Otomotif

Donald Trump ancam Toyota

4.7K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
09:15
06 JAN 2017
Editor
Andika Pratama
Sumber
Reuters

Rimanews - Presiden Amerika Serikat terpilih, Donald Trump, mengancam Toyota dengan mewajibkan bayar pajak dengan tarif tinggi jika perusahaan otomotif asal Jepang itu tetap keukeuh memproduksi Corolla untuk pasar AS di Meksiko.

"Toyota mengatakan akan membangun pabrik baru Baja di Meksiko untuk memproduksi mobil Corolla untuk pasar Amerika. Tidak bisa! Bangun pabrik di AS atau bayar pajak perbatasan yang besar," kicau Trump di akun Twitter miliknya, Jumat (6/1/2017).

Ancama Trump merupakan keberhasilannya mencegah produsen mobil Ford yang berencana membangun pabrik di Meksiko dan merupakan yang pertama di luar Amerika.

Toyota pun bereaksi dengan mengatakan bahwa produksi dan pekerja mereka di Amerika tidak akan terpengaruh dengan pembangunan pabrik di Meksiko. Pabrik itu akan dibangun di Guanajuato. Toyota sudah mengumumkan rencana tersebut pada April 2015.

Pabrik bisa memproduksi Corolla dan memiliki kapasitas 200.000 unit. Jika sudah beroperasi pada 2019, Toyota akan memindahkan produksi mobil kecil dari Kanada ke Meksiko.

"Toyota berharap bisa bekerja sama dengan pemerintahan Trump untuk memenuhi kepentingan konsumen dan industri otomotif," ujar juru bicara Toyota Scott Vazin

KATA KUNCI : , , ,
Otomotif