berpangkat Mayor," jelas Kapendam saat dihubungi wartawan, sabtu (23/07/2016).

Korban yang jatuh tersebut diketahui Perwira berpangkat Mayor di kesatuan RINDAM III/ Siliwangi. "Korban berpangkat Mayor Inf atas nama Sukardi," jelas Kapendam.

Untuk motif mengapa korban melompat dari pasar baru sendiri, masih diselidiki oleh pihak intel Pomdam III/Siliwangi.

"Masih belum jelas apakah korban melompat sendiri, atau terjatuh dan lainnya. Masih menuggu hasil penyelidikan Pomdam III/Siliwangi," pungkasnya.

Seorang anggota TNI tewas, setelah loncat dari lantai 8 Mall Pasar Baru, Bandung sekitar pukul ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T12:06:08+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160723/293987/Anggota-TNI-Tewas-Loncat-dari-Lantai-8-Mall-Pasar-Baru-Bandung
Pura-Pura Main Pokemon, Agus Curi Motor di Mall

Rimanews - Agus Kuncoro (33) kepergok petugas keamanan mall di Garut, Jawa Barat, sedang beraksi mencuri motor di tempat parkir. Kepada petugas, Agus berdalih sedang cari Pokemon. 

"Saat kejadian pencurian motor di mall, anggota Patroli yang melintas melihat ada kerumunan warga dan satpam mall setempat yang tengah mencari kendaraan yang hilang di parkiran," jelas Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Yusri Yunus, Sabtu (23/07/2016).

Pelaku Agus sempat membantah mencuri motor matic. "Pengakuannya lagi main game Pokemon Go," ujar Yusri.

Petugas tak percaya dan langsung membawa pelaku ke Mapolres Garut untuk dimintai keterangan.

"Barang bukti dari tangan pelaku yakni kunci letter T sebanyak dua buah, serta motor matic milik korban," pungkasnya.

Agus Kuncoro (33) kepergok petugas keamanan mall di Garut, Jawa Barat, sedang beraksi mencuri motor ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T11:50:54+0700
http://rimanews.com/nasional/kriminal/read/20160723/293986/Pura-Pura-Main-Pokemon-Agus-Curi-Motor-di-Mall
Jenazah Santoso Diambil Keluarga

Rimanews - Jenazah Santoso, pemimpin kelompok bersenjata di Poso, Sulawesi Tengah diambil keluarga untuk dikebumikan. Selain Santoso, jenazah anak buahnya Mukhtar juga sudah diambil keluarganya.

"Sudah, tadi pagi. Mereka datang bersamaan di RSU Bhayangkara untuk mengambil jenazah itu," kata Kabid Humas Polda Sulteng, Sabtu (23/07/2016).

Polisi mengizinkan keluarga Santoso dan Mukhtar mengambil jenazah tersebut di RS Bhayangkara karena pemeriksaan terhadap kedua jenazah sudah selesai.

Keluarga Santoso dan Mokhtar datang bersamaan untuk mengambil jenazah untuk dikebumikan dengan membawa ambulans.

Seorang staf Humas Polda Sulteng mengaku tidak tahu persis lokasi kedua jenazah akan dikuburkan. Berdasarkan informasi yang dihimpun jenazah Santoso sedang dalam perjalanan menuju Poso untuk dikebumikan di Desa Langangan, Kecamatan Poso Pesisir. 

Sedangkan Mokhtar akan dikuburkan di Kelurahan Tawaeli, Kota Palu.

Jenazah Santoso dan Mokhtar dievakuasi dari Poso ke RSU Bhayangkara Selasa (19/07) untuk diperiksa oleh tim disaster victims identification Polri untuk memastikan bahwa jenazah tersebut adalah benar Santoso dan Mokhtar.

Hasil pemeriksaan menyimpulkan, jenazah tersebut adalah Santoso, pemimpin kelompok sipil bersenjata yang melakukan berbagai aksi teror di Poso.

Jenazah Santoso, pemimpin kelompok bersenjata di Poso, Sulawesi Tengah diambil keluarga untuk ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T11:44:06+0700
http://rimanews.com/nasional/keamanan/read/20160723/293985/Jenazah-Santoso-Diambil-Keluarga
23 Juli 2016 | 11:48
Jenazah Santoso Diambil Keluarga
Ada Kasus Bully SMAN 6 Jakarta, Ahok: Keluarkan Saja!

Rimanews - Aksi bully terjadi di SMAN 6 Jakarta Selatan. Seorang siswa korban bully trauma dan ingin pindah sekolah.

"Anaknya sudah tidak mau kembali ke SMA 6 dan mau pindah ke swasta," ujar seorang kerabat siswa korban bully kepada Rimanews.

Aksi bully itu, kata dia, terjadi di luar lingkungan sekolah. Dia sudah menyarankan agar siswa melaporkan ke pihak sekolah. 

Jika tidak direspons pihak sekolah, dia telah meminta orangtua melapor ke Dinas Pendidikan dan Kepolisian.

"Jadi anak saudara saya ini katanya dibully di luar sekolah, di dekat Burger King, Blok M Plaza. Saat kejadian dia bertiga katanya. Nah kalau sekolah tidak ada reaksi, makanya lapor saja ke Dinas Pendidikan dan polres," terang dia.

Terkait hal itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku terkejut mendengar masih adanya kekerasan terhadap adik kelas di SMA Negeri 6, Jakarta Selatan. 

Dia menyatakan, siapa pun siswa yang terlibat bully kepada sesama siswa atau adik kelas sebaiknya langsung dikeluarkan dari sekolah.

"Makanya kalau gitu kita jadi tahu. Makanya begitu kita tahu, terbukti ada bully keluarkan saja," ujar Ahok saat dikonfirmasi di Balai Kota Jakarta, Sabtu (23/07/2016).

Dengan dikeluarkannya siswa tersebut dari sekolah, otomatis kata Ahok, Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang dimilikinya dicabut oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Sejauh ini, dikatakan Gubernur, berdasarkan laporan Dinas Pendidikan DKI angka siswa penerima KJP sudah merosot jauh dari tahun-tahun sebelumnya. 
Artinya, Pemprov DKI sudah tegas memberikan sanksi kepada siapa pun siswa yang melanggar ketentuan dan peraturan yang berlaku.

"Jadi ini bukan karena orang miskinnya turun, tapi kita cabutin. Ini mendidik, kalau kita gak cabutin rusak mentalnya," ungkap Ahok.

Rimanews - Aksi bully terjadi di SMAN 6 Jakarta Selatan. Seorang siswa korban bully trauma dan ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T11:27:34+0700
http://rimanews.com/nasional/politik/read/20160723/293984/Ada-Kasus-Bully-SMAN-6-Jakarta-Ahok-Keluarkan-Saja-
Wanita Pengikut Santoso Menyerahkan Diri

Rimanews - Seorang wanita anggota kelompok teroris pimpinan Santoso menyerahkan diri kepada aparat keamanan di sekitar Desa Tamanjeka, Kecamatan Poso Pesisir, Sabtu (23/07/2016).

Kabid Humas Polda Sulteng AKBP Hari Suprapto membenarkan kabar penyerahan diri wanita itu. 

Namun, Hari menolak memberikan keterangan rinci, karena identitas wanita itu masih sedang diselidiki.

"Kami akan segera merilisnya kalau pemeriksaan sudah mendapatkan informasi yang lebih lengkap," kata Hari, Sabtu (23/07/2016).

Hari juga enggan menjawab Ketika dikonfirmasi terkait kabar anggota jaringan Santoso lainnya yang menyerahkan diri. "Yang menyerahkan hanya satu," katanya.

Seorang wanita anggota kelompok teroris pimpinan Santoso menyerahkan diri kepada aparat keamanan di ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T11:11:53+0700
http://rimanews.com/nasional/keamanan/read/20160723/293983/Wanita-Pengikut-Santoso-Menyerahkan-Diri
Ahok Sebut Acara Bakti Sosial Membodohi Warga

Rimanews - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama melarang warga untuk mengundangnya hadir di acara bakti sosial (Baksos). Dia menganggap penyelenggaraan Baksos mengakibatkan warga punya hutang budi kepada penyelenggara.

"Itu menurut saya pembodohan. Makanya saya minta kepada bapak-bapak, ibu-ibu jangan mengundang saya lagi. Ini yang terakhir, enggak apa-apa lah sudah terlanjur," ujar Ahok di acara bakti sosial hari anak nasional di Balai Kota Jakarta, Sabtu (23/7/2016).

Ahok mengklaim dirinya tidak pernah mengadakan acara Baksos sejak dirinya berkiprah di dunia politik. Kata dia, acara Baksos juga rentan dimanfaatkan lawan politik untuk menyerang dirinya.

"Sudahlah, aku gak setuju Baksos-Baksos. Karena apapun itu jadi hutang budi, mau dia korup pun kita jadi terpaksa milih nih. Karena orang tuanya sudah dapat sembako dari bantuan sosial itu, kan dia merasa hutang budi," tegas Ahok.

 - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama melarang warga untuk mengundangnya hadir di ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T10:37:29+0700
http://rimanews.com/nasional/politik/read/20160723/293981/Ahok-Sebut-Acara-Bakti-Sosial-Membodohi-Warga
Buruknya Kondisi Jalan di Banten Selatan

Rimanews - Warga mengeluhkan buruknya kondisi jalan Raya Mandalawangi, tepatnya di wilayah Mengger, Kabupaten Pandeglang, Banten. Kondisi jalan sempit, dan aspal jalan yang mengelupas membahayakan pengguna jalan.

"Paling ada perbaikan paling hanya beberapa meter, yang rusak dan berlubang tetap masih ada. Harusnya kan semua dibenerin," kata Riyan Hidayat, warga Desa Nembol, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten, saat ditemui di lokasi, Sabtu (23/07/2016).

Riyan bercerita, setiap akhir pekan jalan itu selalu dipenuhi oleh para wisatawan. Jalan Raya Mandalawangi merupakan jalur alternatif untuk berlibur ke daerah Pandeglang, terutama Pantai Carita.

"Kalau ada mobil dari arah berlawanan terpaksa harus ada salah satu mobil yang mengalah," tegasnya.

Jalan provinsi yang hanya selebar dua meter ini pun kerap menimbulkan kemacetan. Sebab, laju kendaraan hanya bisa dipacu pelan.

"Ini di sebabkan akses jalan yang terlalu sempit, membuat kepadatan jalur Mengger-Mandalawangi-Carita macet," kata Abdul Azies, warga Bojong, Kabupaten Pandeglang.

Warga mengeluhkan buruknya kondisi jalan Raya Mandalawangi, tepatnya di wilayah Mengger, Kabupaten ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T10:30:17+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160723/293980/Buruknya-Kondisi-Jalan-di-Banten-Selatan
Anggota Dewan NasDem Mundur Sebelum Dipecat

Rimanews - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Bandarlampung Nizar Romas mengajukan surat pengunduran diri sebelum dipecat Partai NasDem.

"Jumat pagi, surat itu sudah diserahkan dan diterima oleh Ketua DPRD Kota Bandarlampung agar dapat ditindak lanjuti," kata M Irfandi, seorang kerabat Nizar Romas, di Bandarlampung, Sabtu (23/07/2016).

Surat pengunduran diri langsung ditandatangani Nizar dan diantarkan ke DPRD Kota Bandarlampung. Dia mundur karena tidak bisa melanjutkan kinerja sebagai wakil rakyat lantaran ada kesibukan lain.

Surat pengunduran diri itu diantar oleh ajudannya Sony Eriko dan diterima langsung oleh Ketua DPRD Kota Bandar Lampung Wiyadi, kemarin.

"Ya sudah, jadi sebelum ada pengumuman terkait PAW, sudah saya serahkan langsung surat pengunduran diri beliau (Nizar Romas) dari keanggotaan partai dan wakil rakyat," kata Irfandi menirukan pernyataan Sony.

Irfandi menuturkan, keluarga menyetujui langkah Nizar mundur dari panggung politik.

Surat itu juga ditembuskan langsung kepada Gubernur Lampung, Wali Kota Bandarlampung, DPP, DPW, dan DPD Partai besutan Surya Paloh itu.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Bandarlampung, Wiyadi, membenarkan surat pengunduran diri Nizar Romas telah diterima pihak DPRD.

"Ya, kemarin sudah kita terima terkait surat pengunduran diri yang bersangkutan," kata dia.

Sebelumnya, Nizar Romas diduga melakukan pencurian alat kesehatan (alkes) di Ruang Mawar Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM). Selain itu, Nizar Romas sebenarnya sedang dalam proses PAW (pergantian antarwaktu) sebelum adanya masalah pencurian.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Bandarlampung Nizar Romas mengajukan surat pengunduran ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T10:57:39+0700
http://rimanews.com/nasional/politik/read/20160723/293982/Anggota-Dewan-NasDem-Mundur-Sebelum-Dipecat
Enam Kilogram Ganja Ditemukan di Mobil Travel

Rimanews - Polres Pasaman Barat, Sumatera Barat menyita enam kilogram ganja di jalan Jorong Lapu Nagari Parit, Kecamatan Koto Balingka. Ganja itu dibawa di mobil travel milik para pelaku.

"Kami juga mengamankan tiga pelaku, kemarin sore dan pelaku saat ini sudah diamankan di Polres Pasaman Barat," kata Kepala Polres Pasaman Barat, AKBP Djoko Ananto, Sabtu (23/07/2016).

Ketiga pelaku yakni, berinisial PD(23), warga Penyabungan Mandailing Natal Sumatera Utara. Selanjutnya, HR(20) dan DI (25), warga Sungai Aur Pasaman Barat.

Penangkapan ketiga pelaku berawal adanya informasi dari masyarakat dan berdasarkan penyeliidkan anggota opsnal Satuan Narkoba Polres Pasaman Barat.

Berdasarkan penyelidikan, polisi langsung menangkap PD di jalan Jorong Batang Lapu Nagari Parit Kecamatan Koto Balingka. PD dibekuk saat berada di atas mobil travel L300 Aek Mais nomor polisi B 7180 JI.

Dari tangan pelaku, polisi mengamankan daun ganja kering yang disimpan dalam dus warna coklat dilapis kantong plastik warna merah .

Dus itu diamankan dari dalam bagasi mobil travel. Kemudian dilakukan pengembangan dan berhasil diamankan dua orang pelaku lainnya yang menunggu di loket travel Aek Mais di pasar Ujung Gading dan Jorong lubuk Juangan Nagaru Sungai Aur.

Dari ketiga pelaku, polisi mengamankan barang bukti enam kilogram daun ganja, tiga buah telephon genggam merk Nokia dan uang tunai Rp 2.100.000.

Saat ini ketiga pelaku sedang menjalani pemeriksaan intensif di Mapolres Pasaman Barat.

 - Polres Pasaman Barat, Sumatera Barat menyita enam kilogram ganja di jalan Jorong Lapu ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T09:56:40+0700
http://rimanews.com/nasional/kriminal/read/20160723/293978/-Enam-Kilogram-Ganja-Ditemukan-di-Mobil-Travel
Gitaris Kafe Nyambi Edarkan Sabu

Rimanews - Kepolisian Resor Barito Utara, Kalimantan Tengah menangkap  warga Jalan Kolam Pipit RT 13 Muara Teweh. Pria tersebut diduga mengedarkan sabu.

"Tersangka penjual narkoba ini diamankan beserta sejumlah barang bukti yang ditemukan di rumahnya," kata Kasat Narkoba AKP Tugiyo di Muara Teweh, Sabtu (23/07/2016).

Tersangka, kata Tugiyo, berinisial MH alias Iyan yang sehari-hari berprofesi sebagai pemain gitar (gitaris) di kafe. Iyan ditangkap polisi di rumahnya kemarin malam sekitar pukul 20.00 WIB.

Setelah petugas satresnarkoba mendapat informasi di rumah tersangka sering digunakan untuk transaksi narkoba jenis shabu, petugas melakukan observasi dan langsung melakukan penggeledahan. Saat digeledah, polisi menemukan sabu di saku celana.

"Di saku celana kanan tersangka juga ditemukan yang sebanyak Rp530.000. Dalam saku celana kiri dompet kecil warna merah berisi tiga paket narkotika jenis shabu seberat 2,39 gram," kata Tugiyo.

Polisi juga menemukan pipet dan sedotan serta sebuah HP merk Nokia, dompet kecil warna merah, dan korek api mancis warna merah masing-masing satu buah.

"Dalam handphone pelaku ditemukan pesan pendek (sms) yangg berisi maksud transaksi narkotika," katanya.

Kepolisian Resor Barito Utara, Kalimantan Tengah menangkap  warga Jalan Kolam Pipit RT 13 ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T09:29:38+0700
http://rimanews.com/nasional/kriminal/read/20160723/293975/-Gitaris-Kafe-Nyambi-Edarkan-Sabu
23 Juli 2016 | 09:36
Gitaris Kafe Nyambi Edarkan Sabu
3.000 Anak Meriahkan Puncak Hari Anak Nasional

Rimanews  - Ribuan anak dari seluruh Indonesia, menghadiri puncak kegiatan Hari Anak Nasional (HAN) 2016 yang diselenggarakan di Lapangan Sangkareang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

"Lebih dari 3.000 anak dari seluruh penjuru Nasional memeriahkan puncak HAN 2016 yang dilaksanakan di Kota Mataram," kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise dalam sambutan HAN 2016 di Mataram, Sabtu (23/07/2016).

Kegiatan HAN 2016 ini, kata dia, diikuti dari berbagai forum anak, termasuk juga ikut serta anak-anak berkebutuhan khusus, anak yatim piatu, anak jalanan, dan anak yang sedang menjalani proses hukum.

Puncak kegiatan HAN tahun ini, ujarnya, tidak hanya diselenggarakan di Kota Mataram. 

Namun, juga diselenggarakan di seluruh daerah, bahkan perwakilan anak di luar negeri juga turut serta memeriahkannya dengan berbagai kegiatan.

Pelaksanaan HAN tahun ini terasa berbeda dengan tahun tahun sebelumnya yang digelar di Istana Negara. Tahun ini, HAN digelar di Mataram. "Terima kasih kepada Kota Mataram, khususnya Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh telah memberikan fasilitas dan mendampingi kegiatan HAN 2016 hingga pelaksaan hari puncak," ucapnya.

 - Ribuan anak dari seluruh Indonesia, menghadiri puncak kegiatan Hari Anak Nasional (HAN) ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T09:19:06+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160723/293974/3-000-Anak-Meriahkan-Puncak-Hari-Anak-Nasional
Sistem Ganjil-Genap Kendaraan Bikin Gaduh

Rimanews - Upaya mengurai kemacetan dengan menerapkan sistem plat nomor ganjil-genap yang akan dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada Selasa, 26 Juli mendatang dinilai sia-sia.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Triwisaksana meyakini kebijakan penerapan ganjil-genap bagi pengguna kendaraan di beberapa ruas jalan di Jakarta tidak akan mengurangi volume jumlah kendaraan yang ada. Justru, dikatakannya, kebijakan tersebut akan menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat.

"Ganjil genap belum tepat diterapkan. Pertama pajak kendaraan bermotor itu wajib pajak 100 persen. Kalau diterapkan ganjip genap, pengendara hanya bisa menggunakan selang-seling," ujar Sani saat dihubungi, Sabtu (23/7/2016).

Selain itu, politisi Partai Keadilan Sejahtera ini pengawasan ganjil genap dinilai rumit. Sani berkaca pada pengawasan sterilisasi jalur TransJakarta. 

Warga yang melintas di busway akan disanksi Rp1 juta. Tapi nyatanya masih ada saja pengendara yang melintas.

Menurut Sani, sistem three in one (3 in 1) lebih efektif sambil Pemprov DKI menunggu diterapkannya electronic road pricing (ERP) atau sistem jalan berbayar elektronik.

"Saya menyarankan 3 in 1 diefektifkan, sampai konsep ERP yang paling ideal. Tidak usah ganjil genap. 3 in 1 jauh lebih efektif, kan tiga orang. Kalau ganjil genap dua orang," kata dia.

Upaya mengurai kemacetan dengan menerapkan sistem plat nomor ganjil-genap yang akan dilakukan ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T09:03:02+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160723/293973/-Sistem-Ganjil-Genap-Kendaraan-Bikin-Gaduh
Pecat Tiga Polisi Narkoba, Kapolda Papua Nangis

Rimanews - Tiga orang anggota polisi Polda Papua dipecat gara-gara menggunakan narkoba. Ketiga anggota polri yang dipecat tidak dengan hormat masing-masing Bripka Ahmad Suyanto, Briptu Ade Irwin dan Brigpol Irfan.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw,  mengatakan ketiganya dipecat karena terlibat kasus narkoba dan melanggar Peraturan Kapolri no 14 tahun 2011 serta Peraturan Pemerintah no 1 tahun 2003 tentang pemberhentian anggota polri.

Paulus Waterpauw sempat menangis saat upacara pelepasan ketiga anggota polisi itu. Dia mengaku berat hati memecat anak buahnya. Tapi, karena kesalahan yang dilakukan anak buahnya tergolong berat maka institusi harus menindak tegas.

"Bahkan mereka bukan saja menjadi pengguna narkoba tetapi mereka sudah jadi pengedar," kata Paulus sambil meneteskan air mata.

Menurut dia, sejak awal, dirinya tidak tega melakukan pemecatan terhadap anggota. Sebab, berdampak kepada keluarga.

Dia berharap para komandan satuan diharapkan senantiasa mengawasi anggotanya agar tidak terlibat dalam kasus narkoba.

Tiga orang anggota polisi Polda Papua dipecat gara-gara menggunakan narkoba. Ketiga anggota polri ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T07:49:55+0700
http://rimanews.com/nasional/hukum/read/20160723/293966/Pecat-Tiga-Polisi-Narkoba-Kapolda-Papua-Nangis
Indonesia Harus Minta Maaf ke Korban 1965, Ketua MPR: Tidak!

Rimanews - Pengadilan Rakyat Internasional (IPT) 1965 di Den Haag, Belanda, merekomendasikan Indonesia harus meminta maaf kepada korban dan keluarga tragedi 1965.

Terkait hal itu, Ketua MPR Zulkifli Hasan menyetujui penyelesaian pelanggaran hak asasi manusia (HAM) masa lalu. Tapi, kata dia, pemerintah tidak perlu meminta maaf kepada pihak manapun yang terlibat di dalamnya.

"Tidak. Apa harus minta maaf? Kan tidak. Itu pengadilan yang tidak resmi dan tidak mengikat," kata Zulkifli selepas menghadiri Jambore Nasional Kader dan Pendekar Tapak Suci Putera Muhammadiyah di Bumi Perkemahan Wonogondang, Sleman.

Apabila pemerintah Indonesia menyampaikan permintaan maaf maka hal tersebut dinilainya sebagai sesuatu yang berlebihan.

"Saya kira begini, memang kita harus menyelesaikan pelanggaran HAM masa lalu agar tidak ada beban sejarah. Tetapi jangan juga melakukan sesuatu yang berlebihan," katanya.

Pasalnya apabila pemerintah menyampaikan permintaan maaf, hal tersebut tak ubahnya mengorek kembali luka masa lalu.

"Keadaan yang sudah baik ini, luka lama yang dalam jangan kita korek-korek terus. Saya setuju kita menyelesaikan pelanggaran HAM berat, tapi jangan membangkitkan luka lama yang tentu akan membuat sulit berbagai pihak," katanya.

Pengadilan Rakyat Internasional (IPT) 1965 di Den Haag, Belanda, merekomendasikan Indonesia harus ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T07:25:52+0700
http://rimanews.com/nasional/politik/read/20160723/293962/Indonesia-Harus-Minta-Maaf-ke-Korban-1965-Ketua-MPR-Tidak-
Gara-Gara Jengkol Kiki Dibunuh

Rimanews - Kiki Suhada (25) tewas dibunuh di kawasan Pegunungan Lawe Nimber, Kecamatan Darul Hasanah, Aceh Tenggara. pemicunya, gara-gara jengkol.

Kapolsek Darul Hasanah, Iptu Supriyanto mengungkapkan, Kiki yang sehari-sehari bekerja sebagai petani, tewas di tangan petani lainnya berinisial BM (33). Pembunuhan itu bermula, ketika  tersangka BM memanen jengkol di kebun milik paman korban. 

BM memanen jengkol bersama seorang saksi bersama Arif Sopian Sani. Mendadak, korban datang dan marah-marah kepada tersangka sambil berkata, "Kenapa kau ambil jengkol itu? Ini kan jengkol punya paman saya."

Lalu, sambil meletakkan jengkol tersangka menjelaskan bahwa jengkol ini miliknya. Kemudian terjadi cekcok mulut. Kesal, BM pun membacok Kiki dengan parang.

Usai membunuh Kiki, BM menyerahkan diri. "Tersangka mengaku telah melakukan pembunuhan terhadap korban dengan menggunakan sebilah parang," kata Supriyanto.

Kini, BM diserahkan ke Polres Aceh Tenggara guna penyidikan lebih lanjut.

Kiki Suhada (25) tewas dibunuh di kawasan Pegunungan Lawe Nimber, Kecamatan Darul Hasanah, Aceh ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T06:19:51+0700
http://rimanews.com/nasional/kriminal/read/20160723/293956/-Gara-Gara-Jengkol-Kiki-Dibunuh
23 Juli 2016 | 06:21
Gara-Gara Jengkol Kiki Dibunuh
Airin Pastikan Tangsel Aman dari Vaksin Palsu

Rimanews - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel memastikan di wilayahnya hingga kini belum ditemukan keberadaan vaksin palsu.

"Kalau dari data Kemenkes, belum ada ditemukan di Tangsel. Kalau pun ditemukan, kita akan tindak tegas dan mencari solusi yang disampaikan Kemenkes," kata Airin Rachmi Diani, usai menghadiri silaturahmi bersama Menkopolhukam, Gubernur Banten, bersama ulama dan kyai Banten, di Kota Serang, Jum'at (22/07/2016).

Setelah ditemukan pergudangan vaksin palsu dan ramainya pemberitaan, pihaknya langsung mengecek setiap lembaga kesehatan di Kota Tangsel.

"Saat ramai diberitakan vaksin, kami sudah berkoordinasi dengan BPOM Banten, sehingga kami mengecek Rumah Sakit Umum Tangsel dengan 26 puskesmas, sampai ke distributor, Alhamdulillah tidak ditemukan. Rumah Sakit swasta terus kita lakukan evaluasi, diharapkan tidak terjadi," terangnya.

Dirinya pun meminta masyarakat untuk tidak khawatir jika ke depan ditemukan peredaran vaksin palsu. Karena bisa dilakukan vaksinasi ulang. "Kita punya kader lima ribu Posyandu, masyarakat diharapkan tidak takut untuk melakukan vaksinasi ulang," tegasnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel memastikan di wilayahnya hingga kini belum ditemukan keberadaan ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T04:53:39+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160723/293942/Airin-Pastikan-Tangsel-Aman-dari-Vaksin-Palsu
Rano Laporkan 12 Megaproyek Nasional Ke Menko Luhut

Rimanews - Gubernur Banten, Rano Karno melaporkan progres percepatan pembangunan 12 megaproyek nasional di wilayahnya itu kepada Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan.

"Dalam dua tahun terakhir, saya berulang kali menghadap Presiden dan berkoordinasi dengan kementrian dan lembaga. Alhamdulillah melalui Perpres nomor 3 tahun 2016 tentang percepatan pembangunan proyek strategis nasional sebanyak 12 agenda prioritas nasional akan dilaksanakan di Banten," kata Rano Karno, dalam sambutannya di hadapan Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan bersama puluhan kyai dan ulama se'Banten, di Kota Serang, pada Jum'at 22 Juli 2016.

 

Bang Doel yang kini tengah fokus menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang menjelaskan di hadapan Luhut, Ulama dan Kyai se'Banten, bahwa saat ini telah di tanda tangani penentuan lokasi pembangunan jalan bebas hambatan tersebut.

"Lokasi pembangunan jalan tol Serang Timur hingga Panimbang sudah saya tanda tangani selaras dengan arahan Bapak Presiden," tegasnya.

Luhut pun selaku utusan pemerintah pusat menyambut positif akan kinerja Pemprov Banten di bawah kepemimpinan Rano Karno karena begitu agresif membenahi 'Bumi Seribu Kyai Sejuta Santri' ini.

"Banten semakin maju saat ini dengan adanya 12 proyek nasional. Pak Gubernur harus terus meningkatkan kekompakan kerja," kata Luhut Binsar Panjaitan, Menkopolhukam, ditempat yang sama, Jum'at 22 Juli 2016.

Luhut pun meminta kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya kyai dan alim ulama untuk bahu membahu membangun Indonesia dari desa. "Mari bersama-sama membuat refleksi, mari berbuat untuk Indonesia lebih baik lagi. Karena saat ini Indonesia masuk era jaman keemasan," pungkasnya.

Gubernur Banten, Rano Karno melaporkan progres percepatan pembangunan 12 megaproyek nasional ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T04:45:15+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160723/293941/Rano-Laporkan-12-Megaproyek-Nasional-Ke-Menko-Luhut
Polda Papua Pecat Tiga Anggotanya

Rimanews - Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw, Jumat sore, memecat tiga anggota dari dinas kepolisian karena terlibat kasus narkoba dengan melepaskan baju dinas secara bergantian.

Pelepasan tidak dengan hormat ketiga anggota polisi dilaksanakan di lapangan apel Mapolda Papua di Jayapura disaksikan Waka Polda Brigjen Pol Rudolf Roja beserta komandan satuan dan anggota di lingkungan Polda Papua.

Ketiga mantan anggota polri yang dipecat tidak dengan hormat masing masing Bripka Ahmad Suyanto, Briptu Ade Irwin dan Brigpol Irfan dipecat karena terlibat kasus narkoba dan melanggar Peraturan Kapolri no 14 tahun 2011 dan Peraturan Pemerintah no 1 tahun 2003 tentang pemberhentian anggota polri.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw dalam sambutannya mengaku berat melepaskan ketiga anggota polisi namun karena kesalahan yang dilakukannya maka institusi harus menindak tegas.

"Bahkan mereka bukan saja menjadi pengguna narkoba tetapi mereka sudah jadi pengedar," kata Kapolda Papua seraya meneteskan air mata.

Menurut dia, sejak awal dirinya tidak tega melakukan pemecatan terhadap anggota karena pasti berdampak kepada keluarga.

Untuk itu para komandan satuan diharapkan senantiasa memonitor anggotanya agar tidak terlibat dalam kasus serupa hingga tidak ada lagi anggota yang dipecat dari dinas polisi, harap Kapolda Papua Irjen Pol Waterpauw.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw, Jumat sore, memecat tiga anggota dari dinas kepolisian ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T03:53:52+0700
http://rimanews.com/nasional/hukum/read/20160723/293939/Polda-Papua-Pecat-Tiga-Anggotanya
23 Juli 2016 | 04:01
Polda Papua Pecat Tiga Anggotanya
Warga Asli Papua Kini Belajar Menggarap Sawah Padi

Rimanews - Sejumlah warga asli Papua di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, akan belajar menggarap sawah padi di daerah tersebut.

Komandan Distrik Militer 1703/Manokwari Andy Parulian Simanjuntak di Manokwari, Jumat (22/7/2016), mengatakan program cetak sawah di empat kabupaten yang menjadi wilayah kerja Kodim secara keseluruhan tahun ini membuka lahan seluas 1.390 hektare.

"Manokwari 740 hektare, Manokwari Selatan 400 hektare, Teluk Bintuni 100 hektare, Teluk Wondama 150 hektare," katanya.

Dari 750 hektare lahan di Manokwari, kata Andy, 25,75 hektare di antaranya sudah di tanam dan 400 hektare siap ditanam. Sementara sisanya masih dalam tahap penyelesaian. Pihaknya sedang mengirim peralatan ke Teluk Wondama.

Sementara di Manokwari Selatan masih dalam pengerjaan yang dalam waktu dekat akan selesai, begitu pun Teluk Bintuni. "Di Manokwari ada enam orang asli Papua yang memiliki tekat kuat untuk terlibat menggarap sawah. Mereka tergabung dalam kelompok tani di Kampung Sidomuncul, Distrik Masni," katanya.

Di lokasi tersebut, lanjutnya, enam orang tersebut masing-masing akan menggarap lahan seluas satu hektare. Mereka akan mendapat pendampingan dari Dinas Pertanian, Bintara TNI serta anggota lain dalam kelompok tani tersebut.

Dia mengutarakan pada minggu kedua Agustus 2016 peluncuran penanaman serentak di 400 hektare lahan yang siap tanam akan dilakukan. 

Pendampingan akan dilakukan sejak proses pembibitan, penanaman hingga panen dilakukan.

"Dengan pendampingan ini diharapkan masyarakat lokal juga bisa mahir dalam menggarap sawah padi. Hal ini, betul-betul baru bagi mereka, mereka memang petani tapi belum pernah menggarap sawah," katanya lagi.

Seperti diketahui, petani dari kalangan masyarakat lokal selama ini cenderung berkebun, untuk menanam singkong, umbi-umbian, sayur dan tanaman biji-bijian sebagai bahan pangan.

Pertanian sawah padi dilakukan oleh masyarakat yang didatangkan dari luar wilayah Papua melalui program Transmigrasi pada puluhan tahun silam.

Selain itu pola pertanian yang mereka terapkan akan pola tradisional dengan sistem subsisten. Sementara pola tanam pada program cetak sawah padi ini adalah pola modern melalui manajemen yang terpusat pada kelompok tani.

Sejumlah warga asli Papua di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, akan belajar menggarap sawah padi di ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T02:14:11+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160723/293936/Warga-Asli-Papua-Kini-Belajar-Menggarap-Sawah-Padi
Polda Metro Ungkap Sindikat Perampok Emas Beraksi di Matraman

Rimanews - Petugas Polda Metro Jaya mengungkap sindikat perampokan bersenjata api yang menyasar perhiasan emas PT Duta Mas Indo milik korban Yusuf alias Akioang.

"Pelaku perampokan bersenjata api beraksi di Jalan Kesatriaan Matraman, Jakarta Timur," kata Kepala Unit 3 Subdirektorat Kejahatan dan Kekerasan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kompol Awaludin Amin, di Jakarta, Jumat (23/7/2016).

Anggota Polda Metro Jaya meringkus tersangka AM alias Otong (36) sebagai kapten, NNA (24) menjadi joki, dan TS (30) berperan mengambil barang di mobil.

Kemudian, pelaku DPG (24) dan M (27) sebagai pembeli barang curian, sedangkan Seno (24) menjadi pelaku perampokan dan perantara penjualan senjata api masuk daftar pencarian orang (DPO).

Polisi dari tersangka AM menyita barang bukti enam unit telepon seluler, empat lembar giro, satu kotak emas berbagai jenis, satu unit timbangan, tiga jam, uang tunai Rp30 juta, dan tiga unit sepeda motor.

Polisi juga mengamankan barang bukti dari tersangka TS berupa satu sepatu, uang tunai Rp35 juta, tiga unit telepon seluler, dan satu unit motor.

Barang bukti lainnya satu unit sepeda motor milik tersangka NNA, kemudian berbagai perhiasan emas dan satu buku tabungan Britama dari tersangka DPG.

Petugas Polda Metro Jaya mengungkap sindikat perampokan bersenjata api yang menyasar perhiasan emas ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T00:59:18+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160723/293934/Polda-Metro-Ungkap-Sindikat-Perampok-Emas-Beraksi-di-Matraman
Surya Paloh Kritik Elit Politik

Rimanews - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menegaskan pemuda harus menjadi pionir perubahan dan perbaikan dari sebuah inkonsistensi elit politik saat ini.

"Seharusnya para elit politik harus melakukan supervisi mengayomi. Tapi ada inkonsistensi yang terjadi. Tugas siapa membawa lurus. Yang jelas tugas kita semua. Yang mengatasnamakan anak bangsa. Dan setelah itu siapa yang menjadi pionir?, Pionir diharapkan kaum muda. Kalian harus menjadi pionir," tegas Surya Paloh dalam sambutannya pada perayaan HUT ke 5 Garda Pemuda NasDem di Jakarta, Jumat (22/7/2016) malam.

Oleh karena itu, Surya meminta Gerakan Pemuda NasDem merangkul dan berjalan bersama dengan organisasi sayap partai politik lainnya untuk kepentingan bangsa.

"Biarkan elit-elitnya ada perbedaan, tapi itu tidak berlaku pada pemuda NasDem dan pemuda-pemuda partai politik lainnya," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Garda Pemuda Nasdem Martin Manurung menilai, lima tahun Garda Pemuda NasDem telah melahirkan mutiara-mutiara yang telah menjadi penggerak dan motor gerakan perubahan.

"Catatan Garda Pemuda Nasdem mempunyai spirit kebersamaan. Keberlangsungan organisasi bukan karena kehebatan satu atau dua orang atau dibiayai pimpinan. Tapi karena bersama-sama membangun, memiliki rasa kebersamaan dan kita pemuda membangunnya," ujar Martin.

Martin berharap dalam hari lahir Garda Pemuda Nasdem ini, dapat membangun kader-kader yang militan. Dan dalam menghadapi Pemilu 2019 mendatang, Garda Pemuda Nasdem merapatkan barisan untuk memenangkan Pemilu 2019.

"Pemilu 2019 kurang tiga tahun. Garda Pemuda Nasdem harus terlibat memenangkan pemilu. Lima tahun sudah dilalui. Ke depan ambil posisi dalam gagasan yang dimiliki Partai NasDem," ucapnya.

Dalam perayaan hari jadi Garda Pemuda NasDem dihadiri Gubermur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama, Stafsus Presiden Jokowi Diaz Hendropriyono, Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan, dan sayap-sayap pemuda parpol.

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menegaskan pemuda harus menjadi pionir perubahan dan perbaikan ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T00:42:22+0700
http://rimanews.com/nasional/politik/read/20160723/293933/Surya-Paloh-Kritik-Elit-Politik
23 Juli 2016 | 00:46
Surya Paloh Kritik Elit Politik
Krishna Murti Jadi Wakapolda Lampung, Kombes Rudy Jabat Dirkrimum

Rimanews - Mabes Polri kembali melakukan mutasi jabatan perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen), Jumat (22/7/2016). Salah satu yang mencolok adalah nama Kombes Krishna Murti yang dipromosikan sebagai Wakapolda Lampung.

Dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1738/VII/2016, Krishna akan menggantikan Kombes Bonifasius Tampoi yang diangkat sebagai Seslem Sespim Lemdikpol Polri. Posisi Krishna sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya diisi oleh Kombes Rudy Heriyanto Adi Nugroho yang sebelumnya menjabat Kapolres Metro Jakarta Barat.

Sementara Kapolres Jakbar akan dijabat oleh Kombes Roycke Harry Langie yang sebelumnya Kapolres Bandara Soekarno-Hatta. Posisi Roycke akan diisi oleh Kapolresta Bekasi, Kombes Heri Sumarji. Sementara posisinya akan ditempati Kombes Umar Surya Fana. Umar merupakan Kasubdit III Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri.

Kembali pada Krishna Murti, pria kelahiran 15 Januari 1970 ini berlakangan menjadi idola baru kepolisian dan masyarakat seiring pretasi yang ditorehnya dalam menangangi kasus-kasu besar yang menyita perhatian publik, termasuk aksi heroiknya saat memimpin penyergapan teroris bom Sarinah, hingga sepakterjangnya dalam mengani kasus "kopi maut" perenggut nyawa Wayan Mirna Salihin yang terus mendapat dukungan, pujian, doa untuk terus menuntaskan kasus tersebut.

Mabes Polri kembali melakukan mutasi jabatan perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen), ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T00:31:35+0700
http://rimanews.com/nasional/hukum/read/20160723/293932/Krishna-Murti-Jadi-Wakapolda-Lampung-Kombes-Rudy-Jabat-Dirkrimum
Pengikut Santoso Menyerahkan Diri, Bupati Poso Siap Bertanggungjawab

Rimanews - Bupati Poso Darmin Sigilipu mengatakan jika pengikut pemimpin kelompok sipil bersenjata Santoso yang tersisa di hutan menyerahkan diri secara sukarela, dirinya siap menjadi mediator kepada aparat keamanan.

"Berkal-kali sudah saya katakan, menyerahkan diri ke pemerintah kalau takut ke aparat. Saya pribadi bertanggungjawab. Menko Polhukam juga sudah menyampaikan karena memang itu harapan pemerintah," kata Darmin yang dihubungi dari Palu, Jumat (22/7/2016) malam, menanggapi upaya pemerintah terkait kelompok Santoso yang tersisa di hutan Poso.

Dia mengatakan dirinya berharap para pengikut Santoso yang diperkirakan 19 orang itu sebaiknya keluar dari hutan dan menyerahkan diri ke pemerintah daerah.

"Kita bangun daerah ini. Kita bangun negeri ini. Kalau mereka kembali ke pangkuan Pertiwi itu lebih baik," katanya.

Dia mengatakan dalam beberapa kasus kelompok jaringan radikal itu menyerahkan diri ke aparat, tetap mendapat perlakuan manusiawi.

Darmin juga menyempatkan diri mengunjungi keluarga Santoso yang sedang berdukacita pada Jumat. Dia juga bertemu saudara Santoso bahkan orang tuanya dan menyampaikan bela sungkawa kepada keluarga.

"Saya tidak lihat dia benar atau salah. Saya melihat kita ini sesama manusia. Saling menghargai. Yang lalu biarlah berlalu," katanya.

Dia mengatakan keluarga Santoso menerima baik siapa pun yang datang. "Dirinya datang ke rumah duka tersebut karena masih ingin melihat Poso damai," ujarnya.

Justru kata Darmin, jika pemerintah tidak hadir, akan memutuskan komunikasi dengan masyarakat. "Kalau Pemda tidak datang, di situ kan terputus. Setiap masalah bisa selesai kalau ada komunikasi. Bisa meruncing kalau tidak ada komunikasi," katanya.

Hingga Jumat malam, belum ada kepastian pemulangan jenazah Santoso yang tertembak oleh Satgas Operasi Tinombala di hutan Poso (18/7). Jenazah Santoso masih berada di kamar jenazah Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sulawesi Tengah.

Bupati Poso Darmin Sigilipu mengatakan jika pengikut pemimpin kelompok sipil bersenjata Santoso ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-22T23:41:52+0700
http://rimanews.com/nasional/keamanan/read/20160722/293931/Pengikut-Santoso-Menyerahkan-Diri-Bupati-Poso-Siap-Bertanggungjawab
Kronologi Penangkapan Penyidik KPK Gadungan

Rimanews - Ditreskrimum Polda Metro Jaya bersama Deputi Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat (PPIM) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhasil menangkap penyidik KPK gadungan. 

Dijelaskan, kronologi awal penangkapan penyidik gadungan tersebut, pada Rabu 20 Juli 2016 KPK menerima pengaduan adanya orang yang mengaku sebagai pegawai KPK, yaitu sebagai kepala bagian analisis yang diduga telah melakukan pemerasan kepada pihak yang saat ini sedang dalam pemeriksaan penyidik KPK.

berdasarkan informasi tersebut, KPK melakukan koordinasi dengan Ditreskrimum Polda Metro Jaya untuk melakukan operasi tangkap tangan.

Kemudian, pada hari kamis 21 juli 2016 sekitar pukul 21.00 WIB bertempat di sebuah komplek perumahan di Depok, petugas gabungan KPK dan Ditreskrimum Polda berhasil mengamankan pegawai KPK gadungan yang sedang melakukan transaksi dengan korban.

Selanjutnya, Tim gabungan dari KPK dan Polda kemudian mengamankan tiga orang yakni R, IBM dan H. "Setelah dilakukan pemeriksaan diperoleh informasi bahwa benar R (Risma) dan IBN (Iman B Nasution) dan insial I (Indra) pernah diminta uang oleh H (Harry) yang mengaku kepala bagian analisis KPK agar yang bersangkutan tidak dijadikan tersangka dan perkaranya dapat dihentikan," terang Krishna di gedung KPK, Jumat (21/7/2016).

Usai menjalani pemeriksaan intensif, Harry kemudian ditetapkan sebagi tersangka. Sedangkan, Risma dan Iman diperiksa sebagai saksi. "Namun dari tiga orang itu yang berstatus tersangka adalah HRS yang dua statusnya masih saksi," kata Krishna.

Dalam kasus ini, turut disita sejumlah barang bukti yakni lima buah handphone, kartu KPK, kartu pers koran pemberantasan korupsi, uang Rp25 juta, senjata airsoft gun, printer, dan scanner.

Ditreskrimum Polda Metro Jaya bersama Deputi Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat (PPIM) ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-22T23:22:33+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160722/293930/Kronologi-Penangkapan-Penyidik-KPK-Gadungan
Penyidik KPK Gadungan Ngaku Dekat Agus Rahardjo Cs

Rimanews - Petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) gadungan yang baru ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus dugaan pemerasan oleh pihak yang tengah berurusan dengan KPK yakni Harry Ray Sanjaya (HRS) ternyata mengaku sebagai Kepala Bagian Analis KPK.

Dirkrimum Polda Metro Jaya, Kombes Krishna Murti, menyebutkan bahwa Kamis kemarin (21/7/2016) sekitar 21.00 WIB, tim gabungan KPK dan Sat Jatanras Ditreskrimum Polda Metro tengah melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) dan berhasil mengamankan tiga orang salah satunya yakni HRS (tersangka), dan dua lainnya adalah saksi dan korban yakni Risma (R), dan IBN (Imam B Nasution).

"Setelah dilakukan pemeriksaan diperoleh info bahwa benar R, IBN, dan I (Indra) pernah dimintai uang oleh HRS yang mengaku Kepala Bagian Analis KPK agar yang bersangkutan tidak dijadikan tersangka oleh KPK dan perkaranya dapat dihentikan," beber Krishna, Jumat (22/7/2016).

Untuk menyakinkan R, IBN, dan I bahwa HRS adalah penyidik KPK yang mengaku dapat menghentikan perkara yang ditangani KPK, maka HRS menyampaikan kepada para korban beberapa hal yakni mengaku dekat dengan pimpinan KPK Agus Rahardjo cs.

"Bahkan diantara pimpinan KPK pada malam lebaran datang ke rumah HRS," ujarnya.

Selain itu, lanjut Krishna, HRS juga menyampaikan dekat dengan beberapa penyidik KPK. "HRS juga menyampaikan sering bertemu dengan pimpinan KPK dan pejabat struktural KPK karena tinggal di daerah yang sama," jelas dia.

Diketahui, dari hasil OTT tersebut berhasil disita sejumlah barang bukti di antaranya ID Card KPK Palsu, dokumen palsu, sceanner, laptop, senjata air softgun, dan sejumlah uang Rp 50 juta.

Atas perbuatannya itu, tersangka HRS disangkakan pada pasal 263 tentang pemalsuan, 372 penipuan/penggelapan dan pasal 368 tentang pemerasan.

Petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) gadungan yang baru ditetapkan sebagai tersangka terkait ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-22T22:34:59+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160722/293929/Penyidik-KPK-Gadungan-Ngaku-Dekat-Agus-Rahardjo-Cs
Krishna Murti Dipromosikan Jadi Wakapolda Lampung

Rimanews - Markas Besar Kepolisian RI kembali melakukan sejumlah rotasi jabatan penting. Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Metro Jaya, Kombes Krishna Murti dipromosikan sebagai Wakil Kepala Polda Lampung. Posisi Krishna sebagai Dirkrimum digantikan Kapolres Jakarta Barat, Kombes Rudy Heriyanto Adi Nugroho.

Dalam Surat Telegram (ST) Nomor 1738/VII/2016 tertanggal 22 Juli 2016 tersebut, sejumlah jabatan penting di Mabes Polri maupun di Polda lainnya juga dilakukan rotasi. Posisi Kapolres Jakarta Barat yang ditinggalkan Rudy akan ditempati Kapolres Bandara Soekarno Hatta, Kombes Royce Harilangi.

Dalam Surat Telegram Kapolri itu juga menyebutkan bahwa Krishna akan menggantikan Kombes Bonifasius Tampoi yang diangkat sebagai Seslem Sespim Lemdikpol Polri.

Seperti diketahui, Krishna Murti (Pria Kelahiran 15 Januari 1970) berlakangan menjadi idola baru kepolisian dan masyarakat seiring pretasi yang ditorehnya dalam menangangi kasus-kasus besar yang menyita perhatian publik, termasuk aksi heroiknya saat memimpin penyergapan teroris bom Sarinah, hingga sepakterjangnya dalam mengani kasus "kopi maut" perenggut nyawa Wayan Mirna Salihin yang terus mendapat dukungan, pujian, doa untuk terus menuntaskan kasus tersebut.

 - Markas Besar Kepolisian RI kembali melakukan sejumlah rotasi jabatan penting. Direktur ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-22T22:26:40+0700
http://rimanews.com/nasional/hukum/read/20160722/293928/Krishna-Murti-Dipromosikan-Jadi-Wakapolda-Lampung
Penyidik KPK Gadungan Sudah Ditetapkan Sebagai Tersangka

Rimanews - Ditreskrimum Polda Metro Jaya bersama Deputi Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat (PPIM) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhasil menangkap penyidik KPK gadungan.

Dari kerjasama kedua lembaga penegak hukum ini, diamankan tiga orang yakni HRS (Harry Ray Sanjaya), R (Risma) dan IBM (Iman B Nasution). Ketiga ditangkap karena telah memeras saksi yang pernah diperiksa KPK.

Usai menjalani pemeriksaan intensif, Harry kemudian ditetapkan sebagi tersangka. Sedangkan, Risma dan Iman masih diperiksa sebagai saksi.

"Namun dari tiga orang itu yang berstatus tersangka adalah HRS yang dua statusnya masih saksi,"ujar Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Krishna Murti saat jumpa pers di Gedung KPK, Jumat (21/7/2016).

Dalam penjelasannya, Krishna menuturkan Harry memeras saksi yang merupakan Anggota DPRD tersebut dengan meminta uang sebesar Rp2.5 Miliar.

Oleh karena itu, kasus ini sudah menjadi tindak pidana umum dan akan ditangani kepolisian. "Karena ini pidana umum maka yang melakukan penyidikan oleh Polri dalam hal ini Polda," katanya.

Dalam kasus ini, turut disita sejumlah barang bukti yakni lima buah handphone, kartu KPK, kartu pers koran pemberantasan korupsi, uang Rp25 juta, senjata airsoft gun, printer, dan scanner.

Ditreskrimum Polda Metro Jaya bersama Deputi Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat (PPIM) ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-22T22:21:14+0700
http://rimanews.com/nasional/kriminal/read/20160722/293927/Penyidik-KPK-Gadungan-Sudah-Ditetapkan-Sebagai-Tersangka
Pemakaman Santoso Jangan Sampai Gaduh!

Rimanews - Polisi sudah memastikan jenazah yang tewas dalam Operasi Tinombala adalah Santoso alias Abu Wardah. Selanjutnya untuk prosesi pemakaman pimpinan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT), Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng), Brigjen Rudy Sufahriadi melakukan pengamanan.

"Saya serahkan semuanya kepada Kapolda dan petugas setempat di lapangan. Prinsipnya adalah agar pada waktu pemakaman jangan sampai menimbulkan kegaduhan dan aksi heroik," kata Tito di Mabes Polri, Jumat (22/7/2016).

Ditegaskannya, bagaimana pun juga Santoso adalah pelanggar hukum. Meski telah tewas dan kelompok MIT sudah melemah menurut Tito potensi kerawanan aksi terorisme di Poso, Sulteng bisa saja terjadi.

"Kami lihat ada potensi kerawanan. Karena masih ada Ali Kalora dan Basri. Nanti kalo kita anev (analisa dan evaluasi), dua orang ini situasinya melemah, baru kami akan cari pasukan untuk kembali ke operasi rutin," tandas Tito.

Sebelumnya Tito mengatakan bahwa kelompok MIT tidak akan menyerah karena haram hukumnya bagi mereka. Tito pun juga tidak pernah meminta kelompok teroris ini untuk menyerah. Namun, demi kemaslahatan agar mereka turun gunung dan mengikuti proses hukum.

Polisi sudah memastikan jenazah yang tewas dalam Operasi Tinombala adalah Santoso alias Abu Wardah. ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-22T22:08:28+0700
http://rimanews.com/nasional/keamanan/read/20160722/293926/Pemakaman-Santoso-Jangan-Sampai-Gaduh-
Tim Gabungan Polisi-KPK Sita Airsoft Gun dari Penyidik KPK Palsu

Rimanews - Dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap tiga penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) gadungan atau palsu, Ditreskrimum Polda Metro Jaya bersama Deputi Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat (PIPM) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyita sejumlah barang bukti.

Barang bukti hasil dugaan pemerasan pihak yang tengah berurusan dengan KPK itu adalah lima buah handphone, kartu KPK, kartu pers koran pemberantasan korupsi, uang Rp25 juta, senjata airsoft gun, printer, scanner. Dan kasus dugaan pemerasan itu akan ditangani pihaknya lantaran merupakan tindak pidana umum.

"Karena ini pidana umum maka yang melakukan penyidikan oleh Polri dalam hal ini Polda," demikian disampaikan Dirkrimum Polda Metro Jaya, Kombes Krishna Murti, Jumat (22/7/2016).

Krishna membeberkan inisial ketiga orang yang diamankan yang tengah memeras saksi yang pernah diperiksa KPK yakni HRS, R, dan IBM. Namun, dari ketiganya itu, hanya HRS yang langsung ditetapkan sebagai tersangka usai menjalani pemeriksaan intensif terkait pemerasan ini.

"Namun dari tiga orang itu yang berstatus tersangka adalah HRS yang dua statusnya masih saksi," ujarnya.

Lebih lanjut, Krishna mengatakan penangkapan tersebut dilakukan oleh tim gabungan KPK dengan jajaran Jatanras Polda Metro. Dikatakan dia, HRS memeras beberapa pihak yang tengah berurusan dengan KPK dengan meminta uang hingga Rp2,5 miliar.

"Karena peristiwa adalah tindak pidana umum tapi info datang dari jajaran KPK atas pengaduan satu pelapor yang merasa diperas oleh pelaku dengan sangkaan yang bersangkutan ada peristiwa pidana di KPK," tandasnya.

Dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap tiga penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-22T21:54:04+0700
http://rimanews.com/nasional/kriminal/read/20160722/293925/Tim-Gabungan-Polisi-KPK-Sita-Airsoft-Gun-dari-Penyidik-KPK-Palsu
Bocah Usia 5 Tahun Brewokan dan Berkumis, Pelajar Galang Dana

Rimanews - Belasan siswa dan alumni SMAN 1 Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh melakukan aksi pengalangan dana untuk membantu pengobatan Muhajir Lutfi (5) bocah berkumis akibat kelainan hormon.

"Ini bentuk keprihatinan kami dari alumni dan OSIS SMAN Meureubo terhadap Muhajir. Keluarganya butuh uang Rp30 juta untuk mengobati kelainan hormon tulang diderita Muhajir," kata Koordinator Aksi Rahmad Maulizar di Meulaboh, Jumat.

Muhajir adalah anak dari pasangan Azhar (44) dan Nilawati (33) warga Desa Simpang, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat, bocah ini mengalami perubahan fisik tubuh seperti orang dewasa yakni tumbuh bulu kumis, jengot dan brewokan layaknya pria dewasa saat berusia empat tahun.

Bocah berusia lima tahun ini tetap belajar di Taman Kanak-Kanak (TK) Paud, namun ukuran tinggi badannya hampir mencapai 165 centimeter, saat penyakitnya kambuh pada bagian mukanya ditumbuhi bulu seperti orang dewasa.

Kata Rahmad, keluarga Muhajir sudah tidak mampu membiayai pengobatannya pada spesialis hormon, setiap bulan keluarga anak ini harus menghabiskan biaya Rp3 juta untuk biaya perjalanan dan pengobatan ke Banda Aceh.

"Kalau tidak diobati secara teratur maka kumis dan brewokan anak ini terus keluar padahal dia masih TK. Ini juga akan menjadi beban psikologis anak tersebut saat bersama teman-temanya,"imbuhnya.

Lebih lanjut Rahmad menyebutkan, saat disambangi keluarga anak itu mengaku ada pengobatan alternatif untuk penyembuhan yaitu dengan berobat ke luar negeri, sebab di Aceh belum ada fasilitas kesehatan yang bisa menyembuhkan.

Aksi pengalangan dana yang digelar di jalan-jalan seputar Kota Meulaboh itu kata Rahmad dilakukan selama dua hari, setelah itu para pelajar tersebut akan menyerahkan dana hasil pengalangan kepada keluarga Muhajir Lutfi.

"Sampai Rp30 juta seperti mereka butuhkan tidak mungkin terkumpul, tapi kita akan menggalang semampu kita. Mudah-mudahan juga ada pihak lain yang bersedia membantu keluarga bocah ini," katanya menambahkan.

Belasan siswa dan alumni SMAN 1 Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh melakukan aksi ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-22T21:41:09+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160722/293924/Bocah-Usia-5-Tahun-Brewokan-dan-Berkumis-Pelajar-Galang-Dana
Warga Cianjur Pelapor Calo SIM Dapat Uang Rp500 Ribu

Rimanews - SatLantas Polres Cianjur, Jawa Barat, mengadakan sayembara berhadiah ratusan ribu rupiah bagi siapa saja yang melaporkan praktek percaloan tersebut untuk memberantas percaloan yang merugikan pemohon Surat Ijin Mengemudi (SIM).

Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Eric melalui Baur SIM Aiptu Dede AS di Cianjur, Jumat (22/7/2016), mengatakan banyaknya keluhan warga terutama pemohon SIM yang merasa dirugikan dengan praktek percaloan tersebut, membuat pihaknya memberantas habis percaloan di lingkungan Sat Lantas Polres Cianjur.

"Kami banyak menerima keluhan dari pemohon mahalnya harga pembuatan SIM yang diberikan calo-calo tersebut. Bahkan selama ini ada sejumlah laporan calo yang menarik sejumlah uang namun tidak meloloskan pemohon untuk mendapatkan SIM," katanya.

Guna menanggapi laporan tersebut, pihaknya memasang baliho di sejumlah titik termasuk di lingkungan Polres Cianjur tepatnya di halaman parkir Bagian SIM, terkait sayembara bagi siapa saja yang melaporkan praktek percaloan akan diberikan imbalan Rp500 ribu, dengan jaminan data pelapor dijamin kerahasiaannya.

"Kami juga memasang baliho di sejumlah titik strategis di wilayah Cianjur, agar warga dapat mengetahui hal tersebut. Kami mengimbau warga untuk memenuhi prosedur yang berlaku dalam pengurusan SIM dan menghindari calo," katanya.

Sementara itu, beberapa orang pemohon SIM mengatakan, sempat mengurus pembuatan SIM C melalui calo yang banyak berkeliaran di bagian SIM Polres Cianjur, mereka menawarkan harga hingga Rp500 ribu tanpa melalui tes dan SIM langsung jadi.

"Teman saya yang merekomendasikan karena dia bisa mendapat SIM tanpa tes. Saya tertarik karena tidak punya waktu cukup kalau mengurus secara formal, terlebih banyak yang tidak lulus ketika uji praktek atau tulis. Hari ini saya mencoba lagi karena melalui calo sama saja tidak lulus juga," kata Arif seorang pemohon SIM saat ditemui di bagian SIM Polres Cianjur.

SatLantas Polres Cianjur, Jawa Barat, mengadakan sayembara berhadiah ratusan ribu rupiah bagi siapa ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-22T21:18:50+0700
http://rimanews.com/nasional/hukum/read/20160722/293922/Warga-Cianjur-Pelapor-Calo-SIM-Dapat-Uang-Rp500-Ribu
Jokowi Harus Tuntaskan Pelanggaran HAM 1965 Melalui KKR

Rimanews - Presiden Joko Widodo (Jokowi) diingatkan untuk merealisasikan komitemennya dalam menuntaskan kasus pelanggaran hak asasi manusi di tahun 1965. Komitmen Jokowi terlontar semasa mencalonkan diri pada Pilpres 2014 lalu.

Menurut Wakil Ketua ASEAN Parliamentarians for Human Rights, Eva Kusuma Sundari, salah satu langkah yang dapat dilakukan yaitu dengan membentuk Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR), bukan melalui penyelesaian hukum.

Karena, menurut Eva, pihak yang menjadi korban selama ini tak hanya anggota dan keluarga PKI, melainkan juga militer.

"Saatnya kita jadi bangsa yang dewasa, mengakui kesalahan masa lalu agar kita bisa melakukan lompatan maju," ujar Eva dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/07/2016).

Setidaknya, ada tiga tujuan dalam pembentukan KKR tersebut. Pertama, mencari kebenaran dengan memberikan tempat dan waktu kepada korban dan keturunan mereka, serta sejumlah pelaku pembunuhan, untuk memberikan keterangan.

Kedua, sambung Eva, memberikan perlindungan kepada pihak yang ingin memberikan keterangan atas kemungkinan terjadinya intimidasi dan diskriminasi.

Kemudian, ketiga, merestorasi hak pihak-pihak yang selama ini terdiskriminasi atas peristiwa tersebut. 

"Presiden Jokowi akan melakukan hal yang sangat berguna buat masa depan bangsa Indonesia dengan membentuk komisi kebenaran," kata dia.

Eva menambahkan, dengan dibentuknya KKR maka akan membuka kesempatan bagi terbukanya forum kesaksian di sejumlah wilayah di Tanah Air. Keterangan yang diberikan oleh para pihak itu nantinya akan dicatat dan dipublikasikan baik melalui media cetak seperti buku, serta media elektronik seperti web.

"Ia akan jadi acuan buat bangsa Indonesia belajar tentang kebenaran, bukan propaganda seperti yang selama ini terjadi," ujarnya.

Sebelumnya, majelis hakim internasional dari International People’s Tribunal tentang Kejahatan Terhadap Kemanusiaan Indonesia 1965 menyatakan bahwa telah terjadi kejahatan kemanusiaan yang dilakukan oleh negara pasca peristiwa 1 Oktober 1965.

Pembunuhan massal tersebut dilakukan terhadap anggota PKI dan anggota PNI yang merupakan pembela setia Presiden Sukarno.

Hakim Ketua Zak Jacoob menyatakan, negara Indonesia bertanggung jawab atas beberapa kejahatan terhadap kemanusiaan melalui rantai komandonya.

Pertama, pembunuhan massal yang diperkirakan menimbulkan ratusan ribu korban.

Kedua, penahanan dalam kondisi tak manusiawi, di mana jumlah korban diperkirakan mencapai sekitar 600.000 orang.

Ketiga, perbudakan orang-orang di kamp tahanan seperti di Pulau Buru. Selain itu, terdapat juga bentuk penyiksaan, penghilangan paksa dan kekerasan seksual.

Majelis hakim merekomendasikan agar Pemerintah Indonesia minta maaf kepada para korban, penyintas, dan keluarga korban. Pemerintah juga didesak melakukan penyelidikan kejahatan terhadap kemanusiaan sebagaimana tuntutan Komnas Perempuan Komnas HAM dalam laporannya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) diingatkan untuk merealisasikan komitemennya dalam menuntaskan kasus ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-22T21:18:38+0700
http://rimanews.com/nasional/hukum/read/20160722/293921/Jokowi-Harus-Tuntaskan-Pelanggaran-HAM-1965-Melalui-KKR
Nasional
Ahok Sebut Acara Bakti Sosial Membodohi Warga

Rimanews - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama melarang warga untuk mengundangnya hadir di acara bakti sosial (Baksos). Dia menganggap penyelenggaraan Baksos mengakibatkan warga punya hutang budi kepada penyelenggara.

"Itu menurut saya pembodohan. Makanya saya minta kepada bapak-bapak, ibu-ibu jangan mengundang saya lagi. Ini yang terakhir, enggak apa-apa lah sudah terlanjur," ujar Ahok di acara bakti sosial hari anak nasional di Balai Kota Jakarta, Sabtu (23/7/2016).

Ahok mengklaim dirinya tidak pernah mengadakan acara Baksos sejak dirinya berkiprah di dunia politik. Kata dia, acara Baksos juga rentan dimanfaatkan lawan politik untuk menyerang dirinya.

"Sudahlah, aku gak setuju Baksos-Baksos. Karena apapun itu jadi hutang budi, mau dia korup pun kita jadi terpaksa milih nih. Karena orang tuanya sudah dapat sembako dari bantuan sosial itu, kan dia merasa hutang budi," tegas Ahok.

 - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama melarang warga untuk mengundangnya hadir di ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T10:37:29+0700
http://rimanews.com/nasional/politik/read/20160723/293981/Ahok-Sebut-Acara-Bakti-Sosial-Membodohi-Warga
Mabes Polri: TNI Dibutuhkan untuk Membantu Polisi Tangani Terorisme

Rimanews - Keberadaan TNI dalam menanggulangi kasus terorisme sangat membantu Polri. Salah satunya dalam Operasi Tinombala di Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng) yang beberapa waktu lalu dapat menewaskan pimpinan Mujahidin Indonesia Timur (MIT), Santoso alias Abu Wardah.

"Pak Kapolri Jenderal Tito Karnavian tidak menolak TNI melakukan penindakan kasus terorisme. Karena diatur undang-undang (UU Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI)," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Boy Rafli Amar kepada Rimanews, Sabtu (23/07/2016).

Boy melanjutkan, menurut Kapolri yang harus dipahami bahwa penindakan terorisme sebaiknya melalui koridor penegakan hukum. Oleh karena itu, segala tindakan menghadapi kejahatan terorisme harus dilakukan melalui prosedur hukum. "Rangkaian tindakan melalui proses penyelidikan, penyidikan yang meliputi kegiatan alat bukti seperti olah TKP, penangkapan tersangka, penggeledahan dan penyitaan barang bukti sampai siapkan berkas untuk sidang pengadilan," pungkas Boy.

Nah, dalam kondisi keterbatasan polisi, maka sinergitas antara Polri dan TNI, kata mantan Kapolda Banten itu, sangat dibutuhkan. "TNI memiliki kemampuan khusus yang sangat dibutuhkan Polri untuk mengatasi pelaku teror yang disebut extraordinary crime," ucap Boy.

Boy mengatakan, tindakan hukum yang dlakukan akan mudah dipertanggungjawabkan jika terjadi tuduhan pelanggaran HAM. Selain itu, upaya preventif dalam kegiatan bina teritorial TNI juga sangat efektif menangkal potensi ancaman teror seperti penyebarluasan paham radikal dan upaya deteksi dini intelijen. 

"TNI sangat memberikan kontribusi yang besar dalam upaya pengungkapan mendeteksi potensi ancaman teror dan mengungkapan kasus terorisme," pungkas Boy.

Ditambahkan Boy, bahwa proses penegakkan seperti itu secara universal hanya dilakukan oleh pihak kepolisian. "Penegakan hukum TNI membantu kepolisian seperti Operasi Tinombala dan operasi teritorial," tandasnya.

Sebelumnya, terkait penambahan wewenang TNI dalam‎ revisi Undang-Undang Terorisme, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, selama ini Polri bertindak secara proposional. Namun, lain halnya yang Tito pahami mengenai doktrin TNI. Menurutnya, jangan sampai terjadi penyalahgunaan wewenang.

"Kalau doktrin dari teman-teman TNI umumnya yang saya pahami "kill or to be killed". Padahal polisi sudah ada. Belum lagi pertanggungjawaban hukumnya jika nanti penyelidikan salah ke depan. Nanti bisa terjadi abuse of power," kata Tito di Mabes Polri, Jumat kemarin.

Rimanews - Keberadaan TNI dalam menanggulangi kasus terorisme sangat membantu Polri. Salah satunya ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T19:11:04+0700
http://rimanews.com/nasional/hukum/read/20160723/294012/Mabes-Polri-TNI-Dibutuhkan-untuk-Membantu-Polisi-Tangani-Terorisme
Pemuda 25 Tahun Nekat Lompat ke Sungai Usai Disuapi Ibunya

Rimanews - Seorang pemuda bernama Arsandi (25) nekat lompat ke sungai dekat Bendungan Pamarayan dan akhirnya tenggelam karena diduga tak bisa berenang.

"Korban tenggelam pukul 09.00 WIB dekat Bendungan Pamarayan, diterima info pukul 09.50 WIB," kata Hotman Siregar, Kabid Penanggulangan Bencana dan Bantuan Teknis BPBD Kabupaten Serang, Sabtu (23/07/2016).

Lokasi kejadian yang berada di Kampung Panyabrangan, Desa Panyabrangan, Kecamatan Pamarayan, Kabupaten Serang, Banten, itu pun akhirnya menggemparkan warga sekitar.

Petugas BPBD Kabupaten Serang pun mengaku saat ini tengah melakukan pencarian disekitar aliran sungai. Karena keterbatasan peralatan yang dimiliki, petugas hanya menyisir lokasi kejadian.

"Sampai dengan saat ini belum diketemukan. Yang dibutuhkan saat ini seperangkat perahu karet atau sejenisnya," tegasnya.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, peristiwa terjadi saat Arsandi yang di duga mengalami gangguan jiwa tengah diberi makan oleh orang tuanya yang memang dekat dengan sungai.

Namun, usai diberi makan, Arsandi tiba-tiba menyeburkan diri ke dalam sungai hingga tenggelam karena tak bisa berenang.

Seorang pemuda bernama Arsandi (25) nekat lompat ke sungai dekat Bendungan Pamarayan dan akhirnya ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T16:46:52+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160723/294005/Pemuda-25-Tahun-Nekat-Lompat-ke-Sungai-Usai-Disuapi-Ibunya
Telah Launching Rimanews Android Apps
http://play.google.com/store/apps/details?id=adt.satuempat.rimanews&hl=en
hl=en
800
800
rimanews.com
600
60
2015-11-12T13:53:22+0700
http://rimanews.com/redirect?id_adv=48
Senpi Rakitan Ditemukan di Samping Fly Over Kodim Kemayoran

Rimanews - Senjata api rakitan jenis revolver berikut amunisinya sebanyak lima butir ditemukan warga yang berprofesi sebagai petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), Purwadi (42), di samping Fly Over Kodim Jl. HBR Motik, Kelurahan Gunung Sahari Selatan, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (23/07/2016).

Menurut Purwadi, yang merupakan petugas PPSU Kelurahan Gunung Sahari Selatan, sekira pukul 10.00 WIB, dirinya sedang membersihkan taman di sekitar lokasi, tiba-tiba menemukan sarung helm warna hitam tergeletak di taman.

Saat dicek ternyata didalamnya berisi 1 pucuk senpi rakitan jenis revolver berikut 5 butir peluru.
"Selanjutnya atas penemuan itu saya laporkan kepada pihak Kelurahan guna disampaikan kepada pihak Kepolisian," kata Purwadi.

Setelah dilakukan pengecekan barang bukti oleh tim Wassendak Dit intelkam Polda Metro Jaya, diketahui barang bukti yang ditemukan 1 pucuk senpi jenis Revolver warna Silver/almunium tanpa nomor dan merk senpi, laras licin tanpa arur dan silender kasar (mudah lepas) dapat masuk peluru kal 9 mm dipastikan senjata tersebut merupakan senpi rakitan.

Berikutnya, 5 butir peluru kal 9 mm buatan pindat (4 butir aktif dan 1 butir cat) dapat masuk kedalam silinder senjata rakitan yang diketemukan. Selanjutnya BB diamankan ke Polsek kemayoran guna penyidikan lebih lanjut.

Senjata api rakitan jenis revolver berikut amunisinya sebanyak lima butir ditemukan warga yang ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T18:47:18+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160723/294010/Senpi-Rakitan-Ditemukan-di-Samping-Fly-Over-Kodim-Kemayoran
Dishub Jakarta Batal Larang Bajaj Melintas di Depan Istana

Rimanews - Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta batal menggulirkan kebijakan larangan bajaj melintasi Istana Negara. Keputusan tersebut diambil setelah Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mempertanyakan dengan tegas apa alasan anak buahnya tersebut mewacanakan hal tersebut.

"Kami putuskan tetap boleh melintas. Namun, tidak boleh melanggar aturan lalu lintas, seperti ngetem karena akan mengganggu kelancaran lalu lintas," kata Kadishubtrans Andri saat dihubungi, Sabtu (23/07/2016).

Meski demikian, Andri menegaskan bajaj tetap tidak boleh serampangan ngetem di ruas jalan protokol yang menjadi kawasan ring 1. Jika melanggar, Dishubtrans dijamin Andri akan memberikan sanksi pencabutan izin operasi.

"Memang aturannya seperti itu. Boleh melintas, tapi jangan sampai ngetem. Kalau kedapatan, ya kami tindak," ucap Andri.

Dishubtrans sebelumnya berencana hendak melarang bajaj melintas di Jalan Medan Merdeka Utara. Alasannya, moda angkutan itu tidak tepat melintas di depan Istana karena sering dilaporkan ngetem sembarangan.

Namun, Ahok kurang setuju dengan adanya rencana itu. Menurut dia, larangan itu seharusnya tidak perlu ada. 

Ahok mengatakan, seharusnya bajaj hanya dilarang ngetem di sekitar kawasan Istana, bukan dilarang untuk melintas di sana.

"Kalau enggak boleh ngetem ya memang enggak boleh dong. Kalau melintas, boleh," ujar pria yang biasa disapa Ahok ini, Kamis.

Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta batal menggulirkan kebijakan larangan ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T18:27:14+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160723/294009/Dishub-Jakarta-Batal-Larang-Bajaj-Melintas-di-Depan-Istana
Polisi Buru Pelaku Perampokan Uang Tunai Senilai Rp6 Miliar

Rimanews - Petugas Polres Metro Jakarta Pusat memburu pelaku perampokan uang tunai senilai Rp6 miliar di Jalan Cideng Timur Gambir.

"Pelaku diduga dua orang," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Awi Setiyono di Jakarta, Sabtu.

Awi menuturkan kejadian berawal saat pegawai perusahaan penukaran mata uang Norman Ali (35) menumpang taksi dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju kantornya pada Jumat malam.

Korban menyimpan dua koper berisi 1,7 juta ringgit (sekitar Rp5,6 miliar) dan 200.00 yuan (mencapai Rp400 juta) di bagasi taksi.

Ketika di lokasi kejadian, sopir taksi Mamun turun dari mobil untuk membuka bagasi namun mendadak datang dua orang pelaku yang menumpang sepeda motor jenis matik dari arah belakang.

Salah satu pelaku langsung menodongkan senjata api ke arah pengemudi taksi, sedangkan seorang pelaku lainya mengambil koper yang berisi uang tunai tersebut.

Para pelaku melarikan diri dengan berputar di lampu merah Cideng Timur menuju Tanah Sereal Jakarta Barat.

Awi menyebutkan ciri pelaku yang membawa senjata api dengan tinggi badan mencapai 160 sentimeter, kekar dan mengenakan helm, sedangkan pelaku yang mengemudikan motor berbadan kurus.

Petugas Polres Metro Jakarta Pusat memburu pelaku perampokan uang tunai senilai Rp6 miliar di Jalan ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T15:10:28+0700
http://rimanews.com/nasional/kriminal/read/20160723/293999/Polisi-Buru-Pelaku-Perampokan-Uang-Tunai-Senilai-Rp6-Miliar
Ada Kasus Bully SMAN 6 Jakarta, Ahok: Keluarkan Saja!

Rimanews - Aksi bully terjadi di SMAN 6 Jakarta Selatan. Seorang siswa korban bully trauma dan ingin pindah sekolah.

"Anaknya sudah tidak mau kembali ke SMA 6 dan mau pindah ke swasta," ujar seorang kerabat siswa korban bully kepada Rimanews.

Aksi bully itu, kata dia, terjadi di luar lingkungan sekolah. Dia sudah menyarankan agar siswa melaporkan ke pihak sekolah. 

Jika tidak direspons pihak sekolah, dia telah meminta orangtua melapor ke Dinas Pendidikan dan Kepolisian.

"Jadi anak saudara saya ini katanya dibully di luar sekolah, di dekat Burger King, Blok M Plaza. Saat kejadian dia bertiga katanya. Nah kalau sekolah tidak ada reaksi, makanya lapor saja ke Dinas Pendidikan dan polres," terang dia.

Terkait hal itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku terkejut mendengar masih adanya kekerasan terhadap adik kelas di SMA Negeri 6, Jakarta Selatan. 

Dia menyatakan, siapa pun siswa yang terlibat bully kepada sesama siswa atau adik kelas sebaiknya langsung dikeluarkan dari sekolah.

"Makanya kalau gitu kita jadi tahu. Makanya begitu kita tahu, terbukti ada bully keluarkan saja," ujar Ahok saat dikonfirmasi di Balai Kota Jakarta, Sabtu (23/07/2016).

Dengan dikeluarkannya siswa tersebut dari sekolah, otomatis kata Ahok, Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang dimilikinya dicabut oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Sejauh ini, dikatakan Gubernur, berdasarkan laporan Dinas Pendidikan DKI angka siswa penerima KJP sudah merosot jauh dari tahun-tahun sebelumnya. 
Artinya, Pemprov DKI sudah tegas memberikan sanksi kepada siapa pun siswa yang melanggar ketentuan dan peraturan yang berlaku.

"Jadi ini bukan karena orang miskinnya turun, tapi kita cabutin. Ini mendidik, kalau kita gak cabutin rusak mentalnya," ungkap Ahok.

Rimanews - Aksi bully terjadi di SMAN 6 Jakarta Selatan. Seorang siswa korban bully trauma dan ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T11:27:34+0700
http://rimanews.com/nasional/politik/read/20160723/293984/Ada-Kasus-Bully-SMAN-6-Jakarta-Ahok-Keluarkan-Saja-
Kasus Kekerasan Anak di Tulungagung Meningkat

Rimanews - Kepolisian Resor Tulungagung, Jawa Timur, mengingatkan potensi peningkatan kasus kekerasan anak yang mengacu perbandingan data pada 2015 dan 2016.

"Ada tren peningkatan karena kasus periode Januari-Juli 2016 ini sepertiga lebih banyak dibandung tahun lalu," kata Kasat Reskrim Polres Tulungagung AKP Andria D Purnama di Tulungagung, Sabtu (23/07/2016).

Pada 2015, kata Andria, dalam kurun Januari hingga Juli tercatat ada sebanyak 16 kasus, sementara tahun ini dengan periode yang sama jumlah kasus kekerasan anak sudah mencapai 23 kasus.

Andria memperkirakan kasus serupa masih akan terus terjadi seiring berjalannya waktu hingga penghujung 2016.

"Ada banyak faktor yang mempengaruhi, salah satunya globalisasi informasi dan kemajuan teknologi yang berdampak langsung terhadap tumbuh-kembang anak," ujarnya.

Menurut Kasat Reskrim, arus informasi yang masuk ke anak harus disaring oleh orang tua, keluarga, maupun guru saat di sekolah.

Sebab kata dia, jika anak-anak salah pemanfaatan dalam pergaulan sangat mungkin bakal terjerumus ke hal yang negatif.

"Teknologi semakin canggih, jika tidak bisa mengontrolnya maka anak akan terpengaruh ke hal negatif," katanya.

Selain itu, kata Andria, kondisi ekonomi dan suasana dalam keluarga yang kurang harmonis juga dapat memicu anak frustasi.

Salah satu yang menjadi atensi Andria adalah fenomena anak yang ditinggal orang tuanya pergi ke luar negeri sebagai TKI, sehingga anak harus tinggal dengan kakek atau neneknya ternyata kurang perhatian dan pengawasan.

"Rata-rata yang melatarbelakangi kekerasan anak Tulungagung itu karena rumah tangga keluarganya hancur (broken home), sehingga tidak bisa memberikan perhatian dan opengawasan," ujarnya.

Andria merinci 23 kasus kekerasan anak yang ditangani Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Polres Tulungagung selain menyangkut kekerasan seksual juga ada kasus penganiayaan, pencurian, penistaan dan lainnya.

Untuk menimalisisr kasus kekerasan anak tersebut, kata Andria, dibutuhkan kerjasama semua pihak, terutama keluarga.

"Namun, juga harus di dukung peran masyarakat di sekitar anak-anak yang mengalami 'broken home'. Karena kurang adanya pengawasan,anak yang mudah terpengaruh, mulai dari lingkungan, pergaulan dan lainnya," katanya.

Kepolisian Resor Tulungagung, Jawa Timur, mengingatkan potensi peningkatan kasus kekerasan anak ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T17:24:59+0700
http://rimanews.com/nasional/kriminal/read/20160723/294007/Kasus-Kekerasan-Anak-di-Tulungagung-Meningkat
Berita Terkait
Warga Malaysia Tewas Saat Snorkling di Iboih Sabang

Rimanews - Seorang warga negara Malaysia Kenny (41) meninggal di kawasan Pantai Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.

Salah seorang warga Iboih, Bukhari mengatakan korban bersama keluarganya liburan ke Sabang dan sebelum korban meninggal korban melakukan snorkling di kawasan Iboih.

"Korban ber-snorkeling bersama istrinya dan dua orang anaknnya tanpa didampingi tour guide setempat. Dan sekira pukul 18.40 WIB, istri korban meminta pertolongan kepada masyarakat," ujarnya, Kamis (21/07/2016).

Bukhari mengatakan masyarakat setempat bersama nelayan mengevakuasi korban dengan perahu.

"Begitu jenazah dievakuasi langsung dibawa ke Pukesmas Iboih dan turut didampigi istri serta anaknya," ujar warga Iboih tersebut.

Kapolres Sabang AKBP Slamet Wahyudi melalui Kasat Reskrim AKP Erizal mengatakan korban meninggal saat ber-snorkeling.

"Kenny (41) asal Malaysia meninggal saat snorkeling bersama keluarganya dan waktu itu korban sempat menyelamatkan anaknnya dan ini murni musibah," katanya.

"Sekarang jenazah korban masih di Sabang dan kita sedang mengurus segala administrasi terkait rencana pemulangan korban," tuturnya.

Kepala Imigrasi Kelas II Kota Sabang Imam Sutandi melalui Kasi Pengawasan dan Penindakan Muhammad Hatta mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kedutaan besar (Kedubes) Malaysia di Jakarta.

"Kami sudah memfasilitasi pihak keluarga korban dengan Kedubes dan pihak keluarga korban sudah menjalin komunikasi langsung dengan Kedubes terkait pemulangan jenazah," katanya.

Imigrasi Kelas II Kota Sabang menyebutkan korban masuk ke wilayah Indonesia mengunakan bebas visa kunjungan melalui Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh tepatnya tanggal 20 Juli 2016 dengan tujuan berwisata.

"Direncanakan korban malam ini dibawa ke Banda Aceh dengan menggunakan perahu Tim SAR dan akan dipulangkan segera ke Malaysia," katanya.

Seorang warga negara Malaysia Kenny (41) meninggal di kawasan Pantai Iboih, Kecamatan Sukakarya, ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-22T04:13:39+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160722/293692/Warga-Malaysia-Tewas-Saat-Snorkling-di-Iboih-Sabang
Cuaca Ekstrem, Aktivitas Penerbangan Terhenti di Aceh

Rimanews - Cuaca buruk yang melanda wilayah barat dan selatan Provinsi Aceh akibat pergantian musim menyebabkan jasa transportasi laut dan udara terhenti, Rabu (20/7).

"Memang selain gelombang tinggi juga terjadi angin kencang, kondisi ini tergolong ekstrem bisa mempengaruhi aktivitas nelayan maupun penerbangan," kata kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Meulaboh-Nagan Raya Edi Darlupti di Meulaboh, Rabu (20/7/2016).

Di Kabupaten Nagan Raya, aktivitas penerbangan untuk rute Cut Nyak Dhien-Kualanamu Medan, Provinsi Sumatera Utara dan Cut Nyak Dhien-Sinabang (Kab Simeulue) terhenti akibat pengaruh cuaca ekstrem.

Petugas penyedia jasa maskapai penerbangan terpaksa menunda keberangkatan penumpang dan mengalihkan untuk waktu lain.

Sementara di Kabupaten Aceh Selatan, aktivitas pengangkutan penumpang di pelabuhan penyeberangan Labuhan Haji menuju Sinabang, Kabupaten Simeulu juga terganggu.

Ratusan penumpang terpaksa bermalam di Labuhan Haji karena ketinggian gelombang memaksa kapal ferry terhenti. "Kondisi ini disebabkan oleh terjadinya konvergensi di perairan Samudera Hindia dan penyebab gelombang tinggi karena kecepatan angin. Potensi hujan juga terjadi karena itu kita minta masyarakat juga waspada banjir dan tanah longsor," kata prakirawan cuaca Saiful Amri.

Menurut data yang dirilis BMKG, bahwa kondisi cuaca ekstrem berpeluang terjadi hingga Jumat (22/7), ketinggian gelombang laut 1-5 meter dengan kecepatan anggin bertiup dari barat daya mencapai 35 km/jam.

BMKG memintakan masyarakat untuk menjauhi pantai dan wisatawan dimintakan mengurungkan niatnya bermandian di laut, karena potensi ketinggian gelombang sewaktu-waktu dapat berubah.

Cuaca buruk yang melanda wilayah barat dan selatan Provinsi Aceh akibat pergantian musim ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-21T02:51:21+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160721/293426/Cuaca-Ekstrem-Aktivitas-Penerbangan-Terhenti-di-Aceh
Polisi Syariat Aceh Tangkap Pasangan Selingkuh

Rimanews - Polisi syariat Islam atau Wilayatul Hisbah (WH) Kota Banda Aceh mengamankan sejoli bukan suami isteri yang diduga berbuat mesum.

"Pasangan nonmuhrim ini masih kami amankan. Saat ini prosesnya masih dalam penyidikan," kata Kepala Satpol PP dan WH Kota Banda Aceh Yusnardi di Banda Aceh, Rabu (20/07/2016).

Pasangan non muhrim tersebut, yakni laki-laki berinisial YS (37) dan wanita berinisial MA (28). Pasangan ini masing-masing sudah memiliki suami dan istri.

YS dan MA, kata Yusnardi, ditangkap warga di sebuah rumah di Kecamatan Lamdingin, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, Rabu (20/7) dini hari. Warga menangkap mereka karena diduga mesum.

"Menurut informasi, warga sudah memantau gerak-gerak pasangan ini sejak dua bulan lalu. Mereka ditangkap di rumah kos MA," kata Yusnardi.

Mantan Camat Meuraxa, Kota Banda Aceh, ini menyebutkan, informasi yang diterima warga, pasangan laki-laki YS merupakan mantan anggota DPRK dua periode.

"Sedangkan yang wanitanya belum bercerai dari suami, namun kabarnya MA dan suami sedang tidak harmonis, sehingga wanita itu menyewa rumah kos di Lamdingin," sebut dia.

Penangkapan pasangan nonmuhrim ini, kata dia, melibatkan perangkat desa atau gampong serta Babinkamtibmas kepolisian yang bertugas di desa tersebut.

Ketika warga menggerebek rumah kos MA, pasangan laki-laki sempat kabur ke luar rumah. Warga sempat mengejar hingga pasangan dibawa ke kantor desa.

"Kemudian warga menghubungi Satpol PP dan WH, lalu menyerahkan pasangan nonmuhrim ini kepada kami untuk diproses lebih lanjut," kata Yusnardi.

Polisi syariat Islam atau Wilayatul Hisbah (WH) Kota Banda Aceh mengamankan sejoli bukan suami ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-20T14:25:55+0700
http://rimanews.com/nasional/kriminal/read/20160720/293353/Polisi-Syariat-Aceh-Tangkap-Pasangan-Selingkuh-
Ini Daerah Sebaran Vaksin Palsu

Rimanews - Sembilan provinsi di Indonesia masuk dalam peredaran vaksin valsu. Hal itu berdasarkan penyidikan dari 16 tersangka yang telah ditangkap Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus, Bareskrim Polri.

"Peredarannya yang kita dapatkan faktanya adalah di Jakarta, Banten, Jabar, Yogyakarta, kemudian ada di Medan ada di Aceh ada di Padang," kata Direktur Tipideksus Bareskrim, Brigjen Agung Setya di Gedung Bareskrim, Jakarta, Rabu (29/o6/2016).

Ketika ditanya apakah ada rumah sakit yang diduga menggunakan vaksis palsu? Agung mengatakan, penyidik masih mengkonstruksikannya. 

"Kita lihat nanti konstruksi dan strukturnya seperti apa. Kita akan pastikan," tandasnya.

Agung menambahkan, satu dari empat kelompok produsen diduga menyebarkan ke sembilan provinsi.

Sembilan provinsi di Indonesia masuk dalam peredaran vaksin valsu. Hal itu berdasarkan penyidikan ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-06-29T20:28:50+0700
http://rimanews.com/nasional/hukum/read/20160629/289876/Ini-Daerah-Sebaran-Vaksin-Palsu
29 Juni 2016 | 20:38
Ini Daerah Sebaran Vaksin Palsu
Istri Santoso Dirawat di RS Bhayangkara Palu

Rimanews - Istri siri Santoso bernama Jumiatun alias Umi Delima yang ditangkap aparat Satgas Tinombala di sekitar Desa Tambarana, Kabupaten Poso, Sabtu pagi, telah dievakuasi ke RSU Bhayangkara Palu untuk kepentingan perawatan.

Pemantauan lapangan,Sabtu (23/07/2016), satu unit mobil avanza yang membawa Jumiatun dengan dikawal sejumlah polisi wanita serta beberapa mobil berisi pasukan bersenjata tiba di RSU Bhayangkara Palu sekitar pukul 19.00 WITA.

Jumiatun yang tampak kondisi fisiknya lemah langsung dibawa ke ruangan unit gawat darurat untuk pemeriksaan kesehatan oleh dokter dan perawat jaga.

Setelah beberapa menit, Jumiatun yang menggunakan cadar hitam itu kemudian dibawa ke ruang perawatan menggunakan kursi roda.

Tidak ada keterangan resmi kepolisian mengenai penanganan kesehatan DPO kasus terorisme jaringan Santoso tersebut, namun diperkirakan Jumiatun akan menjalani perawatan untuk pemulihan kesehatan fisik dan psikis sebelum menjalani penyidikan.

Kondisi fisik Jumiatun tampak sangat lemah karena dikhabarkan sudah beberapa hari tidak makan.

Jumiatun (22 tahun) ditangkap pasukan Satgas Operasi Tinombala yang sedang menyisir hutan sekitar Sungai Tambarana, Kecamatan Poso Pesisir Utara pada Sabtu pagi sekitar pukul 08.30 WITA.

Istri siri Santoso bernama Jumiatun alias Umi Delima yang ditangkap aparat Satgas Tinombala di ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T22:00:24+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160723/294024/Istri-Santoso-Dirawat-di-RS-Bhayangkara-Palu
Istri Santoso Dirawat di RS Bhayangkara Palu

Rimanews - Istri siri Santoso bernama Jumiatun alias Umi Delima yang ditangkap aparat Satgas Tinombala di sekitar Desa Tambarana, Kabupaten Poso, Sabtu pagi, telah dievakuasi ke RSU Bhayangkara Palu untuk kepentingan perawatan.

Pemantauan lapangan,Sabtu (23/07/2016), satu unit mobil avanza yang membawa Jumiatun dengan dikawal sejumlah polisi wanita serta beberapa mobil berisi pasukan bersenjata tiba di RSU Bhayangkara Palu sekitar pukul 19.00 WITA.

Jumiatun yang tampak kondisi fisiknya lemah langsung dibawa ke ruangan unit gawat darurat untuk pemeriksaan kesehatan oleh dokter dan perawat jaga.

Setelah beberapa menit, Jumiatun yang menggunakan cadar hitam itu kemudian dibawa ke ruang perawatan menggunakan kursi roda.

Tidak ada keterangan resmi kepolisian mengenai penanganan kesehatan DPO kasus terorisme jaringan Santoso tersebut, namun diperkirakan Jumiatun akan menjalani perawatan untuk pemulihan kesehatan fisik dan psikis sebelum menjalani penyidikan.

Kondisi fisik Jumiatun tampak sangat lemah karena dikhabarkan sudah beberapa hari tidak makan.

Jumiatun (22 tahun) ditangkap pasukan Satgas Operasi Tinombala yang sedang menyisir hutan sekitar Sungai Tambarana, Kecamatan Poso Pesisir Utara pada Sabtu pagi sekitar pukul 08.30 WITA.

Istri siri Santoso bernama Jumiatun alias Umi Delima yang ditangkap aparat Satgas Tinombala di ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T22:00:24+0700
http://rimanews.com/nasional/peristiwa/read/20160723/294024/Istri-Santoso-Dirawat-di-RS-Bhayangkara-Palu
Foto Video
Senjata Api Milik Polisi Diperiksa di Mapolrestabes Surabaya

Rimanews - Polisi memeriksa senjata api (senpi) milik anggota Satreskrim Polrestabes Surabaya di Mapolrestabes Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (23/7/2016).

Pemeriksaan tersebut bertujuan untuk melihat kelayakan senpi dan kesiapan dalam melakukan pengamanan tertutup kegiatan Preparatory Committee (Prepcom) 3 for Habitat III yang diprakarsai oleh UN Habitat.

Polisi memeriksa senjata api (senpi) milik anggota Satreskrim Polrestabes Surabaya di Mapolrestabes ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T18:12:14+0700
http://rimanews.com/komunitas/fotovideo/read/20160723/9918/Senjata-Api-Milik-Polisi-Diperiksa-di-Mapolrestabes-Surabaya
Ragam Pesona Seni Lukis Karya Anak Berkebutuhan Khusus

Rimanews - Pengunjung melihat lukisan berjudul "Optimis" karya Den Suryadian pada pameran lukisan "Enlightenment" di Balai Pemuda Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (23/7/2016).

Pameran yang menampilkan lukisan karya anak-anak berkebutuhan khusus dan anak-anak jalanan tersebut dalam rangka menyemarakkan kegiatan Preparatory Committee (Prepcom) 3 for Habitat III, dan berlangsung 23-24 Juli 2016.

Pengunjung melihat lukisan berjudul "Optimis" karya Den Suryadian pada pameran lukisan ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T18:06:32+0700
http://rimanews.com/komunitas/fotovideo/read/20160723/9917/Ragam-Pesona-Seni-Lukis-Karya-Anak-Berkebutuhan-Khusus
Tren Hukuman Ringan Bagi Koruptor

Rimanews - Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Lalola Easter (kanan), Aradila Caesar (kiri), serta Kurnia Ramadhana (tengah) memaparkan kajian dan hasil pemantauan data vonis tindak pidana korupsi (tipikor) mulai tingkat Pengadilan Tipikor, Pengadilan Tinggi, hingga tahap kasasi dan PK di Mahkamah Agung, di Jakarta, Sabtu (23/7/2016).

Hasil pemantauan perkara korupsi yang ditangani pengadilan pada semester pertama 2016 rata-rata vonis terdakwa korupsi hanya dua tahun satu bulan penjara, hal tersebut dianggap menguntungkan koruptor, kecenderungan atau tren hukuman dan tuntutan untuk pelaku korupsi semakin ringan dan mengurangi efek jera kepada koruptor.

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Lalola Easter (kanan), Aradila Caesar (kiri), serta ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T17:59:38+0700
http://rimanews.com/komunitas/fotovideo/read/20160723/9916/Tren-Hukuman-Ringan-Bagi-Koruptor
Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Klaten

Rimanews - Sejumlah Polisi tim Inafis melakukan penggeledahan untuk mencari barang bukti di tempat kandang ayam milik terduga anggota jaringan Nur Rohman di Gedong Jetis, Tulung, Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (23/7/2016).

Densus 88 menangkap terduga teroris berinisial WN, ZB, AS dan CBS yang terkait dalam kasus bom bunuh diri di Mapolresta Solo yang dilakukan oleh Nur Rohman beberapa waktu lalu.

Sejumlah Polisi tim Inafis melakukan penggeledahan untuk mencari barang bukti di tempat kandang ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T17:53:04+0700
http://rimanews.com/komunitas/fotovideo/read/20160723/9915/Densus-88-Tangkap-Terduga-Teroris-di-Klaten
Semarak Pentas Duta Seni Pelajar 2016

Rimanews - Peserta dari Provinsi Lampung tampil pada pentas Duta Seni Pelajar 2016 di Gedung Kesenian Sunan Ambu Bandung, Jawa Barat, Jumat (22/7/2016) malam.

Duta Seni Pelajar yang diikuti 6 provinsi se-Jawa, Bali dan Lampung menjadi salah satu ajang silaturahmi kesenian, pelestarian seni budaya.

Peserta dari Provinsi Lampung tampil pada pentas Duta Seni Pelajar 2016 di Gedung Kesenian Sunan ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T13:55:08+0700
http://rimanews.com/komunitas/fotovideo/read/20160723/9913/Semarak-Pentas-Duta-Seni-Pelajar-2016-
Lomba Perahu Layar di Pantai Kenjeran Surabaya

Rimanews - Peserta melajukan perahu saat lomba perahu layar di Pantai Kenjeran Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (23/7/2016).

Lomba Perahu Layar 2016 yang diikuti puluhan perahu layar baik dari Surabaya maupun Madura tersebut merupakan rangkaian kegiatan Preparatory Committee (Prepcom) 3 for Habitat III yang diprakarsai oleh UN Habitat.

Peserta melajukan perahu saat lomba perahu layar di Pantai Kenjeran Surabaya, Jawa Timur, Sabtu ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T13:51:46+0700
http://rimanews.com/komunitas/fotovideo/read/20160723/9912/Lomba-Perahu-Layar-di-Pantai-Kenjeran-Surabaya
Pesona Yogyakarta Gamelan Festival 2016

Rimanews - Pemain gamelan dari kelompok "Sawitra Kumara" memainkan gamelan pada Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) ke-21 di Pusat Kebudayaan Koesnadi Harjosoemantri UGM, Yogyakarta, Jumat (22/7/2016) malam.

YGF diselenggarakan untuk mengenalkan gamelan sebagai alat musik tradisional kepada generasi muda dan diikuti sejumlah kelompok dari tanah air dan mancanegara seperti Filipina, Australia, dan Mexico.

Pemain gamelan dari kelompok "Sawitra Kumara" memainkan gamelan pada Yogyakarta Gamelan ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T13:58:16+0700
http://rimanews.com/komunitas/fotovideo/read/20160723/9914/Pesona-Yogyakarta-Gamelan-Festival-2016
Wisata Penambangan Minyak Rakyat di Wonocolo

Rimanews - Suasana penambangan minyak rakyat di Wonocolo, Bojonegoro, Jawa Timur, Sabtu (23/7/2016).

Tambang rakyat tersebut tengah dikembangkan menjadi objek wisata migas petroleum geoheritage Wonocolo dengan harapan masyarakat mengetahui sejarah pengelolaan migas di Indonesia.

Suasana penambangan minyak rakyat di Wonocolo, Bojonegoro, Jawa Timur, Sabtu ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T13:44:31+0700
http://rimanews.com/komunitas/fotovideo/read/20160723/9910/-Wisata-Penambangan-Minyak-Rakyat-di-Wonocolo
Aksi Polisi Cilik Papua pada Peringatan Hari Anak Nasional

Rimanews - Sejumlah polisi cilik asal Papua Barat berbaris saat memperingati puncak Hari Anak Nasional (HAN) di Lapangan Sangkareang, Mataram, NTB, Sabtu (23/7/2016).

Peringatan HAN yang pertama kali digelar di luar Istana Negara tersebut bertemakan "Akhiri Kekerasan Pada Anak" dan dihadiri oleh 3000 anak dari seluruh Indonesia.

Sejumlah polisi cilik asal Papua Barat berbaris saat memperingati puncak Hari Anak Nasional (HAN) ...
800
800
rimanews.com
600
60
2016-07-23T13:49:42+0700
http://rimanews.com/komunitas/fotovideo/read/20160723/9911/Aksi-Polisi-Cilik-Papua-pada-Peringatan-Hari-Anak-Nasional-