Otomotif

Tips perbaiki mobil mogok karena banjir

1.7K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
11:58
22 FEB 2017
Mobil yang terjebak saat banjir
Reporter
Ahmad
Sumber
Rimanews

Rimanews - Musibah banjir yang terjadi di DKI Jakarta dan sekitarnya kemarin mungkin mengakibatkan kendaraan pribadi Anda mogok. Ternyata ada tips khusus mengatasi mobil mogok karena terendam banjir.

Berikut tips untuk memperbaiki kendaraan karena mogok akibat banjir seperti dikutip mobilmogok.com, hari ini:

1. Jangan langsung hidupkan mesin

Ketika mobil mogok karena banjir jangan langsung hidupkan mesin. Periksa dulu apa yang menyebabkan mesin mobil anda mati dan sejauh mana kondisi mesin mobil Anda terendam banjir. Jika Anda langsung menghidupkan mesin dikhawatirkan ada kerusakan di dalam mesin seperti stang piston yang bengkok dan jebol akibat dari water hammer.

2. Minta bantuan dan dorong mobil keluar dari genangan air

Sebaiknya Anda minta bantuan untuk mendorong mobil Anda keluar dari banjir dengan segera, karena dikhawatirkan air akan terus meninggi.

3. Cari penyebab mesin mobil Anda mati

Setelah di posisi aman, jangan coba menghidupkan mesin melainkan cari dan ketahui sejauh mana mobil Anda terendam. Jika ketinggian air tidak terlalu dalam dan mesin mobil Anda mati, ini bisa terjadi pada mobil lama yang letak distributornya berada di bawah mesin. Coba buka tutup delco atau distributor dan keringkan.

Jika posisi mobil terendam cukup dalam hingga hampir merendam setengah bagian mesin, maka coba periksa elemen saringan udara atau filter udara. Dikhawatirkan air tersedot ke ruang pembakaran. Jika basah dan ditemukan air, jangan dihidupkan. Untuk memperbaikinya Anda harus buka semua busi dan putar mesin untuk membuang air di ruang bakar, jika tak memiliki keahlian mengenai perbaikan sebaiknya hubungi bengkel terdekat.

4. Perbaikan lainnya

Selain cek mesin, perlu juga mengecek oli mesin, gardan dan transmisi. Juga Anda harus cek tangki bahan bakar, ditakutkan kemasukan air. Bagian komponen rem juga harus dicek menjaga agar rem tidak macet.

Sponsored
The Money Fight

Terbaru
Otomotif
Sponsored