Readup

Teh datang di Eropa dan mengubah dunia

REPORTED BY: Joko Santo

Teh datang di Eropa dan mengubah dunia Secara umum teh yang diperdagangkan pada masa itu adalah teh hijau, hitam, oolong semua berasal dari jenis yang sama, Camellia Sinesis.

Tahun 1602 saat sebuah perusahaan asal belanda bernama Dutch East India Company atau lebih dikenal dengan VOC berlabuh di Eropa membawa teh dari Macau pada awal abad 17, mereka membawa hasil alam ini berikut dengan kebiasaan orang tiongkok.

Orang tiongkok mulai memanfaatkan dan menggunakan teh jauh sejak tahun 2000 sebelum masehi, disaat teh datang dan penduduk disana mulai mengenal teh, sejak saat itulah hasil alam ini menjadi komoditas yang sangat penting dan menjadi minuman pilihan orang-orang eropa.

Kapal-kapal perusahaan Belanda dan Inggris dikenal sebagai armada yang kuat dan mampu membawa berton-ton hasil bumi dari negara-negara di Asia.

Penggambaran kapal pembawa teh asal perusahaan Belanda pada tahun 1602.

Ditahun 1602 pemerintah Belanda memberikan otoritas kepada VOC untuk melakukan monopoli selama 21 tahun agar dapat membawa teh dari negara-negara di Asia, yang disaat bersamaan Inggris raya memberikan perusahaan dagang india timur sebuah hak eksklusif untuk menguasai perdagangan teh di wilayah India, Asia timur dan Asia tenggara.

Perusahaan tersebut bersaing untuk hak berdagang dan menjual ke beberapa kerajaan di timur jauh, adapula mereka menjual komoditas seperti kopi, rempah-rempah, kapas, sutera dan opium yang didapat lewat penjelajahan serta hak monopoli di wilayah Asia.

Seperti hal nya jalur sutera, perusahaan asal Belanda dan Inggris tersebut telah menghubungkan negara-negara di wilayah Asia dan Eropa sebagai bentuk awal dari globalisasi dan imperialisme, sering mereka mendapatkan hak khusus dari pemerintah berupa kekuasaan lebih untuk memuluskan monopoli dan mendapatkan bantuan dari tanah airnya.

Kunjungan Anwar ke Indoneisa usai sepekan keluar dari penjara
Ketika fakultas hukum UGM memiliki organisasi alumni
Menshalatkan jenazah teroris
Peluang Demokrat merapat ke kubu Gerindra
Sektor pertambangan hanya di urutan tiga besar penyetor pajak
Fetching news ...