Software

Tips menghapus otomatis foto spam di grup WhatsApp pada Android

21.5K
DILIHAT
/
0
SHARE
/
06:58
02 MEI 2017
Editor
Dhuha Hardiansyah
Sumber
Jalantikus.com

RimanewsWhatsApp merupakan salah satu media sosial paling populer yang penggunanya telah mencapai ratusan juta orang. Fitur yang ditawarkan oleh WhatsApp seperti enkripsi End to End dan fitur auto download yang memungkinkan seluruh foto yang kalian lihat di WhatsApp akan diunduh secara otomatis oleh aplikasi ini membuat aplikasi yang satu ini semakin disenangi oleh para pengguna.

Namun, belakangan ini fitur auto download tersebut sempat menjadi perbincangan karena terus mengunduh seluruh foto yang kalian lihat di WhatsApp, meskipun foto tersebut tidak ingin kalian unduh atau simpan. Memang, kalian bisa saja tinggal mematikan fitur auto download tersebut. Namun bagaimana dengan foto-foto yang sudah telanjur terunduh? Apalagi jika foto-foto tersebut sudah begitu banyak. Tentunya melelahkan jika harus menghapus secara manual.

Nah, untuk mengatasi masalah terlalu banyak foto tidak penting hasil auto download WhatsApp ini, berikut ini Jaka akan jelaskan cara menghapus secara otomatis foto-foto yang telah ter-download secara otomatis tersebut sehingga tidak menjadi spam dan membebani memori smartphone kalian.

1. Langkah Pencegahan

  • Sebelum masuk ke aplikasi yang akan Jaka bahas, pertama-tama kalian bisa langkah melakukan pencegahan agar WhatsApp tidak seenakanya melakukan download foto apa pun ke perangkat smartphone kalian melalui Settings.

  • Dari Settings, pilih Chat Settings untuk mengakses pengaturan berikutnya.

masukkan deskripsi gambar disini

Foto: WhatsApp

  • Nah, selanjutnya kalian tinggal mematikan fitur auto download pada bagian Media Auto Download agar WhatsApp tidak lagi melakukan download foto seenaknya ke smartphone kalian.

masukkan deskripsi gambar disini

Foto: WhatsApp

Nah, setelah melakukan langkah pencegahan, saatnya kita lanjut ke aplikasi yang akan membantu kalian menghapus otomatis foto spam dan junk yang terunduh secara otomatis melalui WhatsApp.

2. Gallery Doctor

Cara pertama yang bisa kalian lakukan untuk menghapus foto yang berlebihan adalah menggunakan aplikasi Gallery Doctor.

  • Pertama-tama, kalian harus download dan instal aplikasi Gallery Doctor terlebih dahulu, kemudian jalankan di smartphone kalian.

masukkan deskripsi gambar disini

Foto: Gallery Doctor

  • Dari halaman utama, pilih Skip untuk mengakhiri tutorial dan kalian akan langsung berpindah ke halaman analisis, di mana aplikasi ini akan langsung mulai menganalisis foto yang terdapat pada folder media WhatsApp kalian.

masukkan deskripsi gambar disini

Foto: Gallery Doctor

  • Tunggu sampai proses analisis selesai, aplikasi ini akan menampilkan hasil analisisnya. Pada bagian ini, kalian bisa memilih Bad Photos dan Similar Photos untuk dihapus, karena foto yang tergolong ke dalam kategori ini hanya akan membuang-buang ruang penyimpanan internal smartphone kalian, serta pilih juga WhatsApp Photos untuk melihat foto mana yang akan kalian hapus.

  • Aplikasi ini juga bisa kalian gunakan untuk menghapus secara otomatis foto spam dan junk yang berasal dari Gallery smartphone kalian.

masukkan deskripsi gambar disini

Foto: Gallery Doctor

3. Siftr Magic Cleaner

Selain menggunakan Gallery Doctor, kalian juga bisa mencoba Siftr Magic Cleaner. Sedikit berbeda dari Gallery Doctor, aplikasi yang satu ini benar-benar fokus pada foto-foto yang diunduh melalui aplikasi WhatsApp.

  • Kalian hanya perlu download dan instal aplikasi ini terlebih dahulu, kemudian langsung jalankan di smartphone kalian

  • Selanjutnya, pada halaman utama, kalian tinggal memilih Go Ahead untuk melanjutkan ke tahap analisis foto.

  • Aplikasi ini akan menganalisis terlebih dahulu foto yang ada di folder media WhatsApp kalian yang terdapat pada Gallery.

masukkan deskripsi gambar disini

Foto: play.google.com

  • Setelah proses analisis selesai, kalian akan mendapatkan hasil analisis dari aplikasi ini.

masukkan deskripsi gambar disini

Foto: play.google.com

  • Jika aplikasi ini mendeteksi adanya foto yang masuk kategori spam atau junk, maka foto tersebut akan dihapus secara otomatis setelah kalian memberi perintah. Sebagai catatan, aplikasi ini akan mencocokkan foto yang ada di perangkat smartphone kalian dengan foto yang tersimpan pada basis data jaringan internet untuk menentukan foto mana yang termasuk spam atau junk.

masukkan deskripsi gambar disini

Foto: play.google.com

Itulah tadi beberapa cara untuk menghapus foto spam atau junk yang secar otomatis terunduh ke smartphone kalian melalui WhatsApp.

KATA KUNCI : , , , ,
Software