Readup

Membangkitkan gairah intelektual dosen dan mahasiswa

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Membangkitkan gairah intelektual dosen dan mahasiswa

Mizan meluncurkan sebuah  program yang didedikasikan secara khusus untuk kalangan akademisi. Program tersebut adalah Mizan Goes to Campus (MGTC), yakni  Sebuah program yang mendekatkan Mizan (sebagai penerbit) dengan pembacanya (khususnya di kalangan universitas), tentu ini tak lepas dari sejarah Mizan, yang dilatarbelakangi oleh semangat berpikir dan berkarya di kalangan para akademisi.

Perguruan tinggi atau universitas, khusunya STAIN/IAIN/UIN, sampai saat ini masih menjadi  salah satu lembaga terdepan dalam moderasi Islam, di mana gagasan dan ilmu pengetahuan diproduksi dan direproduksi untuk peradaban dan kemanusiaan.  Mizan percaya bahwa STAIN/IAIN/UIN bisa menjadi benteng  untuk menangkal gerakan-gerakan radikal, ektrimis, takfiri,  yang saat ini terus ‘merangsek’ masuk diberbagai kalangan. Narasi-narasi Islam yang rahmatan lil alamin harus terus gaungkan lewat tindakan-tindakan nyata.

Program MGTC yang diluncurkan Mizan ini diharapkannya dapat membangkitkan kembali gairah intelektual dosen dan mahasiswa. Sebagaimana diketahui, meski setiap tahun jumlah perguruan tinggi yang berbasis agama bertambah, namun masih sedikit karya-karya yang terbukukan dan terdistribusikan dengan baik. Dalam kesempatan ini, Mizan memberikan apresiasi pada para mahasiswa yang sedang menyelsaikan penelitan tugas akhir dengan menyediakan beasiswa penulisan untuk skripsi, tesis dan disertasi. Mizan melalui MGTC memberikan kesempatan bagi para akademisi untuk mengakses buku-buku dengan harga yang terjangkau dan inforrmasi berkala lewat Klub Baca Mizan Akademia.

Program MGTC akan mengunjungi beberapa kampus di Indonesia, di antaranya adalah UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta, UIN Alauddin Makkassar, IAIN Ponorogo, UIN Raden Intan Lampung, IAIN Surakarta, IAIN  Tulungagung, dan beberapa kampus lainnya.

IAIN Ponorogo adalah kampus pertama yang dikunjungi MGTC. Selama dua hari  (10-11 November 2017).

Di sana digelar seminar career path tentang dunia penerbitan dan juga workshop menulis untuk mahasiswa. Nantinya, hasil dari workshop menulis ini akan akan lahir sebuah buku otobiografi keberislaman yang lahir dari para mahasiswa IAIN Ponorogo.

Selain dua kegiatan di atas,  program yang didesain untuk jangka panjang ini  berisi berbagai rangkaian acara dan kegiatan yang bisa diikuti oleh dosen, mahasiswa dan peneliti,  MGTC juga berisi diskusi buku, penerbitan buku seri Teroka (seri karya para cendekia muda meneroka (menjelajahi) Islam dan Indonesia) yang secara khusus menerbitkan tesis dan disertasi young scholars, beasiswa untuk penulisan skripsi, tesis, dan disertasi. Di Klub Buku Mizan Akademia, akademisi dapat mengakses buku-buku dengan potongan diskon khusus terbitan Mizan Grup.

Pemerintah kenakan pajak barang tak berwujud tahun depan
Harapan Sri Sultan HB X ke advokat
Pinisi yang jadi warisan Unesco
Dana parpol di DKI rawan timbulkan kecemburuan
Kerjasama industri tingkatkan daya saing SMK
Fetching news ...