Buku

Cinta dalam Semangkuk Ramen

1K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
20:01
13 APR 2014
Penulis

Drama Korea memiliki banyak penggemar di tanah air. Ceritanya yang ringan, menyentuh, dengan sisi-sisi dramatis menjadi daya tarik tersendiri. Ditambah dengan para pemain yang berwajah cantik dan tampan, semakin membuat Drama Korea menjadi tontonan yang diminati. Salah satu Drama Korea yang tayang pada tahun 2011 berjudul Flower Boy Ramyon Shop diadaptasi ke dalam novel Cool Guys Ramen Shop. Drama Korea ini dibintangi Jung Il Woo dan Lee Chung Ah.

Novel ini berkisah tentang perempuan muda bernama Eun Bi, mantan atlet voli yang berbakat semasa SMA-nya. Ia sedang berusaha keras mempersiapkan ujian Negara untuk mendapatkan sertifikat guru. Meskipun masih ada ujian dan pelatihan yang harus dilalui, tekadnya adalah lolos pada tahun ini.

Saat menjadi guru magang di SMA Cha Seong, seharusnya Eun Bi menjadi guru sebaik mungkin. Sayangnya, kehadiran Chi Soo sebagai muridnya, membuat suasana menjadi runyam. Chi Soo adalah putra Presiden Direktur Cha Seong Grup, perusahaan makanan terbesar di Korea, yang membangun SMA Cha Seong.

Sebelum berjumpa di sekolah, Eun Bi pernah berada dalam beberapa pertemuan tak terduga dengan Chi Soo. Saat pertemuan pertama, ketika tanpa sengaja mereka berada dalam jarak yang sangat dekat, Eun Bi mendengar suara lonceng berdentang di telinganya. Menurut seorang peramal, Jika kamu bertemu dengan jodohmu, akan terdengar bunyi lonceng.. teng.. teng.. (halaman 35). Eun Bi sempat bingung namun kemudian kembali fokus pada persiapan ujiannya.

Di sekolah, Eun Bi beberapa kali terlibat masalah dengan Chi Soo. Ia benci kepada Chi Soo yang karena ketampanan dan kekayaaannya, suka meremehkan orang lain. Puncak masalah terjadi ketika Chi Soo tersungkur jatuh kena hantaman bola voli dari spike yang kuat yang dilontarkan Eun Bi. Pihak sekolah gusar. Lalu dalam pertemuan dengan PresDir Cha, Eun Bi terlibat adu mulut hingga akhirnya ia mengundurkan diri.

Sementara itu, kematian ayah Eun Bi, Cheol Dong, membuat Eun Bi mantap melepas impiannya menjadi guru. Ia bertekad untuk melanjutkan usaha toko ramen warisan ayahnya yang hampir bangkrut.  Tekadnya menguat karena dukungan Kang Hyuk, murid mendiang ayahnya, yang mahir membuat ramen dengan rasa yang enak, mirip ramen buatan Cheol Dong.  Rahasia Cheol Dong adalah karena kecintaannya pada ramen, dan ingin membagi kehangatan kepada orang-orang yang menyantap ramen buatannya. Demikian besar cinta Cheol Dong pada ramen, hingga pada hari kematian istrinya pun ia tetap membuka toko ramennya dan menyajikan ramen kepada para pelanggan setianya.

Kang Hyuk mengajak Eun Bi melestarikan toko ramen yang kecil dan jelek itu.  Meski kecil dan jelek, toko itu memberikan angin hangat bagi pengunjungnya. Nama “Toko Makanan Kecil Eun Bi” diubah menjadi  “Cool Guys Ramen Shop”.

Selanjutnya perjalanan Cool Guys Ramen Shop mengalir dalam kisah yang manis. Gejolak cinta yang misterius antara Chi Soo dan Eun Bi, serta kedekatan Kang-Hyuk dan Eun Bi, menjadi romansa yang tidak mudah ditebak.

Intrik persaingan bisnis hadir juga, memperlihatkan betapa perjuangan Eun Bi harus menemui kerikil-kerikil tajam dalam perjalanan usaha kulinernya. Toko ramen “Cool Guys Ramen Shop” mendapat intimidasi dari pihak lawan yang lebih kuat. Bagaimana perjuangan yang dilakukan Eun Bi, Kang-Hyuk dan tim agar dapat bertahan,menjadi konflik yang cukup apik.

Unsur nasionalisme tersirat dalam bagian tudingan penjiplakan resep dari ramen Jepang yang dilakukan Kang Hyuk. Siapa yang mau makan di sana? Ayo kita ke Chwa Noodle saja. Kan, malu makan di tempat yang menjiplak resep orang lain. Bagaimana bisa dia berpikir menjiplak resep dari Jepang? Parah, benar-benar patah. Ini bisa menghancurkan negara kita. (halaman 418)

Secara keseluruhan, novel ini menyenangkan. Tidak ketinggalan ada juga kejutan-kejutan tak terduga bagi pembaca. Bagi para penyuka novel ringan dengan romance yang manis, novel ini cocok untuk dikoleksi.

_____________________________

Judul Buku : Cool Guys Ramen Shop

Penulis        : Lee Min Young

Penerjemah : Beatrice Marunduri

Penerbit      : Qanita (Mizan Grup)

Terbit          : Cetakan I, Januari 2014

Tebal            : 454 Halaman

ISBN           :  978-602-1637-14-2

Peresensi : Linda Satibi - guru, alumnus Fasa Unpad Bandung, aktif di komunitas penulis “BAW Community”

KATA KUNCI : , , , , , , , , , , ,
Terbaru
Buku