Gadget

Samsung masih rajai pasar smartphone global

2.9K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
17:48
24 MEI 2017
Editor
Abdullatif Assalam
Sumber
Antara

Rimanews - Samsung masih merajai pasar smartphone global meski sempat diguncang kasus terbakarnya Galaxy Note 7 yang memicu dihentikannya penjualan model tersebut.

Apple berada di posisi kedua, namun penjualannya tetap datar, yang berarti kehilangan pelanggan di pasar yang terus berkembang.

Samsung dan Apple memang mempertahankan posisi teratas mereka, namum perusahaan asal Cina Huawei, Oppo dan Vivo mengkontribusi hampir seperempat dari seluruh penjualan global smartphone.

Penjualan global smartphone melonjak menjadi 380 juta perangkat pada kuartal pertama 2017, naik 9 persen dari periode yang sama tahun 2016, menurut perusahaan analis Gartner.

Tiga perusahaan asal Cina terus tumbuh dengan pesat di mana Huawei berada di posisi ketiga, sementara Oppo berhasil mencapai peningkatan pengiriman sebesar 94,6 persen dan hanya berselisih 250.000 unit atau 0,9 persen dari Huawei.

Vivo menutup lima besar dengan penjualan hampir 26 juta unit antara Januari hingga Maret 2017 atau pangsa pasar 6,8 persen.

"Vivo menunjukkan tumbuhnya permintaan pada smartphone-nya dari pasar negara berkembang di Asia/Pasifik, termasuk India, di mana penjualan tumbuh lebih dari 220 persen berkat daya tarik merek yang meningkat," menurut Gartner.

Analis juga menerbitkan distribusi penjualan smartphone di seluruh dunia berdasarkan sistem operasi. Android masih menjadi sistem operasi teratas dengan 86,1 persen perangkat, sementara iOS menyumbang 13,7 persen. Platform lainnya hanya menyumbang 0,2 persen dari penjualan, demikian sebagaimana dikutip dari GSM Arena.

KATA KUNCI : , , , ,
Gadget