Gadget

Google Merilis Tren Penelusuran di 2016

2.1K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
19:48
14 DES 2016
Reporter
Ahmad
Sumber
Rimanews

Rimanews - Hari ini Google merilis daftar Year in Search 2016 yang meliputi pencarian peristiwa, tokoh, atau berita yang menciptakan tren penelusuran paling tinggi di Google selama tahun 2016 di Indonesia.

Jika tahun lalu tren pencarian seputar bisnis daring dengan "batu akik" dan "kue cubit" menempati posisi teratas, daftar Google Year in Search tahun ini lebih beragam dengan peristiwa lokal dan internasional. Ada 16 kategori yang dibagikan tahun ini, dengan daftar utama Tren Penelusuran Terpopuler secara urut diisi oleh Pokémon GO, Gerhana Matahari, Timnas Indonesia, Gempa Aceh, Donald Trump, Mukidi, Demo 4 November, Rio Haryanto, Jessica Kumala Wongso dan Joey Alexander.

Berikut adalah beberapa hal unik dari daftar Year in Search 2016:

Penelusuran untuk “Timnas Indonesia” menempati peringkat ke-3 di tahun ini, meningkat pada saat pertandingan Olimpiade Rio 2016 dan Piala AFF 2016. Hal yang sama juga terjadi saat masyarakat Indonesia menunjukkan dukungannya untuk Rio Haryanto dan Joey Alexander.

Mencari perspektif. Saat demo 4 November dan tragedi bom Sarinah, orang Indonesia menelusuri “alasan untuk demo 4 november” hingga “siapa pelaku bom Sarinah”.

Gerhana matahari berada di posisi ke-2 tahun ini dengan tren pencarian “cara shalat gerhana” hampir sama tingginya dengan “kapan gerhana matahari” dan “cara melihat gerhana matahari.”

Pokémon GO dan Donald Trump tak hanya mengisi daftar 10 pencarian terpopuler di Indonesia, tetapi juga secara global.

Tahun ini, Google melihat tren penelusuran dari ponsel dan kasus Jessica Kumala Wongso menjadi penelusuran tertinggi yang dilakukan dari ponsel.

Penelusuran “dekat sini” dan “dekat saya” juga menjadi tren baru di tahun ini, dengan orang Indonesia mencari “salon dekat sini” hingga “restoran yang masih buka dekat sini”.

Google juga merilis video Year in Search 2016 untuk memudahkan orang melihat kilas balik tren dan peristiwa yang paling menangkap perhatian masyarakat, baik di Indonesia maupun dunia.

Gadget