Gadget

Apple produksi iPhone murah di India

3.4K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
15:47
18 MEI 2017
Dok. Apple Store.
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Antara

Rimanews - Apple berencana memproduksi beberapa model iPhone murah di India demi mendongkrak penjualan, seperti iPhone SE dan iPhone 6s.

Perangkat buatan perusahaan asal Cupertino, California, Amerika Serikat, tidak terjangkau bagi sebagian besar penduduk India karena tingginya biaya impor. Apple diperkirakan hanya menguasai 5 persen pasar smartphone di India, kalah dari produk-produk Cina yang jauh lebih murah.

Maret lalu, Apple dikabarkan bersiap memulai produksi iPhone 6 dan iPhone 6s di India, namun sepertinya hal tersebut belum akan terjadi dalam waktu dekat. Sebagai gantinya, serangkaian unit iPhone SE telah selesai diproduksi di Bengaluru, negara bagian Karnataka, dan siap dilepas ke pasaran.

Setiap perangkat Apple yang dibuat di India tentunya tidak dikenai pajak impor sehingga harganya diyakini akan lebih murah US$ 100 atau Rp 1,33 juta dari biasanya. Tanpa beban biaya impor, harga iPhone diyakini akan berada di kisaran US$ 250. Dengan begitu Apple yakin, konsumen di India memiliki kesempatan lebih baik untuk membeli smartphone buatan mereka.

Proyek ini telah berjalan selama sekitar satu tahun dan didukung oleh Perdana Menteri India Narendra Modi, yang menjalankan program "Make in India", yang bertujuan untuk merangsang perkembangan berbagai industri di negara tersebut.

Pemerintah India mengatakan bahwa Apple mungkin berusaha untuk memperluas operasinya dan membuat lebih banyak telepon di India, dan mereka terbuka untuk diskusi semacam itu.

Hingga saat ini, belum diketahui apakah model SE buatan India akan dijual secara internasional, demikian sebagaimana dikutip dari Phone Arena.

KATA KUNCI : , , , ,
Gadget